Cara menggunakan fitur Nametag (fitur terbaru di Instagram)

Baru-baru ini, Instagram telah merilis fitur terbaru yang bernama “nametag”.

Nametag merupakan fitur yang sebenarnya dipopulerkan oleh Snapchat yang berupa “Snapchat QR Codes”, yang pada akhirnya Instagram meniru konsep milik Snapchat tersebut dengan nama “Nametag”.

Nametag merupakan fitur terbaru yang berupa kartu identitas virtual yang mempermudah seseorang dalam menemukan orang lain untuk menjadi pengikut / follower dengan cara memindainya.

Nametag dapat diubah sesuai keinginan kamu. Kamu dapat mengubah warna latar belakang, menambahkan emoji, stiker, dan foto selfie kamu yang dapat kamu tentukan sendiri.

Fitur nametag di instagram

Source by : sea.mashable.com/tech/622/instagram-copies-snapchats-qr-codes-with-new-nametag-feature

Cara mudah membuat nametag kamu sendiri di instagram

Fitur nametag memungkinkan untuk kamu yang ingin mem-follow orang lain, tetapi tidak perlu ribet untuk mengetikkan nama akun seseorang yang ingin kamu follow itu. Karena, kamu hanya tinggal scan nametag seseorang yang ingin kamu follow, dan secara otomatis akan muncul nama akun dan profil dari nametag yang kamu scan tadi, terus tinggal follow akun tersebut. Jadi, kamu tidak perlu ribet mencari profil seseorang satu persatu lagi.

Kabar baiknya, kamu bisa membagikan nametag kamu ke orang lain melalui berbagai platform seperti, Whatsapp, Facebook, Twitter, Perpesanan,atau bahkan ke kronologi Instagram kamu sendiri.

#Langkah-langkah untuk menggunakan nametag akan aku jelaskan sebagai berikut :

1. Langkah pertama, tentunya kamu harus login dulu ke akun instagram kamu

2. Jika kamu sudah login, masuklah ke menu profil dengan memilih ikon bergambar orang disebelah kanan bagian bawah, atau seperti pada gambar yang aku kasih tanda panah.

Setelah kamu sudah masuk ke menu profil, pilih ikonbergaris tiga di sebelah kanan atas, atau pada gambar yang aku lingkari.

3. Maka akan muncul tampilan seperti pada gamabar. Lalu kamu bisa pilih “Label Nama” untuk memulai menggunakan nametag

4.Setelah “Label Nama” kamu pilih, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Kamu bisa pilih “warna” untuk mengubah tampilan warna background nametag kamu. Setelah kamu klik “Warna”, kamu tinggal swipe ke kiri untuk memilih warna tampilan background.

Di bawah Ini contoh nametag punya aku yang sudah aku ubah warna background nya.

5.Selain kamu dapat mengubah tampilan warna, kamu juga bisa mengubah tampilan background kamu dengen emoji, dengan cara pilih “warna” seperti pada gambar yang aku lingkari.

Maka akan muncul tampilan emoji seperti pada gambar. Kamu juga bisa mengubah emoji sesuai dengan keinginan kamu dengan cara, sentuh gambar salah satu emoji, maka otomatis akan muncul berbagai pilihan emoji yang bisa digunakan.

6.Selain dapat mengubah warna dan emoji, kamu juga bisa mengubah tampilan nametag kamu dengan foto wajah/selfie. Caranya, pilih “emoji” atau seperti pada gambar yang aku lingkari.

Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Nah, kamu tinggal sesuaikan dengan wajah kamu. Untuk mulai mem-foto, tinggal sentuh tombol foto, atau seperti pada gambar yang aku lingkari.

7.Jika kamu sudah mengambil foto, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Karena aku tidak ingin foto selfie, dan kamera selfienya aku tutup, maka tampilan backgroundnya seperti itu. Disini, kamu juga bisa mengubah bentuk frame nya. Caranya sama, tinggal swipe kekiri saja dan pilih sesuai keinginan.

Oiya, kalau kamu merasa foto selfie mu kurang pas, atau merasa tidak bagus, kamu masih bisa ambil ulang foto selfie, dengan cara pilih “ambil ulang” atau seperti pada gambar yang aku lingkari.

8.Kalau tampilan background nametag kamu sudah oke, sudah sesuai dengan selera kamu, maka kamu bisa membagikan nametag kamu kepada orang lain melalui berbagai platform yang tersedia. Cara membagikannya, kamu hanya tinggal pilih ikon yang berada di pojok kanan atas, atau seperti pada gambar.

Lalu akan muncul tampilan dengan berbagai pilihan platform yang tersedia. Kamu tinggal pilih salah satu platform untuk kamu bagikan nametag kamu ke banyak orang/teman.

9.Terakhir, kalau kamu sudah memiliki nametag sesorang yang ingin kamu follow, kamu bisa pilih “pindai label nama” atau seperti pada gambar yang aku lingkari.

Maka akan muncul gambar seperti berikut

Lalu kamu arahkan ke nametag seseorang yang sudah kamu miliki. Tunggu saja beberapa saat. Maka secara otomatis akan muncul seperti pada gambar.

Karena aku mencoba untuk men-scan nametag aku sendiri, jadi tampilannya seperti itu. Kamu hanya tinggal pilih “tampilkan profil” untuk melihat profil akun yang kamu scan tadi, dan tinggal pilih “follow” atau “mengikuti”. Selesai deh!

Sekarang tinggal aku kasih tips buat kamu, bagaimana cara memanfaatkan fitur nametag ini untuk bisnis kamu. Memang bisa ? ya bisa dong. Simak caranya dibawah ini!

Cara Manfaatkan fitur nametag untuk bisnis

Secara tidak langsung, Fitur nametag ini bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis kamu. Dengan adanya nametag, kamu bisa share akun kamu ke berbagai platform seperti Facebook, Twitter, atau ke Instagram kamu sendiri dengan mudah, sehingga kamu bisa lebih banyak menjaring calon customer.

Kamu bisa lebih banyak dan lebih cepat untuk mendapatkan folowers. Orang lain atau calon customers kamu juga sudah tidak perlu repot-repot mengetik nama akun kamu yang mungkin agak susah juga untuk dicari. Mereka tinggal scan saja nametag akun bisnis kamu.

Selain itu, kalau kamu memiliki bisnis dengan produk fisik, kamu juga bisa meletakkan nametag ini ke produk-produk kamu. Seperti misalnya, di label merk produk kamu. Jadi, kalau customer kamu menginginkan produk kamu lagi, mereka tinggal scan saja nametag akun kamu, dan dengan mudahnya mereka menemukan mu.

Fitur nametag buatan Instagram ini sangat mudah digunakan. Fungsinya tak hanya memudahkan kamu untuk menemukan akun seseorang dan mem-follow nya saja, tapi juga sangat berpengaruh besar terhadap peluang bisnis kamu, jika kamu pandai memanfaatkannya.

Dengan nametag, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang untuk mem-follow akun bisnis kamu. Selain itu, kamu juga bisa meletakkan nametag kamu di berbagai produk kamu bila kamu menjualnya secara fisik, supaya customer akan lebih mudah menemukan dan menghubungi kamu bila mereka ingin membeli atau memesannya lagi. Hal ini pasti akan menambah omset bisnis kamu.

Source gambar featured image : https://sea.mashable.com/tech/622/instagram-copies-snapchats-qr-codes-with-new-nametag-feature

ariskisaputri

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri