Lupa kata sandi Facebook dan tidak bisa masuk? Ini solusinya

Terbit

Diperbarui

Untuk kamu yang lupa password akun Facebookmu, solusi untuk masalah ini adalah mereset sandi dengan bantuan opsi pemulihan yang tersedia. Opsi pemulihan yang umum digunakan adalah nomor HP dan email.

Jika kamu punya akses ke nomor HP ataupun email yang terpasang diakun tsbt, maka tidak usah risau, akun kamu pasti akan bisa dibuka kembali.

Yang sulit itu adalah ketika kamu tidak lagi punya akses ke email ataupun nomor HP, namun tetap masih ada hal yang bisa kamu coba.

Langsung saja, kita mulai dari yang paling awal.

Baca juga : “Cara melihat password Facebook sendiri di HP ataupun PC

Persiapan sebelum mereset sandi Facebook

Pastikan kamu menggunakan perangkat seperti ponsel atau komputer yang sebelumnya pernah dipakai login ke akun facebook tsbt. Ini sangat disarankan, bahkan pihak Facebook sendiri menekankan hal ini dihalaman pusat bantuan mereka.

Selain itu aku sarankan juga kamu untuk pakai jaringan internet dan lokasi (seperti rumah, kantor, dll) yang biasa digunakan untuk akses akun tsbt. Ini bisa membantu system facebook untuk mengetahui bahwa kamu adalah pemilih sah akun.

Proses mengatur ulang kata sandi Facebook yang lupa

Jika memang tidak ada sandi lama yang tersimpan, dan kamu sudah coba beberapa sandi yang kamu ingat tapi tetap salah, silahkan lanjut ke langkah-langkah dibawah.

A. Lewat pesan SMS atau Chat WhatsApp

Di cara pertama ini kamu perlu nomor HP yang terkait dengan akun Facebook tadi. Jika nomor HP-nya sudah tidak aktif sejak lama, maka kamu tidak bisa pakai cara ini.

Namun jika nomornya baru hilang, kamu bisa coba urus ke pusat layanan provider kamu. Hal ini bisa dilakukan, prosesnya cepat dan mudah. Kamu hanya perlu bawa KTP ke service center provider yang kamu gunakan. Cuma memang syaratnya kartunya belum terlalu lama hilangnya.

Jika sudah ada nomor HP-nya, selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka laman facebook.com/login/identify dibrowser kamu.
2. Masukkan nomor HP, lalu tap tombol “Cari”.

3. Pilih ospi “Kirim kode melalui WhatsApp” atau “Kirim kode melalui SMS”.
4. Selanjutnya isi captcha (ini tidak selalu muncul).

5. Periksa SMS atau Chat WhatsApp di nomor kamu.
6. Isikan kode ke halaman yang tersedia.
7. Selanjutnya kamu bisa membuat password baru. Silahkan isi password baru yang kamu inginkan.

8. Selesai.

Biasanya akan ada pertanyaan apakah kamu ingin logout dari perangkat lain (jika ternyata kamu masih dalam keadaan login diperangkat lain) atau apakah kamu ingin menyimpan kata sandi sehingga kedepannya bisa login dengan sekali ketuk. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

B. Lewat Email

Disini kamu perlu akses ke email yang terdaftar di akun Facebook kamu tsbt. Jika kamu lupa email-nya atau lupa password emailnya, solusinya cuma satu, yaitu bagaimanapun caranya, kamu wajib mendapatkan akses ke email tsbt.

Ada banyak pembahasannya di internet, di blog bukugue sendiri ada beberapa pembahasan terkait pemulihan email misalnya di laman lupa password email outlook dan lupa password email gmail dan disini Lupa password email yahoo.

Jika kamu sudah punya akses ke akun email kamu, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Masuk ke halaman facebook.com/login/identify.
2. Disini tap “Cari berdasarkan email atau nama Anda”.

