Contoh email lamaran kerja dan tips membuatnya

Buat kalian pencari kerja, sudahkah membuat email lamaran atau masih dalam tahap pengerjaan? Membuat email lamaran kerja memang harus sedikit lebih teliti dibandingkan berkirim email untuk kegiatan lainnya. Email yang tepat akan membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan panggilan untuk mengikuti seleksi berikutnya.

Namun jika email yang kamu kirimkan kurang berkenan maka HRD mungkin tidak akan membukanya, jika hal ini yang terjadi maka kamu sendiri yang rugi karena tidak punya kesempatan untuk mengikuti tes seleksi. Padahal tahap ini masih merupakan kegiatan awal dalam mencari kerja, dan ini benar-benar penting untuk masa depan kamu.

Berkirim email dalam kegiatan sehari-hari seperti tugas kuliah kepada dosen pembimbing, mengirim bahan kuliah untuk kawan dan kegiatan lainnya tentu saja terdapat perbedaan dengan kegiatan satu ini.

Berkirim email untuk kawan bisa aja tidak formal, nah hal ini sangat berbeda dalam membuat email lamaran kerja, karena penerima tidak tau siapa kita sebenarnya. Satu-satunya objek penilaian tingkat kelayakan atau kualiatas diri kita hanya dari email yang kita kirimkan. Membuat email untuk lamaran kerja tentu harus menggunakan tata cara menulis email formal yang baik dan benar.

Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan dalam membuat email lamaran kerja:

Tips Membuat Email Lamaran Kerja

Mengirim email lamaran kerja
Gambar 1 Email lamaran kerja
  • Menggunakan alamat email pribadi

Mengirim email lamaran kerja harus menggunakan email yang bersifat formal yaitu menggunakan nama pribadi. Jika kamu terbiasa menggunakan alamat email nama samaran atau tulisan alay, cara ini tidak boleh dilakukan dalam mencari kerja. Hal-hal seperti ini akan membuat email kamu tidak dibaca oleh HRD karena memberi kesan kamu tidak serius untuk melamar kerja.

Misalnya:
Oke : [email protected]
No   : [email protected]

  • Subjek email

Mungkin kamu sering tidak mengisi subjek ketika mengirim email. Namun untuk mengirim email lamaran kerja hal ini sangat diperlukan agar email kita tidak membingungkan HRD dan tidak akan tertumpuk dengan email lainnya yang pada akhirnya tidak di baca sama sekali.

Isikan subjek email sesuai arahan, namun jika tidak tertera dalam info lowongan kerja maka kamu harus menulisnya sesuai maksud yang ingin kamu sampaikan di email lamaran kerja. Tulislah posisi yang kamu inginkan, seperti contoh di bawah in!

Misalnya :
Subject : Lamaran Pekerjaan Staff Montir
Subject : Lamaran Kerja Posisi Editor

  • Menulis di badan email

mengirim email lamaran kerja kebiasaannya kita mengirimkannya dalam bentuk lampiran yang berisi kumpulan file-file yang di perlukan. Namun mengirim email lamaran kerja tanpa mengisi badan email merupakan cara yang tidak tepat, dan ini juga merupakan etika dalam mengirim lamaran kerja.

Mengosongkan badan email akan membuat pihak HDR tidak mengetahui maksud kita mengirim email, yang mengakibatkan menunda membaca email kita karena banyaknya email yang masuk. Nah hal ini juga akan membuat kesempatan kamu untuk diterima semakin menipis, semakin banyak email yang harus dibaca membuat pihak HRD menyeleksi email lebih ketat. Sehingga hanya email yang dianggap berkualitas yang akan dibaca.

  • Waktu mengirim email

waktu yang tepat untuk mengirim email lamaran kerja yaitu pada jam kerja, sehingga email kamu akan langsung dilihat oleh pihak HRD. Jika kamu mengirimkan emailmu di akhir pekan atau bukan jam kerja maka kemungkinan untuk di baca sangat sedikit karena sudah tertumpuk.

Contoh Email Lamaran Kerja

Membuat email lamaran kerja
Gambar 2. Membuat email lamaran kerja

 

1. Contoh email lamaran kerja sebagai arsitek berpengalaman, berdasarkan informasi dari website perusahaan terkait

To          : [email protected]

Cc          : [email protected]

Subject : Architectural Designer (kode posisi)


 

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya baca di situs resmi airmasasri, bahwa PT. Airmas Asri sedang membutuhkan tenaga kerja Architecture Designer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             : Siddiq Pratama
Alamat      : Jln. Pasar inpres No. 7 Cot Ara, Langsa, Aceh
TTL                : Lhokseumawe, 8 april 1990
Pendidikan : S1 Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung

Bermaksud untuk mengisi posisi tersebut.

Saat ini saya bisa mengoperasikan software desainer grafis seperti autoCAD, 3ds Max, sketchUp, lumion, maupun program grafis lainnya seperti adobe photoshop, corelDRAW, macromedia flash, corel photo paint. Saya bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan saya memiliki pengalaman kerja sebagai Architecture Desainer di perusahaan arsitektur selama 5 tahun.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Pas photo 3×6 berwarna
  2. Scan ijasah S1
  3. Scan transkrip nilai
  4. Daftar riwayat Hidup
  5. Scan Surat keterangan pengalaman kerja
  6. Scan Sertifikat pelatihan sofware desain

Besar harapan saya untuk bisa mendapatkan panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai kemampuan dan data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Siddiq Pratama

2. Contoh email lamaran kerja untuk lulusan S1 atau fresh graduate

To          : [email protected]
Cc          : –
Subject : Staff Public Relations


 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                : Dwiko Herdika
Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 9 Januari 1991
Umur                                : 27 tahun
Jenis Kelamin.               : Laki-Laki
Status.                              : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir    : S1 Ilmu Komunikasi Universitas Padjdjaran
No. Telepon.                   : 08136687988
Alamat Rumah              : Jl. Bunga Melati, No. 45 Jakarta

Bersama dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai staff public relations sebagaimana diinformasikan pada kolom lowongan pada website berita “Detik.com”.

Saya baru saja lulus perguruan tinggi dengan gelar S1 ilmu komunikasi. Namun selama kuliah, saya sudah mengikuti beberapa program magang dan internship di bidang public relations. Saya melampirkan beberapa dokumen pelengkap yang dapat diunduh bersama dengan surat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini dari saya. Besar harapan saya untuk bisa bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Dwiko Herdika

3. Contoh email lamaran kerja di bank BNI untuk job fair

To          : [email protected]
Cc          :-
Subject : Staff Keuangan


 

Yth. Bapak / Ibu bagian HRD

BNI Syariah

Di Lhokseumawe

 

Sesuai dengan informasi yang didapatkan melalui job fair Universitas Syiah Kuala pada tanggal 6 Juni 2017 di mana PT. BNI Syariah cabang Lhokseumawe membuka booth dan memberi informasi lowongan tenaga kerja sebagai Staff Keuangan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama            : Nuri Anggia Putri
Alamat         : Jln. Samudra No. 10 Lhokseumawe
TTL.              : Medan, 18 April 1991
Pendidikan : S1 Akuntansi Universitas Malikussaleh

Bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut (teller keuangan). Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki sebagai berikut:

  1. Pas photo Terbaru
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Scan Ijazah Terakhir
  4. Scan KTP
  5. Scan SKCK

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Nuri Anggia Putri

4. Contoh email lamaran kerja berdasarkan informasi media cetak

To           : [email protected]
Cc           : –
Subject  : Guru Teknik Gambar Bangunan


 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                             : Andrian saputra
Jenis Kelamin               : Laki laki
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Arsitektur Universitas Medan
Alamat                         : Jl. Pasar Raya Lr 6 Lhokseumawe
Agama                         : Islam

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Serambi Aceh tertanggal 12 Desember 2018 terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di SMK Citra Bangsa Lhokseumawe sebagai tenaga pendidik pada mata pelajaran Teknik Gambar Bangunan. Maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi tersebut.

Bersama dengan surat ini berikut saya lampirkan foto copy dokumen administratif:

  1. Scan surat tanda penduduk
  2. Surat Riwayar Hidup
  3. Pas photo ukuran 3×4: 4 (empat) lembar
  4. Scan ijasah S-1
  5. Scan nilai akademik
  6. Scan Ijazah akta 1V
  7. Scan Transkrip nilai

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya

Andrian Saputra

Kawan-kawan itulah contoh membuat email lamaran kerja yang bisa kalian gunakan untuk berbagai keperluan sebagai referensi saat kalian ingin melamar kerja. Bagi kalian yang sudah terbiasa cara ini hanya untuk mengingatkan saja dan bagi kalian yang baru lulus, semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam mencari kerja.

Share woy :D

fatimahms

Punya motivasi "try again smile again" Tersenyumlah karena kamu sangat cantik ketika tersenyum dan Semua akan baik-baik saja! Hubungi penulis di [email protected]

Tinggalkan Balasan