Lupa kata sandi gmail kamu? Ini cara mengatasinya

(Update: 14 desember 2018)

Aku tau kamu sampai ke halaman ini karena kamu lupa sandi untuk login email gmail mu. Disini, aku akan bahas secara simple langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. Aku harap kamu bisa luangkan waktu sebentar untuk bisa fokus dalam membaca dan mengikuti tutorial ini.

Aku udah banyak banget dapat komentar teman2 yang gagal dan ga bisa dapetin akunnya lagi. Hal ini bisa terjadi karna banyak hal, tapi sebagian besar (menurutku) karna kesalahan/ketidaktauan/kelalaian pengguna itu sendiri. Untuk proses reset sandi gmail yang lupa itu sangat simple sebenernya. Kamu tinggal ikutin aja langkah-langkah dibawah ini :

  1. Sebelum menyetel ulang sandi akun kamu, aku ingin tanya, apakah kamu pernah simpan sandi akun tersebut sebelumnya di browser? Kalau pernah, coba cek dulu, aku udah bahas cara ceknya disini: bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser.
  2. Jika tidak ada password tersimpan, artinya kamu harus masuk ke proses reset sandi
  3. Sebelum memulai proses reset, pastikan kamu pakai perangkat, lokasi dan jaringan yang biasa kamu gunakan saat akses akun tersebut untuk proses resetnya. Aku sudah jelasin lebih detail lagi mengenai hal ini di bukugue.com/tips-agar-sukses-reset-sandi-gmail, maksud dan tujuan serta fungsi dari tiap2 point tsbt.
  4. Masuk ke link ini accounts.google.com/signin/recovery.
  5. Ikuti prosesnya. Isi apa aja yang diminta oleh system sampai selesai.
  6. Sukses dan Selesai.

Point-point pentingnya sudah aku jelasin diatas, jadi cek dulu apakah ada password yang tersimpan, lalu lakukan persiapan awal, dan akses link reset sandinya, dan ikutin semua proses yang diminta.

Nah, yang sulit adalah, saat udah masuk proses recovery, dan opsi yang tersedia hanya ada 1 dan kamu tidak punya akses kesana lagi. Dibawah aku coba jelasin dengan detail. Aku harap bisa membantu kamu dalam hal ini.

Lupa sandi email gmail kamu? Baca dengan teliti.

Aku melakukan proses reset dibawah ini menggunakan browser chrome di laptop. Kamu bisa gunakan browser chrome ataupun browser lain, pastikan untuk pakai browser yang dulunya pernah dipakai untuk akses akun gmail tersebut.

1. Pertama akses laman ini accounts.google.com/signin/recovery.

Nanti akan muncul form reset gmail kamu. Pastikan laman berbahasa indonesia, dibagian bawah form ini biasanya ada tombol ubah bahasa, cari bahasa indonesia.

pilih bahasa indonesia
pilih bahasa indonesia agar lebih mudah dipahami

Ubah bahasa agar lebih mudah dipahami. Di gambar diatas penulis menggunakan bahasa inggris. Untuk yang dari malaysia, jika ingin ubah kata laluan gmail, bisa gunakan bahasa melayu. Or you can use English, just pick language you’re comfortable of.

2. Masukkan alamat email yang lupa passwordnya tersebut

Baik cara pertama ataupun kedua kamu harus memasukkan alamat email. Masukkan alamat email secara tepat. Setelah itu klik ‘Next’. Jika kamu menggunakan cara kedua, maka langsung lompat ke langkah keempat.

masukkan alamat email atau nomer hp terkait akun email tsbt
masukkan alamat email atau nomer hp terkait akun email tsbt

3. Klik ‘Forgot password?’ atau “lupa password”

Jika kamu masuk melalui gmail.com, pada halaman untuk memasukkan password, kamu klik ‘Forgot password?’. Hal ini agar kamu dialihkan ke halaman recovery akun gmail.

klik tombol lupa password
klik tombol lupa password

Dari sini, baru masuk ke proses resetnya, aku asumsikan kita udah sampe kelaman diatas, dan klik forgot password, maka akan muncul pilihan-pilihan dibawah ini. Tergantung opsi recovery yang kamu punya, akan ada pilihan yang tidak muncul di ponsel kamu.

A. Jawab pertanyaan system (tanpa no hp dan email)

Setelah klik lupa password kamu biasanya akan diminta untuk memasukkan password lama yang di ingat. Wajib di isi, jangan diskip. Hal ini udah dijelaskan dilaman support google sebelumnya bahwa sebaiknya isi semua pertanyaan yang diminta dan jangan ada yang diskip, isi juga dengan benar, jangan asal isi.

isi password lama yang diminta
Isi password lama yang diminta lalu klik berikutnya

Selain itu biasanya google juga akan tanya kapan akun dibuat, ini sama prinsipnya seperti diatas, jawab sebenar mungkin. kalau kamu lupa, di bagian persiapan, ada aku kasih link sebelumnya, disana udah dijelaskan bagaimana cara kita bisa menerka kapan tanggal dibuatnya akun dengan lebih akurat. Lebih baik dari pada asal isi aja.

Sampai disini jika kamu bener pemilik akun, dan melakukan persiapan seperti yang aku jelasin diatas, kamu udah akan diminta memasukkan sandi baru, aku sendiri pernah beberapa kali seperti ini. Langsung diminta mengisi sandi baru tanpa lanjut ke langkah2 berikutnya. Aku waktu itu isi nya password lama yang aku ingat, bukan password saat ini, tapi password lama banget. Google juga udah menjelaskan bahwa sebaiknya isi dengan password ter-baru yang kamu ingat, tapi cukup dengan password yang kamu inget aja.

Jadi setelah isi password dan jawab pertanyaan dari system, system google langsung mendeteksi bahwa aku adalah pemilik akun, ini karena aku reset dari hp dan browser yang sama, dilokasi rumah dan jaringan wifi yang biasa aku pakai. Aku bisa koar-koar tentang hal ini panjang banget, sekali lagi aku tekankan, baik itu google, fb, ig, dll, mereka menyimpan data kamu, jadi data kamu itu dipakai untuk banyak hal, kalau aku jelasin ga cukup sepuluh-dua puluh paragraf, nah salah satunya, ya itu, untuk keamanan akun dan membantu verifikasi seperti kasus saat ini.

Kalau masih gagal masuk kelangkah berikutnya. Walaupun gagal, kalau kamu isi pertanyaan diatas dengan akurat, maka ini jadi nilai tambah yang bisa membantu untuk proses selanjutnya, jadi usahakan untuk isi seakurat mungkin.

B. Reset dengan no hp

Balik lagi keatas, dan ikutin instruksi dari awal kamu akses laman ini accounts.google.com/signin/recovery. Sampai ketemu laman form baru yang minta nomer hp seperti dibawah ini. Ingat, seperti yang aku jelaskan di cara sebelumnya, jangan ada langkah yang di skip. Isi semua yang diminta seakurat mungkin.

masukkan nomer hp yang terkait dengan akun gmail yang lupa sandinya
masukkan nomer hp yang terkait dengan akun tsbt

 

Masukkan nomor HP lalu klik “SEND” atau “kirim”. Lalu Cek hp dan Buka SMS kamu. Dalam beberapa saat seharusnya kamu sudah mendapat sms dari Google yang berisi kode. Jika belum, kamu bisa meminta Google untuk mengirimkan ulang.

sms berisi kode verifikasi untuk reset sandi gmail

Masukkan kode lalu “next” atau “selanjutnya” Jika sudah mendapat kode dari Google, kembali ke browser lalu masukkan kode yang berjumlah 6 digit. Cukup masukkan angkanya saja, huruf G- sudah otomatis ada di browser. Kemudian klik Next.

Lalu akan muncul laman untuk ganti password. Masukkan password baru yang kamu inginkan sebanyak dua kali. Pastikan yang pertama dan kedua sama persis. Buat password yang kuat tetapi mudah diingat.

C. Reset dengan alamat email pemulihan

Balik lagi, baca dari awal, dan pastikan kamu sampai kelaman form seperti dibawah ini.

Akan ada muncul opsi lain tergantung setting akun kamu sebelumnya sebelum kamu sampe kelaman diatas.Jadi kalau ada pertanyaan dari system, seperti password lama atau kapan akun dibuat pastikan di isi dengan akurat, cek bagian pertama diatas, udah dijelasin dengan detail.

Di atas ini adalah dua gambar saat Google memberikan pilihan menggunakan alamat email pemulihan. Pada bagian kiri adalah system Google memintamu untuk mengetikkan ulang alamat email pemulihan, sedangkan gambar kanan Google hanya memberikan clue tanpa meminta untuk mengetik ulang akun email kamu. Kemudian klik ‘Kirim’, maka Google akan mengirimkan kode recovery ke email kamu.

  • Buka inbox email pemulihan kamu

Buka dulu tab atau jendela baru di browser kamu, jangan close laman sebelumnya,  terus cari email berisi kode verifikasi google di inbox akun pemulihan kamu.

Buka email yang kamu gunakan sebagai email pemulihan, seharusnya dalam beberapa detik saja email sudah masuk.

  • Ambil kode verifikasi Google

Buka pesan dari googlenya, cari dan catet kode tersebut. Lalu balik lagi kelaman reset sandi sebelumnya.

Ambil kode verifikasi Google yang berada pada badan email, biasanya kode ini berisi 6 digit huruf.

  • Masukkan kode

Kembali lagi ke halaman recovery akun, kemudian masukkan kode verifikasi. Kemudian klik ‘Berikutnya’.

  • Masukkan kata sandi terbaru

Masukkan kata sandi baru untuk akun kamu. Pastikan kata sandi yang dibuat mudah untuk diingat tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain.

D. Dengan masuk ke HP android (kalau akun masih login di HP tapi kamu lupa sandinya)

Cara ini muncul saat aku coba proses reset dengan akun mantan. ehm.. Aku ga niat aneh2, cuma ingin bikin tutorial paling komplit dialam semesta. Jadi aku coba semua akun yang aku pernah akses, untuk liat opsi2 apa aja yang muncul saat akan reset password gmail.

Nah, dapet lah cara ini. Cara ini wajib di coba jika akun kamu masih dalam keadaan login di hp tapi sandinya lupa. Jadi akun kamu masih login di setting android, dan kamu lupa passwordnya, jadi ga bisa login ke perangkat lain seperti laptop ataupun di hp baru kamu. Nah cara ini bisa dilakukan untuk kasus tsbt.

Aku sendiri belum coba sampai selesai, karna ini akun mantan, ga enak mau utak-atik, dan juga memang ga bisa dilakukan dari sini. Berikut ini formnya.

Form ini muncul setelah diminta password lama. Ikuti semua instruksi yang ada di form ini.  Jika ada yang kurang jelas, nanti aku coba untuk bikinkan tulisan untuk bahas hal ini. Saat ini aku ga bisa coba memang karena ga punya akses ke hp xiaomi redmi note 5a punya si doi.

E. Masuk dengan google prompt

Cara ini juga hampir sama, muncul diawal2 sekitaran langkah 3-4. Aku juga belum jelasin dengan detail cara ini. Berikut formnya. Aku juga belum coba. Nanti kalau udah coba, akan di update lagi tulisan ini. Google prompt ini juga udah harus di setting sebelumnya di akun kamu.

proses reset password google dengan google prompt
google mengirimkan notifikasi ke hp secara langsung

Setelah kamu klik ya, cek hp kamu, akan ada notifikasi dari google yang menanyakan apakah kamu barusan coba reset password, dan untuk klik konfirmasi di hp jika itu beneran kamu. Biasanya juga akan dijelaskan posisi dan  perangkat yang kamu gunakan disana. Jadi kalo ada notif seperti ini pada saat kamu tidak ngapa2in, ini artinya ada orang lain yang coba2, jangan sekali-kali klik konfirmasi, karena akun kamu bisa di bajak/hack.

F. Alternatif lain

Sebenernya masih ada alternatif lain seperti dengan google authenticator. Tapi memang semuanya harus udah di set dulu di laman setting kamu sebelumnya. Kalau kamu aktifkan verifikasi dua langkah, biasanya kamu udah ada aplikasi google authenticator. Nah kamu bisa pakai cara ini. Aku tidak akan jelaskan disini, kalau kebetulan ada diantara kamu yang butuh penjelasan mengenai hal ini, tinggalin komentar dan nanti akan aku update.

Cara selanjutnya adalah reset dengan menjawab pertanyaan keamanan, cara ini sebenernya berkaitan erat sama nomer cara pertama. Cuma setelah google update systemnya, pertanyaan keamanannya kadang muncul kadang engga, selain itu pertanyaan mengenai password lama dan kapan akun dibuat, malah ditarok di paling awal. Dulu, permintaan password lama, dan pertanyaan kapan akun dibuat, munculnya belakangan dan satu set dengan pertanyaan keamanan.

Pertanyaan keamanan masih bisa muncul dari yang aku baca dilaman support dan forum, tapi tidak selalu muncul. Aku udah bahas mengenai pertanyaan keamanan di artikel ku yang lain disini: Bukugue.com/lupa-kata-sandi-gmail-dengan-jawab-pertanyaan-keamanan. Itu artikel lama, bisa dijadikan referensi kalau kamu beruntung dan diminta jawab pertanyaan keamanan.

Langkah yang kadang muncul setelah masukkan password baru

Flashback sedikit kebagian ini. Saat kamu diminta ganti kata sandi baru setelah kamu berhasil verifikasi dan membuktikan kepada system gmail bahwa kamu bener-bener pemilik sah akun tersebut.

Ohya, pastikan kata sandi yang dibuat mudah untuk diingat tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain. Jangan gunakan tanggal lahir, tanggal lahir dibalik, atau tanggal lahir dicampur dengan tulisan, nama pacar kamu, nama anak kamu, dll. Ini mudah di tebak. Dan kalo hackernya beruntung, cuma test masukin beberapa password dia bisa login ke akun kamu.

Setelah klik ubah sandi akan muncul laman ini.

Google akan memberikan informasi terkini mengenai akun Gmail kamu. Kamu bisa memeriksanya satu persatu, terutama kalau ada peringatan merah seperti dibawah ini.

Sampai disini semua proses reset sandi sudah selesai, kamu sebenarnya sudah bisa masuk ke inbox email kamu. Hanya saja aku sarankan, untuk pastiin dan cek sampai semuanya hijau, ini untuk ke amanan akun kamu kedepannya.

Sedikit cacatan mengenai hal ini

Diatas sudah aku sebutin sebelumnya, bahwa ada banyak cara reset sandi, dan ini tergantung banget sama setting di akun kamu, kamu “beruntung” kalo kamu pernah setting opsi recovery sebelumnya.

Kamu juga “beruntung banget” kalo kamu bisa akses ke opsi recovery tersebut, karena ga sedikit dari pengunjung yang komentar klo nomer hp udah ilang, ga aktif, mati, dsbnya, ato email recovery mereka pun juga lupa passwordnya sehingga ga bisa akses ke akun email recovery.

Ada ribuan total komentar, dari artikel ini dan beberapa artikel lama yang sudah aku hapus, dan rata-rata pertanyaannya sama.

Perlu diketahui disini, untuk bisa sukses reset sandi, itu kamu harus membuktikan ke system bahwa kamu adalah pemilik yang sah. Jadi kalau kamu tidak punya akses ke hp, email, tidak bisa jawab pertanyaan-pertanyaan dari system, bisa dipastikan bahwa kamu akan gagal. Kalau sudah begini, aku hanya bisa sarankan buat email gmail baru. Tidak peduli seberapa penting akun tsbt dan tidak peduli seberapa butuh kamu dengan akun tersebut, kalau kamu tidak bisa buktikan ke system google bahwa kamu pemilik email yang sah, maka kamu pasti gagal.

Kamu bisa baca dan cari di internet mengenai topik ini, aku bahkan berani jamin bahwa blog ini yang pembahasannya paling lengkap. Itu karena aku coba langsung dan baca di laman support dan forum untuk nemuin semua cara yang bisa dipakai. Aku ga bilang laman ini paling lengkap, mungkin ada trik-trik lain yang masih tersembunyi di dunia internet yang luas ini, kalau kamu belum nyerah, kamu mungkin temuin trik lain selain dari yang aku jelasin disini.

(FAQ) Pertanyaan paling banyak dikolom komentar + jawabannya

Bagian ini aku dedikasikan untuk menjawab semua pertanyaan yang sering di lontarkan oleh pembaca.

  • Bisa bantuin reset passwordnya dong mas ? Aku bayar xx.000 rupiah.

Maaf banget mas bro dan mba sis.. Aku bukan admin google mail, aku hanya pengguna biasa.

Alasan lainnya sih karena memang google sendiri menyarankan untuk reset password melalui device yang digunakan terakhir kali login akun tsbt. Ini artinya yang punya device tsbt adalah pemilik akun. Aku udah jelasin detail mengenai hal ini di laman ini https://bukugue.com/tips-agar-sukses-reset-sandi-gmail/

Alasan berikutnya adalah, aku ga punya akses ke akun recovery kamu, baik itu nomer hp atau pun akun email recovery, aku juga ga tau jawaban dari pertanyaan keamanan akun mu. Aku juga ga tau kapan akun kamu dibuat dan aku ga tau jawaban dari pertanyaan2 yang dikasih google. Yang tau cuma yang punya akun tsbt. Jadi aku ga bisa bantu kamu.

Kalau kamu bener2 awam, sebaiknya minta bantuan temen dekatmu yang lebih paham, kamu ga perlu takut akun dibajak.

  • Bisa bantuin Hack ga mas ?

Aku ga bisa masalah hack-meng-hack, jadi aku ga bisa bantu dalam hal ini. Aku hanya pengguna biasa.

  • Cara diatas bisa berhasil ga mas ?

Ya, cara diatas adalah cara paling baru. Aku selalu update blog ini jika ada perubahan dari system googlenya. Kamu bisa juga baca komentar, sebagian pembaca ada yang bilang “berhasil”. Cuma biasanya yang tinggalin komentar mereka2 yang gagal dan butuh bantuan.

  • Kok banyak yang komentar minta bantuan atau gagal untuk reset mas?

Ini seperti yang sudah aku sebutin sebelumnya, mereka ga beruntung, no hp recovery mati lah, ga bisa login ke akun email recovery lah, ato ga pernah set opsi recovery lainnya. Ada juga yang memang terlalu awam. Aku tau ga semua orang melek internet. Dikeluarga ku sendiri, mama misalnya, itu bener2 awam banget soal internet. Jadi wajar memang sebagian orang ga bisa ikutin proses diatas karena memang mereka ga paham dunia internet. Saranku untuk yang seperti ini adalah cari temen atau keluarga yang melek internet, minta bantuan mereka, kalo mereka ga ngerti, minta mereka baca laman ini.

Selain itu, beri mereka akses ke perangkat kamu, jadi kalau kamu minta bantuan untuk reset password, kasih pinjem komputer atau hp kamu, dan minta mereka lakuin proses resetnya disana.

  • Kok aku gagal terus reset sandinya mas ?

Aku udah jelasin diatas, kamu bisa gagal , jika kamu tidak punya akses ke semua akun recovery kamu. Nomer telpon hilang atau ga aktif, email pemulihan ga bisa diakses, pertanyaan keamanan ga bisa dijawab, ya jelas kamu bakal gagal untuk resetnya.

Kalau kamu gagal karena dapat pemberitahuan “google tidak dapat memverifikasi bahwa ini kamu” atau pemberitahuan sejenis, aku udah mention sebelumnya, baca lagi diatas alasan2nya.

Ingat, lupa sandi itu adalah kesalahan kamu, jadi pastikan bahwa kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk baca dengan seksama penjelasanku, dan baca laman-laman lain yang serupa di internet, agar kamu bisa sukses reset sandinya. Jangan berharap semua nya instan dan cepat.

Oke, segitu aja dulu deh. Aku akan terus update tulisan ini (Dan terakhir aku update di 14 desember 2018) . Jangan lupa share kalau kamu merasa terbantu. Aku ga minta macem-macem kok, kamu bisa bantu blog ini untuk terus update dan berkembang  dengan cara share tulisan ini ke akun sosmed kamu, atau mention tulisan ini di blog kamu.

Semoga berhasil reset akunnya. Dan kalo berhasil, jangan lupa tinggalin komentar. Wassalam, stay safe dan jauhi narkoba.