3. Selanjutnya masukkan alamat email, lalu tekan tombol “Cari”.

4. Disini pilih “Kirim kode melalui email”. Lalu tekan tombol “Selanjutnya”.

5. Disini masukkan kode 8 digit yang didapat dari email kamu.
6. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan password baru.

7. Sampai disini kamu sudah berhasil mengubah sandi.
8. Jika ada langkah tambahan, baca dan pahami serta ikuti prosesnya (misalnya ditanya apakah nomor lama sudah tidak aktif dan ingin diganti, atau ditanya apakah ingin logout dari semua perangkat lain karena sandi diubah, dll).
8. Selesai.

C. Lewat bantuan teman

Jika kamu tidak ada perangkat yang dikenal, walaupun kamu punya akses ke nomor HP misalnya, terkadang Facebook tidak memberikan akses. Disinilah kamu bisa gunakan metode ini.

Disini kamu perlu mencari teman dekat atau keluarga yang bisa kamu ajak ketemuan. Ini penting karena nanti proses pemulihan akun kamu akan dilakukan di perangkat teman tsbt.

Sebaiknya minta bantuan ke-teman ataupun keluarga yang memang sering berinteraksi dengan kamu di Facebook.

1. Silahkan minta teman buka akun Facebooknya dibrowser seperti chrome.
2. Minta dia buka halaman profil kamu.
3. Dihalaman profil kamu, tap menu “Lainnya” dengan ikon titik tiga.
4. Pilih menu “Laporkan”

5. Selanjutnya pilih “Lainnya”

6. Selanjutnya pilih “Pulihkan akun ini”

7. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman pemulihan seperti dibawah.
8. Selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya seperti dua metode sebelumnya.

Aku sendiri belum eksplorasi metode ini, karena aku tidak punya detail apa-apa terkait akun Gilang yang aku coba diatas. Itu akun adik yang sudah lama tidak bisa diakses, rencananya jika aku ada waktu nanti akan aku coba hubungi dia untuk testing metode ini. Namun saat ini agak sulit karena kita beda daerah.

D. Lewat verifikasi kartu Identitas

Bagaimana kalau nomor sudah tidak aktif dan email sudah tidak bisa diakses lagi?

Seperti yang kamu tau, jika kamu tidak menggunakan perangkat yang dikenal, tidak ada nomor aktif dan email pemulihan yang bisa diakses, Facebook tidak akan memberikan akses ke akun kamu.

Nah solusi lainnya yang bisa kamu coba adalah mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dihalaman “Cara mengembalikan akun Facebook dengan kartu identitas“.

Prosesnya kira-kira seperti ini, kamu berpura-pura akun kamu di hack dan semua akses pemulihan bukan milikmu lagi. Jadi Facebook akan meminta konfirmasi dengan kartu identitas seperti KTP, SIM, Passport, dll.

Namun sekali lagi, disini kamu butuh minimal perangkat yang pernah kamu akses.

Reset sandi melalui Kontak Terpercaya sudah tidak bisa lagi dilakukan

Dulu kamu bisa mencoba minta bantuan kontak terpercaya untuk reset sandi kamu. Namun belum lama ini fitur ini ditutup oleh Facebook.

Hal ini dijelaskan dihalaman https://id-id.facebook.com/help/119897751441086.

FAQ terkait masalah lupa sandi Facebook

Aku dapat ratusan komentar diblog ini terkait topik ini, dan banyak sekali yang berulang-ulang sehingga tidak aku tampilkan. Berikut aku jawab beberapa pertanyaan tsbt langsung disini 🙂

1. Apakah metode ini 100% berhasil?

Jika kamu punya akses ke nomor HP atau email pemulihan, biasanya kemungkinan gagalnya sangat kecil. Kalau gagal, kamu hanya perlu coba lagi diperangkat lain atau coba bantuan teman, dan seharusnya akan 100% berhasil.

Namun jika nomor HP dan email pemulihan sudah tidak ada, memang sulit. Proses verifikasi identitas itu tidak sebentar, biasanya memakan waktu berminggu-minggu. Ini karena proses pemulihannya melibatkan manusia (dalam hal ini tim support Facebook).

Itupun belum tentu berhasil, jika ada yang mencurigakan sedikit saja, Facebook tidak akan memberikan akses akun tsbt ke kamu.

2. Bisakah meminta bantuan jasa hack untuk mendapatkan akses ke akun Facebook kita?

Ini juga pernah ditanyakan oleh pengunjung, waktu itu dia minta aku untuk menghack akun Facebook-nya yang lupa password.

Jawabannya adalah tidak bisa.

Digrup Facebook yang aku kelola, aku lihat sudah beberapa orang tertipu oleh jasa hack Facebook. Padahal aku sudah ingatkan berkali-kali, hal ini tidak bisa dilakukan.

Aku tidak akan jelaskan banyak disini, karena akan terlalu panjang artikelnya nanti. Simpelnya adalah, metode hack yang dipakai, itu umumnya menargetkan kelalaian pengguna (jadi fokus objek peretasannya adalah pengguna). Nah jika penggua sendiri tidak punya akses ke akunnya, maka mereka tidak bisa ditarget untuk dihack.

3. Bisa minta tolong pulihkan akun Facebookku?

Maaf aku tidak bisa bantu langsung. Aku sudah pernah mencoba bantu langsung, tapi hampir tidak ada yang berhasil. Ini karena system Facebook tidak percaya bahwa aku adalah pemilik sah akun.

Prinsip utama reset sandi Facebook ini adalah kita membuktikan kepada sistem Facebook bahwa kita adalah pemilik sah akun tsbt. Jadi langkah-langkah diatas justru lebih besar kemungkinan berhasil jika dilakukan sendiri oleh pemilik akun dengan perangkatnya sendiri, bukan dengan bantuan orang lain.


Cukup panjang ya.

Tulisan ini sudah melewati puluhan kali revisi sejak beberapa tahun yang lalu. Ada banyak yang terbantu, tapi banyak juga teman-teman lain yang masih gagal mendapatkan akunnya.

Untuk yang gagal, jangan menyerah. Coba baca ulang, dan pahami penjelasanku diatas. Jangan tergesa-gesa, baca dan pahami betul apa yang aku jelaskan.

Untuk teman-teman yang berhasil, dimohon untuk meninggalkan penjelasan dikolom komentar dibawah mengenai metode yang dipakai, mungkin hal ini bisa membantu teman-teman lainnya yang juga sedang mengalami masalah yang sama.


Sampai disini dulu tulisan kali ini. Aku doakan teman-teman semua berhasil mendapatkan akunnya.

Sumber:

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

47 tanggapan untuk “Lupa kata sandi Facebook dan tidak bisa masuk? Ini solusinya”

  1. Avatar Yani
    Yani

    Makasih kak yudha…akhirnya aku bisa buka FB ku lagi…

    1. Avatar yudha
      yudha

      Sama-sama mas bro :).. Thanks juga sudah meninggalkan komentar disini.

      1. Avatar Efan
        Efan

        Bang bantuin plis🥺

        1. Avatar yudha
          yudha

          Maaf mas, aku tidak bisa bantu langsung mas.. Aku hanya bisa bantu jelaskan untuk yang mas tidak pahami..Itu saja.

    2. Avatar Reza wahyudin
      Reza wahyudin

      akun facebook saya kena retas ka. kata sandi beserta emailnya di ubah. besar harapan saya jika kaka bisa membantu untuk mengembalikan lagi akun facebook saya🙏

      1. Avatar yudha
        yudha

        Aku ga bisa bantu langsung mas bos.. Silahkan dibaca tulisanku diatas, seharusnya cukup jelas kenapa aku ga bisa bantu.

        Saranku silahkan dicoba batalkan perubahan dari email mas.. baca sini https://bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack/

  2. Avatar Fadil Bungsu
    Fadil Bungsu

    Alhamdulilah Thanks Gan,, Terimakasih Banyak Caranya 100% work . Saya Pikir Boong, Ternyata Benar Bisa Kebuka Setelah Saya Coba Sndri,,, Sekali Lagi Terima Kasih Gan

  3. Avatar Dhiaz
    Dhiaz

    Terimakasih banyak atas infonya gan, sangat bermanfaat sekali👍👍👍😊

    1. Avatar yudha
      yudha

      sip deh mas gan.. senang akhirnya mulai ada yang mau komentar setelah sukses…:D

  4. Avatar Rivingawen
    Rivingawen

    saya tidak bisa masuk fb soalnya lupa kata sandi dan no hp hilang dicuri ama HP

    1. Avatar yudha
      yudha

      klo nomernya baru hilang, bisa ke grapari/gerai/service center nya mas, minta bikin ulang nomer mas disana… gampang kok harusnya…

  5. Avatar Nur Asyiah
    Nur Asyiah

    Akun saya sudah kembali gan😀

    1. Avatar yudha
      yudha

      Bagus deh mba.. senang bisa membantu…

  6. Avatar Indah
    Indah

    Terima kasih kak yuda akhirnya fb nya bisa kebuka lagi👍👍

    1. Avatar yudha
      yudha

      sip deh, senang bisa membantu mba.. 🙂

  7. Avatar Helwan
    Helwan

    Cara cek kode yang dikirim ke email gimana mas,rincian yang lebih jelas

    1. Avatar yudha
      yudha

      1. buka inbox email mas, cari email dari facebook, biasanya paling atas karena email yang baru diterima selalu posisinya diatas..
      2. buka email dari facebook tsbt.
      3. ambil kodenya dari dalam email tsbt..

      aku ga bisa bikin lebih jelas lagi, itu udh cukup jelas harusnya..

    2. Avatar Nur hazarillah
      Nur hazarillah

      ka mau tanya fb saya ke heck udh saya coba bagaimanapun tetep gbsa staknya di akun hotmail yg nge heck nya itu gmna ya ka cara ngatasinya

      1. Avatar yudha
        yudha

        coba lewat sini mba https://bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-fb-yang-dibajak-dengan-bantuan-kartu-identitas/

  8. Avatar ari
    ari

    ka..saya mau buka fb pacar saya…saya cuma tau alamat email nya aj…saya ga tau sandinya…dia pake no yg lama di fb nya..sedangkan no yg lama dha ga aktif…gmna cara saya supaya tau kata sandi nya…terima kasih

    1. Avatar yudha
      yudha

      diatas udh dijelaskan beberapa metode jika tidak ada nomer hp dan email mas.. misalnya seperti minta bantuan teman, atau lewat verifikasi identitas.. jika gagal, aku ga ada solusi lain mas..

  9. Avatar ari
    ari

    jadi ga bisa ya bang buat cari kata sandinya…saya coba liat di youtube..smua sama seperti abang caranya..
    makasih ya bang

    1. Avatar yudha
      yudha

      iya mas.. rata2 caranya sama, itu karena memang cara tersebut yang disediakan pihak fb mas…

      kalau mas pernah simpan sandinya dibrowser, mungkin bisa cek dlu…coba cek2 browser2 dihp, mana tau ada satu yang nyimpan sandinya..cmiiw..

  10. Avatar Julius
    Julius

    Gak bsa mas udh msuk sms kode nya mlah gk bsa kirim nya

    1. Avatar yudha
      yudha

      coba request ulang kodenya kalau gitu mas..mungkin udh expired..

  11. Avatar Ridho
    Ridho

    Jadi gini bang Aku mau reset pw facebook Aku, tapi pw yang lama itu lupa trs Aku coba minta dikirim lewat sms tapi sampe sekarang kaga ada yang Masuk tuh, padahal nomer tsbt aktif jadi apakah provider juga ngaruh dalam hal ini bang???
    Makasih

    1. Avatar yudha
      yudha

      Provider ga ngaruh harusnya bang… yang penting nomernya benar, dan kartu aktif dan kalau bisa ada pulsa juga.

  12. Avatar Cantika firdasabella
    Cantika firdasabella

    Ok

    1. Avatar yudha
      yudha

      Sip..

  13. Avatar Sandi
    Sandi

    abang punya instagram?

    1. Avatar yudha
      yudha

      instagram resmi kami @Bukuguedotcom mas..

  14. Avatar Gabriella
    Gabriella

    Bisa bantu jasa nya buat buka FB ku

    1. Avatar yudha
      yudha

      Aku tidak buka jasa mas bro.. aku juga ga bisa bantu secara langsung. Hanya bisa bantu jelaskan..

  15. Avatar Handi Snzy
    Handi Snzy

    Bang saya mau minta tolong akun saya kena heck orang kata sandi dan email di ganti gimna ya bang

    1. Avatar yudha
      yudha

      coba sini mas https://bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-fb-yang-dibajak-dengan-bantuan-kartu-identitas/

  16. Avatar Raden Bagus jugo
    Raden Bagus jugo

    tolong bantu saya lupa kata sandi fb

    1. Avatar yudha
      yudha

      Silahkan dibaca dan dicoba dulu mas..

  17. Avatar Loberina
    Loberina

    halo bang.. kalo akun fbku aku pake nmor lain tpi skrang udah gk bsa bka lgi. baik pake nmor itu maupun kata sandi. dan emang gk pake imail bang. jdi bnar2 idah gk bsa masuk lagi tuh gmna yah

    1. Avatar yudha
      yudha

      Iya mas.. belum lama ini kakak sepupu ku jga begitu, datang kerumah minta tolong login ke akunnya. HP-nya di reset oleh orang konter, dan semua akun di HP tsbt hilang.

      Aku udah coba semua yang aku tau, dan ga bisa apa-apa disana. Ini karena walaupun dia masih punya nomer HP aktif, Fb tidak mengenali sama sekali perangkat tadi, jadi setiap kali reset sandi, tidak ada kode reset yang mau masuk. Akhirnya aku buatkan dia akun baru, setidaknya ini sudah akun Facebook ketiga yang dia punya.

  18. Avatar Leny
    Leny

    Kak gimana ya caranya kata sandi aku, aku ganti terus enggak inget dan SIM aku sudah aku rusak

    1. Avatar yudha
      yudha

      Kalau tidak ada opsi pemulihan sama sekali, sulit mba. Kalau perangkat mba masih dikenali, artinya ketika mencoba reset sandi masih keliatan foto profil mba dihalaman loginnya, bisa coba metode verifikasi identitas disini https://bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-fb-yang-dibajak-dengan-bantuan-kartu-identitas/

  19. Avatar eta
    eta

    br aja kemarin kena 150,gara2ganti hp lupa sm sandi fb-nya😭.kl lupa sandi fb no masi aktif,tp udah ganti hp gimana solusinya kak

    1. Avatar yudha
      yudha

      kena 150 maksudnya gimana mas?

      coba reset sih mba.. tapi ya itu, sering kali kodenya ga masuk karena facebook tidak mengenali perangkat tsbt. Saranku bisa coba cara yang lewat akun teman.

  20. Avatar Guruh simanungkalit
    Guruh simanungkalit

    saya sudah coba langkah2 nya namun,.
    pada kolom yg di pilih tdk ada tampilan kirim melalui no Hp,
    kemudian melalui email, disitu email nya bukan milik saya karena sudah di ambil alih org lain,.
    tolong bantu solusinya min🙏🏻

  21. Avatar Ramli kakat
    Ramli kakat

    akun fecebook saya di hack

    1. Avatar yudha
      yudha

      silahkan baca terkait hal tsbt disini mas https://bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *