Amankan akun google kamu dengan mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah!

Seberapa penting email menunjang keseharian kamu? Apakah pekerjaan, kegiatan, keperluan pribadimu mengharuskan untuk sering mengecek email? Dari mana dan kapan saja kamu melakukannya?

Jika kamu seorang pekerja kantoran, tentunya kamu dan para staf lainnya menggunakan komputer atau laptop milik perusahaan dalam mengakses email masing-masing.

Selain untuk berkomunikasi, tak jarang email menyimpan data penting bersifat rahasia, terlebih yang menyangkut perusahaan. Sebabnya email bisa menjadi medium yang sensitif.

Karena bukan tidak mungkin terjadi peralihan hak penggunaan aset tersebut kepada staf lain di perusahaan kamu. Bahkan ngerinya lagi ada oknum yang sengaja atau iseng membuka email tanpa izin dan sepengetahuanmu. Pernahkah kamu membayangkan hal demikian? Lebih baik sedia payung  sebelum hujan ya.

Apa Itu Verifikasi 2 Langkah pada Gmail ?

Kini banyak perusahaan menggunakan email yang berbasis Gmail. Hal ini juga terjadi di tempat bekerja saya terdahulu. Tak jarang pihak IT dan HRD mengingatkan para stafnya untuk “membuat ekstra perlindungan” terhadap akun email masing-masing.

Beruntung Google berbaik hati menyediakan fitur pengamanan seperti yang dimaksud, yakni bernama 2-Step Verification.

Langkah ini pun rasanya juga patut dipertimbangkan untuk kamu yang rutin menggunakan email Gmail guna keperluan pribadi atau lainnya. Dengannya kamu dapat mengontrol akses masuk Gmail milik kamu, untuk meminimalisir penyalahgunaan yang tidak diinginkan.

Kita tentunya mengetahui untuk sign in ke sebuah email atau ke akun lainnya memerlukan password sebagai langkah verifikasi. Nah, maksud dari 2-Step Verification atau verifikasi 2 langkah adalah sebagai sistem pengaman ganda selain password -dalam hal ini menggunakan kode verifikasi pada nomor HP terdaftar- yang bekerja ketika ada akses masuk kedalam akun Google kamu.

Misalnya kamu hendak sign in ke email Gmail di komputer yang berbeda, maka bukan hanya password namun juga kode verifikasi yang perlu kamu masukkan saat di halaman “Sign in”. Jadi sebelumnya kamu harus memastikan nomor HP yang kamu daftarkan berstatus valid.

Cara mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Untuk Masuk Ke Gmail

1. Buka “My Account”, pilih “Signing in to Google”

New sign in atau tampilan masuk akun Google yang baru

Sebelum mengaktifkan verifikasi 2 langkah kamu hanya perlu memasukkan password saat di halaman “Sign in”, maka kamu bisa langsung masuk ke email Gmail kamu.  Oh iya, belum lama ini tampilan “Sign in” ke akun Google berubah menjadi seperti diatas.

Masuk ke My Account pada akun Google

Pada halaman awal email Gmail, buka menu “My Account” dilanjutkan pilih “Signing in to Google” pada kolom “Sign-in & security” seperti pada gambar dibawah ini.

Sign-in and security untuk membuat verifikasi 2 langkah akun Google

 

2. Buka “2-Step Verification”

Laman dibawah ini adalah laman pengaturan mengenai proses keamanan saat masuk akun google.

Klik 2-Step Verification untuk membuat verifikasi 2 langkah pada akun Google

Akan tampil halaman “Sign-in & security”, perhatikan pada “Password & sign-in method”.

Tertera keterangan “Off” pada kolom “2-Step Verification” (lihat panah merah diatas), kamu dapat meng-klik pada bagian di tersebut untuk memulai proses aktivasi fitur verifikasi 2 langkah.

Verifikasi 2 langkah untuk masuk akun Google

Pada halaman selanjutnya dijelaskan fungsi dari fitur ini, yakni untuk meningkatkan pengamanan dengan kode verifikasi selain penggunaan password seperti pada umumnya.

Klik “Get Started” dan masukkan password kembali untuk mulai mengaktifkan sistem verifikasi 2 langkah menggunakan nomor HP.

3. Verifikasi Nomor HP Yang Digunakan

Kamu akan dihadapkan pada tahap 1. Kamu harus memilih kode negara (+62 untuk Indonesia) dan mengisi nomor HP yang valid. Meski didahului oleh kode negara, kamu tetap bisa menuliskan nomor HP dengan atau tanpa awalan “0”.

Nantinya akan ada kode verifikasi sekali pakai yang dikirimkan melalui “Text Message/SMS” atau “Phone Call/Panggilan Suara”, untuk itu silakan pilih metode yang kamu inginkan dilanjutkan dengan meng-klik”Next”.

Masukkan nomor HP untuk verifikasi 2 langkah akun Google

Kali ini saya mencontohkan dengan menggunakan SMS. Dikirimkan berisi 6 digit angka yang berfungsi sebagai kode verifikasi, berikut contoh pesannya.

SMS kode verifikasi 2 langkah untuk masuk ke akun Google

4. Masukkan Kode Verifikasi

Setelah kode verifikasi berhasil didapat melalui SMS atau Panggilan Suara, masukkan kode tersebut pada halaman konfirmasi. Lanjutkan dengan meng-klik “Next” yang ada pada tahapan 2.

Masukkan kode untuk membuat verifikasi 2 langkah ke akun Google5. Aktifkan 2-Step Verification

Aktifkan verifikasi 2 langkah masuk ke akun Google

Pada tahapan yang terakhir kamu diminta untuk menekan tombol “Turn On”. Tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

Verifikasi 2 langkah untuk masuk ke akun Google sudah aktif

Jika sudah aktif, akan ada penjelasan seperti diatas, bahwa fitur ini sudah aktif. Jangan lupa catat “backup codes” yang ada dilaman tersebut, ini untuk berjaga-jaga, jika nanti ponsel kamu hilang, kamu bisa login dengan menggunakan backup codes.

Kamu juga bakal dapet pemberitahuan di inbox gmail kamu mengenai hal ini.

Email verifikasi akun Google

Dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah menggunakan nomor HP, maka sistem pengamanan ganda ini berlaku ke setiap perangkat baru dan secara otomatis ke seluruh produk yang terhubung dalam satu akun Google kamu, jadi tidak hanya untuk email Gmail saja. Melainkan juga berlaku untuk seluruh produk / layanan lainnya, terkait produk google, yang kamu miliki.

Bila kamu memiliki banyak data penting yang tersimpan dalam akun Google seperti pada email Gmail, Google Drive, atau lainnya, sebaiknya kamu mengaktifkan sistem pengamanan verifikasi 2 langkah menggunakan nomor HP.

Sebab jika ada upaya untuk mengakses masuk ke akun Google milik kamu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, hal itu bisa dicegah karena karena akun kamu telah terlindung dengan kode verifikasi.

Yudha note : Jadi inilah fungsi fitur verifikasi dua langkah, aku sendiri juga menggunakan verifikasi dua langkah, hanya saja, kode tidak diterima melalui sms, jadi opsi menerima kodenya berbeda dengan yang digunakan penulis dalam contoh diatas.

Aku gunain aplikasi google authenticator untuk dapetin kodenya. Mungkin nanti dilain artikel akan dibahas mengenai aplikasi ini.

Point pentingnya adalah kalaupun ada “orang” yang dapetin password kamu, selama dia tidak punya akses ke nomer hp kamu, dia ga bakal bisa dapet kode verifikasi dua langkah, dan ga bakal bisa login ke akun kamu.

Hal ini juga berlaku untuk kamu sendiri, kalau suatu waktu kamu kehilangan hp kamu, kamu ga bakal bisa login, karna kodenya ga dapet. Tapi jangan takut, selama kamu ada backup code, kamu bisa langsung login, dan ganti nomer hp di pengaturan, atau nonaktifkan fitur ini.

You may also like...

3 Responses

  1. salim says:

    Bang saya lupa sandi coc saye
    Akun nya ilang tpi saya ingat dngn akun saye tapi saya mau masuk kn akun saya ke hp saya tidak bisa kerna lupa sandi

  2. Taufik says:

    Tlg bantuanya

  3. Taufik says:

    Akun saya dicuri trus di V2L

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *