Cara membuat email Gmail baru untuk pemula (gaptek)

Hai teman-teman semua, apa kabar? Semoga baik-baik aja ya.

Teman-teman yang sampai dilaman ini, aku asumsikan sudah mengerti apa itu email, apa fungsinya dan kenapa hampir semua orang saat ini perlu akun email.

Kalau masih ada yang belum paham, komentar aja nanti dibawah, insyaallah akan aku tambahkan disini atau mungkin akan aku buatkan tulisan khusus yang bahas spesifik mengenai hal ini.

Langsung aja, kita akan masuk ke proses pembuatan email.

Disini, kita akan membuat akun email gmail, email gmail ini merupakan email buatan google, akun email gmail ini selain bisa dipakai untuk email-email-an, bisa juga dipakai untuk masuk ke google play store. Kalau yang punya hp android, wajib punya akun ini supaya bisa download aplikasi gratis di playstore.

Cara membuat email gmail di smartphone android

Sebagian dari teman-teman mungkin sudah tau, bahwa selain dari gmail, ada banyak penyedia layanan email gratis lainnya, seperti yahoo ataupun outlook.

Disini kita akan bahas khusus gmail aja.

Oh ya, disini kita akan pakai smartphone android untuk bikin email gmailnya, teman-teman yang pakai ponsel lain atau komputer/laptop bisa menyesuaikan, semuanya harusnya sama kok, cuma beda ukuran layar aja.

Disini kita pakainya browser chrome, jadi yang pakai browser lain, menyesuaikan aja, kalau ga ya buka browser chrome kamu.

Langkah pertama, buka link ini untuk memulai proses pendaftaran: https://accounts.google.com/signup.

laman pendaftaran akun gmail baru lewat hp android
laman pendaftaran akun gmail baru

Langkah kedua, mengisi data diri.

Nah di sini saat kamu mengisi data, pastikan untuk mengisi dengan data asli dan benar, ini nanti memudahkan kalau kamu suatu saat lupa kata sandi gmail, dan ingin mereset sandi akun tsbt.

Contoh pengisian data diri saat buat akun gmail di hp android
Contoh pengisian data diri saat buat akun gmail

Diatas adalah contoh pengisian datanya. Karena aku udah punya email gmail juga sebelum ini, jadi disini aku ga membuat dengan data pribadiku.

Diatas sebenernya udah cukup jelas. Tapi kalau masih ada yang ragu, berikut maksud dari tiap kolom diatas. Ada 3 data yang diminta dilaman ini, pertama nama, kedua username yang ingin digunakan, dan password yang ingin digunakan untuk akun tsbt.

1. Dua kolom pertama itu minta nama kamu. Nama depan di isi dengan satu kata pertama nama kamu. Nama belakang di isi dengan sisanya. Kalau namanya dua kata seperti diatas, itu gampang banget, nama depannya “makde” dan nama belakangnya “gile”

Tapi kalau lebih dari dua kata gimana? Nah, kalau aku (setauku), misalnya nih nama kamu “dhea amelia anjani”, maka nama depannya isi dengan “dhea”, nama belakang di isi dengan “amelia anjani”.

2. Kolom ketiga nama pengguna itu meminta mengisi username ataupun alamat email yang kamu inginkan.

Ini bisa di isi sembarang, misalnya seperti diatas, [email protected] atau [email protected], atau mungkin [email protected]

Nama pengguna ini tidak bisa sama antar pengguna, jadi kalau nama pengguna yang kamu pilih sudah di daftarkan orang sebelum kamu, mau tidak mau kamu ganti ke username yang lain.

Contoh misalnya kamu ingin username [email protected] Tapi ternyata udah ada yang ambil, maka kamu bisa coba username lain seperti [email protected] atau [email protected] atau [email protected]

Jadi username itu bebas banget, bisa terkait sama nama, ataupun ga ada kaitannya sama sekali. Yang penting, usernamenya belum dipakai sama pengguna gmail lain. (Tapi, kalau kamu ingin pakai akun ini untuk melamar kerja, maka ada baiknya pilih username yang sesuai nama kamu, dan jangan lebay)

3. Sandi, ini juga terserah kamu. Bebas isinya, dan semakin “random” semakin bagus. Jangan isi sandi dengan tanggal lahir, atau tanggal lahir dibalik, ini bakal mudah di tebak. Contoh sandi yang bagus : k4l3m4j4b0sku. Kata sandi tsbt berisi kombinasi angka dan huruf, akan lebih bagus lagi kalau lebih random.

Setelah isi form nya, klik “Selanjutnya”. Nanti akan muncul laman baru.

Langkah ketiga, Isi nomer telepon dan tanggal lahir serta jenis kelamin

Pengisian data tambahan untuk keamanan akun
Pengisian data tambahan untuk keamanan akun

Disini wajib isi nomer telepon, karena nomer telepon bisa dipakai untuk keamanan akun dan untuk jaga-jaga kalau kamu lupa sandi nya ntar.

Kalau kamu punya email lain (email kamu sendiri), itu bisa masukin ke kolom “Alamat email pemulihan (opsional)”. Jangan masukin email temen apalagi email pacar kesini, nanti email pemulihan ini bisa dipakai orang tsbt untuk “membajak akun gmail” kamu. Udah banyak kejadiannya.

Setelah isi datanya, klik tombol “Berikutnya”.

Langkah ke empat, baca persetujuan dan klik setuju.

Syarat dan ketentuan (biasakan untuk baca)
Syarat dan ketentuan (biasakan untuk baca)

Langkah kelima, kamu akan dikirim kode verifikasi untuk memverifikasi nomer hp sebelumnya

Biasanya kodenya akan tercopy otomatis, kalau engga ya kamu tinggal buka smsnya dan masukin manual kodenya.

Langkah 6 persetujuan terakhir, klik “Saya setuju”

Klik icon saya setuju
Klik saya setuju

Ok. Sampai dititik ini kamu sudah punya akun email gmail baru. Jangan lupa untuk catet username dan catet juga passwordnya. Lalu simpan ditempat yang aman.

Buka setting akun email google kamu (lengkapi data dan tingkatkan keamanan akun kamu)

Jika kamu sebelumnya sudah memiliki akun gmail maka tampilannya seperti ini. Lalu pilih saja gmail yang baru saja kamu buat.

Masuk ke akun gmail baru kamu
Masuk ke akun gmail baru kamu

Setelah klik disana biasanya kamu akan dibawa ke laman setting akun google kamu di link ini https://myaccount.google.com/

Sekedar mengingatkan. Akun gmail kamu sama dengan akun google. Jadi disini kamu akan setting akun googlenya. Pengaturan disini adalah pengaturan akun secara global.

laman pengaturan my account di google
laman pengaturan my account di google

Kalau kamu ingin menambahkan foto profil maka kamu bisa klik “info pribadi” lalu klik ikon foto.

Dilaman myaccount ini kamu juga bisa me-review semua hal terkait akun google kamu.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tau, aku akan sedikit jelaskan disini. Akun google itu terkait sama semua produk google. Google itu perusahaan raksasa di dunia internet, akun google itu terhubung ke semua produk buatan google.

Contoh produk buatan google itu ya misalnya Gmail, youtube, google drive, blogger, google plus dan banyak lagi. Jadi satu akun google yang kamu buat tadi, itu udah cukup dan bisa dipakai untuk akses ke semua produk google.

Nah dilaman myaccount ini, kamu bisa cek banyak hal, mulai dari history browsing kamu, kamu juga bisa liat aplikasi apa aja yang bisa akses data google kamu. kapan kamu login, dimana aja kamu login. dll.

Jadi disini kamu bisa me-review, sebagai contoh, kalau kamu tinggal dijawa misalnya, tiba-tiba ada history atau notif, ada perangkat yang login di kalimantan, ini artinya ada yang salah kan, artinya ada orang lain yang bisa akses akun kamu.

Kamu bisa dengan cepat block akses perangkat dari kalimantan tsbt, lalu kamu ganti password akun tsbt dan mungkin kamu juga bisa perkuat keamanan akun kamu.

Jadi untuk diawal, jangan buru-buru, cek dulu laman ini, cek semua fitur dan settingnya, kalau bisa perkuat keamanannya. Seringkali kasus pembajakan itu terjadi karena kelalaian pemilik akun itu sendiri.

Cara masuk ke inbox gmail untuk mulai kirim email

Kamu udah cek setting akun mu, dan kamu udah siap untuk kirim-kirim email. Nah disini aku akan jelaskan bagaimana caranya.

Pertama, kamu bisa akses inbox kamu langsung lewat browser chrome tadi dengan cara klik link ini: https://mail.google.com/mail/u/0/. Nanti kamu akan dibawa masuk ke inbox seperti dibawah ini

tampilan inbox gmail di browser

Entah kenapa tampilannya agak jadul menurutku, jadi disini aku sarankan kamu untuk loginnya pakai aplikasi gmail. Aku udah jelaskan caranya login ke aplikasi gmail disini : bukugue.com/cara-login-multiple-akun-email-dalam-satu-hp/

Setelah kamu install, dan login ke aplikasi gmail, kamu akan lihat tampilan seperti ini.

tampilan inbox di aplikasi gmail
tampilan inbox di aplikasi gmail

Bisa dilihat diatas, perbedaannya, dan kamu bisa coba sendiri perbedaannya. Aku sendiri lebih prefer pakai aplikasi gmail untuk buka inbox di hp. Karena lebih tertata dan fiturnya lebih lengkap di aplikasi gmail.

Ok, setelah bisa masuk ke inbox, langkah berikutnya adalah coba untuk menulis atau kirim-kirim email.

Untuk membuat pesan email tap icon +
Untuk membuat pesan email tap icon +

Nanti akan muncul laman compose seperti dibawah ini. Berikut dibawah ini contoh pengisian laman ini.

Contoh compose pesan email
Contoh compose pesan email

Mulai dari paling atas, itu kolom pertama “Dari”, itu biasanya otomatis terisi sama alamat email kamu, sedangkan kolom “Kepada”, itu di isi dengan alamat email tujuan. Kolom ketiga itu berisi judul atau subjek, dicontoh ini di isi dengan “Tutorial nulis”. Dan terakhir barulah di isi dengan isi email.

Hal ini sebenernya udah aku bahas dengan lengkap ditulisan ini : “cara menulis dan melampirkan file lewat email“. Kamu bisa baca lebih detailnya disana.

Kalau kamu perlu email ini untuk melamar kerja ataupun kegiatan formal, aku juga udah bahas dibeberapa tulisan lainnya mengenai hal ini. Baca disini: https://bukugue.com/cara-menulis-email-formal/

Gagal saat buat akun gmail

Kita tentunya berharap pertama kali buat akun langsung berhasil. Iya kan.

Kenyataannya, aku sendiri waktu pertama kali bikin akun email, itu gagal beberapa kali.

Disini kita akan bahas beberapa penyebab gagal, mudah-mudahan membantu kamu.

Aku, dulu (16/09/2015 ), pernah coba buat akun Gmail baru dengan data adek ku yang paling kecil, dan gagal. Gagalnya karna ternyata google termasuk salah satu web yang ketat dalam hal perlindungan anak, jadi ada minimal usia 13 tahun untuk bisa membuat akun Gmail.

Aku juga pernah dapat pertanyaan pembaca di blog ku , dia gagal bikinin akun facebook buat anaknya yang masih kecil gitu. Aku rasa ini kasus yang sama, perlindungan anak, artinya ada usia minimal sebelum bisa membuat akun di situs tertentu. Walaupun orang tua kandungnya sendiri yang bikinin akun tersebut.

Logikanya sih, anak bayi atau balita, ga akan butuh akun Gmail. Iya kan ?

Ingat kalau gagal, artinya ada yang salah, entah itu kamu salah masukin tahun lahir, atau karna kamu sudah punya akun sebelumnya, beberapa situs hanya membolehkan satu akun perorang.

Biasanya kalau gagal akan dikasih tau alasan gagalnya, seperti kasus ini, aku sempat simpan screenshotnya.

gagal saat buat akun email gmail karena usia/tahun tidak memenuhi syarat dan ketentuan
gagal buat email

Jadi kalau gagal, coba lagi , perbaiki data yang dimasukkan, kalau masih gagal juga ambil screenshootnya terus komentar dibawah ini, nanti aku coba bantuin deh. Aku kan baik orangnya

Ok, akhir kata, segitu aja dulu.

Tulisan ini terakhir di update 7 maret 2019

Tulisan ini awalnya aku tulis sendiri, tapi ini udah versi update entah yang keberapa kali. Di versi terakhir ini, aku dan mas anwar collab dan hasilin tulisan diatas.

Share woy :D

yudha

Menulis itu seni. Menulis cerita fiksi misalnya butuh kemampuan menulis tinggi. Untuk penulis noob sepertiku, menulis informasi dasar di blog ini aja, sudah cukup untuk bikin rambut rontok. Hahaha :D

This Post Has 25 Comments

  1. Avatar

    nice info kak.

  2. Avatar

    ok. thanks 4U

    1. Avatar

      thanks jg mas heri..

  3. Avatar

    Good job..nice info nya ..aku dah coba ternyata berHASILLLL…

    1. Avatar

      sip deh mas 😀

  4. Avatar

    Saya sdh isi semua data nya. Trus dh klik syaratnya. Tapi knpa ga loading” ea

    1. Avatar

      udh cek koneksi internetnya mas ? atau cek kolom yg di isi, biasanya kalo salah ada peringatan dibawah kolom tsbt, sehingga ga bisa lanjut…..

  5. Avatar

    Ilmu yg sangat bermanfaat, terima kasih sharenya

  6. Avatar

    Pas saya udh selesai buat tp kko ga ada kata continue nya ya ?

    1. Avatar

      udh di redirect ke inbox belum? kalo udh artinya emailnya udah jadi….

  7. Avatar

    ini kejadian di saya juga, sama begitu juga
    Awalnya make nomer hape lama yang pernah dibuat email, kayaknya udah 2-3 email, trus ada tulisan nomer hp tidak dapat membuat akun. lalu nyoba iseng make nomer hape orang lain yang baru dipake bikin 1 email, tetap ga bisa daftar.

    Kalo alasannya karena IP address, bagusnya pake apa ya?

    1. Avatar

      udh coba pake aplikasi vpn gitu mas? klo di hp bisa download di playstore… kalo di laptop kayaknya ada deh add on chrome atau mozilla untuk hal ini.. bisa search di internet sih…

      point pentingnya, kan ga perlu punya banyak2 email mas.. satu aja cukup kan ?

  8. Avatar

    terima kasih .. udah bisa..

    1. Avatar

      sama2 mba 😀

  9. Avatar

    thanks frend…….

  10. Avatar

    aku mau buatin akun goole buat adik, dan tampilannya sama kaya diatas, gagal karena persyaratan usia, udah au coba menuakan usia tetep ga bisa

    1. Avatar

      setauku selama lebih dri usia yg ditentukan google harusnya bisa…klo ga salah minimal 13 tahun..

  11. Avatar

    makasih mas saya udah berhasil butnya

    1. Avatar

      oke deh mas.. sama2… 😀

  12. Avatar

    Kalau udah ngikutin langkah awalnya, terus tetap gk bisa masuk gmail, padahal udah menuhin persyaratan usia minimum. Gimana cara menanganinya?

    1. Avatar

      ada penjelasan error nya ga mas ? biasanya klo gagal dijelasin, seperti diatas….

  13. Avatar

    ini mas gagal melulu di akhir, keterangannya masalah usia.. padahal sudah puluhan kali sy rubah..ck ck ck

    1. Avatar

      tahun lahirnya mas cek, pastiin tahunnya ga kelewat muda (dibawah batasan usia) ato kelewat tua (ga lucu kalo milih tahun lahir diatas 100 tahun kan)… kalo memang salah nya di usia, di cek lagi dan pastiin udah sesuai dengan ketentuan yang ada…

  14. Avatar

    Saya mau mandftar akaun email baru

    1. Avatar

      silahkan ikuti cara diatas mba…

Tinggalkan Balasan