Tips dari google agar sukses reset kata sandi gmail yang lupa

Aku lihat banyak banget yang gagal saat proses reset sandi gmail, dari banyak nya komentar yang masuk, serta banyaknya post di forum google terkait hal ini.

Aku udah jelaskan panjang lebar cara reset sandi gmail di post sebelumnya, aku bahkan terus update postnya agar semua informasi baru yang aku dapatkan bisa membantu pengunjung untuk menyelesaikan masalah mereka terkait hal ini.

Ada yang gagal memang karena ga punya akses ke akun recovery, tapi ada juga yang gagal bahkan saat bisa akses ke nomer hp ataupun email pemulihannya. Ada yang dapet peringatan seperti “Google tidak dapat memverifikasi bahwa ini memang anda, jadi anda tidak dapat masuk ke akun ini sekarang”. Hal ini bisa dihindari dengan tips-tips dibawah ini.

Berikut ini adalah tips dari laman google support yang akan aku kurasi dan beri penjelasan untuk memudahkan teman2 semua. Teman2 bisa baca langsung tips ini dilaman https://support.google.com/accounts/answer/7299973?hl=id jika mau, tapi aku sarankan untuk baca disini.

Google support biasanya ditulis dengan bahasa baku dan kadang kala susah dipahami oleh newbie/pengguna internet awam.

Ok, langsung aja kita mulai pembahasan kali ini.

Tips agar sukses reset sandi gmail kamu

1. Jawab pertanyaan sebanyak mungkin

Coba jawab semua pertanyaan. Jika Anda ragu menjawabnya, lebih baik berikan tebakan terbaik Anda daripada berpindah ke pertanyaan lain.

Yudha Note :

Saat kamu akses laman recovery akun google, kamu akan di minta mengisi form/formulir untuk membuktikan kepemilikan akun kamu. Data yang di minta contohnya seperti “tanggal pembuatan akun”, “kode verifikasi akun yang dikirimkan ke nomer hp recovery ataunpun email pemulihan lainnya”.

Baca juga :  Perbedaan CC dan BCC di email

Nah, semakin banyak jawaban benar, maka semakin besar kemungkinan akun kamu bisa didapatkan kembali. Aku pernah reset dan cuma isi tanggal pembuatan akun, tanpa kode verifikasi,dll, langsung bisa masuk ke form penggantian sandi dan login dengan sandi baru.

Ini artinya pada saat itu google udah cukup yakin bahwa aku benar2 pemilik akun tsbt, meskipun belum verifikasi lewat email ataupun no hp.

Kenapa bisa gitu? Kalau kamu baca tulisanku sebelumnya disini, aku sempat singgung hal tsbt, hal ini disebabkan karena aku menggunakan perangkat , lokasi serta jaringan yang dikenal oleh google. Baca tips selanjutnya dibawah ini, karena hal tersebut akan dijelaskan lebih detail dibawah ini.

2.Gunakan perangkat dan lokasi yang biasa Anda gunakan

Jika memungkinkan:

  • Gunakan komputer, ponsel, atau tablet yang sering Anda gunakan untuk login
  • Gunakan browser yang sama (seperti Chrome atau Safari) yang biasa Anda gunakan
  • Akses di lokasi tempat Anda biasanya login, seperti di rumah atau kantor

Yudha note:

Nah tips nomer 2 ini yang penting banget menurutku, seperti yang kamu tau, google selalu mengembangkan cara2 canggih untuk kenyamanan serta keamanan penggunanya. Jika kamu login dari sebuah perangkat, google akan mencatat perangkat tsbt, dan perangkat tsbt akan ter-asosiasi/terkait dengan akun kamu.

Selain itu, jaringan internet yang kamu pakai, seperti wifi ini juga memiliki informasi yang bisa di catet oleh google. Selain itu jaringan wifi juga terkait sama lokasi. mIsalnya wifi dikantor dan dirumah memiliki informasi ip adress yg berbeda. Jujur, aku bukan pakar dalam masalah ini, tapi setidaknya yang aku jelaskan bisa jadi garis besar kenapa hal ini penting untuk diperhatikan dalam proses reset password.

Untuk browser sendiri, seperti chrome dan safari, biasanya menyimpan cache dan cookies. Salah satu penulisku pernah membahas masalah ini disini : https://bukugue.com/semua-tentang-cookie-internet/. Cache biasanya akan terhapus jika kita gunakan aplikasi cleaner, tapi cookies tidak akan terhapus secara otomatis, kecuali kita setting cleanernya untuk hapus cookies.

Cookies di browser ini bisa terkait sama aktivitas login kita, kapan kita login, dsbnya. Ini juga bisa jadi salah satu cara google untuk mengetahui apakah perangkat kamu tadi benar milik kamu atau tidak.

Baca juga :  Cara membuat grup milis di Gmail dengan google group

Jadi point pentingnya udah ada dilist oleh google di atas, pakailah perangkat yg dikenal, browser yang biasa digunakan, dan juga jaringan serta lokasi yang biasa kamu gunakan saat akses akun tsbt.

3.Berikan sandi & jawaban pertanyaan keamanan dengan tepat

Info yang Anda berikan sangat penting, jadi hindari salah eja dan perhatikan huruf besar dan huruf kecil.

Sandi

Jika dimintai sandi terakhir yang Anda ingat, masukkan sandi paling baru yang diingat.

  • Jika tidak ingat sandi terakhir: Gunakan sandi sebelumnya yang Anda ingat. Semakin terbaru sandinya, akan semakin baik.
  • Jika Anda ragu dan tidak dapat mengingat sandi sebelumnya: Berikan tebakan terbaik Anda.

Jawab pertanyaan keamanan

Jika ditanya pertanyaan kemanan dan Anda:

  • Tidak ingat jawabannya: Berikan tebakan terbaik Anda.
  • Mengetahui jawabannya namun tidak dapat memulihkan akun pada percobaan pertama: Coba gunakan variasi jawaban yang berbeda. Misalnya, coba “JKT” bukan “Jakarta” atau “Fit” bukan “Fitri”.

Yudha note :

Aku rasa untuk point ini cukup jelas, dari sini aku cuma bisa ambil kesimpulan, bahwa pertanyaan keamanan ga akan otomatis muncul, hanya saja jika kondisi tertentu terpenuhi, google mungkin akan menambahkan pertanyaan keamanan untuk lebih memastikan bahwa kamu bener pemiliki akun.

Misalnya kamu menjawab beberapa pertanyaan bener, tapi kamu pakai device baru dan dilokasi baru, dan google masih belum yakin, maka ada kemungkinan kamu akan diberikan pertanyaan keamanan/pertanyaan rahasia kamu tsbt.

Semuanya asumsi ku berdasarkan informasi yang aku dapatkan.

Jadi reset sandi dengan pertanyaan keamanan mungkin masih bisa, jika pertanyaannya muncul disaat kamu reset sandi. Yang jelas, aku udah coba cari dipengaturan akun google, dan ga ketemu menu untuk pertanyaan keamanan ini.

4. Cari tahu kapan Anda membuat akun

Jika Anda tidak ingat bulan dan tahun saat membuat Akun Google, berikut beberapa cara untuk mengetahuinya.

  • Cari email pendaftaran. Jika Anda dapat menemukan email akun tersebut, cari pesan selamat datang dari Google atau Gmail. Jika tidak bisa, periksa email verifikasi di akun lainnya yang Anda gunakan saat itu.
  • Tanyakan ke orang di kontak Anda. Jika menggunakan Gmail, tanya teman dan keluarga kapan mereka pertama kali mendapatkan email dari akun Anda tersebut.
  • Pikirkan tentang pembelian atau peristiwa terkait. Cobalah untuk mengingat apakah Anda membuat akun saat:
    • Mengalami peristiwa yang penting di hidup Anda, seperti wisuda.
    • Membeli perangkat baru. Cari tanda terima atau kontrak apa pun yang dapat membantu.
Baca juga :  Cara mengirim email tanpa koneksi internet menggunakan Gmail versi terbaru

Jika tidak dapat menemukan tanggalnya, berikan tebakan terbaik Anda.

Yudha note: Diatas adalah tips simple yang bisa kamu ikuti agar jawaban dari pertanyaan “kapan akun kamu dibuat?” bisa dijawab dengan benar dan ga asal terka aja.

Tips dari google agar sukses reset kata sandi gmail yang lupa 1

6. Masukkan email yang tersambung ke akun Anda

Jika diminta untuk memasukkan alamat email yang dapat diperiksa saat ini juga, masukkan satu alamat email yang telah Anda tambahkan ke akun. Berikut beberapa contohnya:

  • Alamat email pemulihan membantu Anda untuk kembali login dan menjadi email tujuan pengiriman pemberitahuan keamanan.
  • Alamat email alternatif adalah alamat email yang dapat digunakan untuk login.
  • Alamat email kontak adalah tempat Anda mendapatkan informasi tentang sebagian besar layanan Google yang Anda gunakan.

7.Tambahkan info yang dapat membantu

Jika ditanya mengapa Anda tidak dapat mengakses akun, berikan info yang membantu.

Sebagai contoh:

  • Anda sedang bepergian.
  • Anda mendapatkan pesan error tertentu.
  • Anda merasa akun telah disusupi karena malware atau alasan lainnya.
  • Anda mengubah sandinya minggu lalu dan tidak dapat mengingatnya.

Jika penjelasan Anda sesuai dengan informasi yang kami miliki, persamaan ini dapat membantu Anda.


Ok, itulah tips yang ada di laman support google tersebut, berikut secuil penjelasan dariku. Aku harap akun kamu berhasil dikembalikan. Jangan lupa komentar dan tinggalin jejak, atau hit the share button below.

36 tanggapan untuk “Tips dari google agar sukses reset kata sandi gmail yang lupa”

  1. lethe Avatar
    lethe

    bang tolong bantu saya, saya di kasih akun sama orang, trus udah gitu saya masukin akun nya, hp saya malah di reset ulah sama itu orang, jadi saya kehilangan akun saya, begitupun yang dia kasih,
    saya cuma ingin akun yg dia kasih ke saya balik lagi ke saya,
    sebelum hp saya di reset ulang sama dia, saya secepat nya ganti paswort sama email pemulihannya pakai no hp saya, ga lama hp saya reset ulang sendiri, dari situ saya ga tau apa”,
    saya berusaha mengingat email yg dia kasih tapi saya ga ingat, cuma ingat pemulihan sama sandinya aja, setelah saya pusing mencari dan mengingat, kira kira 2 hari, akhirnya saya ingat akun dia, tapi pemulihan serta sandinya udah di ganti lagi sama dia, saya mohon bantuan nya bang,
    ini no wa saya, supaya lebih gampang di hubungi,
    089646314787
    saya mohon bantuannya bang

    1. yudha Avatar
      yudha

      dia reset lewat fitur find my device itu mas…

      kenapa ga buka lewat browser dulu, lalu ubah semua detailnya, baru login ke pengaturan hp mas?

      jadi ini akun beli atau gmana mas? kalau beli, beli dimana? mungkin bisa lapor lewat support atau laporin si penjualnya,

      aku udah jelasin semuanya mas di blogku, silahkan praktikin yang bisa di praktekin.. tapi ini susah lah mas, akunnya akun dia, detail akunnya dia yang tau, lalu semua nomer hp dan pemulihan juga dia ganti, lah mas tau apa aja? mau lapor, kita ga tau kapan akun dibuat, ga tau detail lainnya, dari mana pun liatnnya, google bakal lebih percaya kalau dia pemilik sah akun mas…

  2. nurhan Avatar
    nurhan

    bang tolong gue dlu
    kejadiannya hp saya di curi dan saya suda membeli hp bru dan saya masuk ke akun gmail suda ngga bisa di minta kode verifikasi sedangkan no yg di pakai suda hilang. bru tgl dan bulan pembyatan memang lupa total klw tahun msi ingat sd berapa kali pemulihan akun tp ngga bisa tolng bntuannya bang

    1. yudha Avatar
      yudha

      setauku ya itu caranya, kecuali mas ada akses ke email dan no pemulihan, kalau tidak akses, mau tidak mau harus lewat cara menghubungin support google, tapi sebelum sampe di titik itu mas harus bisa buktikan bahwa mas pemilik sah akun, mas bisa cek dilaman ini https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/#b-pemulihan-akun-dengan-menjawab-pertanyaan-google

      aku rasa tidak ada cara lain selain menghubungin google.. atau mas usaha untuk ke provider dan minta dibikinkan nomor lama yang hilang tsbt, setauku ada jarak beberapa bulan sebelum nomor yang mati itu dicetak ulang oleh pihak provider, coba aja sih..

      kakak sepupu ku pernah hp hilang, dan di besok hari nya minta dibuatkan kartu baru dengan nomor lama ke grapari telkomsel, bisa kok.. karna sekarang nomor hp sudah lengket ke KTP, asal kita punya KTP yang terkait dengan no tsbt, rasa tidak sulit minta nomornya kembali…

  3. Kurniawan Avatar
    Kurniawan

    Akun saya di hack orang nmr sdh di ambil orang dan nmr telah di ganti

    1. yudha Avatar
      yudha

      kalau opsi recovery tidak tersedia, coba hubungin support mas… disana bisa lebih detail pemecahan masalahnya, hanya saja lebih ribet karena berurusan sama manusia bukan system… kalau dengan system, cukup pake no hp, system akan otomatis kirim kode recovery, kalau lewat support engga, butuh waktu dan butuh verifikasi manual barulah dapat akses ke akun..

      aku sendiri belum pernah coba sampe selesai lewat support, mas bisa coba kalau mau, caranya dijelasin dibagian B diartikel ini : https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/

  4. Radhika Avatar
    Radhika

    Mas bantu donk saya mau masuk ke akun lama saya terus sama google dikasih tulisan

    google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda

    1. yudha Avatar
      yudha

      berarti masih belum yakin si googlenya mas..

      saranku ya itu tadi,,gunakana perangkat,jaringan,lokasi yang dikenal.. pake browser atau app yang masih menyimpan cookies akun tsbt..

  5. Didin Avatar
    Didin

    Mas.mohon bantu saya memulihkan akun google saya yg di hack orang jahat, .
    Akun google sy:[email protected]
    Itu yg di hack,no hp,email pemulihan di ganti semua.sy stres mas.
    Mohon bnamtuannya,semua tips udah sy coba tetap tidak berhasil..mohon balas ke email sy yg baru:[email protected]

    1. yudha Avatar
      yudha

      baca sini mba https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/ disana sudah dijelasin sma penulis bagaimana mengatasinya.. agak ribet..tapi kalau mba pemilik yang sah, bisa menjawab pertanyaan gmail, dan masih ada akses ke perangkat yang biasa dipakai untuk akun tsbt, harusnya tidak sulit untuk membuktikan kepemilikan akun…

    2. Reno Avatar
      Reno

      Tolong bantu saya akun saya kena hack

      1. yudha Avatar
        yudha

        Disini kita tidak bisa bantu banyak mas.. hanya bisa bantu jelaskan..

  6. Cholic Avatar
    Cholic

    Saya udah coba gagal Mulu,, akun google saya di hack, no hp pemulihan di ganti, saya pusing mas cuma inget bulan sama tahun pembuatan nya saja, dan saya pindahan bukan di lokasi saya biasa login

    1. yudha Avatar
      yudha

      susah gitu sih mas.. google butuh bukti yang kuat sebelum bisa ngasihin akses ke akun tsbt..kalau mereka tidak yakin kita pemiliknya., pasti bakal gagal terus..

  7. Okta Avatar
    Okta

    Mas mohon bantu saya,gmail sy g bs dbuka,demail itu bnyk data2 sy,terakhir sy msh bs buka email sy sblm hp sy matitotal setelah d benerin hp ny pas sy mau buka gmail,g bs d buka,sy dh coba pake pemulihan gmail tetap g bs,pake no hp,no hp yg lama sdh keblokir,pake bulan pembuatan gmail sy lupa..mohon dibantu mas cara ny biar sy bs buka gmail sy..termks

    1. yudha Avatar
      yudha

      ya di coba lagi mas… coba hubungin pihak support google, caranya dijelaskan di laman https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/, baca cara kedua kalo ga salah disana…

  8. akbar Avatar
    akbar

    masih aktif nge blog gk mas.. klo blh minta no wa.. sya mengalami apa yg mereka alami👆, jd biar gmpng komunikasinya

    1. yudha Avatar
      yudha

      ga di cek halaman depan bukugue.com mas? terakhir update kemarin aku, ada dua artikel baru kemarin :D…

      untuk wa, aku ga pernah kasihin di internet mas. Kalau ada yang ingin ditanyakan, aku bantu jawab disni. atau bisa kirim ke emailku, ada dihalaman kontak… cma memang ga “fast response”… aku pernah beberapa kali nyoba bantuin pengunjung, ada yang ga paham kalau aku jg penuh kesibukan, dan mereka ga mau sabar.. well, intinya aku akan respon ketika ada waktu luang…

  9. kis Avatar
    kis

    Jawaban ini sangat membantu.

    1. Ferdi hansyah Avatar
      Ferdi hansyah

      Ya sangat membantu

  10. Bobby Avatar
    Bobby

    Maaf mau tnya akun google saya dibajak sama orng sudah semua diganti email pemulihan sama nomer hp saya sudah dignti terus saya harus bagaimana ya kelanjutnya saya sudah bingungg mohon bantuannya !!!

    1. yudha Avatar
      yudha

      coba buka email pemulihan, dan cari apakah ada email yang memberitahukan bahwa email pemulihan tsbt dihapus..liat apakah ada informasi lebih lanjut dari gmail disana? apakah ada tombol atau link untuk membatalkan perubahan dari sana?

      agak sulit memang mas..diblog ini ada kalau ga salah pembahasan terkait hal ini..mungkin bisa jadi refernsi https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/.. itu tulisannya sesuai dengan rekomendasi google disini https://support.google.com/accounts/answer/6294825?hl=id

    2. Ferdi hansyah Avatar
      Ferdi hansyah

      Saya minta tolong banget bisa gak kembali kan akun saya bg di situ ad Imel yg penting bg

      1. yudha Avatar
        yudha

        sekali lagi, aku ga bisa bantu apa2 mas.. aku cuma bisa jelasin prosesnya sejauh yang aku tau..

        mas bisa minta bantuan ke forum google, tapi yang akan mas dapatkan hanya instruksi jg, mereka ga ada yang bantu langsung jg, karena memang ga bisa dibantuin.. yang bisa buktiin ke system google kepemilikan akun tsbt adalah kita sendiri, dengan menjawab sebanyak mungkin pertanyaan dengan benar, selain itu system juga akan mencocokkan perangkat kita dengan perangkat yang pernah akses akun tsbt..

  11. Darman Avatar
    Darman

    Halo mas Yudha, kebetulan adik saya baru kena musibah di Begal, hp, tas, dompet semua raib,, dan dia orang nya sangat pelupa jadi password Gmail, FB, IG lupa semua, nah inti dari semua akun itu kan ke gmail, sementara saya masuk ke pemulihan akun hanya mentok sampai minta kode keamanan yg dikirim ke hp yang di begal, pas klik coba cara lain tidak bisa, hanya muncul button Coba lagi.
    apakah ada saran apa yang harus dilakukan mas? mengingat banyak data dia yang penting di gmail nya. dia benar2 sangat lupa password nya.
    Sebelumnya terimakasih atas bantuannya.

    1. yudha Avatar
      yudha

      Maaf telat responnya ya mas, beberapa hari terakhir aku sakit, jadi tidak sempat buat login dan respon komentar teman2 diblog ini.

      Semoga adiknya mas diberi kekuatan dan yang hilang digantikan dengan yang lebih baik lagi..Semoga begalnya cepat dapat balasannya.

      Terkait pertanyaan mas, semua yang aku tau, aku udh bahas diblog ini. Aku sendiri hanya tau lebih banyak dari anggota biasa

      Saranku mas mungkin bisa coba tanya ke https://support.google.com/mail/community?hl=en, selain itu bisa coba ulangi proses recoverynya lagi dan skip bagian yang benar2 tidak bisa, dan jawab semuanya yang bisa dengan sebaik2 mungkin.. ga ada saran lain sih aku mas..maaf..

  12. yogaswara Avatar
    yogaswara

    saya sudah mengikuti proses langkah2 arahan dari google melalui email, hingga akun saya berhasil didapatkan kembali, tetapi setelah mengganti password masih tetap saja “Google tidak dapat memverifikasi akun ini milik Anda”, harus bagaimana ya mas??

    1. yudha Avatar
      yudha

      sudah berhasil buat password baru tetap ga bisa login gitu mas? udh dicobain tips2 diatas mas? mungkin coba inget2 pernah login diperangkat lain pakai akun tsbt, dan coba lagi login lewat perangkat lain tsbt..itu sih mungkin..aku ga punya ide lain..

  13. Halima Avatar
    Halima

    Tidak bisa login

    1. yudha Avatar
      yudha

      buat akun baru jika memang sudh tidak bisa lagi..

      memang tidak mudh jika akun dihack atau opsi recovery sudh tidak ada lagi..

  14. Ferdi Avatar
    Ferdi

    AKUN SAYA SUDAH LAMA DI HEX BAGAI MANA CARANYA MENGGAMBIL NYA KEMBALI SAYA RASA NYA TAK TAHAN KARENA AKUN SAYA DI HEX ORANG

    1. yudha Avatar
      yudha

      untuk email memang lebih susah mas.. beda dengan fb atau instagram yang kepemilikannya bisa diverifikasi via foto serta kartu identitas.. email tidak bisa.. jadi verifikasinya jadi lebih sulit.

      untuk yang baru dihack aja sulit recovernya, apalagi yang sudh lama mas..

  15. ram Avatar
    ram

    apa di tahun 2022 udah gak ada pertanyaan gitu lagi ya? saat saya ingin pemulihan akun, cuma ada opsi masukkan kode backup dan dan coba cara lain. karena saya gak ada kodenya, saya pilih coba cara lain. tapi ada warning “google tidak dapat memverifikasi anda”. mohon bantuannya buat yg tau, makasih.

    1. yudha Avatar
      yudha

      itu karena google tidak yakin dengan identitas mas.. itu kenapa ada saran2 diatas yang perlu dilakukan. Misalnya menggunakan perangkat yang dikenal dll.

      Mas bisa cek laman resmi google, masih sama kok intruksinya… cek sini https://support.google.com/accounts/answer/7299973?hl=id

  16. Tika riki Avatar
    Tika riki

    Tolong ambilkan akun saya

    1. yudha Avatar
      yudha

      Ga bisa mba ku..silahkan coba di reset sendiri passwordnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.