Cara membuat email gmail

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : November 15, 2019
  • Post category:Topik : Gmail
  • Post comments:0 Comments

Belum punya akun email ?

Tenang aja, buat email itu gampang kok. Dibawah ini aku akan jelaskan bagaimana cara membuat akun email lengkap dengan gambar pendukung agar lebih mudah dimengerti.

Ok langsung aja.

Pertama siapkan nomor HP, ini perlu untuk pengisian data. Pastikan nomor HP milik sendiri, bukan minjem pacar atau keluarga, karena “berbahaya”. Akun email bisa dibajak/diintip oleh yang punya nomer HP. Jadi pastikan no HP milik sendiri.

Buat yang belum tau apa itu email dan lain-lainnya, tidak akan dijelaskan disini, karena terlewat panjang nanti. Bisa baca disini kalau tertarik : https://bukugue.com/pengertian-email/

Jika sudah paham, kita tinggal masuk ke pembahasan.

A. Cara membuat email gmail di HP lewat browser

Buat yang tidak tau apa itu browser, browser adalah aplikasi untuk buka internet. Aplikasi yang kalian gunakan untuk baca tulisan ini adalah browser. Ada banyak jenis browser, seperti chrome, mozilla, ucbrowser, opera, ataupun browser bawaan HP.

Untuk proses dibawah ini sebaiknya pakai browser chrome atau mozilla.

1. Masuk kehalaman awal Gmail dengan klik link ini.
2. Kalian akan diminta mengisi data seperti nama, nama pengguna dan sandi. Nama pengguna ini yang jadi alamat email kalian, biasa direkomendasikan sesuai nama kalian. Setelah itu tap “next”.

masukkan data nama, email, password dan lainnya

3. Setelah berhasil memasukkan data pribadi, kalian akan diminta data lainnya, seperti nomor telpon, alamat pemulihan (isi jika punya email lain sebelumnya), tanggal lahir dan jenis kelamin.

masukkan data lainnya

4. Kalian akan diminta untuk verifikasi nomor telpon. Pilih tombol “Kirim”. Hal ini berguna ketika nanti kalian lupa password atau ketika akun kalian di hack.

Kirim permintaan Verifikasi SMS

5. Kalian akan mendapatkan kode dari google lewat sms, oleh katena itu nomor hp yang kalian daftarkan harus selalu aktif agar bisa menerima sms. Catat kodenya.

SMS Kode Verifikasi

6. Masukkan kode tersebut kehalaman verifikasi pembuatan gmail tadi, lalu tap “verifikasi”.

Masukkan kode Verifikasi ke halaman pendaftaran

7. Kalian akan diminta persetujuan untuk fitur nomor telpon seperti terima video call atau pesan. Pilih ya, saya ikut.

Pilih Ya, Saya Ikut

8. Selanjutnya akan ada halaman syarat dan ketentuan, scroll kebawah lalu tap “saya setuju”.

Halaman Syarat dan Ketentuan

9. Proses pembuatan akun email gmail berhasil. Kalian sudah siap menggunakan akun gmail.kalian untuk mengirim dan menerima pesan.

Email Siap Digunakan

B. Cara membuat email gmail di HP lewat aplikasi gmail

Aplikasi gmail biasanya sudah terinstall di smartphone kalian. Bisa coba cari dulu di homescreen kalian. Setauku semua ponsel android saat ini sudah di lengkapi dengan aplikasi gmail.

1. Masuk ke aplikasi Gmail, lalu pilih “got it” untuk mulai membuat akun

Masuk Ke Halaman Awal Google

2. Jika di pengaturan ponsel kalian sudah ada email, akan muncul tampilan seperti dibawah. Disini “pilih + Add another email address”.

Tambah Akun Gmail

3. Disini ada pilihan untuk memasang email apa. Pilih email gmail (dalam hal ini Google, karena gmail adalah punya google).

Pilih Google

4. Disini kalian diminta untuk login, karena belum punya akun, pilih “Create account”. Jika muncul menu pilihan seperti digambar 2, pilih “For my self”.

5. Setelah itu kalian akan masuk ke proses pendaftaran. Disini akan diminta nama. Masukkan nama depan dan nama belakang kalian, lalu tap “next”.

Masukkan Nama Depan dan Nama Belakang

6. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin, jika sudah tap “next”.

Masukan Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin

7. Kalian akan diberikan rekomendasi email sesuai dengan nama depan dan nama belakang yang sudah kalian isi diawal tadi. Jika sudah memilih alamat email, klik “next”.

Pilih Alamat Email

8. Masukkan password yang kalian inginkan, lalu konfirmasi dengan cara memasukkan ulang password yang sama. Kriteria password untuk google adalah dengan menggunakan kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, dan angka misalnya “Zahra89”. Jika sudah pilih “next”.

Buat Password

9. Masukkan nomor telpon. Nomor telpon digunakan untuk menghubungkan antara gmail dengan nomor telpon kalian, yang berguna jika kalian lupa password atau jika akun di hack
10. Jika sudah masukkan nomor telpon, scroll kebawah dan pilih “yes, i’m in”

11. Kalian akan dikirimkan sms berupa nomor kode google. Masukkan nomor tersebut ke halaman pendaftaran tadi.

SMS Kode Verifikasi

12. Setelah memasukkan kode dan klik next, akan muncul laman baru seperti dibawah. Disini kalian diminta untuk review kembali nomor dan alamat email yang kalian buat. Selanjutnya klik “next”.

Review Akun

13. Kalian akan masuk ke halaman persetujuan dan ketentuan pembuatan akun, scroll kebawah lalu pilih “agree”.

Halaman Persetujuan

14. Email kalian sudah berhasil dibuat dan ditambahkan ke aplikasi gmail. Pilih email yang kalian daftarkan tadi untuk mulai menggunakan di gmail.

Email Berhasil dibuat

15. Kalian sudah berhasil masuk ke inbox akun email tsbt. Berikut tampilan inboxnya.

Halaman Email

C. Cara membuat email gmail di komputer

Jauh sebelum ada smartphone, komputer sudah meraja lela dimuka bumi. Dizaman itu orang-orang membuat email harus lewat komputer.

Nah disini kita akan bahas bagaimana caranya. Kalian hanya perlu komputer, jaringan internet, dan browser seperti chrome atau mozilla, dan nomer HP untuk verifikasi.

1. Buka laman pembuatan email dengan klik link ini. Akan terlihat laman pembuatan akun seperti dibawah.
2. Disini kalian akan diminta memasukkan nama depan dan belakang, masukkan alamat email baru yang kalian mau, dan password serta konfirmasi password.

Masukkan Data Identitas

3. Setelah itu kalian akan diminta masukkan nomor telpon. Masukkan nomor telpon, lalu klik “berikutnya”.

Masukkan Nomor Telpon

4. Kalian akan dapat kode lewat SMS. Masukkan kode tersebut kehalaman verifikasi gmail. Lalu klik “Verifikasi”.

Masukkan Kode dari SMS

5. Lengkapi data dengan cara memasukkan alamat email pemulihan (jika ada email lain, jadi tidak wajib), tanggal lahir dan jenis kelamin kalian. Lalu klik “Berikutnya”.

Masukkan Tanggal LAhir

6. Dihalaman ini, Pilih “Ya, Saya Ikut”.

Pilih ya, Saya Ikut

7. Kalian akan masuk kehalaman privasi dan persyaratan lalu scroll kebawah dan pilih “agree”.

Pilih Agree

8. Pendaftaran berhasil dan kalian akan masuk kehalaman Gmail untuk mulai menulis dan menerima pesan.

Pendaftaran Berhasil

Itulah bagaimana cara mudah membuat akun email Google (gmail). Jika ada yang ingin kalian tanyakan bisa kirim ke kolom komentar.

Jangan sungkan bertanya, jika kalian sampai dilaman ini, aku tau kalian benar-benar awam didunia internet. Aku pernah diposisi kalian. Jadi jangan sungkan untuk bertanya.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan