Cara mengirim folder (dan isinya) lewat gmail

Seperti yang kita tau, gmail adalah layanan pengiriman email yang paling populer didunia. Dengan email gmail, selain bisa mengirim pesan email, kita juga bisa melampirkan attachment (lampiran) berupa file-file seperti dokumen ataupun gambar.

Sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara mengirim file lampiran lewat gmail, nah yang jadi masalah adalah kalau file yang dikirim itu banyak, akan ribet jika harus upload satu-persatu.

Cara yang lebih mudah adalah, mengumpulkan seluruh file dalam satu folder, lalu mengirimkan folder tsbt ke si-penerima email.

Bisakah folder langsung dikirim lewat email? Jawabannya, bisa kalau pakai trik. Folder tidab bisa dikirim langsung, tapi kalau folder tsbt diubah menjadi file RAR atau Zip, maka bisa dikirim lewat email.

A. Mengirim folder lewat gmail di HP

Kita akan bahas juga dibawah bagaimana mengirimnya lewat komputer, tapi karena pengunjung lebih banyak yang pakai HP, kita bahas dulu yang versi lewat HP.

Langkah 1: Ubah folder jadi RAR atau Zip

Pertama siapkan aplikasi untuk kompresornya terlebih dahulu. Disini kita pakai https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar&hl=en . Install dulu aplikasinya di ponsel kalian.

1. Kumpulkan seluruh file dalam sebuah folder terlebih dahulu.
2. Buka aplikasi RAR tadi.

buka aplikasi rar

3. Setelah masuk, kalian tinggal cari folder atau file yang ingin diubah ke RAR. Dicontoh ini saya ingin mengubah file foto jadi RAR. Jika kalian ingin mengubah folder, caranya sama saja. Pilih file atau folder tersebut. Lalu klik ikon RAR+ seperti pada gambar.

4. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman seperti ini. Disini kalian bisa mengisi nama file, sekaligus memilih format file. Bisa zip atau rar.

5. Jika sudah kalian klik ok. Jika filenya besar tunggu proses hingga selesai.

klik ok jika sudah

7. Jika prosesnya sudah selesai, akan muncul file baru dengan nama dan format yang kalian pilih tadi.

8. Catat posisi penyimpanan file tadi, biar nanti mudah mencarinya saat kalian akan upload file.

Langkah 2: Mengirim RAR atau Zip lewat gmail

Jika file RAR atau zip yang kalian buat tadi ukurannya lebih besar dari 25MB, maka cari kirimnya beda dengan yang dijelaskan dibawah. Di gmail hanya dibolehkan mengirimkan file dengan ukuran 1 filenya tidak lebih dari 25 MB. Baca disini untuk yang lebih dari 25MB : https://bukugue.com/cara-mengirim-file-besar-lewat-gmail/

Jika file dibawah 25MB, lanjut ikuti proses dibawah ini.

1. Buka aplikasi gmail kalian.
2. Setelah itu klik “icon tambah” yang ada di pojok kanan bawah layar.

3. Kalian akan dibawa kehalaman penulisan email. Isi alamat tujuan, subjek dan pesan seperti biasa.

4. Selanjutnya untuk melampirkan file RAR tadi, kalian klik “ikon klip kertas” seperti pada gambar. Lalu pilih “Lampirkan file”.

5. Setelah itu kalian akan dibawa ke lokasi penyimpanan yang ada dismartphone kalian. Disini kalian cari file tadi. Cek dulu di list yang tersedia, jika tidak ada, berarti harus di browse untuk mencarinya. Tap garis tiga seperti pada gambar.

masuk ke icon garis tiga di atas

6. Setelah itu masuk ke file manager, jika tidak ada, cari menu yang bisa membawa kalian kedalam memori internal HP kalian, bisa berupa ikon memori atau HP

7. Setelah itu kalian di bawa ke penyimpanan data kalian. Cari file tadi. Setelah ketemu filenya, centang di file tsbt lalu pilih OK.

8. Jika sudah kalian pilih dan masukkan filenya. Maka tampilan halaman pesan di gmail kalian seperti gambar di bawah ini. Untuk mengirim pesan bersama dengan folder (fil rar) tadi, tinggal tap tombol send seperti pada gambar.

9. Setelah itu akan muncul kotak konfirmasi. Pilih saja “Oke”.

klik oke untuk konfirmasi pesan akan di kirim

Tidak di semua email ada konfirmasi pengiriman pesan. Hal ini bergantung setting email kalian. Jadi apabila di smartphone kalian tidak muncul halaman konfirmasi email, pesan tetap akan terkirim.

Untuk memastikan bisa dengan men-cek folder “Sent” atau “terkirim” di inbox kalian. Jika pesan tadi sudah masuk ke folder “Sent” itu artinya sudah terkirim.

Penjelasan tambahan : Cara membuka folder di HP si penerima

Jika yang menerima email tergolong newbie jg, maka kalian bisa bantu jelaskan bagaimana cara membuka folder yang sudah jadi RAR tadi. Yang penting untuk disiapkan di HP si penerima adalah aplikasi RAR tadi.

Berikut prosesnya;

1. Buka email yang diterima tadi. Akan terlihat bahwa ada lampiran file zip seperti dibawah ini. Tap filenya. Lalu pilih untuk “Mengekstrak berkas ke” untuk mengekstrak file zip tadi jadi file/folder biasa.

3. Setelah itu pilih tempat dimana kalian akan menyimpan hasil ekstrakan-nya. Disini saya memilih DCIM. Lalu saya pilih “Ekstrak”.

4. File rar akan terekstrak otomatis. Jika sudah, akan terlihat file atau foldernya di tempat penyimpanan yang kalian pilih tadi.

b. Mengirim folder lewat gmail di komputer

TIdak bisa dipungkiri, mengirim file lewat PC atau komputer jauh lebih mudah. Ini karena proses cari-mencari file jauh lebih mudah dilakukan di komputer dibandingkan dengan di HP.

Langkah 1: Mengubah folder Menjadi RAR atau ZIP

Untuk mengubah folder menjadi rar ataupun zip di pc, lebih mudah dibandingkan dengan smartphone. Karena biasanya dikomputer sudah secara otomatis terinstall aplikasi RAR nya. Jadi kalian tinggal gunakan saja.

  1. Siapkan folder yang akan kalian ubah menjadi rar.
pilih file yang akan di ubah formatnya

2. Setelah itu kalian klik kanan pada folder tsbt. Lalu pilih “Add to rar” seperti pada gambar.

klik menu add to rar

3. Folder akan dikompress menjadi file RAR. Tunggu prosesnya hingga selesai.

tunggu prosesnya hingga selesai

4. Jika sudah maka file RAR akan muncul dengan nama yang sama dengan folder yang dikompress tadi.

contoh file rar yang sudah jadi

Langkah 2: Mengirim RAR lewat gmail

Sekali lagi saya ingatkan, kalau file RAR lebih besar dari 25MB, maka perlu langkah tambahan untuk mengirimkannya. Karena file diatas 25MB dianggap file besar oleh gmail. Caranya dijelaskan dengan detail dilaman : bukugue.com/cara-mengirim-file-besar-lewat-gmail/

Jika file RAR dibawah 25MB, silahkan ikuti proses dibawah ini.

1. Login ke inbox gmail kalian di https://mail.google.com/mail/
2. Klik tombol “Compose” untuk memulai menulis email.

masuk ke compose

3. Setelah itu akan muncul kotak penulisan email. Disini kalian isikan dulu alamat email tujuan, subjek dan isi email. Untuk melampirkan file RAR tadi, klik ikon klip kertas seperti pada gambar.

masuk ke icon klip kertas

4. Setelah itu kalian akan dibawa ke kotak pencarian file. Disini cari filenya. Klik filenya, lalu klik tombol “Open”.

5. Setelah itu tunggu file nya terupload dulu. Jika sudah maka file yang akan kalian kirim bentuknya seperti gambar di bawah ini.

6. Jika kalian rasa tidak ada lagi yang perlu ditambahkan, klik tombol send untuk mengirim pesan email dan lampirannya tersebut.

klik send untuk mengirimnya

7. Seharusnya pesan sudah terkirim. Jika kurang yakin, bisa cek folder “Sent” atau “Terkirim” di inbox gmail kalian. Jika pesan sudah ada di folder tersebut, artinya pesan dan filenya sudah berhasil dikirim.

Penjelasan tambahan: Cara membuka folder ke komputer penerima

Sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika sipenerima tergolong newbie (pemula), maka bisa bantu jelaskan kedia bagaimana cara membuka folder tersebut. Berikut ini cara membuka folder dalam zip atau rar tadi.

1. Klik lampiran RAR yang diterima diemail tadi.

klik file rarnya

2. Setelah itu akan muncul kotak kecil seperti ini, klik saja “Download” untuk mendownload filenya.

klik download

3. Cari file yang didownload tadi. Klik kanan di file tadi, lalu pilih “Extract Here” atau bisa pilih “Extract to [nama folder]”

4. Setelah itu akan muncul isi dari RAR tadi.

hasil ekstrak file tersebut

Dengan mengubah file atau folder menjadi zip atau rar, biasanya ukuran totalnya akan berkurang. Ini karena RAR adalah aplikasi pengompress ukuran file.

Mungkin segitu aja pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah ini.

Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan