Lupa password yahoo kamu? Ini cara mengatasinya

Hai reader, sehat kan pastinya?

Kalau kamu baca pembahasan bukugue mengenai email, kamu pasti sudah tau bahwa email saat ini bukan lagi untuk kirim-kiriman pesan saja, tapi bisa digunakan untuk banyak hal.

Salah satunya adalah untuk bikin akun sosmed dan jadi metode keamanan serta recovery akun sosmed tsbt. Dan kalau kamu kehilangan akses ke akun email, karena lupa sandi misalnya, efeknya akan berimbas ke akun sosmed kamu.

Di blog ini misalnya, kamu bisa lihat, tidak sedikit teman-teman yang gagal mendapatkan akun facebooknya kembali saat mereka lupa kata sandi facebook karena mereka tidak ada lagi akses ke email pemulihan akun mereka.

Inilah kenapa email saat ini sangat penting sekali dan benar-benar harus dijaga.

Ok. Jadi disini kita akan membahas bagaimana mengatasi masalah lupa kata sandi email yahoo kamu.

Hal penting yang bisa dicoba sebelum reset password Yahoo

Ada beberapa langkah penting yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu ingin mendapatkan akun yahoo kamu kembali.

Pertama, cek dulu apakah kamu pernah simpan password yahoo tersebut di browser kamu. Untuk cara cek nya, dibahas di laman ini bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser. Kalau ternyata kamu menemukan passwordnya, kamu bisa langsung login tanpa perlu repot-repot mereset password.

Kedua, saat melakukan proses dibawah, pastikan untuk cek apakah akun yahoo kamu masih ada dan belum di delete oleh pihak yahoo. Ini cukup penting, berdasarkan laman help yahoo ini, salah satu alasan akun di delete adalah jika kamu tidak pernah login dalam 12 bulan (1 tahun). Jadi jika setelah cobain proses dibawah, kamu tidak menemukan akun yahoo kamu. Ada kemungkinan akunnya sudah di delete pihak yahoo.

Admin: Akun yang di delete, itu bisa di daftar kan ulang oleh siapapun. Ini lah yang aku sesalkan dari pihak yahoo, karena banyak banget akun yang di hack akibat hal ini. Aku bahkan baca beberapa diskusi di forum terkait hal ini, ada yang memanfaatkan loophole ini untuk mencuri akun yahoo dan mendapatkan aset terkait akun tsbt.

Baca juga :  Perbedaan CC dan BCC di email

Kalau ternyata akun kamu sudah di delete, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar dan buat ulang akun yahoo kamu seperti saat buat akun baru, pastikan “alamat email” yang kamu pilih sama seperti alamat yang lama.

Ok, jika sudah paham apa saja yang perlu diperhatikan, barulah kita masuk ke bahasan selanjutnya.

Mengatasi Lupa sandi Yahoo dengan nomer HP

Disini kita akan reset sandi yahoo dengan nomor HP. Jadi pastikan nomor HP yang terkait dengan akun tsbt masih aktif. Jika tidak, kamu bisa skip bagian ini dan lanjut baca bagian berikutnya.

1. Masuk kelaman login yahoo berikut ini login.yahoo.com. Masukkan alamat email yahoo kamu. Lalu tap “Berikutnya”

Gambar 1. Ketik alamat email Yahoo

2. Setelah itu diminta memasukkan kata sandi, karena kamu lupa maka ketuk bagian tulisan berwarna biru “Saya lupa kata sandi saya”.

Gambar 2. Ketuk "saya lupa kata sandi saya"

3. Maka akan muncul nomor HP kamu, tapi disini nomornya kurang dua angka. Untuk pengisiannya, dicontoh ini misalnya 4 angka terakhir ponsel tsbt adalah 4809, jadi aku isi dua kolom tsbt dengan angka 48. Setelah itu tap “kirim”.

gambar 3 Isi dua angka yang hilang

4. Selanjutnya kamu akan ditanya apakah kamu punya akses ke nomor HP tsbt, karena disini kita punya akses, disini kita pilih menu “Ya, kirimi saya kode verifikasi via SMS”.

gambar 4 : Tap kotak biru

5. Selanjutnya tunggu SMS masuk dari yahoo, cek dan ambil kode yang kamu terima di SMS tadi. Ketikkan kode ke kolom yang diminta, lalu tap “Verifikasi”.

Gambar 5. Ketik kode verifikasi

6. Selesai. Selanjutnya kamu bisa memilih login atau membuat ulang sandi baru. Saranku disini untuk membuat sandi baru, agar kedepannya bisa login dengan sandi baru tsbt.

Gambar 6. Ketuk "buat kata sandi baru"

7. Setelah itu masukan kata sandi baru di kedua kolom tsbt, kemudian tap “Lanjutkan” untuk menyimpan.

Gambar 7. Ketik kata sandi baru
Gambar 7. Ketik kata sandi baru

8. Sampai dititik ini seharusnya kamu sudah berhasil login, dan juga sudah punya sandi baru yang bisa dipakai untuk login kedepannya. Pastikan untuk mencatat dan menyimpan sandi di tempat yang aman, jika kamu tipe yang mudah lupa.

Baca juga :  Fungsi kategori di kotak masuk google mail (Gmail)

Mengatasi Lupa sandi Yahoo lewat email pemulihan

Untuk kamu yang pernah memasukkan email ke akun yahoo kamu, baik di saat pendaftaran ataupun dibagian setting yahoo. Kamu bisa gunakan email tsbt untuk melakukan reset sandi.

Tidak masalah kalaupun emailnya bukan email kamu sendiri, misalnya kamu saat itu memasukkan email keluarga, teman ataupun pacar, kamu tetap bisa gunakan email mereka diproses ini.

Kamu cukup ikuti proses dibawah ini, yahoo akan mengirimkan kode verifikasi ke email mereka, dan kamu tinggal minta kodenya dari mereka. Jangan lupa untuk jelaskan supaya mereka tidak curiga saat kamu minta kode-kode. Kalau sulit menjelaskannya, kamu bisa minta mereka baca halaman ini biar mereka lebih paham apa yang sedang kamu lakukan.

Ok. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

Untuk mempersingkat tulisan, disini langkah 1 sampai langkah 3 tidak diulangi lagi. Jadi baca ulang diatas supaya lebih paham.

4. Disini kita mulai dari langkah 4. Dilangkah 4 ini kamu ditanya apakah kamu punya akses ke nomor HP, disini pilih menu “saya tidak memiliki akses ke telepon ini”.

Gambar 6. Ketuk saya tidak memiliki akses dari telepon ini

5. Selanjutnya kamu akan di tanyaka apakah kamu punya akses ke email pemulihan kamu. Disini emailnya disensor ya, tapi ada beberapa huruf yang tidak di sensor, jadi kamu masih bisa mengira-ngira itu email mana jika kamu lupa email pemulihannya. Selanjutnya kamu tap “Ya, kirimi saya kode verifikasi”.

Lupa password yahoo kamu? Ini cara mengatasinya 9

6. Selanjutnya kamu tinggal buka email pemulihan tsbt dan cari kodenya. Jika kamu pakai email keluarga atau teman, bisa minta mereka cek dan baca emailnya. JIka ada kode bisa ambil kodenya, tapi jika tidak ada, biasanya ada link yang bisa diklik. Disini kamu tinggal minta mengirimkan link atau kode tsbt, misalnya lewat sms atau whatsapp.

Baca juga :  Cara mengirim email massal kebanyak penerima sekaligus dengan gmail

7. Selesai. Jika pakai kode, maka kodenya tinggal dimasukkan ke kolom yang diminta, setelah itu kamu akan diminta membuat password baru. Jika pakai link, kamu tinggal buka linknya lalu ikuti instruksi selanjutnya disana.

Bagaimana mengatasi lupa password yahoo jika nomor HP sudah tidak aktif dan email tidak ada?

Ini yang banyak terjadi saat ini, pemilik akun yahoo sudah lama tidak membuka akun Yahoonya dan mereka sudah kehilangan akses ke semua opsi recovery yang ada.

Apakah masih ada solusinya, jawaban simpelnya adalah “Ada”.

Tapi prosesnya tidak simpel.

Disini solusinya adalah kamu harus menghubungi pihak support Yahoo. Saat nomor telepon mati dan email tidak ada, tidak ada satupun yang bisa membuktikan bahwa kamu adalah pemilik sah akun. Disini pentingnya menghubungi pihak customer support yahoo. Mereka akan bantu proses verifikasi ini.

Sayangnya ini proses yang panjang. Hal ini dibahas lebih detail dihalaman ini bukugue.com/akun-email-yahoo-di-hack. Yup kamu tidak salah baca, laman tsbt membahas tentang akun yahoo yang di hack, tapi tetap bisa kamu gunakan untuk keadaan lupa password, ini karena proses diatas tujuan akhirnya adalah menghubungi pihak support Yahoo.


Penting sekali ya guys untuk tetap ingat data pribadi kamu, apa lagi yang berhubungan dengan media sosial dan internet yang kamu gunakan hampir setiap hari.

Sesuai dengan pengalaman, aku kasih saran nih, catat semua hal penting menurut kamu, termasuk alamat email dan kata sandi. Atau data-data lain yang bagimu tak boleh terlupakan. Tapi ingat catatan tersebut hanya kamu dan Tuhan yang tahu 😉

Aku ingetin sekali lagi, ketika kamu sudah terbebas dari kebingungan karena lupa password email Yahoo dan berhasil mengakses kembali, maka pastikan untuk menambahkan nomor hp atau pun email pemulihan, agar kedepannya ketika bertemu masalah yang sama kamu bisa lebih mudah menyelesaikannya.

Sekian, semoga bermanfaat.

Tulisan di update oleh admin tanggal 26 november 2020

42 tanggapan untuk “Lupa password yahoo kamu? Ini cara mengatasinya”

  1. Dian Avatar
    Dian

    Klo mau liat apakah dulu sy pake yahoo atau gmail bisa di cek g ?

    1. yudha Avatar
      yudha

      maksudnya gmana ini mba? kalau mba punya akun facebook, coba cek laman setting, atau laman tentang di facebook, biasanya akan keliatan email yang dipakai sebelumnya apa….

  2. Velyamalia Avatar
    Velyamalia

    Bang kalo saya msih ingat dan hapal email sama password sya tapi saya udh lupa sama nomor telp dan nomor telpnya hilang. Kira2 sya bisa masuk akun yahoo pke cara apa ya?

    1. yudha Avatar
      yudha

      mas masih ingat password yahoonya? inget juga alamat emailnya? lalu kenapa masuk tulisan sini? kan bisa langsung login aja mas…

  3. Lina Avatar
    Lina

    Mau nanya donk 😣

    1. yudha Avatar
      yudha

      silahkan mba sis.. aku akan jawab sebisaka…

  4. Aenis Avatar
    Aenis

    Ka buka jasa kembaliin akun Yahoo yg udah lama lupa sandi ga? Atau Twitter?

    1. yudha Avatar
      yudha

      disini kita ga buka jasa mba.. kalau ada yang ragu dan ingin ditanyakan, silahkan komentar disini 🙂 insyaallah di jawab…

  5. Lesta lestari Avatar
    Lesta lestari

    Bagaimana cara masuk facebook ? Karena saya lupa pasword emailnya. Sedangkan mau log in harus masukkan 6 digit yg di kirim ke email. Email tdk bs di buka. Mohon jawaban bagaimana solusinya agar tetap bs masuk ke akun fb yg sdh ada? Karena saya tdk mau FB baru.

    1. yudha Avatar
      yudha

      baca sini mba..

      disana ada penjelasan buat yang tidak bisa akses email, misalnya dengan upload kartu identitas.. cuma cara ini tidak mudah dan butuh waktu..

  6. Bang Karcha Avatar
    Bang Karcha

    Akun saya diheck

    1. yudha Avatar
      yudha

      baca sini mas

  7. Alma Avatar
    Alma

    Hi mas, mau tanya. Kalo saya ingat email yahoo dan password nya pun ingat. Pas login harus verifikasi nomer hp dan email kedua tapi nomer hp nya sudah lama tidak dipakai ga tau kemana, dan email kedua lupa password + konfirmasi ke nomer hp yg sama. Gimana ya mas, saya sudah minta bantuan yahoo help tapi tidak bisa, tetap bolak balik pilih jenis permasalahan. Bisa tolongin saya ndak ya, makasih mas.

    1. yudha Avatar
      yudha

      email dan passwordnya ingat? tinggal login aja sih mas.. setauku kalau pun muncul biasanya opsi nya bisa di skip..coba cek lagi… kecuali masnya lupa, baru ribet…

  8. sul Avatar
    sul

    sandi email yahoo saya lupa nomor sudah g aktif..gimana cara memulihkannya

    1. yudha Avatar
      yudha

      hubungin support yahoo mas..

  9. nanda Avatar
    nanda

    cara hubungin yahoo support gimana mas? saya lupa pasword yahoo dan no saya juga sudah tidak aktif

    1. yudha Avatar
      yudha

      baca sini mba

  10. Endra Avatar
    Endra

    Apakah dgn buat ulang akun email baru nantinya kita bisa akses inbox di akun yg lama?

    1. yudha Avatar
      yudha

      engga sih setauku mas..

      tapi dengan adanya email baru, bisa dipakai untuk interaksi dengan pihak support yahoonya.. dari support ini lah harusnya bisa dapetin akses ke akun lama kita..

  11. Desi Avatar
    Desi

    Mas, saya klik “lupa kata sandi” tapi langsung k email yang buat kirim kode verifikasinya ga ada pilihan pake no hp sedangkan saya ga tau itu email punya siapa jd ga tau juga tuh kode verifikasinya, saya klik “tidak memiliki akses ke email ini” tapi malah balik lagi udah di coba berkali2 tapi gitu terus

    1. yudha Avatar
      yudha

      coba hubungin customer supportnya yahoo mba… dijelaskan disini

  12. epop seadanya Avatar
    epop seadanya

    mas akun fb saya ada yng ganti sandinya,,,,,,
    bagaimana cara mudah mengembalikanya .
    tkb

    1. yudha Avatar
      yudha

      baca sini mas https://bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack/

  13. satrio Avatar
    satrio

    masa tolong dibantu email saya,,, email pemulihannya udh jadi sampah mas sama nomor telfon saya hilang mas tp saya ingat passwordnya cara mengembalikannya gimana yaa mas trimkasii

    1. yudha Avatar
      yudha

      itu passwordnya ingat? lalu yang lupa apanya? tinggal login aja kan..

  14. satrio Avatar
    satrio

    sama harus verifikasi nomor telfon mas tp sudah hilang nomornya

    1. yudha Avatar
      yudha

      oh gitu… berarti password inget tapi diminta verifikasi nomor hp? gitu kah?

      coba baca lagi dilaman tsbt, apakah memang diminta verifikasi nomer hp, atau bisa diskip atau bisa diganti nomer hpnya, seingatku kalau udh lama ga login, disuruh cek nomer hp memang, tapi tidak wajib…bisa diskip klo ga salah…

      kalau memang ga bisa, coba hubungin pihak support yahoo mas.. cara hubunginnya bisa dibaca dilaman ini

  15. Permana Ary S Avatar
    Permana Ary S

    Halo….
    Saya mempunyai 2 alamat email di yahoo dan salah satunya ketika saya mencoba masuk ke email yahoo tetapi yahoo selalu minta kode verifikasi dikirim dengan nomer handphone. Padahal nomer handphone sudah tidak aktif. Sementara saya masih ingat passwordnya tetapi yahoo tidak pernah memintanya. Apakah ada cara untuk memulihkan email yahoo saya kembali tanpa verifikasi melalui nomer handphone? Saya sudsh coba berkali kali tetapi selalu muncul UH-OH

    Looks like we can’t recover your account online. The most common reasons are:

    You have no other recovery options on file for your account
    You have reached your daily limit for SMS or Email attempts.

    Mohon dibantu apabila sda solusinya. Terima kasih

    1. yudha Avatar
      yudha

      hubungin support kalau udh gini harusnya mas… untuk hubungin support yahoo, udh dijelaskan dilaman ini, .

  16. Mas iqbal Avatar
    Mas iqbal

    Mas solusi nomor verifikasi hangus hilang gmn bisa login yahoo pasword masih hafal tp tetap di mintai kode verifikasi

    1. yudha Avatar
      yudha

      coba hubungin support yahoonya mas.. aku rasa ga ada solusi lain… cmiiw..

  17. Dian Islamiati Avatar
    Dian Islamiati

    Mas saya mau login ke yahoo, alamat email dan password sudah benar. Tapi masih diminta untuk verifikasi nomer telp, sedangkan nomer telp hilang dan lupa. Dan gak bisa di skip untuk verifikasi nomer telp ini. Saya mau menghubungi support yahoo tapi tidak tersedia karena wabah covid-19 ini. Jadi gimana ya mas? Saya butuh cepat untuk login ke akun yahoo ini. Trims

    1. yudha Avatar
      yudha

      ya ga bisa berarti mba.. live supportnya mungkin ga bisa, tapi apakah support via email jg ga bisa? aku beberapa waktu lalu testing masih bisa seingetku…nanti mungkin aku coba cek ulang lagi deh..

      kalau supportnya ga bisa, aku rasa ga ada cara lain mba..cmiiw.

  18. vicky Avatar
    vicky

    mas kl yg ngirim passwordnya lewat WA itu berarti dia hack saya yah?

    1. yudha Avatar
      yudha

      ini kasusnya gimana? awalnya ceritanya gimana? kalau tiba2 aku kirim password ke mas dari wa, ya ga ada masalah… kecuali mas yang kirimin password mas ke aku, baru aku bisa hack akun mas..

      jadi ini kronologisnya bagaimana?

  19. Yohan Avatar
    Yohan

    Bisa bantu ga kak, kembaliin akun yahoo saya, saya ingat id sama passwordny tapi diwaktu verifikasi dengan no hp gabisa (karna no sudah hilanh),mohon bantuanya kak :((

    1. yudha Avatar
      yudha

      Coba cek apakah bisa diskip proses verifikasi hp nya mba…. cobain jg diperangkat yang pernah dipakai buat login yahoo tsbt sebelum-sebelumnya.. biasanya kalau perangkatnya dikenal, ga dimintain verifikasi-verifiaksi biasanya..

      kalau tetap ga bisa, coba hubungin support yahoo mba..

  20. jhony Avatar
    jhony

    mas yuda bisa bantu gk,…….email sering digunakan tapi lupa pasword dan untuk pemulihannya no hp sudah lama gk dipake

    1. yudha Avatar
      yudha

      hubungin support yahoo nya mas..

  21. Bunda pesek Avatar
    Bunda pesek

    Bang mau nanya nie saya kan lupa kata sandi facebook nie bang trus saya di arah kan ke masukan kode 6 digit tapi knp ko ga muncul” ya bang lewat sms

    1. yudha Avatar
      yudha

      ini kode 6 digit dimintanya dimana mba? di yahoo atau di fb? sudah pastikan kalau nomor recovery nya sama dengan nomer aktif mba saat ini..?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.