Cara mudah upload banyak foto dalam 1 post di Instagram

Instagram seringkali diperlakukan layaknya album foto dimana penggunanya meng-upload berbagai macam foto mereka dalam suatu perjalanan, perayaan, atau acara tertentu.

Tak jarang feed pengguna dipenuhi foto-foto yang serupa, misalnya saja foto perayaan ulang tahun. Foto yang ditampilkan adalah foto-foto dengan latar tempat dan kostum sama, hanya dengan gaya serta teman-teman yang berbeda.

Namun post yang banyak untuk satu peristiwa ini dapat membuat pengguna kehabisan ide untuk dituliskan sebagai caption.

Ada pula yang menyiasatinya dengan menggunakan foto kolase, yaitu satu foto yang merupakan gabungan beberapa foto. Namun tentu saja foto kolase ini tidak memberikan keleluasan ruang.

Di tahun 2017 ini Instagram menghadirkan fitur Multiple Post. Melalui fitur ini, pengguna dapat meng-upload lebih dari 1 foto dalam 1 post. Tampilannya seperti slide show dimana pengguna cukup menggeser foto bila ingin melihat foto-foto yang lain.

Dengan adanya fitur ini, kita jadi seperti memiliki album-album foto mini dalam galeri Instagram. Foto-foto mengenai satu event yang sama dapat di-upload sekaligus dan bukannya tercecer di beberapa post.

Bagaimana langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini? Simak tahapan berikut

Cara upload banyak Foto dalam 1 post di Instagram

1# Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah login ke akun Instagram kita.

2# Setelah masuk, pada bagian bawah akan tampak berjajar-jajar 5 ikon.

Ikon-ikon tersebut adalah : Home untuk menampilkan post dari akun-akun yang kita ikuti; Search untuk melakukan pencarian berdasar kata kunci tertentu, pencarian dapat berupa akun/orang, tag, dan tempat. Ikon ini juga mengantarkan kita pada menu Explore. Ada pula ikon yang menunjukkan pada kita aktivitas like serta comment baik yang terjadi pada akun kita maupun yang dilakukan orang-orang yang kamu ikuti, dan ikon profil.

Ikon yang kita cari untuk meng-upload foto berada di tengah. Tap ikon tersebut.

3# Di bagian paling bawah, akan muncul 3 buah menu: Gallery, Photo, dan Video.

Pilihan Photo untuk mengaktifkan kamera dan meng-upload hasil fotonya secara langsung. Demikian pula dengan pilihan Video, hanya saja yang di-upload adalah video. Yang kita gunakan di sini adalah pilihan Gallery. Yaitu untuk meng-upload foto-foto yang sudah tersimpan di galeri smartphone.

4# Pada pilihan Gallery, terdapat 4 ikon.

Yang pertama digunakan untuk mengatur rasio ukuran foto; apakah persegi (sesuai rasio ukuran ruang yang disediakan Instagram) atau sesuai aslinya (biasanya rasio ukuran asli foto adalah persegi panjang).

Yang kedua adalah fitur boomerang. Berikutnya fitur layout bila kita ingin meng-upload foto kolase. Yang terakhir adalah yang akan kita gunakan: Select Multiple.

Tap pilihan tersebut sehingga berubah menjadi biru.

Setelah kita tap, secara otomatis salah satu foto akan terpilih dan berlabel angka 1.

5# Langkah berikutnya adalah memilih foto yang ingin kita upload. Saat ini Instagram memberikan batasan jumlah foto yang diunggah maksimal 10 foto.

Setiap kali kita memilih foto, pada foto tersebut akan muncul label angka yang menunjukkan jumlah foto yang telah kita pilih.

6# Jika sudah selesai memilih foto, tap Next.

7# Kini kita berada pada fitur pemberian filter.

Foto yang telah kita pilih akan tampil berjajar sementara pilihan filter berjajar di bawahnya.
Kita dapat memberikan satu macam filter untuk seluruh foto. Maupun filter yang berbeda-beda untuk tiap foto.
Bila ingin memberikan filter yang sama untuk seluruh foto, cukup tap pada filter yang diinginkan. Foto-foto yang telah kita pilih akan secara otomatis berubah sesuai filter yang kita aplikasikan.

8# Bila kita merasa setiap foto perlu mendapat sentuhan filter berbeda, mungkin karena foto yang kita pilih beragam jenis: makanan, buku, pemandangan, orang, maka tap pada foto yang akan kita beri filter.

Jajaran foto akan menghilang, digantikan foto individual, yaitu foto yang baru saja kita pilih. Pilih filter yang diinginkan.

Nah, berbeda dengan filter, untuk edit foto hanya dapat kita lakukan per foto. Karena itu, menu Filter dan Edit hanya akan muncul bila kita memilih salah satu foto.

9# Tap pada menu Edit untuk mengedit foto.

Menu ini merupakan photo editor sederhana yang memungkinkan kita mengatur gelap terang, kontras, saturasi, warna, dan lain-lain.

10# Tap Done, bila sudah selesai. Atau tap X untuk membatalkan. Ulangi langkah 8 dan 9 untuk mengedit foto-foto yang lain.

11# Setelah selesai mengatur filter dan mengedit, tap Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

12# Pada tahap selanjutnya, kita menambahkan caption, lokasi foto diambil, serta tag orang-orang yang kita inginkan. Pemberian keterangan-keterangan ini cukup sekali untuk seluruh foto.

Tempat untuk menuliskan caption berada di sisi kanan foto, berlabel “Write a caption…” Panjang caption pada Instagram maksimal 2.200 karakter.

Untuk menambahkan lokasi, tap Add Location. Kemudian ketikkan lokasi yang diinginkan.

Atau bisa juga menggunakan pilihan lokasi yang sudah disediakan oleh Instagram. Pilihan ini biasanya diambil Instagram berdasar tempat-tempat yang sering kita kunjungi.
Untuk memilih, cukup tap pada lokasi yang diinginkan.

Tag pengguna lain dengan tap Tag People.

13# Selanjutnya, tap Share untuk membagikan foto-foto tersebut.

Sampai di sini kita sudah berhasil meng-upload beberapa foto dalam 1 post. Pada tampilan hasil upload akan tampak titik-titik di bawah foto. Ini menandakan adanya beberapa foto dalam post tersebut. Untuk melihat foto-foto yang lainnya, kita cukup menggeser foto ke kiri.

Selamat berkreasi menciptakan album fotomu sendiri di Instagram!

siecasper

Seorang pecandu kata-kata yang gemar jalan-jalan

1
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
Putri
Guest
Putri

gan, kalo mau ngasih caption yang berbeda tiap fotonya gimana caranya? Thank u