Cara video call grup (berdua, bertiga, dan berempat) di Whatsapp

Sudah jarang ketemu temen dan mau kangen-kangenan? Bisa banget dong face time dengan fitur Video Call dari WhatsApp. Aduh, tapi temennya bukan cuma di satu tempat nih, apa bisa? Bisa kok. Sekarang WhatsApp menyediakan fitur baru yaitu Grup Video Call.

Seperti namanya, Grup Video Call ini bisa digunakan untuk Video Call dengan lebih dari satu orang dalam satu frame. Fitur ini dapat dinikmati oleh pengguna WhatsApp yang sudah meng-update versi terbaru WhatsApp. Jika kalian belum meng-updatenya, segera saja kalian update melalui play store.

Whatsapp memang sering menghadirkan fitur baru yang berkaitan dengan berhubungan dengan banyak orang secara langsung. Misalnya adalah mengirim pesan broadcast whatsapp maupun membagikan link grup whatsapp ke orang lain.

Fitur Grup Video Call ini terbilang ketinggalan jika dibandingkan dengan Line, karena seperti yang kita ketahui bahwa Line sudah memiliki fitur ini sejak lama. Namun tidak perlu cemas karena WhatsApp selalu memperbaiki dan menambah fitur-fiturnya untuk memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dan untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Sebagai fitur yang terhitung baru bagi WhatsApp ini, Grup Video Call hanya bisa dilakukan oleh maksimal empat (4) orang saja. Hal tersebut merupakan salah satu kelemahan yang kita harap bisa di upgrade lagi suatu saat nanti sehingga Grup Video Call bisa dilakukan oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

Lalu bagaimana cara melakukan Grup Video Call dalam WhatsApp? Apakah caranya sama dengan Video Call dengan satu orang saja? Secara umum, caranya hampir sama. Namun tentu ada beberapa tambahan.  Langsung saja mari kita simak cara untuk melakukan Grup Video Call di WhatsApp berikut ini.

Cara Melakukan Grup Video Call di WhatsApp

Untuk memudahkan komunikasi grup, kalian bisa melakukan Video Grup secara grup dengan WhatsApp. Tentu saja hal tersebut merupakan kabar bahagia bagi pengguna WhatsApp karena mereka sekarang bisa Video Call dengan lebih dari satu orang. Caranya pun sangat mudah agar kita bisa menikmati fitur ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kalian. Jangan lupa memastikan bahwa kalian sudah meng-update versi terbarunya karena jika belum di update, video call hanya bisa dilakukan oleh dua orang saja seperti biasa.

2. Video Call salah satu teman

Cari salah satu teman pada list kontak yang ingin kalian ajak Grup Video Call dan telfon dia. Caranya adalah dengan klik kontak tersebut dan klik ikon video.

3. Klik ikon tambah pada kanan atas layar

Setelah tersambung pada teman yang sudah kalian pilih tadi, maka akan muncul wajah teman kalian atau sesuatu yang tersorot oleh kameranya. Selain itu, akan muncul juga ikon tambah yang ada di kanan atas layar.

4. Pilih teman lain yang ingin kalian masukkan

Setelah kalian klik ikon tambah di kanan atas layar, maka akan muncul list kontak kalian. Silahkan kalian pilih teman yang ingin kalian tambahkan agar masuk ke dalam Grup Video Call WhatsApp kalian. Caranya adalah dengan tap pada nama kontak maka WhatsApp akan otomatis melakukan panggilan video ke kontak tersebut.

5. Selesai

Setelah kalian selesai menambahkan teman dan teman yang kalian pilih tadi mengangkat panggilan kalian maka obrolan grup bisa kalian mulai.

Langkah yang cukup mudah bukan untuk memulai Grup Video Call dengan WhatsApp?

Namun ada beberapa hal nih yang menjadi kelemahan melakukan Grup Video Call melalui WhatsApp. Apa saja ya? Check this out.

Kelemahan melakukan Grup Video Call dengan WhatsApp

Fitur yang terbilang baru pada WhatsApp ini tentu saja memiliki beberapa kekurangan guys. Hal tersebut mungkin dikarenakan fitur ini masih dalam tahap percobaan untuk melihat respon pengguna sehingga bisa di upgrade lagi di kemudian hari. Jadi untuk sementara waktu kita bisa menikmati fitur ini walaupun masih ada beberapa kekurangan.

1. Maksimal 4 Orang

Dalam melakukan Grup Video Call di WhatsApp ini, maksimal kontak yang bisa ikut serta adalah 4. Hal tersebut tentu saja menjadi kekurangan untuk banyak orang karena mungkin saja orang yang ingin mereka ikutkan dalam obrolan berjumlah lebih dari 4. Namun jumlah ini cocok untuk kalangan keluarga yang biasanya memiliki 1-3 anak.

Dengan kasus keluarga yang seperti itu, maka apabila anaknya merantau semua maka tetap akan bisa face time satu keluarga. Dan untuk kasus orang yang ingin diikutkan adalah lebih dari empat orang maka bisa melakukan Grup Video Call dua kali dengan orang yang berbeda.

2. Sangat butuh koneksi internet yang stabil

Karena konteksnya disini adalah Video Call dengan lebih dari satu orang, maka koneksi iternet yang kita miliki haruslah kuat dan stabil. Karena menurut pengalaman penulis, dengan koneksi internet yang tidak stabil akan menyebabkan komunikasi sangat tidak enak.

Misalnya saja terlambatnya suara salah satu orang masuk ke smartphone kita sehingga kita seperti harus mengulangi percakapan. Selain itu juga terjadi lebih dari satu orang berbicara secara bersamaan sehingga percakapan akan kurang jelas.

Nah itu adalah ulasan tentang cara melakukan Grup Video Call dengan WhatsApp dan beberapa kelemahannya.

Namun secara keseluruhan, tentu saja adanya fitur baru dari WhatsApp ini sangat membantu pengguna WhatsApp dalam berkomunikasi dengan banyak orang. Dari yang tadinya tidak bisa bertemu setiap hari jadi bisa melalui face time dengan Grup Video Call WhatsApp.

Fitur ini juga bisa membantu keluarga besar yang notabene tidak berdomisili di lingkungan yang sama. Mereka bisa saling bertatap muka tanpa bertemu sehingga tentunya akan menghemat baik dari segi waktu dan keuangan.

Jadi sekarang kita bisa bertemu siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Bisa bertemu keluarga jauh dan teman yang sudah lama tidak bertemu.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar