Lupa password email gmail kamu? Ini 5 cara mengatasinya

Lupa password email gmail adalah hal yang wajar. Ini karena di indonesia sendiri, kita termasuk yang jarang menggunakan email dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga setelah lama tidak login akhirnya ya lupa password.

Untuk masalah lupa password ini sebenarnya solusinya cuma satu, yaitu dengan melakukan reset atau mengatur ulang password, dan mendapatkan password baru yang bisa digunakan untuk login ke akun tsbt.

Untuk metode reset sandi sendiri ada banyak, dan terus mengalami perubahan seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan keamanan akun gmail. Metode-metode yang bisa dilakukan saat ini adalah mereset sandi dengan nomor hp pemulihan, dengan email pemulihan, dengan menjawab pertanyaan dari google, menjawab pertanyaan keamanan, bahkan dengan menghubungi tim support google.

Kita akan bahas semuanya satu persatu. Namun sebelum itu, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan.

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat kembali password gmail kamu yang lama. Jadi cek dulu apakah kamu pernah menyimpan password di browser kamu, aku udah bahas cara ceknya disini: bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser. Jika ada password lama, coba login dengan password tersebut, kalaupun nanti gagal login, catat aja passwordnya, karena nanti akan diminta juga saat proses reset dibawah ini.

Sebelum masuk kepembahasan, pihak gmail sendiri juga menyarankan beberapa tips agar besar kemungkinan reset sandi nya bisa sukses. Hal ini sudah dibahas dilaman : bukugue.com/tips-agar-sukses-reset-sandi-gmail/ (Jadi kalau gagal melakukan reset sandi, baca laman tsbt, baru ulangin lagi proses dibawah ini).

Cara mengatasi masalah “lupa password gmail” sendiri untuk gaptek

Ini merupakan cara pertama, dan paling mudah, sehingga aku prioritaskan diawal. Disini kita akan mereset sandi yang lupa tersebut dengan menggunakan nomor hp.

Disini aku menggunakan browser chrome di hp android. Disarankan untuk menggunakan browser yang biasa digunakan untuk akses akun tsbt sebelumnya. Karena disana akan tersimpan cookies dari gmail.

1. Masuk ke laman google.com/accounts/recovery. Lalu masukkan email atau nomor hp kamu. Lalu tap “next” atau “berikutnya”.

Masukkan Email Lalu Pilih Next
Masukkan Email Lalu Pilih Next

2. Masukkan password lama yang kalian ingat. Lalu klik “Berikutnya”

Masukkan Password
Masukkan Password

Jika lupa, silahkan coba ingat-ingat, karena ini membantu proses reset sandi, diatas juga udah dikasih tips untuk melihat password lama yang tersimpan. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk mencari tau password lama kalian.

[Kadang-kadang setelah memasukkan kata sandi lama, kamu bisa langsung berhasil melakukan pemulihan akun dan langsung dibawa ke step 7, jadi pastikan untuk benar-benar serius dalam mengingatnya]

3. Pilih terima kode lewat SMS.

Pilih SMS
Pilih SMS

4. Kalian akan diminta masukkan kode yang dimulai dengan G- yang dikirimkan melalui sms.

Masukkan kode yang dikirim melalui SMS
Masukkan kode yang dikirim melalui SMS

5. Segera periksa kotak masuk sms, cari kode verifikasinya. Catat kodenya.

Kode Yang Masuk Ke SMS
Kode Yang Masuk Ke SMS

6. Lalu masukkan kode yang ada di sms tersebut ke laman gmail yang meminta kode tadi. Tap “Berikutnya“.

7. Setelah selesai kalian akan diminta membuat password baru lalu pilih “Berikutnya

Masukkan Password Baru
Masukkan Password Baru

8. Jika muncul ketentuan seperti dibawah ini, pilih “saya setuju

Pilih Saya Setuju

9. Kalian sudah bisa masuk ke akun kalian

A. Cara reset sandi gmail dengan alamat email pemulihan

Ini merupakan cara kedua yang paling gampang menurutku. Tapi disini kalian sudah harus punya akun email pemulihan yang terkait dengan akun gmail yang lupa password tsbt.

Langkah 1 dan 2, sama seperti di penjelasan sebelumnya. Jadi bacanya jangan skip-skip agar tidak ada informasi penting yang terlewatkan. Kita langsung masuk ke langkah ke-3 saja.

3. Dimenu pemulihan dengan sms atau telpon, pilih “saya tidak memiliki ponsel

Alternatif jika tidak memiliki ponsel
Alternatif jika tidak memiliki ponsel

4. Pilih “kirim“.

Pemulihan akun menggunakan Gmail
Pemulihan akun menggunakan Gmail

5. Kode akan dikirimkan ke email pemulihan kalian.

Kode yang masuk di inbox email pemulihan

6. Masukkan kode pada kolom yang diminta di form pemulihan akun tadi. Lalu tap “Berikutnya”

masukkan kode ke form yang telah disediakan
masukkan kode ke form yang telah disediakan

7. Kalian akan diminta untuk memasukkan password baru, dan konfirmasi password baru.

Masukkan Pasword Baru
Masukkan Pasword Baru

8. Sama seperti di cara pertama, pilih “saya setuju

Pilih Saya Setuju

9. Proses reset sandi selesai, kalian sudah bisa pakai password baru tersebut untuk login ke akun tsbt.

B. Cara reset sandi gmail dengan menjawab pertanyaan dari google

Buat yang sudah tidak punya nomor hp, entah karena nomor hp sudah tidak aktif atau hilang, sedangkan email pemulihan tidak punya, maka cara ini bisa dicoba.

Seperti yang sudah dijelaskan dilaman bukugue.com/tips-agar-sukses-reset-sandi-gmail di tips nomor 4. Kalian perlu berusaha untuk mengingat ingat kapan akun tsbt dibuat. Disana juga di beri beberapa tips untuk mencari tau kapan akun dibuat.

1. Masuk ke halaman pemulihan gmail seperti di cara-cara sebelumnya. Lalu masukkan email kalian lalu pilih next.
2. Masukkan password lama yang kalian ingat, lalu pilih “berikutnya”. [WAJIB]
3. Kalian akan masuk ke pemulihan akun menggunakan nomor hp, disini pilih “saya tidak memiliki ponsel“.
4. Kalian akan masuk ke menu pemulihan dengan alamat email pemulihan, pilih Coba Cara Lain.

Pilih Gunakan Cara Lain

5. Kalian akan masuk ke pemulihan dengan cara memasukkan tanggal kalian mendaftar. Masukkan tanggal pembuatan akun yang paling mendekati “akurat”.

Memasukkan Tanggal dan Tahun
Memasukkan Tanggal dan Tahun

6. Masukkan password baru kalian dan konfirmasi.

Masukkan Password Baru
Masukkan Password Baru

7. Akan muncul permintaan persetujuan seperti cara-cara sebelumnya. Langsung pilih “saya setuju“.
8. Proses reset sandi selesai dan kalian sudah bisa masuk ke akun kalian kembali.

Disini bukan berarti semuanya bakal sukses setelah memasukkan bulan dan tahun pembuatan akun. Berdasarkan tips sukses reset sandi dari gmail, semakin banyak jawaban yang kalian jawab benar, dan semakin akurat jawabannya, maka semakin besar kemungkinan berhasilnya.

Selain itu google juga menyarankan untuk menggunakan perangkat, jaringan, serta lokasi yang biasa digunakan untuk melakukan proses reset sandi diatas.

Jadi disini kita berusaha memberikan indikasi sebanyak mungkin bahwa kita adalah pemilik akun tersebut yang sah. Walaupun kita tidak punya akses lagi ke nomor telepon dan email.

C. Cara reset sandi gmail dengan menjawab pertanyaan keamanan akun

Caranya hampir sama seperti cara B, yang membedakannya adalah pada step memulihkan menggunakan tanggal dan tahun, kalian tidak diarahkan untuk memasukkan tanggal dan tahun melainkan kalian akan diarahkan ke halaman pemulihan dengan menjawab pertanyaan.

Jawab Pertanyaan dari Google
Jawab Pertanyaan dari Google

Jika jawaban kalian benar maka kalian akan masuk ke form memasukkan password baru, lalu setelah selesai email kembali bisa diakses.

Admin : Aku sudah cari di banyak sumber, dan dari yang aku dapat cara ini tidak akan bisa selalu muncul, karena terlalu banyaknya percobaan hack lewat cara ini, maka google memutuskan untuk menutup/menghilangkan proses reset dengan cara ini. Tapi dari yang aku baca juga, dikondisi tertentu, ada kemungkinan pertanyaan keamanannya bisa muncul.

Admin: Aku sendiri sudah coba dibeberapa akunku, mulai dari akun lama yang dibuat sejak tahun 2000-an, hingga akun baru yang belum lama dibuat, tidak muncul cara ini. Jadi kalau diminta menjawab pertanyaan keamanan, itu bagus menurutku, karena kamu bisa dapatkan akun mu kembali, jika kamu bisa jawab dengan benar.

D. Cara reset sandi dengan menghubungi tim google

Sebenernya caranya ga jauh beda dengan cara diatas dan ini sudah dijelaskan di bagian dua (cara kedua) ditulisan ini: bukugue.com/akun-gmail-kena-hack. Jadi disini tidak akan diulang penjelasannya, bisa cek disana aja, karena cukup panjang.

Saat menghubungi tim google, usahakan untuk memberikan informasi sebanyak mungkin agar kemungkinan suksesnya tinggi. Kamu juga harus bersabar, karena ini proses manual, yang dihubungi adalah manusia secara langsung. Berbeda dengan cara-cara sebelumnya, yang otomatis dihandle oleh system, cara satu ini di handle langsung oleh pegawai googlenya.

Jadi jangan berharap cepat selesai, kamu bisa butuh waktu seminggu atau mungkin lebih.

Apakah ada alternatif lain?

Sebenarnya ada beberapa alternatif lain, tapi ini memang kondisi tertentu. Misalnya buat akun yang sudah pernah setting google authenticator, bisa pakai google authenticator. Untuk akun yang sudah pernah setting google prompt, bisa juga lewat google prompt. Jadi ini memang percuma dijelaskan, karena yang pakai authenticator atau prompt itu sedikit banget, dan biasanya mereka juga sudah paham fungsi dan manfaat fitur tsbt.

Salah satu alernatif lain mungkin adalah, untuk akun yang kebetulan masih dalam keadaan login di system hp androidnya. Nah di kondisi seperti ini, kamu bisa me-reset sandi dengan cara ambil kode di pengaturan akun.

Kalau muncul laman pemulihan seperti diatas, artinya akun yang lupa tersebut masih dalam keadaan login di perangkat kamu yang tertera di point nomor 1. Ikutin perintah diatas, dan ambil kode keamanan nya, lalu masukkan kode dan tap “berikutnya”.

Kesimpulan dan saran

Jadi untuk memulihkan akun google yang lupa sandi itu sebenarnya tidak sulit. Apalagi buat kalian yang masih bisa akses ke nomor hp dan email pemulihan.

Kalaupun tidak ada akses ke nomor hp, misalnya karena nomor hp mati/hilang, dan email pemulihan tidak bisa dibuka juga. Tetap masih ada cara yang bisa dilakukan. Hanya saja kemungkinan berhasilnya tidak seratus persen.

Untuk teman-teman yang nomor hp hilang, kalau baru hilang misalnya karena hp di curi atau hilang dipasar misalnya, silahkan datang ke grapari atau gerai costumer service penyedia kartu dan minta dibuatkan nomor hp tersebut. Bahkan buat yang mati kartu karena lupa isi pulsa pun bisa diaktifkan lagi ke grapari. Tapi memang jarak nya jangan terlalu lama, karena setelah dua bulan (setauku), nomor lama tsbt akan dicetak dan di jual ulang. CMIIW.

Untuk teman-teman yang pakai email pemulihan dan emailnya tidak bisa diakses. Bukugue juga sudah membahas bagaimana mendapatkan akses ke akun email tsbt, untuk yang pakai email yahoo bisa baca laman “bukugue.com/lupa-password-yahoo “, sedangkan yang pakai email outlook bisa baca laman “bukugue.com/lupa-password-outlook“.


Ok.. itulah #5 cara memulihkan akun gmail yang lupa password versi bukugue. Cukup mudah bukan? Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa tinggalkan Komentar. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat.

Minor update, 19 juni 2019, oleh muhammad yudha

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

This Post Has 14 Comments

  1. Avatar

    klo lupa nama pengguna sepan dan belakangnya

    1. Avatar

      ya coba ingat2 mas.. ini buat yang langkah mana?

  2. Avatar

    akun gw bru kena hack,, gagal login sandi gagal, akun pemulihan jg gk bsa login.. no hp sdh gk aktif . truss gmn gan solusinya…

    1. Avatar

      coba hubungi pihak google, dicara terakhir diatas harusnya ada penjelasannya… silahkan baca..

  3. Avatar

    Gan,,akun google ane ga bisa di buka d laptop,,tp di hp bisa,,perasaan ga pernah ganti password,,gmn solusinya,,tx

  4. Avatar

    Permisi yg dimaksud tim google itu bagaimana mas? Barangkali mas tau gimana cara buat menghubungi tim google nya. Ke alamat email apa atau bagaimana nya. Terima kasih. Soalnya kebetulan saya pake akun gmail buat icloud dan lupa password nya. Dan akun gmail nya pun sama lupa password nya. Udah nyoba semua cara dan gagal, kecuali yg “menghubungi tim google” di thread yg mas bikin. Mohon pencerahan nya mas.

    1. Avatar

      diatas udh dijelaskan sedikit mas.. dan udah aku kasih link juga kesini https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/

      disini https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/ dijelasin lebih detailnya, dibagian B.. cek deh…

      intinya disana kita berusaha menjawab semua pertanyaan google, hingga muncul form terakhir yang bisa dipakai untuk menghubungi google.. nanti google akan kirimkan email balasan dalam 3-5 hari kerja..

  5. Avatar

    Saya lupa dengan password email ku sendiri

    1. Avatar

      diatas udah dijelasin cara ngatasinnya mas 🙂

  6. Avatar

    saya lupa passwrod serta nmor hpny sudah hilang,dan hp saya bru diinstal mas jd gmn cara mngatasinya sdg kan saya butuh data2 diemail

    1. Avatar

      coba cara D mba.. hubungin support google…

  7. Avatar

    kak, saya mau tanya, kalau pas pemulihan terlalu sering gagal verifikasi itu gimana ya kak?

    1. Avatar

      gagal verifikasinya maksudnya gmana mas? apakah kode nya udh dapet terus pas dimasukin gagal gitu?

      bisa jadi karena mas masukin kode yang salah karena minta resend beberapa kali… atau ada kesalahan koneksi sehingga prosesnya gagal.. saranku sih mungkin tunggu dulu bebrapa saat..dan coba ulangi lagi besok atau lusa..biarin dulu mungkin seharian, takutnya ada masalah sama system google atau mungkin akun mas di flag karena minta kode berkali2..

Tinggalkan Balasan