Lupa password yahoo kamu? Ini cara mengatasinya

Hai reader, sehat kan pastinya?

Kalau kamu baca pembahasan bukugue mengenai email, kamu pasti sudah tau bahwa email saat ini bukan lagi untuk kirim-kiriman pesan saja, tapi bisa digunakan untuk banyak hal. Salah satunya adalah untuk bikin akun sosmed dan jadi metode keamanan serta recovery akun sosmed tsbt.

Dan kalau kamu kehilangan akses ke akun email, karena lupa sandi misalnya, efeknya akan berimbas ke akun sosmed kamu. Di blog ini misalnya, kamu bisa lihat, tidak sedikit teman-teman yang gagal mendapatkan akun facebooknya kembali saat mereka lupa kata sandi facebook karena mereka tidak ada lagi akses ke email pemulihan akun mereka.

Apalagi kalau akun email kamu sampai dibajak (dihack), efeknya “semua akun sosmed yang terkait dengan akun email tsbt, bisa diambil alih dengan mudah oleh si hacker”.

Inilah kenapa email saat ini sangat penting sekali dan benar-benar harus dijaga.

Ok. Jadi disini kita akan membahas bagaimana mengatasi masalah lupa kata sandi email, terutama di akun email yahoo kamu. Kalau kamu pengguna email gmail ataupun outlook, sebelumnya sudah dibahas dilaman ini : lupa sandi gmail dan lupa sandi outlook.

Ada beberapa langkah penting yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu ingin mendapatkan akun yahoo kamu kembali.

Pertama, cek dulu apakah kamu pernah simpan password yahoo tersebut di browser kamu. Untuk cara cek nya, dibahas di laman ini bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser. Kalau ada, ya tinggal login aja dengan password tsbt.

Kedua, cek apakah akun yahoo kamu masih ada dan belum di delete oleh pihak yahoo. Karena ga lucu kalau kamu udah bingung dan kelabakan ngikutin instruksi dibawah, eh nyatanya akun kamu emang udah ga ada lagi.

Berdasarkan laman help yahoo ini, salah satu alasan akun di delete adalah jika kamu tidak pernah login dalam 12 bulan (1 tahun).

Kalau ternyata akun kamu sudah di delete, maka hal yang perlu kamu lakukan, hanyalah daftar dan buat ulang akun yahoo kamu seperti saat buat akun baru, pastikan username (alamat email) yang kamu pilih sama seperti alamat yang lama.

Ketiga, barulah kamu masuk ke proses reset sandi yang lupa.

Untuk mereset sandi yahoo yang lupa, itu ada beberapa cara, jadi disini akan dibahas satu persatu.

A. Reset sandi yahoo dengan nomer hp

1. Masuk kelaman login yahoo berikut ini login.yahoo.com. Masukkan alamat email yahoo kamu. Lalu tap “Berikutnya”

Gambar 1. Ketik alamat email Yahoo
Gambar 1. Ketik alamat email Yahoo

2.Setelah itu diminta memasukkan kata sandi, karena kamu lupa maka ketuk bagian tulisan berwarna biru “Saya lupa kaya sandi saya”.

Gambar 2. Ketuk "saya lupa kata sandi saya"
Gambar 2. Ketuk “saya lupa kata sandi saya”

3. Maka akan muncul nomor HP kamu tapi sebagian angkanya di sensor.

gambar 3 Isi dua angka yang hilang
gambar 3 Isi dua angka yang hilang

Tolong ingat kembali, apakah 2 angka dibelakang nomor HP kamu itu adalah benar punya kamu dan masih aktif? Jika iya, isi angka hilang sesuai dengan nomor kamu. Lalu tap “kirim”.

4. Kemudian ketuk tulisan biru yang ada dalam kotak “Ya, kirimi saya kode verifikasi via SMS”.

gambar 4 : Tap kotak biru
gambar 4 : Tap kotak biru

5. Cek SMS yang masuk di hp kamu. Ketik dengan benar kode kemudian ketuk “verifikasi”.

Gambar 5. Ketik kode verifikasi
Gambar 5. Ketik kode verifikasi

6.Kamu berhasil masuk dan diarahkan untuk melanjutkan atau buat kata sandi baru.

Ketuk saja “buat kata sandi baru”. Jika kamu memilih “lanjutkan” maka kamu akan langsung masuk ke email Yahoo kamu, tapi disini karena kamu lupa maka ubah saja kata sandi kamu dengan yang baru.

Gambar 6. Ketuk "buat kata sandi baru"
Gambar 6. Ketuk “buat kata sandi baru”

7. Setelah itu masukan kata sandi baru dan konfirmasi kata sandi baru, kemudian ketuk lanjutkan. Mohon diingat dan jangan sampai lupa kembali ya.

Gambar 7. Ketik kata sandi baru
Gambar 7. Ketik kata sandi baru

8. Hore, kamu bisa akses kembali email Yahoo kamu dan kata sandi yang lupa pun sudah berhasil di ubah.

B. Reset sandi yahoo dengan email pemulihan

Oh ya, gimana kalau no HP aku udah gak aktif, tapi ada email pemulihan? maka kamu jangan khawatir, tentu masih bisa masuk akun email Yahoo kamu.

Langkah 1 sampai 4, sama seperti diatas.

4. Dilaman ini, silahkan kamu ketuk “saya tidak memiliki akses ke telepon ini”.

Gambar 6. Ketuk saya tidak memiliki akses dari telepon ini
Gambar 6. Ketuk saya tidak memiliki akses dari telepon ini

5. Lihat baik-baik email pemulihan yang tertera.

Gambar 7. Ketuk Ya, kirim saya kode verifikasi

Jika memang benar yang keliatan itu adalah alamat email pemulihan akun kamu, setelah itu kamu ketuk saja, “ya kirimi saya kode verifikasi”.

Langkah 6 sampai 8, Setelah itu, cek kotak masuk alamat email pemulihan akun kamu dan masukan kode verifikasinya, kemudian ketuk verifikasi. Dan tahap selanjutnya adalah mengganti kata sandi ke kata sandi yang baru.

C. Nomor hp dan email pemulihan sudah mati (tidak bisa diakses)

Cara terakhir ini adalah saat kamu tidak lagi punya akses ke nomor hp (hilang/rusak/hangus/mati-kartu) atau tidak ada akses ke email pemulihan.

Caranya adalah dengan menghubungi costumer support yahoo.

Kebetulan hal ini sudah di jelaskan dengan detail di tulisan lainnya disini :
bukugue.com/akun-email-yahoo-di-hack

Kesimpulan

Penting sekali ya guys untuk tetap ingat data pribadi kamu, apa lagi yang berhubungan dengan media sosial dan internet yang kamu gunakan hampir setiap hari.

Karena sesuai dengan pengalaman, aku kasih saran nih, catat semua hal penting menurut kamu, termasuk alamat email dan kata sandi. Atau data-data lain yang bagimu tak boleh terlupakan.

Tapi ingat catatan tersebut hanya kamu dan Tuhan yang tahu 😉

Aku ingetin sekali lagi, ketika kamu sudah terbebas dari kebingungan karena lupa password email Yahoo dan berhasil mengakses kembali, maka pastikan untuk menambahkan nomor hp atau pun email pemulihan, agar kedepannya ketika bertemu masalah yang sama kamu bisa lebih mudah menyelesaikannya.

Sekian, semoga bermanfaat.

Tulisan di update oleh admin tanggal 3 April 2019

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

This Post Has 14 Comments

  1. Avatar

    Klo mau liat apakah dulu sy pake yahoo atau gmail bisa di cek g ?

    1. Avatar

      maksudnya gmana ini mba? kalau mba punya akun facebook, coba cek laman setting, atau laman tentang di facebook, biasanya akan keliatan email yang dipakai sebelumnya apa….

  2. Avatar

    Bang kalo saya msih ingat dan hapal email sama password sya tapi saya udh lupa sama nomor telp dan nomor telpnya hilang. Kira2 sya bisa masuk akun yahoo pke cara apa ya?

    1. Avatar

      mas masih ingat password yahoonya? inget juga alamat emailnya? lalu kenapa masuk tulisan sini? kan bisa langsung login aja mas…

  3. Avatar

    Mau nanya donk 😣

    1. Avatar

      silahkan mba sis.. aku akan jawab sebisaka…

  4. Avatar

    Ka buka jasa kembaliin akun Yahoo yg udah lama lupa sandi ga? Atau Twitter?

    1. Avatar

      disini kita ga buka jasa mba.. kalau ada yang ragu dan ingin ditanyakan, silahkan komentar disini 🙂 insyaallah di jawab…

  5. Avatar

    Bagaimana cara masuk facebook ? Karena saya lupa pasword emailnya. Sedangkan mau log in harus masukkan 6 digit yg di kirim ke email. Email tdk bs di buka. Mohon jawaban bagaimana solusinya agar tetap bs masuk ke akun fb yg sdh ada? Karena saya tdk mau FB baru.

  6. Avatar

    Akun saya diheck

  7. Avatar

    Hi mas, mau tanya. Kalo saya ingat email yahoo dan password nya pun ingat. Pas login harus verifikasi nomer hp dan email kedua tapi nomer hp nya sudah lama tidak dipakai ga tau kemana, dan email kedua lupa password + konfirmasi ke nomer hp yg sama. Gimana ya mas, saya sudah minta bantuan yahoo help tapi tidak bisa, tetap bolak balik pilih jenis permasalahan. Bisa tolongin saya ndak ya, makasih mas.

    1. Avatar

      email dan passwordnya ingat? tinggal login aja sih mas.. setauku kalau pun muncul biasanya opsi nya bisa di skip..coba cek lagi… kecuali masnya lupa, baru ribet…

Tinggalkan Balasan