Cara buat email yahoo baru khusus pemula (gaptek)

Email tidak hanya surat elektronik untuk berkirim pesan dan file tetapi juga salah 1 jembatan penting untuk menghubungkan beberapa akun, baik sosmed maupun lainnya. Ada banyak penyedia layanan email gratis, namun yang populer itu tidak terlalu banyak, misalnya Gmail, Outlook,  dan Yahoo.

Nah, kalau kamu butuh banget nih akun email yahoo, pas banget kamu mampir di bukugue.com, karena disini aku akan jelasin sedetil, sesimple dan secepat mungkin bagaimana cara membuat email yahoo di hp android ataupun ios kamu.

Cuma butuh kurang lebih 3 menit. Jika di ikuti dengan benar, kamu bisa punya akun email yahoo yang baru.

Akan lebih mudah menggunakan browser Hp kamu ya, aku saranin lebih nyaman menggunakan browser Google Chrome. Ok langsung aja simak tahap-tahapnya.

Cara membuat akun email Yahoo di hp

Disini aku asumsikan kamu sudah tau apa itu email. Dan sudah tau kenapa kamu perlu akun email. Jadi kita akan langsung masuk ke proses pendaftaran akun nya saja.

1. Masuk ke laman daftar email yahoo. Klik saja link ini “login.yahoo.com/account/create“.

2. Silahkan isikan data diri kamu. Diharapkan isikan dengan data yang sebenarnya ya guys, agar nanti kedepannya tidak mempersulit kamu, jika akun di bajak atau lupa kata sandi.

Laman mendaftar email yahoo (data diri)
Laman mendaftar email yahoo (data diri)

Untuk contoh pengisian data detilnya seperti ini, bisa di lihat di capture.

Contoh pengisian data diri
Contoh pengisian data diri

Nama depan, isikan nama depan kamu, misal terdiri dari 2 kata Fuad Fakhrudin maka di tulis Fuad.

Nama belakang, isikan nama belakang kamu contoh diatas Fakhrudin, jika terdiri dari 3 kata ambil 2 kata belakang, misal Fuad Fakhrudin Said, maka di tulis Fakhrudin Said.

Alamat email, nah untuk alamat email ini nanti muncul beberapa alamat email rekomendasi, jika kamu ingin menulis sendiri alamat emailnya di pastikan yang mudah di ingat dan tidak ada yang menggunakannya, jika alamat email tersebut sudah di gunakan maka tertera tulisan merah, bahwa email telah digunakan.

Sebagai contoh masukkan alamat email sesuai nama kamu dan tambahkan digit angka, misal [email protected], atau bisa [email protected], kenapa seperti itu karena kemungkinan alamat email belum terpakai. Untuk alamat email tidak perlu berlebihan ya guys, apalagi gunanya untuk melamar pekerjaan. Lebih baik gunakan nama kamu kombinasi dengan simbol atau angka.

Kata Sandi, buatlah kata sandi yang aman, tidak mudah di tebak tapi mudah kamu ingat, jangan gunakan nama atau tanggal lahir kamu. Kata sandi yang kuat biasanya lebih dari 6 karakter yang berisikan kombinasi antara huruf kapital/kecil dan angka. Seperti contoh di capture, SantaiWae669.

Nomor ponsel, isikan nomor diawali dengan angka 8, karena 62 (0) kode are Indonesia. Gunakanlah nomor ponsel kamu sendiri yang masih aktif dan masih bisa kamu akses ya guys, jangan gunakan no orang lain, ini berguna untuk kode verifikasi dan nomor ponsel akun keamanan kamu nantinya.

Bulan lahir/hari atau tanggal/tahun, isikan sesuai dengan identitas kamu yang sebenarnya ya guys. Oh ya, ini aku coba buat email dengan tahun lahir 2010, yang artinya pemilik akun masih berumur 9 tahun di tahun 2019 ini. Tapi masih bisa di approve/diterima dari pihak yahoo.

Jenis kelamin, isikan gender kamu, pilih laki-laki/perempuan. Ini optional ya guys, yang artinya kamu boleh isi/pilih atau tidak.

Ok, sampai disini periksa kembali data diri kamu, jika sudah yakin benar silahkan catat terlebih dahulu alamat email dan kata sandinya, agar kamu tidak lupa, mohon hanya kamu yang mengetahui kata sandi email yahoo kamu. Setelah itu tap saja lanjutkan.

3. Verifikasi nomor telepon. Laman ini mengkonfirmasi apakah benar nomor tersebut adalah nomor ponsel kamu yang nantinya akan di gunakan untuk kode verifikasi. Jika yakin benar maka tap kirimi saya kode verifikasi via SMS.

Verifikasi nomor ponsel
Verifikasi nomor telepon

4. Masukkan kode verifikasi. Cek sms yang masuk di ponsel kamu, masukkan secara manual kode verifikasinya. Kemudian tap verifikasi.

5. Selamat kamu sudah berhasil membuat akun email Yahoo, kemudian tap lanjutkan.

Berhasil membuat akun, tap lanjutkan
Berhasil membuat email Yahoo, tap lanjutkan

Nah, sekarang kamu sudah memiliki email Yahoo. Terus gimana cara mengirim email? Jangan khawatir guys, aku juga akan jelasin ko. Oh ya, kamu bisa login/buka inbox email yahoo selain melalui browser juga bisa lewat aplikasi yahoo dan aplikasi gmail, untuk lebih jelas caranya kamu bisa mampir ke artikel tersebut.

Geser layar kekiri atau tap berikutnya
Geser layar kekiri atau tap berikutnya

Setelah kamu tap lanjutkan, maka akan tertera laman ini. Geser saja kekiri atau tap berikutnya. Setelah itu, Kamu akan langsung di arahkan ke laman email masuk/inbox.

Cara mengirim pesan email lewat akun ymail kamu

Setelah masuk ke inbox, kamu bisa lakukan banyak hal disini. Salah satunya adalah berkirim surat elektonik. Karena ini adalah tutorial untuk teman-teman yang pemula (gaptek), aku akan tambahkan sedikit pembahasan mengenai cara mengirim surel disini. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Pada laman email masuk ini, tap icon pensil di pojok kanan bawah.

Tap icon pensil di pojok kanan bawah
Tap icon pensil di pojok kanan bawah

2. Kemudian diarahkan ke laman pesan baru.

Laman tulis pesan baru
Laman tulis pesan baru

Untuk keterangan lebih jelasnya sebagai berikut:

Dari, alamat email kamu sebagai pengirim email.

Kepada, silahkan isikan alamat email penerima (alamat email harus isikan dengan benar, perhatikan apakah ada kapital/kecilnya huruf, angka atau simbol lain seperti titik/garis bawah, kamu tidak hanya bisa mengirim ke sesama email yahoo, tapi semua alamat email, seperti gmail, outlook dll)

Judul, isikan judul email kamu. Seperti contohnya Kirim tugas, Lamaran Pekerjaan dll. Ada tool disamping judul itu untuk lampirkan file (dokumen, foto dll)

Lembar kosong, untuk menulis pesan kamu.

3. Setelah selesai menulis pesan, silahkan  tap kirim yang ada di pojok kanan atas.

Selesai sudah cara mengirim email, jika kamu ingin melihat email terkirim, draft dan opsi lainnya. Pada laman ini tap garis tiga di pojok kiri atas.

Sekarang kamu bisa berkirim pesan melalui email yahoo, atau email bisa digunakan untuk akses lainnya. Mudah bukan caranya?

Bagaimana jika gagal membuat email Yahoo?

Ok gini guys, selama kamu mengisi data diri dengan benar, kemungkinan gak akan gagal membuat email Yahoo.

Biasanya sih kesalahan terletak pada alamat email, jika sudah ada tulisan merah yang tertuliskan bahwa email sudah terpakai, maka ganti saja yang lain, misal dengan ditambahkan simbol titik/garis bawah atau angka, jangan malah kamu paksakan ingin tetap menggunakan alamat email yang kamu mau, pasti gak akan berhasil.

Oh ya, untuk minimal umurnya pembuatan email Yahoo ini pastinya aku kurang tau guys. Tapi aku udah coba buat akun dengan umur 9 tahun tetap masih di diterima ko sama pihak Yahoo. Berbeda halnya dengan Gmail dan facebook yang memiliki batas umur minimal 13 tahun.

Kesimpulan

Biasanya sebagian orang ketika sudah punya akun email, ntah Yahoo Mail, Gmail dll, kurang aware sama password/kata sandi nya. Kadang lupa karena lama gak di akses, terbengkalai gitu deh.

Padahal email itu udah sinkron sama akun2 media sosial kamu misal FB, IG dll. Alhasil kalau ada masalah mengenai login nya misal di bajak, harus gunakan email untuk lebih mudah memulihkannya. Naaah, maka dari itu lebih perduli lagi dengan akun2 kamu ya guys, baik email maupun media sosial.

Ok, sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan