Cara mendownload album foto di facebook menggunakan dekstop/PC

Terkadang, memang suatu moment atau kejadian-kejadian tertentu sering tidak sengaja kita lupakan. Tetapi, sebuah foto adalah salah satu media untuk mengingatnya kembali. Itu kenapa banyak dari kita sudah pasti mengabadikan suatu moment tertentu. dengan berfoto ria menggunakan handphone atau kamera digital, agar suatu saat kenangan hari itu akan selalu teringat jelas.

Di era digital ini banyak orang yang akan langsung membagikan foto-foto mereka ke banyak media sosial, salah satunya adalah facebook, karena facebook bisa menyimpan beribu-ribu foto yang kamu unggah di dalamnya.

Tapi banyak juga orang yang tidak ingin membagikan foto-foto yang menurut mereka itu sebuah privasi dan memilih untuk menyimpan foto-fotonya itu cukup didalam handphone atau laptopnya saja.

Tetapi, sebenarnya ada keuntungan sendiri jika kamu selalu mengunggah foto-fotomu kedalam facebook.

Bayangkan jika disuatu hari kamu kehilangan handphone dan kamera digitalmu telah rusak, maka otomatis semua foto-foto andalanmu juga ikut hilang.

Tapi kesedihanmu juga akan hilang setelah mengingat foto-fotomu sudah tersimpan aman oleh facebook, lalu dengan mudah kamu tinggal mengunduh kembali foto-fotomu disana.

Nah, di kesempatan yang aku sempat-sempatin ini (ngaco), aku mau sekedar berbagi kepada kamu, kamu, kamu lagi tentang bagaimana cara mengunduh album foto yang ada di facebook. Langsung saja, begini caranya…

Cara mudah mendownload album foto kamu di facebook

Pertama-tama dan yang paling utama, tentu saja kamu harus “Login” ke akun facebookmu terlebih dahulu.

Jika kamu berhasil masuk dan kamu sudah ada di “Beranda”, sekarang yang harus kamu lakukan adalah pergi ke “Profil” facebook yang udah aku lingkari di bawah.

Tampilan beranda pada facebook.
Gambar 1. Tampilan beranda pada facebook.

Di dalam “Profil” kamu pilih “Foto”, jangan pilih yang lain karena disitulah semua album foto-fotomu tersimpan.

Tampilan profil pada facebook.
Gambar 2. Tampilan profil pada facebook.

Jika sudah di dalam “Foto”, facebook akan menampilkan foto-foto yang berkaitan denganmu, foto-foto tersebut adalah hasil dari teman-teman yang menandai foto mereka ke kamu. Hiraukan saja, karena kamu harus pergi ke “Album”.

Tampilan pada opsi foto di facebook
Gambar 3. Tampilan pada opsi foto di facebook.

Setelah di “Album”, kamu harus memilih salah satu album yang nantinya akan kamu unduh foto-fotonya.

Tampilan  pada opsi album di facebook.
Gambar 4. Tampilan pada opsi album di facebook.

Kemudian di dalam album foto yang kamu pilih tadi, kamu harus pilih icon “Setting” atau “Pengaturan” yang ada di pojok bagian kanan, karena setelah itu akan muncul dua pilihan yaitu “Unduh album” atau “Hapus album”, dan tentu saja kamu harus memilih “Unduh album”.

Tampilan icon setting pada  album foto facebook.
Gambar 5. Tampilan icon setting pada album foto facebook.

Setelah kamu memilih untuk “Unduh album”, saat itu juga kamu akan menerima notifikasi seperti gambar di bawah. Facebook menghimbau bahwa kamu harus menunggu sesaat sementara facebook menyiapkan foto yang akan kamu unduh, dan kamu harus pilih “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses pengunduhan dan tunggu beberapa saat.

Tampilan notifikasi pengunduhan foto.
Gambar 6. Tampilan notifikasi pengunduhan foto.

Tidak lama dari itu, pasti facebook akan memberitahu kamu melalui icon “Notifikasi” atau “Pemberitahuan” di atas bahwa album foto yang kamu pilih tadi sudah siap untuk diunduh. dan yang harus kamu lakukan sekarang adalah mengklik icon “Notifikasi” di bagian atas layar laptop/PC kamu.

Tampilan saat notifikasi masuk ke pemberitahuan facebook.
Gambar 6. Tampilan saat notifikasi masuk ke pemberitahuan facebook.

Lalu proses pengunduhan otomatis akan langsung berjalan dan prosesnya bisa kamu lihat di pojok kiri bagian bawah. Dan Sesaat setelah proses pengunduhan selesai, kamu bisa langsung cari filenya di folder “Dowload” yang ada di laptop/PC kamu.

Tampilan proses pengunduhan foto.
Gambar 7. Tampilan proses pengunduhan foto.

Format file berbentuk ZIP, maka yang harus kamu perlu lakukan hanya mengekstrak file tersebut jika laptop/PC kamu sudah terinstal software WinRar dan yang belum terinstal WinRar kamu harus menginstalnya terlebih dahulu.

Hasil unduhan di folder dowload.
Gambar 8. Hasil unduhan di folder dowload.

Dan selamat, akhirnya segenap kenanganmu telah terselamatkan 😉

Nah, mungkin segitu saja yang bisa aku bagikan ke pada kamu, kamu, kamu lagi, semoga dapat bermanfaat dan berguna.

Jika kamu ada pertanyaan atau terdapat kendala saat melakukan proses cara mendownload album foto di facebook menggunakan dekstop/PC jangan sungkan atau malu untuk berikan komen di kolom komentar dibawah, karena tak ada kegiatan yang paling indah selain berdiskusi dan berbagi, see you genks!

Aditya Pratama

Heyho lets go!

Tinggalkan Balasan