Cara mengembalikan akun email Yahoo yang dihack/dibajak

Selamat siang reader, sudah 3 kali berturut-turut aku nulis artikel tentang Yahoo Mail ya, ini artikel yang ke-4 kalinya, soalnya lagi mendalami penyedia surat elektronik terbesar ini :lol:, sebenernya gak juga sih, lagi semangat aja nulis buat berbagi ke kalian 😳

Setiap akun media sosial, baik Facebook, Instagram, Email dan lain-lain, walaupun semua akun tersebut sudah dibekali dengan kata sandi sebagai keamanan, masih saja ada yang bisa membobol/masuk tanpa izin si pemilik akun. Tidak tau apa tujuan mereka melakukan itu, hanya sekedar usil atau memang ada tujuan tertentu, yang pastinya hal tersebut tidak baik dan tidak patut untuk ditiru.

Yahoo Mail saya dibajak/dihack nih? Jangan panik dulu, tetap slow, santai-santai 😆 .Aku akan bantu kamu kembalikan akun yahoo Mail kamu.

Sebelum masuk keinti pembahasan artikel. Kamu perlu tahu hal ini guys. Aku udah coba otak-atik akun Yahoo Mail aku, ini sesuai pengalaman aku aja ya. Jika, akun Yahoo Mail kamu di retas, ada yang tidak bisa dilakukan peretas selama menggunakan akun Yahoo Mail kamu. Seperti halnya:

  1. ID akun Yahoo email kamu tidak bisa diganti oleh peretas, seperti alamat email dan juga nomor HP ketika awal kamu mendaftarkan akun. Misal, ketika di ganti no hp sign-in pun sistem masih bisa membacanya dan kamu masih bisa login dengan no ponsel saat kamu mendaftar akun.
  2. Jika kamu sudah menambahkan nomor HP dan email pemulihan akun di keamanan Yahoo Mail kamu, walaupun orang lain menggantinya atau menghapusnya, kamu tetap akan bisa login dengan nomor HP dan email pemulihan tersebut.
  3. Orang lain sudah tidak bisa tahu lagi pertanyaan dan jawaban rahasia sebagai keamanan akun Yahoo kamu, karena pihak Yahoo sudah menghapuskan fitur tersebut di keamanan akun Yahoo.

Melalui reset sandi akun

Baiklah kita bisa kembali ke inti pembahasan artikel ini. Cara ini sebenarnya cukup mudah, hanya saja aku berharap, kamu tidak lupa alamat email kamu berserta  nomor Hp sign-in atau email pemulihan akun Yahoo Mail kamu, jika iya maka cara ini akan berhasil. Dan caranya kurang lebih sama seperti cara mereset kata sandi Yahoo karena lupa. Ok, mari simak tutorialnya (via browser ponsel).

Gambar 1. Ketuk tulisan bermasalah sign in.
Gambar 1. Ketuk tulisan bermasalah sign in.
  • Setelah itu ada pilihan alamat email atau nomor ponsel sign-in, nomor telepon pemulihan dan alamat email pemulihan. Untuk kamu sendiri, terserah kamu ingin memilih masuk dengan akses yang mana. Disini aku contohkan ketik alamat email pemulihan.
Gambar 2. Ketik alamat email pemulihan kemudian lanjutkan.
Gambar 2. Ketik alamat email pemulihan kemudian lanjutkan.
  • Kamu akan diarahkan ke laman kode verifikasi melalui email pemulihan akun kamu, ketuk saja “kirimi saya kode verifikasi”, cek inbox email pemulihan akun yang masuk kemudian ketik kode verifikasi tersebut, lalu lanjutkan.
  • Jika email pemulihan akun kamu terhubung oleh 2 akun atau lebih, maka akun tersebut akan tertera, kemudian kamu pilih mana yang termasuk ID akun Yahoo Mail kamu.
Gambar 4. Pilih dan ketuk yang mana ID Yahoo Mail kamu
Gambar 4. Pilih dan ketuk yang mana ID Yahoo Mail kamu
  • Berhasil masuk dan buat kata sandi baru, kemudian konfirmasi kata sandi baru.

Selesai untuk cara yang ini, mudah bukan? Dalam hal ini memang lebih mudah kamu mendapatkan kode verifikasi, jika di tahap ketiga no ponsel sign-in, no ponsel pemulihan dan email pemulihan akun semua masih aktif dan kamu juga masih dapat mengaksesnya, maka dengan mudah juga  mendapatkan kembali akun Yahoo Mail kamu.

Melalui bantuan custumer support Yahoo

Lain ceritanya, jika hanya mengingat ID alamat email Yahoo kamu dan no ponsel tidak aktif atau tidak kamu tambahkan email/no ponsel pemulihan, maaf sekali butuh beberapa tahap untuk bisa masuk kembali akun Yahoo kamu.

Ok, aku kasih tau caranya berbeda untuk dapatkan kembali akun kamu yang dibajak dari cara pertama diatas, tetapi tahap ini bisa dikatakan belum tentu berhasil, karena kamu harus menunggu bantuan dan jawaban dari pihak Yahoo.

Tapi jangan berkecil hati, apa salahnya jika mencoba. Berikut simak caranya:

  • Cara pertama sama seperti cara diatas, masuk halaman login Yahoo. Kemudian ketuk tulisan kecil berwarna biru “bermasalah sign in?”
  • Lalu ketik alamat email sign-in kamu, kemudian ketuk lanjutkan.
Ketik alamat email, lalu lanjutkan
Ketik alamat email, lalu lanjutkan
  • Setelah itu akan muncul laman konfirmasi no ponsel sign-in kamu, tapi berhubung kamu tidak ingat no ponsel akun kamu, atau no tersebut tidak aktif atau kamu belum menambahkan email pemulihan akun, maka ketuk “saya tidak memiliki akses ke telepon ini”.
Ketuk saya tidak memiliki akses ke telepon ini
Ketuk saya tidak memiliki akses ke telepon ini
  • Kamu di arahkan ke laman konfirmasi bahwa akun Yahoo Mail kamu tidak dapat dipulihkan secara online dan di minta untuk mengunjungi situs bantuan Yahoo. Ketuk saja “kunjungi situs bantuan”.
  • Setelah itu pilih account, ketik alamat email yahoo kamu, lalu ceklis i’m not a robot.
  • Kemudian pilih gambar sesuai instruksi, ceklislah lebih dari 1 gambar yang benar, lalu verify. Jika benar ada tanda ceklis hijau di i’m not a robot, lalu ketik mulai
  • Kamu di arahkan ke laman pusat bantuan Yahoo, pilih dari bebarapa opsi. Ketuk saja hubungi spesialis Yahoo.
  • Setelah itu pilih opsi “penyalahgunaan dan spam”.  Jika memang kamu benar-benar tidak yakin bisa masuk kembali akun kamu, maka kamu bisa memilih membuat atau menghapus akun, agar tidak dibajak kembali oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Kemudian pilih kembali sesuai dengan permasalahan akun Yahoo kamu. Disini pilih aja “Email mencurigakan dari akun saya”.
  • Selanjutnya pilih untuk kamu mendapatkan bantuan dengan cara chat spesialis Yahoo, atau kirim email ke spesialis yahoo.
  • Tahap terakhir isi formulir identitas diri kamu. pilih saja dari 2 opsi ini, jika chat dengan spesialis Yahoo, tertera jam kerja/jam  onlinenya, dari senin-jum’at, yakni pukul 7 pagi-7 malam WIB.
  • Dibawah ini gambar bantuan chat dengan spesialis Yahoo.
  • Kemudian yang ini kirim email ke spesialis Yahoo.

Jadi tinggal isi semua kolom yang diminta dan jelaskan masalah kamu sedetail mungkin dan ikuti semua instruksinya. Kalau misalnya diminta lampirkan Kartu identitas, ya lampirkan kartu identitas kamu.

Semakin lengkap data yang bisa kamu berikan, semakin besar kemungkinan masalah hack/bajak ini terselesaikan.

Ada baiknya, lebih aware lagi dalam hal mengurus akun-akun milik kamu, baik akun email atau media sosial lainnya.

Selain itu pastikan agar kedepannya untuk menjaga, mengamankan dan perduli dengan baik akun Yahoo Mail milik kamu sendiri, jika tidak diri kamu sendiri siapa lagi 😉 . Beberapa hal berikut ini bisa kamu terapkan agar akun kamu aman dari hacker dan pembajakan:

  • Tidak lupa logout ketika login di komputer publik atau ponsel orang lain.
  • Selalu menjaga kerahasiaan kata sandi email Yahoo kamu.
  • Cek berkala aktivitas login email kamu.
  • Jika ada aktifitas login yang mencurigakan dari perangkat yang tidak kamu kenal, maka segera amankan dan ganti kata sandi email kamu.
  • Tidak lupa menambahkan nomor HP dan email pemulihan akun Yahoo Mail kamu.
  • Ubah kata sandi/password email Yahoo kamu secara berkala. Hindari penggunaan kata sandi yang sederhana, misal jangan menggunakan nama kamu, tanggal lahir atau angka berurutan. Kamu bisa gunakan kata sandi dengan kombinasi besar kecilnya huruf, angka dan simbol.
  • Mengamankan akun Yahoo Mail kamu dengan fitur yang tersedia di laman keamanan akun, seperti fitur verifikasi dua langkah.

Kritik, saran dan pertanyaan silahkan di kolom komentar, sekian terimakasih.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

This Post Has 8 Comments

  1. Avatar

    Gimana ya cara kembalikan akun
    Facbook yaoo kita yang di hackr orang…
    Pliz bantu fotonya penting….😢😢😢

    1. Avatar

      akun facebook atau yahoo mba?

      yahoo dan facebook itu beda soalnya.. dan ini ga bisa dijelasin dengan singkat sih, aku udah jelasin panjang lebar semuanya di blog ini… diatas udh dijelaskan cara menghubungi support yahoo mba.. kalau memang mba pemilik akun yang sah, silahkan kasih tau disana..

      aku mau bantu ya ga bisa, aku pengguna biasa juga sama seperti mba.. 😀

  2. Avatar

    Tanya dong.
    Jika kita mau dikirimkan kode verifikasi dari pihak yahoo, nomor pengirimnya dari nomor handphone Indonesia. Itu sah, ya?

    1. Avatar

      oh gitu, kadang itu error dari system mas, saranku coba aja masukin.. karena kecil kemungkinan ada yang kirim spam bersamaan secara realtime dengan saat kita minta reset password…

      aku pernah beberapa kali seperti itu, dapet kiriman kode dari no indo, ya aku masukin aja…

  3. Avatar

    halo mau tanya, pas aku pilih hubungi spesialis, kok selalu dikembalikan ke halaman masukkan email sama verifikasi robot yaa?

    1. Avatar

      udh coba di isi? kemungkinan untuk pengurangan SPAM jadi perlu verifikasi dulu… coba aja ikutin…

  4. Avatar

    Hi, mau tanyaa dong. Setelah pilih account, ketik alamat email yahoo, lalu ceklis i’m not a robot selanjutnya di arah ke laman pusat bantuan Yahoo, pilih dari bebarapa opsi. Di saya kok tidak ada tulisan “ketuk saja hubungi spesialis Yahoo.” yaaa? hanya ada lihat artikel produk terkait saja. Tau gaa yaa itu kenapa? Thankyou sebelumnyaa

    1. Avatar

      kurang tau juga sih mba, bisa jadi ada perubahan dari sana nya, nanti aku coba cek deh….

Tinggalkan Balasan