Cara mengaktifkan Video Call di Telegram

Hai reader bukugue.com, semoga senantiasa di berikan kesehatan dan hari ini lebih baik dari kemarin.

Bicara mengenai telegram, telegram adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi chatting di dunia. Oh ya, kamu pengguna aktif telegram gak? Jika iya, Bagaimana menurut kamu whatsapp vs telegram? lebih unggul mana?. Seperti yang kita tau, whatsApp sendiri masih menduduki peringkat pertama sih.

Kalau aku sih, selama ini cenderung masih nyaman menggunakan whatsapp dari pada telegram, mungkin salah 1 faktornya adalah kontak whatsapp lebih banyak yang aktif daripada telegram, jadi lebih sering menggunakan WA hehe. Kalau kamu gimana?

Baik itu aplikasi chatting telegram maupun whatsapp memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ya guys.

Seperti telegram memiliki fitur channel dan bot yang tidak ada di whatsapp. Atau whatsapp yang memiliki fitur video call (bahkan bisa ber-4) sedangkan telegram tidak ada fitur video call secara default.

Masih mengenai video call, gak hanya whatsapp tapi juga ada video call di DM instagram lho, fitur ini terbilang baru, karena baru di rilis pada tahun lalu.

Nah, untuk kamu user setia telegram, sebenernya bisa video call, tapi perlu aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa di unduh dari playstore.

Video call telegram dengan aplikasi vidogram

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, teman yang ingin kamu ajak video call juga harus mengunduh aplikasi tersebut. Ok, langsung simak caranya login vidogram:

1. Silahkan unduh aplikasi Vidogram di playstore.

2. Setelah itu, buka aplikasi tersebut di ponsel kamu. Lalu tap start messaging/mulai percakapan. Kalau muncul pilihan bahasa, pilih saja bahasa Indonesia.

Tap mulai percakapan
Tap mulai percakapan

3. Login menggunakan nomor akun telegram kamu.

Masukkan nomor akun telegram, lalu tap centangMasukkan nomor akun telegram, lalu tap centang
Masukkan nomor akun telegram, lalu tap centang

4. Masukkan kode verifikasi. Jika kamu masih memiliki aplikasi telegram di ponsel, maka kode verifikasi akan masuk ke aplikasi telegram.

Masukkan kode verifikasi
Masukkan kode verifikasi

Tetapi jika sudah tidak ada aplikasi telegram dan sim card yang kamu gunakan berada di lain ponsel, maka tunggu 2 menit untuk telegram mengirimkan kode SMS, sebaliknya jika nomor ponsel yang kamu gunakan untuk login, sim card nya pun di ponsel android kamu, maka kode akan otomatis terverifikasi. Jadi jangan bingung pada langkah ini ya guys. Tampilannya muncul seperti ini nanti:

5. Done, kamu sudah masuk di aplikasi vidogram dengan akun telegram kamu.

Cara video call-an di telegram

Untuk cara mengaktifkan video call nya seperti di bawah ini:

1. Pada laman utama, tap icon kotak di pojok kanan bawah.

Tap icon kotak di pojok kanan bawah
Tap icon kotak di pojok kanan bawah

2. Kemudian tap salah 1 chat/kontak yang ingin kamu ajak video call.

Tap salah 1 chat
Tap salah 1 chat

3. Di laman chat, tap icon video di pojok kanan atas.

Tap icon video di pojok kanan atas
Tap icon video di pojok kanan atas

4. Setelah itu, tap icon video untuk mengaktifkan kamera depan.

Tap icon video
Tap icon video

5. Done, nikmati fitur video call telegram tersebut. Mudah bukan?

Tampilan dan Fitur video call

Untuk icon/tool yang ada di dalam fitur video call-nya sedikit aku jelasin dan seperti ini contoh capture video callnya:

  • Icon video, sesuai yang aku udah jelasin di atas bahwa icon tersebut untuk mengaktifkan kamera depan kamu. Jika sudah tersambung dengan teman kamu, dia pun harus mengakifkan kamera nya tersebut. Jika tidak, kamu tidak bisa melihat wajah nya (dan sebaliknya) hanya suara saja.
  • Icon seperti cermin, guna untuk mengaktifkan kamera belakang kamu.
  • Icon speaker, aktifkan loaudspeaker.
  • Icon seperti mic, untuk aktifkan mode mute/hening.
  • Icon chat, jika tetap ingin video call, sementara kamu bisa buka laman chatting. Layaknya seperti whatsapp.
  • Tertulis network quality, itu kualitas jaringan yang sedang digunakan. Excellent, good atau poor.

Seperti itu fitur general video call dari aplikasi vidogram. Lebih simple ya guys, tapi bisa mewakili keinginan kamu untuk video call via telegram. Tapi tidak seperti whatsapp dan instagram yang sudah bisa video call dengan 4 orang.

Kesimpulan

Mendownload aplikasi vidogram ini gak harus download telegram juga, asalkan nomor kamu telah mendaftar akun telegram sebelumnya, tapi sedikit berbeda saat pengiriman kode verifikasi , seperti yang udah aku jelaskan di atas pada langkah ke 4.

Tak hanya whatsapp yang memiliki WA modifikasi, ternyata aplikasi vidogram ini juga sepertinya salah 1 telegram modifikasi. Jadi kamu bisa gunakan fitur2 yang tidak ada di telegram official-nya. Dan tampilan nya pun sama seperti telegram, hanya penambahan beberapa fitur saja.

Oh ya, jangan khawatir untuk keamanan aplikasi telegram mod ini lebih aman karena langsung di unduh dari playstore. Kamu tertarik mencoba nya? silahkan langsung saja install aplikasi tersebut di ponsel kamu.

Sekian semoga bermanfaat terimakasih.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    Makasih gan informasinya membantu.,

    1. Avatar

      Ok deh mas gan :D…

Tinggalkan Balasan