Lupa password gmail kamu? Ini cara mengatasinya

Dari sekian banyak teman-teman yang lupa password gmail, sebagian besar berhasil mendapatkan akunnya kembali, tapi sebagiannya lagi GAGAL. Kenapa ? Itu karena sebagian memang gagal paham karena terburu-buru.

Aku pernah menulis artikel tentang cara reset sandi facebook, artikelnya panjangnya 2500+ kata, dan dibaca hanya dalam waktu rata-rata 2 menit 30 detik.

Tulisan ini sendiri itu dibaca dalam waktu 2 menit 25 detik rata-rata. Aku tanya deh ke teman-teman, dua setengah menit itu cukup kah buat baca semuanya dan bener-bener paham?

Ok, langsung aja.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat kembali password gmail kamu yang lama. Jadi cek dulu apakah kamu pernah menyimpan password di browser kamu, aku udah bahas cara ceknya disini: bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser.

Jika tidak ada password lama tersimpan, maka kamu harus masuk ke proses recovery (pemulihan) akun tsbt. Disana kamu akan me-reset password lama supaya bisa diganti jadi password baru, sehingga kamu bisa login lagi ke akunmu dengan password baru.

Sebelum memulai proses reset, pastikan kamu pakai perangkat, lokasi dan jaringan yang biasa kamu gunakan saat akses akun tersebut. Hal ini tergolong wajib agar memudahkan google untuk percaya bahwa kamu adalah pemilik akun yang sah.

Berikut aku jelaskan dengan detail setiap langkahnya, baca dari langkah pertama biar ga rancu dan bikin bingung.

A. Dengan menjawab pertanyaan dari google dan dengan nomer hp

Biasanya, kalau kamu beruntung, artinya, nomer hp yang terkait ke akun gmail tsbt masih aktif misalnya, atau akunnya masih baru-baru ini dipakai login di ponsel kamu, itu kamu akan sukses di beberapa langkah pertama.

1. Pertama-tama masuk dulu ke https://gmail.com. Lalu masukan email gmail yang ingin kamu reset kata sandinya di.sini. Klik Berikutnya atau tekan Enter.

halaman awal gmail
cari akun gmail kamu dengan email atau nomer hp

2. Lalu Klik Lupa Sandi seperti yang aku kasih tanda panah.

masukkan sandi lama
tap atau klik link “lupa sandi?”

3. Akan muncul laman baru seperti dibawah. Disini isi password lama yang kamu ingat.

masukkan sandi lama yang di ingat
masukkan sandi lama yang di ingat

Wajib di isi, karena aku beberapa kali sukses hanya dengan mengisi password lama. Dan langsung diminta buat password baru. Jadi disini wajib isi, kalau kamu lupa password lama, kamu bisa lihat password lama akun kamu tsbt di sini.

4. Setelah isi password lama, biasanya akan diminta juga mengisi kapan akun dibuat.

masukkan tanggal pembuatan akun
masukkan tanggal pembuatan akun

Kalau lupa kapan akun dibuat, Aku juga udah jelaskan cara mengingat kapan akun dibuat di tulisan tips reset sandi gmail. Itu kenapa kamu jangan terburu-buru teman, aku pernah tulis artikel ini sampai 3000 kata tapi banyak yang skip-skip, sehingga aku harus edit dan pangkas artikel ini jadi dibawah 1500 kata, itupun masih banyak yang skip.

5. Setelah mengisi kapan akun dibuat, kamu akan diminta untuk mengisi nomer telepon terkait dengan akun tersebut. Masukan nomor telepon kamu, lalu klik Kirim.

masukkan nomor hp kamu
masukkan nomor hp yang terkait dengan akun tsbt

Pastikan bahwa nomer teleponnya benar, biasanya dikasih petunjuk 2 angka terakhir disana. Dicontoh diatas itu akhirannya “08”.

6. Jika nomor yang kamu masukkan benar, maka halaman yang terbuka akan seperti gambar di bawah ini. Laman ini meminta kamu memasukkan kode OTP 6 angka yang dikirimkan oleh system gmail.

Kalau kamu udah liat laman seperti diatas, cek hp kamu, biasanya tidak sampai beberapa menit, akan masuk kode OTP 6 digit tsbt.

Lalu masukkan kode ke laman google sebelumnya, dan klik “berikutnya”. Seharusnya jika kode yang kamu masukin benar kamu akan dibawa kelaman untuk memasukkan kata sandi baru spt dibawah ini.

8. Masukkan kata sandi terbaru

Masukkan kata sandi baru untuk akun kamu. Pastikan kata sandi yang dibuat mudah untuk diingat tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain. Lalu klik tombol Ubah sandi.

BIasanya, setelah klik ubah kata sandi, kamu akan sudah login dan bisa akses akun google kamu seperti biasa.

B. Dengan email pemulihan (recovery mail address)

Nah, diatas kalau kamu jeli bacanya, itu udah ada 2 metode reset.

Yang pertama adalah dengan cara menjawab pertanyaan dari system google, seperti jawab password lama dan kapan akun dibuat. Yang kedua adalah reset lewat nomer hp.

Dan ini adalah cara ketiga, reset sandi dengan email pemulihan. Kita akan lanjut prosesnya dari langkah ini.

Langkah 1-langkah 5 itu sama seperti contoh sebelumnya.

masukkan nomor hp kamu
karena nomor hp tidak ada, klik “Saya tidak memiliki ponsel”

Setelah kamu coba sampai kelangkah diatas, dan mungkin nomer hp kamu sudah mati/tidak lagi aktif. Mau tidak mau harus pakai cara lain. Disini, kamu akan klik “Saya tidak memiliki ponsel”.

6. Akan muncul laman seperti dibawah ini, disini kamu akan diminta mengisi alamat email pemulihan.

disini diminta memasukkan akun email pemulihan (recovery email adress)
disini diminta memasukkan akun email pemulihan (recovery email adress)

7. Isi alamat email pemulihan kamu dan klik “kirim”. Kode verifikasi akan dikirimkan ke email pemulihan tersebut. LaluBuka inbox email pemulihan kamu dan cari kode verifikasinya

Buka dulu tab atau jendela baru di browser kamu, jangan close laman sebelumnya,  terus cari pesan email terbaru dari google. Buka pesan dari googlenya, cari dan catet kode tersebut. Lalu balik lagi kelaman reset sandi sebelumnya.

cari kode 6 angka untuk dipakai mereset sandi
cari kode 6 angka

Setelah balik kelaman sebelumnya, masukkan kode dari google, dan klik “kirim”.

8. Harusnya setelah masukin kode, akan muncul laman ubah password seperti dibawah ini.

masukkan password baru

9. Sampai disini setelah klik “ubah sandi”. Kamu akan dibawa masuk ke inbox gmail kamu ataupun laman setting akun untuk meninjau kembali opsi pemulihan. Karena di cara ini kamu tidak punya akses ke nomer hp, biasanya akan diminta ganti ke nomor hp yang baru oleh system. Ikutin aja petunjuknya.

C. Dengan masuk ke HP android yang akun gmailnya masih login di google playnya.

Cara ini bukan untuk semua orang, karena hanya bisa dipakai dalam keadaan tertentu.

Cara ini wajib di coba jika akun kamu masih dalam keadaan login di hp. Misalnya akun kamu masih login di setting android atau google play, dan kamu lupa passwordnya, jadi ga bisa login ke perangkat lain seperti laptop ataupun di hp baru kamu. Nah cara ini bisa dilakukan untuk kasus tsbt.

Aku sendiri belum coba sampai selesai, karna ini akun mantan, ga enak mau utak-atik, dan juga memang ga bisa dilakukan dari sini, aku ga punya akses ke hp androidnya. Berikut ini formnya.

ambil kode keamanan dari setelan di ponsel android
ambil kode keamanan dari setelan di ponsel android

Form ini muncul setelah diminta password lama. Jadi kira2 dua atau tiga langkah pertama, kamu akan liat form ini. Kalau nemu form ini, kamu beruntung banget, dan jangan di skip. Kamu tinggal ikuti semua instruksi yang ada di form ini insyallah 100% berhasil.

D. Alternatif lain yang bisa kamu coba

Alternatif pertama misalnya untuk akun yang pakai verifikasi dua langkah, itu bisa pakai google authenticator. Alt kedua untuk akun yang udah setting google prompt, itu bisa pakai google prompt. Akun ku misalnya, udah aku setting semuanya. Kebetulan akun googleku itu penting banget, karena nyangkut masalah duit, jadi proteksinya berlapis-lapis. Hahaha.

Alternatif ketiga yang mungkin bisa kamu coba adalah pura-puranya akun kamu di hack, lalu hubungi support google (lihat gambar dibawah). Jadi nanti kamu bisa upload identitas dan komunikasi langsung sama tim googlenya. Hal ini udah dijelaskan ditulisan ini: bukugue.com/akun-gmail-kena-hack.

hubungi support google
pura-puranya akun di hack lalu hubungi support google

Jadi pastikan untuk baca dan cobain semua cara yang aku jelaskan diatas. Kalau memang gagal juga cara terakhir mungkin adalah buat akun email gmail baru.

FAQ. Pertanyaan paling banyak dikolom komentar + jawabannya

Bagian ini aku dedikasikan untuk menjawab semua pertanyaan yang sering di lontarkan oleh pembaca.

1. Kalau email pemulihan atau email recovery juga mati gmana mas?

Kalau kamu pakai email yahoo atau outlook sebagai email pemulihannya, dan kamu juga lupa password untuk masuk ke akun tsbt, aku udah jelasin mengenai hal ini di sini bukugue.com/lupa-password-yahoo dan disini bukugue.com/akun-email-yahoo-di-hack. Serta disinibukugue.com/reset-sandi-outlook-yang-lupa-lewat-hp

2. Bisa bantuin reset passwordnya dong mas ? Aku bayar xx.000 rupiah.

Maaf banget mas bro dan mba sis.. Aku bukan admin ataupun tim support gmail, aku hanya pengguna gmail biasa.

Aku ga punya akses ke akun recovery kamu, baik itu nomer hp atau pun akun email recovery, aku juga ga tau jawaban dari pertanyaan keamanan akun mu. Aku juga ga tau kapan akun kamu dibuat dan aku ga tau jawaban dari pertanyaan2 yang dikasih google. Yang tau cuma yang punya akun tsbt. Jadi aku ga bisa bantu kamu.

Kalau kamu bener2 awam, sebaiknya minta bantuan temen dekatmu yang lebih paham, kamu ga perlu takut akun dibajak. Jaman sekarang harus hati-hati dalam menjaga akun, karena udah banyak banget kasus hacking dan dibajak karena kesalahan pengguna itu sendiri.


Segitu aja dulu deh, semoga berhasil reset akunnya. Dan kalo berhasil, jangan lupa klik tombol share sebagai apresiasi atas tulisan ini. Hehehe.

Terakhir di update tanggal 17 februari 2019

yudha

Menulis itu seni. Menulis cerita fiksi misalnya butuh kemampuan menulis tinggi. Untuk penulis noob sepertiku, menulis informasi dasar di blog ini aja, sudah cukup untuk bikin rambut rontok. Hahaha :D