Cara mengirim folder lewat email gmail kamu

Email adalah salah satu media berkirim pesan maupun file yang mudah digunakan. Hampir semua orang pasti memiliki email, baik untuk pekerjaan, tugas kampus atau tugas sekolah, atau hanya sekedar sebagai media untuk mendaftar sosmed atau platform lain yang kamu inginkan.

Bila kamu sering menggunakan email untuk berkirim file, pernahkah kamu merasa bingung untuk mengirimkan banyak file dalam satu folder? Apakah kamu akan tetap mengirimkan file yang banyak itu satu persatu?

Jika kamu mengalami kebingungan atau kesulitan bila ingin mengirimkan banyak file sekaligus dalam satu folder, aku akan menjelaskan bagaimana cara mengirimkannya. Tidaklah sulit untuk melakukannya. Kamu hanya tinggal kompres terlebih dahulu folder yang akan kamu kirimkan menjadi berformat (.rar). Masih bingung? Ini dia penjelasan cara – caranya yang lebih detil.

Cara mengirimkan folder melalui Gmail

1. Mengirim folder dengan format (.rar)

Dengan cara pertama ini, kamu hanya perlu mengubah format folder kamu menjadi (.rar) dengan aplikasi Winrar. Lalu kamu bisa langsung mengirimkannya lewat email dengan cara seperti biasanya. Berikut langkah langkahnya:

1. Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi untuk compress file di komputer kamu. Bawaan windows udah ada biasanya. Atau bisa juga pakai Winrar, winzip, dll di PC kamu. Kalau kamu belum menginstalnya, silahkan download terlebih dahulu disini . Jika sudah di download, langsung saja untuk menginstall aplikasi tersebut. Jika aplikasi Winrar sudah diinstal, maka tampilan aplikasinya seperti berikut.

Tampilan aplikasi Winrar
Tampilan aplikasi Winrar

 

2. Jika aplikasi winrar telah siap, mari kita mulai. Selanjutnya adalah kumpulin file kamu dalam satu folder seperti dibawah ini, lalu kamu harus merubah format dokumen tersebut menjadi .rar menggunakan aplikasi winrar tadi. Di contoh, aku akan mengubah folder “DOKUMEN” menjadi berformat (.rar)

Tapi kamu harus perhatikan bahwa Gmail hanya memberikan batas ukuran file yang dapat dilampirkan sebesar 25 MB saja. Untuk ukuran lebih dari itu, caranya beda, dan aku jelasin lagi nanti dibawah.

Memilih folder yang akan dikirim melalui gmail dan mengubahnya menjadi (.rar)
Memilih folder yang akan dikirim melalui gmail dan mengubahnya menjadi (.rar)

Cara mengubahnya seperti ini : Klik kanan pada folder, lalu pilih add to “DOKUMEN.rar” (karena aku menggunakan nama folder DOKUMEN, maka “DOKUMEN.rar”).

3. Maka akan muncul file baru yang sudah berformat (.rar). Atau seperti pada contoh berikut.

Tampilan file yang telah berformat (.rar)
Tampilan file yang telah berformat (.rar)

Jika kamu sudah berhasil mengubah format folder menjadi (.rar), kini saatnya mengirimkan folder tersebut melalui email.

4. Buka browser kamu dan login ke akun Gmail. Setelah itu langsung saja klik “tulis” untuk menulis pesan baru, atau seperti pada gambar yang aku beri kotak.

"Tulis pesan" untuk memulai menulis pesan di gmail
“Tulis pesan” untuk memulai menulis pesan di gmail

5. Maka akan muncul halaman untuk menulis email. Seperti biasa, kamu isikan terlebih dahulu alaman email tujuan dan nama subjeknya. Setelah itu, kamu klik attachement file di bagian bawah, atau seperti pada gambar yang aku beri kotak.

"Attachment file" untuk menambahkan file yang ingin dikirimkan
“Attachment file” untuk menambahkan file yang ingin dikirimkan

6 .Maka kamu akan diminta untuk memasukkan file yang akan dikirimkan. Pilihlah folder yang sudah berformat (.rar) tadi, lalu klik “open”.

Memilih file folder berformat (.rar) yang akan dikirm melalui gmail

7. Nah, kalau folder kamu sudah muncul dibagian bawah seperti yang aku beri anak panah, berarti email kamu sudah siap untuk dikirimkan. Klik saja tombol “Kirim”.

Tampilan file saat berhasil ditambahkan dan siap dikirim
Tampilan file saat berhasil ditambahkan dan siap dikirim

 

8. Selesai deh. Pastikan pesan kamu sudah terkirim ke email yang dituju. Gmail akan muncul notifikasi dibagian bawah bila email kamu sudah terkirim.

Notifikasi muncul saat email berhasil terkirim
Notifikasi muncul saat email berhasil terkirim

9. Nah, jika email sudah terkirim ke alamat tujuan, pastikan alamat tujuan yang kamu kirimkan folder itu sudah kamu beritahukan cara meng-ekstrak nya setelah didownload dari email yang kamu kirimkan.

Beritahukan bila cara meng-ekstrak/mengembalikan ke format folder seperti semula caranya seperti ini:

Klik kanan pada dokumen.rar yang masih berformat (.rar), lalu pilih “Extract Here”. Dan pastikan PC yang digunakan sudah terinstal aplikasi Winrar/winzip/dll. Selesai.

2. Mengirim folder dengan Google Drive

Ada cara lain  yang bisa kamu lakukan untuk mengirim file folder ke alamat tujuan kamu selain melalui attachment file, yaitu melalui Google Drive. Ini bisa menjadi alternatif jika kamu akan mengirimkan file yang ukurannya terlalu besar dan melebihi batas yang telah ditentukan pihak Google.

(Yudha note: Cara kirim file besar dan banyak sebenernya udah dibahas juga sebelumnya, ada 3 alternatif, pake google drive, pake dropbox dan pake onedrive, kamu bisa baca lebih lengkap disini : bukugue.com/cara-mengirim-file-lewat-gmail)

Jadi, bila kamu akan mengirimkan file dengan ukuran lebih dari 25 MB, aku sarankan menggunakan Google Drive saja. Tidak sulit caranya. Simak langkah – langkahnya berikut ini.

1. Pastikan kamu sudah menghubungkan akun gmail kamu dengan google drive. Jika belum, silahkan login terlebih dahulu ke google drive https://drive.google.com/drive/u/0/my-drive?hl=id. Ketika kamu sudah berhasil masuk ke akun Google Drive kamu, maka tampilannya akan seperti dibawah ini

Tampilan Google Drive saat berhasil login
Tampilan Google Drive saat berhasil login

2. Jika sudah masuk ke akun Gdrive kamu, sekarang silahkan buka akun Gmail kamu dan pilih “tulis” untuk menulis pesan baru, atau seperti pada gambar yang aku beri kotak.

"Tulis" untuk memulai membuat pesan email
“Tulis” untuk memulai membuat pesan email

3. Maka akan muncul halaman untuk menulis email. Sekarang, kamu isikan terlebih dahulu alaman email tujuan dan nama subjeknya. Setelah itu, kamu klik logo Google Drive di bagian bawah, atau seperti pada gambar yang aku beri kotak.

klik logo Google Drive untuk mengupload file
klik logo Google Drive untuk mengupload file

4. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Tampilan halaman untuk mengupload file ke Google Drive
Tampilan halaman untuk mengupload file ke Google Drive

Nah, pada tampilan “Drive saya”, akan muncul file – file yang sebelumnya sudah pernah kamu upload ke Gdrive.

Bila kamu tab ke halaman disebelahnya, yaitu “Dibagikan dengan saya”, maka akan muncul file – file yang pernah orang lain bagikan ke email kamu.

Selanjutnya, tab ke halaman berikutnya yang bernama “Terbaru”. Nah, disini akan muncul file – file yang baru kamu upload beberapa waktu yang lalu.

Dan yang terakhir, yaitu “Upload”. Disini adalah tempat dimana kamu akan mengupload file folder yang sudah berformat (.rar).

5. Setelah kamu berpindah ke tab “Upload”, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Kamu tinggal klik “Pilih file dari komputer Anda” untuk mengunggah file folder kamu.

Tampilan halaman untuk mengupload file pada Google Drive
Tampilan halaman untuk mengupload file pada Google Drive

6. Selanjutnya pilihlah file folder yang sudah kamu compress menjadi berformat (.rar) tadi, lalu klik open untuk meng-upload nya.

Memilih file yang akan diupload ke Goole Drive
Memilih file yang akan diupload ke Goole Drive

7. Berikut adalah tampilan saat proses uploading berlangsung. Lama tidaknya proses upload bergantung pada besar atau kecilnya file yang akan kamu upload. Semakin besar ukuran filenya, tentunya akan semakin lama proses upload nya.

Proses uploadig file sedang berlangsung
Proses uploadig file sedang berlangsung

8. Jika file berhasil ter-upload, maka file tersebut akan muncul seperti pada gambar yang ku beri tanda panah. Setelah itu, kamu bisa langsung mengirimkan file tersebut ke alamat email tujuan dengan klik “Kirim”

File yang terupload siap dikirim
File yang ter-upload siap dikirim

9. Maka akan muncul tampilan berikut. Disana akan ada pemberitahuan mengenai siapa yang dapat mengakses file yang kamu kirimkan. Secara default, akan terpilih “Bagikan dengan  1 orang”, yaitu alamat email yang sudah kamu masukkan sebelumnya. Lalu selanjutnya kamu pilih “Kirim” untuk memulai mengirimkan file tersebut ke alamat email tujuan.

Tampilan pemberitahuan dari Google Drive
Tampilan pemberitahuan dari Google Drive

10. Berhasil. Bila muncul pemberitahuan “Pesan terkirim” dibagian kiri bawah layar PC kamu, itu tandanya email kamu sudah sampai ke alamat tujuan.

Tampilan saat email berhasil dikirimkan
Tampilan saat email berhasil dikirimkan

Kesimpulan

Kini kamu sudah tidak perlu bingung lagi. Ingin mengirimkan banyak file dalam satu folder sudah bisa kamu lakukan. Tidak perlu lagi memasukkan satu persatu file kedalam lampiran email kamu.

Kamu juga tidak akan bingung lagi bila ingin mengirimkan file folder yang ukurannya besar. Bila ukuran file folder kamu lebih dari 25 MB, Google Drive menjadi pilihan yang tepat.

Kalau kamu merasa perlu untuk membagikan info ini kepada rekan – rekanmu, silahkan bagikan. Supaya rekan – rekanmu juga bisa saling berbagi file dengan mudah meskipun dalam jumlah yang banyak.

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan