X

Cara mudah setting email pemulihan akun Google di Android

Akun google adalah hal terpenting yang wajib ada di sebuah android dan wajib dimiliki setiap pemilik android. Tanpa akun google android kamu tidak akan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi bawaan android yang berbasis google. Seperti google play store, google play music, google mail, youtube, google drive, dan sebagainya.

Jika kamu perhatikan baik-baik, maka di setiap aplikasi tersebut pasti ada garis tiga di pojok kiri. Disitu akan terlihat nama dan e-mail yang kamu gunakan untuk akun google dan segala setting dan tools lain untuk aplikasi yang terhubung dengan akun google tersebut. Oleh karena itu akun google wajib adanya.

Pemilik android akan diminta untuk masuk atau membuat akun google baru ketika pertama kali membuka aplikasi-aplikasi tersebut, me-reset aplikasi tersebut pun pada saat android telah direset ulang baik sebagian maupun total.

Selain itu, tanpa akun google kamu tidak akan bisa download dan memperbarui aplikasi yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di playstore. Karena tentu saja untuk masuk ke google playstore kamu harus memiliki akun google. Dan yang paling penting, akun google memiliki fitur yang sangat penting untuk kamu tahu dan kamu aktifkan. Akun google bisa menemukan lokasi android kamu. Jadi ketika kamu kehilangan android kamu, akan mudah untuk melacak keberadaannya.

Aplikasi yang terhubung dengan google selalu memiliki 1 akun google yang sama. Sehingga ketika kamu tidak bisa mengakses akun google, kamu pun tidak akan bisa mengakses aplikasi yang terhubung dengan akun google. Yang harus kamu lakukan adalah log in ulang semua aplikasi tersebut dengan akun google yang biasa kamu gunakan. Tentu ini tidak akan menjadi masalah ketika kamu hafal dengan e-mail dan password yang kamu gunakan untuk akun google. Yang menjadi masalah adalah ketika android sudah kamu reset ulang dan kamu lupa e-mail dan password yang kamu gunakan untuk masuk akun google. Jika sudah begitu, maka kamu harus membuat akun google yang baru dengan resiko data yang tersimpan di akun google kamu akan hilang.

Nah, karena lupa adalah hal yang sangat manusiawi, maka ada baiknya jika kamu menambahkan nomor pemulihan atau e-mail pemulihan untuk akun google kamu. Sehingga ketika kamu mengalami masalah dengan android kamu atau pun dengan aplikasi-aplikasi yang terhubung dengan akun google karena reset ulang dan lupa e-mail/ password akun google, kamu tidak akan kesulitan untuk mengaksesnya kembali. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Ada dua cara pemulihan yang bisa kamu pilih, yaitu dengan nomor dan dengan e-mail. Tapi di artikel ini aku akan menjelaskan

langkah-langkah untuk melakukan setting atau menambahkan e-mail pemulihan akun google.

A. Melalui setelan google
Setelan google adalah menu yang menyediakan informasi dan pengaturan untuk akun google kamu. Setelan google biasanya ada di menu utama android, dan ada juga yang terletak di folder google. Nah, untuk melakukan setting e-mail melalui menu setelan google, caranya sangat mudah, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Masuk ke setelan google dari android kamu
  • Pilih menu login dan keamanan
  • Ketuk email pemulihan
  • Masukkan password google kamu
  • Tambahkan Email Pemulihan (pastikan e-mail yang kamu gunakan masih aktif dan bisa kamu akses)

B. Melalui setting android
Sebenarnya cara ini sama saja dengan cara yang pertama, pada akhirnya kamu juga akan masuk ke akun google. Bedanya hanya cara yang kedua ini sedikit lebih panjang karena harus masuk ke menu pengaturan ponsel terlebih dahulu. Cara ini hanya antisipasi bagi kamu yang kesulitan menemukan menu setelan google. Tentunya letak dan urutannya akan berbeda untuk setiap ponsel karena setiap vendor ponsel memiliki setting yang berbeda-beda. Nah, jika kamu ingin menggunakan cara yang kedua untuk melakukan setting akun google, kamu bisa mengikuti langkah- langkah berikut ini.

  • Masuk ke setelan android
  • Pilih menu akun
  • Ketuk google
  • Pilih menu login dan keamanan
  • Ketuk email pemulihan
  • Masukkan password google kamu
  • Tambahkan email pemulihan(pastikan e-mail yang kamu gunakan masih aktif dan bisa kamu akses)

Sekali lagi karena lupa adalah hal yang sangat manusiawi, maka aku akan memberikan kamu

tips agar tidak lupa dengan password dan email akun google kamu.

1. Catat e-mail dan password yang kamu gunakan untuk akun google di tempat yang selalu kamu ingat

Tips pertama agar kamu tidak lupa dengan e-mail dan password akun google kamu adalah dengan mencatat e-mail dan password yang kamu gunakan di tempat yang selalu kamu ingat. Nah, agar kamu selalu ingat tempat kamu menulis e-mail dan password, tulislah di tempat yang bisa kamu lihat atau biasa kamu gunakan setiap hari tapi tidak diketahui orang lain. Contohnya di barang pribadi kamu seperti di dompet, atau lemari pakaian, maupun buku harian yang biasa kamu bawa. Atau yang paling mudah kamu bisa mencatatnya di ponsel kamu. Dan pastikan tempat kamu menyimpan password tidak berubah-ubah, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

2. Jangan menggunakan nama e-mail yang sulit diingat

Tips kedua, gunakan nama e-mail yang mudah diingat. Lebih baik gunakan nama asli kamu tanpa spasi atau tanda baca yang lain. Sehingga kamu tidak kesulitan untuk mengingat nama e-mail. Atau bisa juga menggunakan nama asli dengan ditambah tanggal lahir/ angka yang bisa kamu ingat dengan mudah di belakang nama. Selain itu, jangan gunakan huruf besar dan huruf kecil atau tanda baca dan angka secara selang-seling, jika kamu tidak memiliki ingatan yang baik, tentu kamu akan kesulitan menghafal nama e-mail kami sendiri.

3. Jika ingin menggunakan huruf dan angka, maka pisahkan letaknya

Nah, jika kamu ingin menggunakan kombinasi huruf dan angka untuk nama e-mail maupun password kamu, maka pisahkanlah letaknya. Kamu bisa meletakkan angka setelah atau sebelum huruf. Sehingga kamu tidak bingung dengan kombinasinya.

4. Gunakan password yang sama untuk semua akun yang kamu punya

Agar tidak lupa dengan password e-mail akun google kamu, tips terakhir yang bisa aku berikan ke kamu adalah gunakan password yang sama untuk semua akun yang kamu punya. Samakan pasaword akun google kamu dengan password akun yang lain, seperti facebook, e-mail yang biasa kamu gunakan, maupun instagram. Atau samakan password akun google kamu dengan password sosial media atau akun yang biasa kamu akses. Sehingga dengan sendirinya kamu hafal dengan password akun tersebut.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang cara setting e-mail google di android juga sedikit tips agar tidak lupa dengan nama e-mail dan password. Karena tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, melakukan tindakan antisipatif tidak salah bukan?.

Akun google adalah aset berharganya sebuah android. Sehingga kamu tidak boleh lupa dengan e-mail dan password yang kamu gunakan untuk akun google di android kamu. Dan kalaupun kamu lupa, kamu sudah tau dimana tempat kamu menyimpannya. Jadi, itu tidak akan menyulitkan kamu untuk bisa masuk kembali ke akun google kamu.

By the way, kalau kamu punya cara lain yang menurut kamu lebih efektif, kamu juga bisa menuliskannya di kolom komentar. Jadi, selain aku yang memberi masukan ke kamu. Kamu pun bisa memberi masukan ke aku. Siapa tahu itu bisa membantu pembaca yang lain dan menjadi ilmu baru bagj aku. Oke, aku rasa ini dulu yang bisa aku share ke kalian semua. Aku tunggu tambahan, masukan, sanggahan, kritik, saran maupun pertanyaan dari kamu. Semoga bermanfaat.

Categories: Email
Tags: setting akun google
Alifia elmia :Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