Cara mengganti password Yahoo Mail

Untuk kamu yang aktivitas sehari – harinya menggunakan email untuk berkomunikasi baik itu mengirim file, dokumen, atau apapun itu, sebaiknya sering – sering melakukan pembaruan password atau kata sandi.

Melakukan pembaruan atau penggantian password secara berkala akan membuat akun email kamu menjadi lebih aman. Orang – orang yang berniat ingin menyusup dan membobol data – data milikmu akan sulit jika kamu lebih sering mengganti nya.

Mengganti password dengan kombinasi yang sulit sudah cukup melindungi akun email kamu dari cyber crime yang tersebar di dunia maya. Tetapi tetap, kamu harus membuat password yang mudah kamu ingat.

Mengganti password bukanlah perkara yang sulit. Kamu hanya perlu beberapa menit saja untuk menggantinya. Jadi, bagi kamu yang ingin mengganti password email terutama Yahoo Mail, silahkan ikuti langkah – langkahnya berikut.

Cara mengganti password Yahoo Mail

Disini kita akan bahas dua cara, cara pertama lewat aplikasi ymail sedangkan cara kedua ganti password lewat browser. Pilih yang paling cocok aja.

Melalui Aplikasi YMail

1.Kamu masuk terlebih dahulu ke aplikasi Yahoo Mail dan jangan lupa untuk login jika kamu belum login. Jika kamu sudah login, silahkan pilih ikon bergaris tiga di sebelah kiri atas untuk menampilkan menu aplikasi.

Tampilan aplikasi Yahoo Mail saat sudah login
Tampilan aplikasi Yahoo Mail saat sudah login

2.Selanjutnya kamu pilih “Kelola akun” untuk melanjutkan.

pilih “Kelola akun” untuk melanjutkan
pilih “Kelola akun” untuk melanjutkan

3.Maka kamu akan menemukan halaman seperti pada gambar. Pilihlah “Info Akun” untuk masuk ke pengaturan akun email kamu.

“Info Akun” untuk masuk ke pengaturan akun email
“Info Akun” untuk masuk ke pengaturan akun email

4.Lalu selanjutnya kamu pilih “Pengaturan keamanan” untuk mencari pengaturan password di akun email kamu.

pilih “Pengaturan keamanan” untuk mencari pengaturan password email
pilih “Pengaturan keamanan” untuk mencari pengaturan password email

5.Setelah muncul halaman seperti pada gambar, kamu pilih saja “Saya lebih suka mengubah kata sandi” yang berada di paling bawah layar HP kamu.

Memilih “Saya lebih suka mengubah kata sandi” untuk mengganti
Memilih “Saya lebih suka mengubah kata sandi” untuk mengganti

6.Nah, disini kamu bisa langsung memasukkan kata sandi baru yang ingin kamu terapkan. Buatlah kata sandi yang sulit namun mudah diingat oleh kamu sendiri. Jika sudah, pilih “Lanjutkan”.

Memasukkan kata sandi baru
Memasukkan kata sandi baru

7.Sampai disini, kamu sudah berhasil mengubah kata sandi. Gambar berikut adalah pemberitahuan jika kamu sudah berhasil mengubah kata sandi.

Kata sandi Yahoo Mail berhasil diganti
Kata sandi Yahoo Mail berhasil diganti

Melalui Web Browser

1.Pertama, kamu buka browser HP kamu dan ketikkan URL mail.yahoo.com. Kamu bisa menggunakan browser apapun untuk login. Aku rasa caranya sama saja meskipun web browser yang digunakan berbeda. Mungkin hanya tampilannya saja yang berbeda.

Jika kamu sudah masuk kehalaman Yahoo Mail seperti pada gambar, silahkan kamu pilih “Masuk” untuk login ke akun Yahoo Mail kamu.

Halaman awal Yahoo mail versi web browser
Halaman awal Yahoo mail versi web browser

2.Jika kamu sudah berhasil login ke akun kamu, maka kamu akan dibawa ke halaman seperti pada gambar. Kamu pilih foto profil kamu yang ada di sebelah kanan atas untuk memunculkan menu.

Halaman beranda Yahoo Mail setelah login
Halaman beranda Yahoo Mail setelah login

3.Nah, setelah kamu pilih gambar profil akun kamu tadi, maka akan muncul menu seperti pada gambar. Kamu pilih “Kelola Akun” untuk masuk ke pengaturan akun kamu.

Memilih "Kelola akun" untuk masuk ke pengaturan akun
Memilih “Kelola akun” untuk masuk ke pengaturan akun

4.Jika kamu sudah berada di halaman “Kelola Akun”, maka kamu tinggal pilih “Info Akun” untuk masuk ke mode edit akun email kamu.

Memilih "Info akun" untuk masuk ke mode edit akun email
Memilih “Info akun” untuk masuk ke mode edit akun email

5.Selanjutnya, kamu pilih ikon bergaris tiga di sebelah kiri atas untuk menampilkan menu pengaturan akun email.

pilih ikon bergaris tiga untuk menampilkan menu pengaturan akun email
pilih ikon bergaris tiga untuk menampilkan menu pengaturan akun email

6.Setelah menu muncul, kamu pilih “Keamanan Akun” . Disana kamu bisa melihat berbagai pengaturan keamanan akun email kamu.

Tampilan pengaturan keamanan Yahoo mail

7.Nah, disini kamu sudah bisa melihat pengaturan untuk mengubah kata sandi kamu. Silahkan pilih “Ubah kata sandi” untuk melanjutkan.

“Ubah kata sandi” untuk mengganti password email
“Ubah kata sandi” untuk mengganti password email

8.Di halaman ini kamu sudah bisa mengganti password akun email. Silahkan masukkan password baru yang ingin kamu terapkan. Jika sudah, pilih “Lanjutkan” untuk menyimpan password.

"Lanjutkan" untuk menyimpan password
“Lanjutkan” untuk menyimpan password

9.Holaa! Kamu sudah berhasil mengganti password akun Yahoo Mail kamu.

Password berhasil diganti!
Password berhasil diganti!

Itulah dua cara yang bisa kamu gunakan untuk mengganti password akun Yahoo Mail kamu. Jika kamu tidak memiliki aplikasi Yahoo Mail di HP, kamu bisa menggunakan web browser untuk menggantinya.

Selain kamu harus mengganti password Yahoo Mail kamu secara berkala, kamu juga perlu mengaktifkan berbagai fitur keamanan tambahan yang mendukung untuk keamanan email kamu. Seperti misalnya fitur verifikasi dua langkah dan menambahkan alamat email pemulihan.

Jika kamu belum mengaktifkan fitur tersebut, silahkan aktifkan sekarang juga. Jika kamu menginginkan keamanan akun email kamu namun kamu sendiri tidak mengaktifkan berbagai fitur keamanan tadi, aku rasa akun email kamu masih belum aman.

So, jika kamu merasa bahwa akun email kamu itu penting karena banyak data, dokumen, kontak, atau bahkan email kamu terhubung ke transaksi – transaksi digital, kamu perlu rajin mengganti password email kamu dan mengaktifkan fitur keamanan lain yang sudah aku sebutkan tadi.

Share woy :D

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri

Tinggalkan Balasan