Cara mudah cek password yang tersimpan di browser kamu

Saat kita lupa password biasanya hal pertama yang kita lakukan adalah panik, dan setelah itu cari informasi di internet untuk menyetel ulang password akun tersebut. Entah itu lupa password email, ataupun lupa password facebook, lupa password twitter, lupa password instagram, dan lupa password lainnya.

Ya, blog ini udah banyak banget bahas masalah lupa password, dan banyak yang terbantu, tapi banyak juga yang gagal, bukan karena pembahasannya ga lengkap, aku malah ngerasa blog ini salah satu yang paling lengkap pembahasannya mengenai hal ini, banyaknya yang gagal menurutku karena sebagian pembaca benar-benar noob/awam/pemula.

Aku bukan menghina loh ya, emak ku kalo disuruh reset sandi gmail ga akan bisa. Adek ku juga misalnya yang sekarang SMP kalo disuruh reset sandi, aku yakin dia juga ga akan bisa. Mereka ga bodoh, cuma ga tau aja.

Saranku buat ibu2 atau teman2 yang memang merasa gaptek, minta bantuan ke keluarga yang lebih paham dibidang ini. Di keluargaku misalnya, yang paham masalah teknologi biasanya yang kaum millenial, itu yang sepantaran aku biasanya, yang kita kenal teknologi di usia muda. Atau paman yang memang dosen IT.

Pointnya disini, kalau kamu ga paham teknologi, minta bantuan.

Nah saat minta bantuan, jangan lepas tangan, artinya, jangan serta merta, telpon adik/kakak kamu lalu minta resetin sandi. Ga bisa. Untuk reset perlu detail akun, selain itu reset sebaiknya dilakukan di perangkat/device/ponsel/tablet/laptop yang biasa dipakai untuk akun tersebut, dan dilakukan di jaringan wifi/internet serta lokasi yang biasa dipakai saat akses akun tersebut.

Ada alasannya, hampir semua aplikasi seperti facebook, ig, dll, itu menyimpan data seperti ini, jadi klo kamu tiba2 login di ponsel lain, itu biasanya kamu bisa dapet pemberitahuan, tujuannya ya itu tadi, untuk keamanan akun. Untuk keamanan akun, semua data dan kebiasaan kamu akan dicatat, jadi klo ada yang janggal mereka bisa tau kalo akun tersebut ternyata di hack lah, dst.

Itu kenapa, saat minta bantuan, sebaiknya dengan orang yang dekat, dekat rumahnya, jadi kasihkan hp kamu/laptop keorang tsbt, minta lakuin semua proses nya di sana. Ini membantu dalam proses reset. Karena sistem akan cross cek data kamu. Data nya bukan cuma nomer hp dan kode verifikasi, tapi data seperti lokasi akses dan perangkat yang digunakan juga jadi pertimbangan dalam hal ini.

Ok, segitu aja deh ceramahku, balik lagi ke password yang tersimpan dibrowser.

Fitur auto-saved di browser biasanya akan otomatis menyarankan kita menyimpan password saat kita pertama kali login di browser tersebut.

Jadi disini, aku akan jelasin cara cek password yang tersimpan tersebut agar kamu ga perlu reset sandinya. Aku disini pakai laptop. Untuk pengguna smartphone, harusnya tampilannya ga jauh berbeda. Jadi pandai2 untuk menyesuaikan.

Cara cek password di google chrome

  1. Kamu tinggal buka browser chrome,
  2. Lalu buka bagian setting
  3. Dan cari menu password
  4. Berikut ini tampilan menu pasword yang tersimpan di chrome. Biasanya aku save password di chrome, cuma baru2 ini aku pindahkan passwordnya ke avast, jadi tampilan saved password di chrome ku kosong.
cara cek password tersimpan di chrome
cara cek password tersimpan di chrome

 

Cara cek password yang tersimpan di browser firefox

Sedangkan kalau kamu pakai browser firefox,

  1. Kamu buka option
  2. Lalu pilih menu security
  3. Dan cari menu passwordnya
  4. Berikut ini tampilan menu saved password di firefox. Seperti yang kamu bisa lihat, ada saved passwordnya. Kamu tinggal search “facebook” di kolom panah merah, nanti akan muncul save-an password fb kamu.
cara cek password tersimpan di firefox
cara cek password tersimpan di firefox

Cara diatas adalah cara lihat password secara manual. Ada banyak yang jelasin secara detail di internet, mungkin nanti akan aku jelaskan lebih detail di tulisan ini jika ada yang nanyain. Terutama untuk browser lain seperti opera, uc, dll. Aku sendiri ga menggunakan browser tersebut, tapi kalau nanti banyak yang nanyain, aku bisa coba tambahkan.

Aku juga sarankan untuk cek manual seperti yang udah aku jelaskan diatas, kalau kamu search di internet, ada yang nyarankan download aplikasi, aplikasi2 ini bisa search password yang pernah tersimpan secara otomatis dengan sekali klik. Hanya saja, aku ga sarankan, karena aku kurang percaya, aplikasi ini bisa saja kirimin password kamu ke hacker setelah kamu install. Kedengerannya paranoid. Tapi lebih baik safe dari pada menyesal. Kamu bisa baca di laman ini : https://bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack/ dan https://bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-facebook-yang-dihack-dibajak-versi-2/ untuk liat seberapa banyak teman2 yang akunnya di bajak. Kasiannya lagi, sulit untuk dapetin akunnya kalau udah di hack.

Ok, segitu aja sih. Kalau kamu simpan passwordnya di hp/smartphone, caranya harusnya sama aja, buka browser kamu, cari setting/option, lalu cari menu password, kadang menu ini langsung keliatan, kadang bisa juga tersembunyi didalam menu lain, seperti contoh diatas, di firefox, menu password tersembunyi dalam menu security. Tergantung tipe browser, entah itu kamu pakai browser bawaan, pakai chrome, opera atau ucbrowser, akan beda lokasi password tersimpannya, tapi asalkan kamu sabar cariin satu persatu menunya, pasti ketemu.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan lemparkan di kolom komentar. Stay safe dan jauhi narkoba.

yudha

Menulis itu seni. Menulis cerita fiksi misalnya butuh kemampuan menulis tinggi. Untuk penulis noob sepertiku, menulis informasi dasar di blog ini aja, sudah cukup untuk bikin rambut rontok. Hahaha :D