Cara menggunakan fitur snooze di facebook

Kalau kalian punya banyak teman di facebook, bukan tidak mungkin satu dari sekian banyak teman kalian suka share dan posting hal-hal yang kalian tidak sukai.

Disinilah pentingnya untuk menggunakan fitur snooze yang disediakan oleh facebook.

Buat yang belum tau, snooze secara bahasa berarti tunda/bungkam. Fitur snooze di facebook berfungsi untuk menunda/membungkam seseorang agar tidak muncul diberanda facebook kalian untuk beberapa waktu.

Fitur snooze ini sangat membantu untuk sebagian pengguna facebook karena dapat menyembunyikan aktifitas “teman” yang “mengganggu’, mungkin karena dia berpindah profesi ke jualan online. Atau “teman” yang super aktif nge-share hal yang tidak kalian sukai. Sebagai contoh, ada teman yang suka share “anime/manga” yang dia sukai, sedangkan kalian mungkin kurang suka tentang hal-hal tsbt.

Nah teman yang seperti ini bisa dihindari dengan fitur snooze ini.

Fitur snooze ini memiliki batas waktu yang sudah ditentukan oleh facebook sendiri. Fitur ini bersifat rahasia, artinya ketika kalian membungkam seorang teman dari facebook kalian teman yang kalian snooze tidak akan tahu bahwa kalian sudah mengaktifkan fitur snooze kepada teman kita itu.

Fitur ini menurut saya memiliki persamaan dengan unfollow (berhenti mengikuti) namun sifatnya hanya sementara. Jadi ketika teman yang sudah kita snooze update status disaat waktu snooze-nya sudah habis, maka status barunya akan muncul kembali diberanda kita.

Manfaat menggunakan fitur snooze di facebook

  • Menghilangakan postingan orang yang tidak kita sukai. Setiap orang pasti akan memiliki masalah social dengan teman atau kerabat. Mungkin karena kalian semua ingin melupakan masalah itu, tetapi postingan teman yang tidak kita sukai itu selalu mengingatkan kita kepada dia sehingga kita menjadi semakin jengkel lebih baik untuk menyembunyikan postingan orang tersebut untuk beberapa waktu.
  • Menhilangkan postingan produk (jualan). Sering kali beranda kita dipenuhi oleh promosi-promosi yang tidak kita inginkan. Untuk itu kalian semua bisa menggunakan fitur ini untuk menghilakan postingan produk yang ada di beranda kita.

Dan masih banyak lagi kegunaan yang masih kita nikmati saat menggunakan fitur ini, tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Cara mengaktifkan fitur snooze di Facebook

Fitur yang memiliki segudang manfaat ini ternyata mudah untuk diaktifkan. Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengaktifkan fitur snooze ini di aplikasi facebook kita.

Cara pertama langsung mengaktifkan snooze ini dihalaman posting yang mengganggu tsbt, atau yang kedua dengan cara mengaktifkan fitur ini melalui laman profilnya.

a. Snooze lewat laman postingan

1. Buka aplikasi facebook diponsel kalian masing-masing. Setelah kalian buka, kalian akan dibawa kehalaman beranda facebook seperti dibawah ini. Disini, cari postingan yang akan kamu snooze. Setelah ketemu postingannya, tap “ikon titik tiga” yang ada di pojok kanan atas.

klik icon titik tiga

2. Setelah kalian klik “ikon titik tiga” di pojok kanan atas tadi, akan muncul beberapa menu baru. Disini kalian “snooze for 30 day” untuk membungkam akun tsbt selama 30 Hari.

snooze 30 hari

3. Jika snooze sudah berhasil maka tampilannya seperti gambar di bawah ini.

tampilan setelah berhasil snooze

b. Snooze lewat laman profil

1. Masuk ke aplikasi facebook masing-masing di smartphone kalian. Setelah itu kalian cari profil (akun) yang ingin kalian snooze. Tap ikon foto profil untuk masuk ke laman profil akun tsbt.

klik ikon foto profil untuk masuk ke laman profil akun tsbt

2. Setelah masuk kehalaman profil facebook akun tadi, kalian tap “ikon teman” seperti yang ditunjukkan digambar dibawah ini.

klik icon teman

3. Setelah itu akan muncul halaman kecil dibagian profil facebook tadi, disana akan ada beberapa pilihan. Kalian pilih saja “snooze selama 30 hari”.

pilih snooze selama 30 hari

4. Selesai..

 Cara membatalkan Snooze di facebook

Jika kalian ingin membatalkan snooze yang kalian lakukan tadi. Kalian bisa langsung membatalkannya dengan tap “UNDO” dari bar yang terlihat setelah kalian berhasil snooze tadi.

klik undo untuk membatalkan

Yang jadi masalah adalah, bagaimana kalau di facebook kalian sudah tidak bar (baris notifikasi) tadi. Nah, untuk hal ini, kalian perlu masuk ke bagian pengaturan. Disana ada list/daftar akun orang yang masih kalian snooze.

Berikut cara membatalkannya.

1. Masuk ke aplikasi facebook kalian. Lalu tap “ikon garis tiga” yang ada di pojok kanan atas aplikasi tsbt.

masuk ke icon garis tiga

2. Setelah kalian masuk ke garis tiga kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Disini kalian masuk ke bagian “pengaturan dan privasi”. Setelah itu kalian masuk ke “pengaturan”.

3. Setelah kalian masuk ke menu pengaturan, kalian bisa scroll ke bawah hingga menemukan menu “preferensi kabar beranda”, kalian tap saja menu tersebut.

masuk ke preferensi kabar berita

4. Setelah kalian masuk ke “preferensi kabar beranda”, kalian akan di bawa ke halaman seperti gambar dibawah ini. Disini kalian tap menu “kelola pengaturan snooze anda”.

pilih kelola pengaturan snooze anda

5. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman pengaturan snooze seperti gambar dibawah ini. Disini akan terlihat akun siapa saja yang sudah kalian snooze/bungkam. Tap “Lihat semua” untuk melihat daftar semua akunnya.

klik lihat semua

6. Setelah itu kalian akan dibawa ke “daftar semua akun yang di snooze” seperti gambar dibawah ini. Untuk membatalkan snooze, kalian bisa tap “ikon biru AKHIRI SNOOZE”.

7. Jika sudah kalian batalkan snoozenya maka tampilannya seperti gambar di bawah ini. Ini artinya semua sudah berhasil di akhiri snoozenya, dan tetap bisa di snooze ulang jika perlu.

tampilan setelah di batalkan

Fitur snooze diaplikasi facebook selain bagus untuk alasan yang sudah saya jelaskan sebelumnya, juga efektif untuk digunakan saat kalian sedang ada masalah dengan teman di facebook kalian (namun kalian tidak ingin ada permusuhan diantara kalian). Kalian bisa menggunakan fitur ini untuk membungkam sementara teman kalian agar kegiatan mereka di facebook tidak selalu muncul diberanda kalian.


Saya rasa sudah cukup jelas artikel yang saya bagikan kali ini. Jika kalian membaca dan mengikuti step-by-stepnya dengan baik, pasti kalian paham dan bisa mengaktifkan fitur ini di facebook kalian.

Sekian dan terimakasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan