Cara mengetahui apakah akun fb kita di blokir oleh teman

Mungkin kamu pernah mengalami hal seperti ini, beberapa hari ini kamu tidak lagi melihat status kawanmu di beranda padahal hari-hari sebelumnya ia selalu aktif mengirim statusnya, baik berupa tulisan, foto, atau video. Akhirnya kamu pun mencoba mencari nama akun facebooknya, mungkin kamu gak buka akun facebook ketika kawanmu itu upload status. Namun, kamu tidak bisa menemukan akun kawanmu itu. Hal ini juga berlaku ketika kamu mencoba mengiriminya pesan dan gagal terkirim.

Nah hal-hal seperti ini kerap kali membuat kita bingung karena tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi, apakah kita di hapus dari daftar pertemanan atau memang dia memblokir akun fb kita.

Oke, untuk kamu yang punya masalah seperti ini, disini kami akan menjelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan dugaanmu. Yuk simak satu persatu!

Cara ampuh untuk cek apakah akun facebook kita diblokir seseorang

1. Memanfaatkan pencarian facebook

Kalau kamu suka facebook-an, tentu saja sudah mengetahui caranya, bagi kamu yang sudah berada di laman beranda langsung saja tulis nama akun kawanmu yang mungkin memblokir kamu di pencarian dan klik search. Oke kamu akan melihat hasil pencariannya.

Nah jika kamu tidak menemukan nama kawanmu itu berarti bisa saja ia memblokir kamu, akan tetapi ada kemungkinan ia sudah tidak lagi memiliki akun facebook. Namun untuk memastikan hal ini kamu coba tanyakan pada kawanmu yang juga berkawan dengannya. Jika kawanmu yang mungkin memblokir kamu masih memiliki akun facebook berarti, ia sudah memblokir akun kamu.

2. Pengiriman pesan

Cara kedua yang harus kamu coba yaitu dengan mengiriminya pesan. Langsung saja buka pada menu messager, pilih nama akun kawanmu tesebut. Langsung tuliskan pesan dan klik perintah kirim. Apa yang terjadi? Ternyata kamu gagal mengirim pesan dan hal ini juga berlaku ketika kamu mengirim ulang.

Tidak hanya itu, ketika kamu klik di nama akunnya untuk menelusuri profilnya dan fungsinya tidak berjalan semestinya. Jika kamu mengalami hal seperti diatas berarti besar kemungkinan kamu sudah di blokir oleh kawanmu itu. Jika kamu dihapus dalam daftar pertemanan, kamu tetap masih bisa mengunjungi profilnya dan mengiriminya pesan.

Namun ada selangkah lagi, kamu tanyakan terlebih dahulu pada kawan yang juga berkawan dengannya masih ada akun facebooknya atau sudah tidak aktif. Karena jika seseorang menghapus akunnya kita juga tidak bisa lagi mengunjungi profilnya dan mengiriminya pesan

3. Cari dari daftar kawan yang sama (mutual friend)

Untuk kalian yang masih penasaran dengan akun kawanmu itu, yuk coba dengan langkah ini. Kamu bisa memanfaatkan pencarian dari daftar kawanmu yang juga berteman dengan orang yang mungkin memblokir kamu. Langsung saja ketik nama akun facebook kawanmu di pencarian. Jika sudah menemukannya, selanjutnya klik untuk menelusuri profilnya.

Langkah selanjutnya geser kursor kamu pada menu teman, dan langsung klik. Seperti gambar di bawah ini

Disini sudah menampilkan daftar teman kawanmu, oke nama di sample pada gambar yaitu Jun. Pada pencarian di bagian atas, ‘tertulis cari teman jun’ langsung ketik nama kawan yang mungkin memblokir kamu dan klik search.

Kamu sudah mencoba dan tidak menemukan namanya.

Kemudian kamu mencari akun kawanmu yang lain yang juga berteman dengan kalian berdua dan ternyata kamu menemukannya.

Hal ini sudah jelas berarti kawanmu itu sudah memblokir kamu dari daftar pertemanannya, sehingga kamu tidak lagi bisa menemukan akunnya. Jika saja ia menghapus kamu dari pertemanan maka kamu masih bisa menemukannya dalam pencarian tersebut.

4. Menanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan

Namun seperti halnya diatas kamu masih perlu menanyakan pada kawanmu itu, tentang akun kawan yang mungkin memblokir kamu. Karena jika ia menghapus akun facebooknya, juga tidak akan ditemukan dalam pencarian tersebut.

Jika teman tersebut memang memblokir kamu, kamu biasanya tidak akan lihat status kawanmu lagi di halaman beranda. Kamu juga tidak dapat melihat postingan di dindingnya, menandainya, mengirimkan permintaan pertemanan dan mengundangnya ke dalam grup atau acara. Namun kamu masih akan tetap bisa melihat akun facebook kawanmu itu di grup yang kalian ikuti bersama, hanya saja kamu tidak dapat mengunjungi profilnya lagi.

Jika masih ingin tetap berteman dengan kawanmu tersebut dan kamu merasa tidak punya masalah dengannya, maka cobalah untuk bertanya perihal akunnya yang tidak lagi bisa kamu temukan. Mungkin saja ia hanya tidak sengaja memblokir akun kamu atau pada saat itu akun facebook kamu sedang di hack/bajak oleh orang lain yang memanfaatkan akun kamu untuk promosi. Selain itu kamu juga tidak menggunakan foto profil dirimu. Hal ini tentu saja membuat orang curiga dengan akun kamu, apalagi sudah terjadi perubahan gaya dalam update status bukan lagi seperti ciri khas dirimu.

(Yudha note: Ini penting, kalau kamu merasa tidak pernah ada masalah dengan temanmu tersebut, lebih baik bicarakan baik-baik, dan tanyakan masalah ini. Kadang kita sebagai manusia, ga sadar pas berbuat salah, ga sadar kalo kata yang dengan mudahnya terlontar dari mulut kita ternyata nyakitin orang lain. Jadi lebih baik tanyakan baik-baik)

(Yudha note: Ehem.. Pas kamu makin dewasa, makin sadar, hal-hal kecil yang dianggap biasa, kadang punya makna nya sendiri.)

Nah, selamat mencoba dan semoga berhasil!