Cara mengembalikan akun Gmail yang kena hack / di bajak

Semangat pagi reader.

Semakin banyaknya setiap kita punya akun di internet, entah itu akun sosmed, akun email, akun shopping online, atau akun banking, membuat kita semakin sulit dalam mengelola semuanya.

Sehingga kadang kita tidak memperhatikan keamanan akun-akun tersebut. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh para hacker.

Di blog ini sendiri udah dibahas mengenai pembajakan akun Facebook, kalau kamu lihat dilaman tersebut, banyak sekali komentar teman2 yang memang akunnya di bajak.

Motifnya jelas sih, di era digital, akun dengan jumlah follower banyak itu mempunyai nilai rupiah. Walaupun ada memang, akun yang di bajak teman yang tujuannya cuma usil.

Ok. yang lagi baca artikel ini pasti lagi bingung dan khawatir karena akun email Gmail nya di bajak? Tenang saja, masih ada cara untuk mendapatkan akun kamu kembali.

Pihak google sebenarnya sudah memberikan jalan untuk mengatasi hal ini, dibawah ini akan aku jelaskan semuanya.

Cara mengembalikan akun gmail yang di bajak

Baiklah, sebelum memulai pemulihan akun Gmail kamu. Ada 2 asumsi pembajakan akun:

  1. Hanya password saja yang diubah.
  2. Password, nomor ponsel dan email pemulihan juga diubah.

Dari kedua asumsi tersebut, untuk yang pertama, jika hanya password kamu saja yang di ganti tetapi nomor ponsel dan email pemulihanan tidak. Kamu bisa mengembalikan akun kamu dengan mudah, dengan cara mereset kata sandi akun tsbt.

Kemudian dari asumsi yang kedua, semua data keamanan telah diubah pem-bajak, maka cara satu-satunya adalah bantuan dari pihak google/gmail dengan mengisi dan memberikan data formulir pemulihan. Ok, mari kita coba cara yang pertama.

A. Reset Password/kata sandi

Sebelum memulai cara ini, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Hal ini sudah dijelaskan dilaman support google, dan sudah dibahas di sini: bukugue.com/tips-agar-sukses-reset-sandi-gmail

  1. Ketika kamu ingin me-recovery akun Gmail kamu, gunakanlah koneksi internet, perangkat (ponsel atau komputer) serta lokasi atau tempat kamu sering mengakses internet, mengapa seperti itu, karena otomatis terbaca oleh sistem Gmail tersebut, dan untuk mempermudah kamu dalam mengembalikan akun Gmail kamu.
  2. Jawablah semua pertanyaan yang tertera dengan benar, mohon diingat-ingat kembali jika tidak yakin dengan jawaban kamu, kamu dapat menebaknya.
  3. Lakukan pemulihan akun dengan tidak berkali-kali mengisi formulir pemulihan, tunggu tahap hingga akhir, agar lebih mudah dalam proses pemulihan.

Cara yang ini kurang lebih sama dengan reset password email gmail untuk kasus lupa password. Disini hanya password email Gmail kamu saja yang diubah, nomor ponsel masih aktif/email pemulihan masih bisa kamu akses.

Ok, langsung saja seperti ini caranya:

1.Masuk ke halaman pemulihan akun.

2. Kemudian jangan lupa ubah bahasa Inggris menjadi Indonesia agar lebih mudah. Tap tulisan English di pojok kiri paling bawah. Kemudian pilih Indonesia, tap saja. Maka akan otomatis berubah.

Ubah menjadi bahasa Indonesia
Ubah menjadi bahasa Indonesia

3. Selanjutnya ketik alamat email atau ponsel kamu. Lalu tap berikutnya. Disini saya contohkan masukkan alamat email.

Ketik alamat email atau ponsel kamu
Ketik alamat email atau ponsel kamu, lalu tap berikutnya

4. Kemudian kamu di minta untuk mengingat dan mengisi kata sandi kamu terakhir kali yang digunakan. Kamu ketik sandi dengan benar kemudian berikutnya.

Editor note: Wajib di isi dengan benar. Jika kamu lupa password lama kamu mungkin tulisan ini bisa membantu: bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser

Masukan kata sandi terakhir yang kamu ingat
Masukan kata sandi terakhir yang kamu ingat
  • Kamu dibawa untuk mendapatkan kode verifikasi, untuk langkah yang ini gmail terkadang menunjukkan email pemulihan kamu (missing words), atau nomor ponsel kamu (missing digits). Coba perhatikan apakah benar itu nomor ponsel/email pemulihan kamu? jika iya maka ketuk saja kirim.
  • Cek SMS/inbox yang masuk ke nomor ponsel/email pemulihan tersebut, disini aku caputure kode verifikasinya nya melalui SMS dan inbox email. Kemudian copy angka tersebut, huruf G tidak ikut, hanya angka nya saja.
  • Kemudian paste/ketik kodenya di kolom masukkan kode, lalu berikutnya.
  • Dan kamu di minta untuk memasukkan kata sandi baru, mohon gunakan sandi yang kuat dengan kombinasi angka, huruf kapital atau kecil dan simbol. Kemudian tap berikutnya.
Masukkan kata sandi/password baru
Masukkan kata sandi/password baru

Cara ini selesai, kamu berhasil mengembalikan akun gmail kamu dengan Password baru.

Setelah selesai, jangan lupa untuk cek setting opsi pemulihan kamu, dan cek apakah ada nomer telepon atau alamat email yang terdaftar tapi bukan milik kamu. Pastikan untuk delete dan hapus semua opsi recovery yang bukan milik kamu pribadi.

B. Pemulihan akun dengan menjawab pertanyaan google

Hanya gunakan cara ini jika akun kamu telah dirubah datanya baik nomor ponsel maupun email pemulihan kamu. Disini kamu akan berusaha untuk sampai dititik dimana tim google akan menghubungi kamu.

Untuk langkah 1-4 sama seperti dijelaskan diatas tadi. Kita akan lanjutkan dari langkah dibawah ini:

  • Selanjutnya yakni jika muncul pertanyaan untuk mendapatkan kode verifikasi ke email pemulihan tapi sudah bukan data kamu lagi yang artinya sudah diubah oleh pembajak, maka kamu ketuk coba cara lain.
Ketuk Coba cara lain
Ketuk Coba cara lain
  • Setelah itu muncul laman konfirmasi nomor telepon di setelan keamanan, jika missing digits tersebut bukan nomor ponsel kamu (telah diubah) maka langsung saja tap coba cara lain.
Tap Coba cara lain
Tap Coba cara lain
  • Pertanyaan selanjutnya kapan kamu membuat akun Google ini? silahkan isi dengan benar, pilih bulan kemudian ketikan tahun. Lalu tap berikutnya.

Editor note: Jika kamu lupa kapan akun dibuat baca disini untuk tips mengingat kapan akun dibuat : bukugue.com/tips-agar-sukses-reset-sandi-gmail/

Pilih bulan dan masukkan tahun pembuatan akun gmail kamu
Pilih bulan dan masukkan tahun pembuatan akun gmail kamu
  • Selanjutnya diarahkan ke laman bahwa google perlu waktu untuk meninjau permintaan kamu. Masukkan alamat email kamu yang baru untuk dapat dihubungi oleh pihak google.

Kalau kamu tidak punya email baru, bisa baca disini: bukugue.com/cara-membuat-email-gmail atau disini bukugue.com/cara-daftar-email-yahoo/

Masukkan alamat email yang bisa kamu akses
Masukkan alamat email yang bisa kamu akses
  • Setelah itu kamu di minta untuk memasukkan kode verifikasi ke email baru tersebut. Jadi buka dan cek inbox email baru tersebut, dan cari kode verifikasi dari google.

Aku ingetin ini bukan kode untuk reset sandi gmail loh ya. Kode ini berfungsi untuk memastikan bahwa email baru yang kamu masukkan itu benar-benar ada dan bisa kamu akses, sehingga google bisa mengirimkan pesan dan menghubungi kamu terkait proses ini lewat email baru tersebut.

  • Kamu kemudian masukkan kode. Tap berikutnya.
Cek email pemulihan kamu, copy dan paste kan ke kolom masukan kode
Cek email pemulihan kamu, copy dan paste kan ke kolom masukan kode

Pada tahap ini, jika kamu beruntung maka respon laman setelahnya adalah ubah kata sandi baru.

  • Ok kita masuk tahap terakhir, dimana kamu diminta untuk menunggu jawaban dari google 3-5 hari kerja. Kamu bisa tambahkan info selengkapnya. Lalu ketuk selesai.
Tambahkan info selengkapnya, lalu tap selesai
Tambahkan info selengkapnya, lalu tap selesai

Saran aku kamu bisa coba tambahkan mengenai data diri kamu seperti nama lengkap kamu, nomor ponsel pemulihan akun, email pemulihan akun, lokasi dimana kamu tinggal, perangkat yang sering kamu gunakan untuk mengakses akun gmail kamu. Atau ada tambahan lain, yang bisa meyakinkan pihak Google bahwa kamu pemilik asli akun Gmail tersebut.

Jika nanti di minta untuk melampirkan kartu identitas kamu, silahkan lampirakan saja. Kemudian ketuk selesai.

Kemungkinan gagal

Sesuai percobaan aku, kalau kamu gak menjawab semua pertanyaan diatas tersebut, misalnya hanya jawab 1 saja dari beberapa pertanyaan tersebut.

Misalnya hanya menjawab masukkan email yang bisa dihubungi, atau hanya menjawab kapan akun gmail dibuat.

Maka kemungkinan jawaban terakhir adalah google tidak dapat memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik sah akun tersebut. Contoh seperti capture dibawah ini:

Gambar laman bahwa akun kamu tidak dapat diverifikasi
Gambar laman bahwa akun kamu tidak dapat diverifikasi

Tetapi,  jika kamu bisa memberikan bukti /isi formulir pemulihan dan pertanyaan dengan benar, semakin lengkap data yang kamu berikan, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan kembali akun gmail kamu. n

Mohon bersabar menunggu 3-5 hari kerja. Sabtu, Minggu dan hari libur tidak termasuk dalam hari kerja.

Ok, setelah proses tersebut  pastikan kamu sudah mencantumkan alamat email pemulihan dengan benar, pantau selalu alamat email pemulihan kamu, baik di inbox maupun di spam.

Selain itu, diharapkan kedepannya lebih perduli dengan akun kamu agar lebih aman dan tidak terulang kembali kejadian seperti ini, Jangan lupa untuk:

  • Selalu log out akun jika masuk melalui komputer publik.
  • Tambahkan keamanan anda, seperti nomor ponsel/email pemulihan dan aktifkan verifikasi 2 langkah.
  • Tambahkan nomor ponsel dan email pemulihan akun. Kamu tidak hanya bisa menggunakan nomor ponsel/email pemulihan pribadi kamu, tetapi juga bisa milik pasangan, saudara, orang tua atau teman kamu. Asalkan kamu mempercayai dan dengan persetujuan mereka.
  • Jaga kerahasiaan password gmail kamu dan dengan membuat password yang kuat tapi mudah diingat, dengan beberapa kombinasi.
  • Ganti password secara berkala. Tidak dengan password yang lemah dan mudah di tebak, seperti nama saja atau tanggal lahir kamu, gunakan kombinasi lainnya seperti huruf dengan angka.
  • Cek aktifitas terkini jika ada aktiftas login yang mencurigakan segera ganti password kamu.

Sampai disini tutorial yang bisa aku share ke kalian, mohon isikan dengan sebenar-benarnya identitas diri kamu, agar dengan mudah kamu mendapatkan akun kamu. Selamat mencoba semoga berhasil.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

This Post Has 10 Comments

  1. Avatar

    Assalamu’alaikum…
    Bagaimana gan cara mengembalikan akun gmail gue yg dicuri/dibajak orang lain?

    1. Avatar

      waalaikum salam.. diatas udah dijelaskan mas..silahkan ikut petunjuknya…

  2. Avatar

    Gmail sy di bajak tapi sy coba sampe tahap bulan dan tahun di pemulihan akun sy lupa pertama kali buat akun Gmail nya. Bagaimana ya solusi nya?

  3. Avatar

    Bang yang dihack nomor telvone pemulihan sama gmail pemulihan… Itu gimana yah… Haduhhh

    1. Avatar

      nomor telpon di hack gmana caranya mas? kalau gmailnya yang di hack bisa ikutin langkah2 diatas mas..

  4. Avatar

    mas,
    gmailku lupa pasword,
    sudah terverifikasi 2 langkah,
    salahku dulu email pemulihanya aq karang,,
    nomor hp bener dan masih aktif,,
    solusinya apa mas,
    aq coba berkali2 terpentok dgn email pemulihan trus,,
    dan itulah kesalahanku….
    terima kasih…

    1. Avatar

      bisa coba hubungin support google mas.. diatas udh dijelasin.. memang kemungkinan berhasilnya tidak 100%, jadi silahkan di coba..

  5. Avatar

    mas …saya masalah di bagian paling bawah gagal terus ..si hacker nya udah masukan email pemulihan ke email dia jadi solusinya apa masih bisa di ambil akun nya gak ya?
    saya dah coba apa harus nunggu 3-5 hari? kalo gak ada gmna tolong solusi nya gmna mas?

    1. Avatar

      kalau memang udh diganti email pemulihannya, mau tidak mau lewat cara hubungin support google mas.. yup bisa beberapa hari memang, karena prosesnya review manual..

Tinggalkan Balasan