Cara mengaktifkan fitur “konfirmasi tindakan” di Gmail

Apakah kalian tipe manusia yang sering berurusan dengan email? Pernahkah kalian saat sedang mengelola email, tidak sengaja melakukan arsip, atau tidak sengaja menghapus pesan yang belum dibaca?

Kalau kita berkutat dengan email setiap hari, kejadian tersebut bukan lah sesuatu yang langka.

Nah, disini Gmail sebagai salah satu penyedia layanan email gratis mengeluarkan fitur “konfirmasi tindakan”. Fitur ini jika diaktifkan, akan membuat kita memberikan konfirmasi saat kita akan menghapus atau mengarsipkan email.

Untuk mengaktifkan fitur konfirmasi ini kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Kita cukup merubah sedikit dibagian setting yang ada diaplikasi gmail.

Baiklah, untuk lebih jelasnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini. pastikan kalian membaca dan mengikuti step by stepnya dengan benar.

1. Buka aplikasi gmail yang ada smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian buka aplikasi gmailnya. Kalian akan di bawa ke halaman beranda gmail kalian, disini tap “ikon garis tiga” seperti pada gambar dibawah.

buka menu di aplikasi gmail

3. Setelah itu, akan muncul beberapa menu dari samping kiri halaman seperti gambar dibawah. Tap menu “Setelah” atau “Settings”.

masuk ke menu setelan

4. Setelah itu pilih “Setelan umum”.

masuk menu setelan umum

5. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman “Setelan umum” seperti dibawah. Scroll ke paling bawah hingga kalian ketemu menu “Konfirmasi tindakan seperti dibawah ini..

6. Disini, aktifkan (beri centang) disemua menu dibawah “Konfirmasi Tindakan” tsbt. Jika sudah keliatan centangnya seperti dibawah ini, itu artinya fitur sudah diaktifkan.

8. Sampai disini harusnya pengaturan sudah aktif.

Jika kalian ingin melihat hasilnya, kalian bisa kembali ke inbox. Sebagai contohnya, kalian bisa tekan salah satu pesan yang tidak penting dan tahan beberapa saat hingga muncul bar di bagian atas gmail. Setelah itu tap “ikon tong sampah” untuk menghapus pesan email tsbt.

Setelah kalian tap “ikon kotak sampah” maka akan muncul halaman kecil untuk meng-konfirmasi tindakan penghapusan” tersebut. Untuk memastikan bahwa kalian benar berniat menghapus pesan, bukan karena salah tekan.

contoh halaman konfirmasi saat menghapus pesan

Kalian bisa menggunakan fitur konfirmasi ini untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan yang mungkin sering terjadi secara tidak sengaja. Fitur ini mendukung tiga “konfirmasi tindakan” yaitu konfirmasi pengirirman pesan, konfirmasi pengarsipan pesan, dan konfirmasi penghapusan pesan.

Jadi kalian bisa memanfaatkan fitur ini jika kalian sudah mengaktifkan fitur swipe untuk menghapus pesan. Jadi jika kalian tidak sengaja swipe pesan yang belum kalian baca, kalian akan mendapatkan konfirmasi ulang digmail kalian, sebelum kalian berhasil menghapus pesannya.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan