Cara mengaktifkan (dan menonaktifkan) verifikasi 2 langkah gmail

Ketika kalian memiliki sebuah akun media sosial atau akun email seperti gmail, tentu kalian ingin akun akun tersebut terbebas dari serangan hacker. Ada banyak cara untuk menghindari hal ini. Setiap platform punya caranya tersendiri.

Khusus untuk platform gmail (akun google secara keseluruhan), salah satu langkah yang bisa di ambil untuk memperkuat keamanan akun adalah dengan mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah.

Sederhananya adalah verifikasi dua langkah ini memungkinkan kalian untuk menyingkronkan nomor hp ke akun gmail yang kalian gunakan saat ini. Setelah itu ketika kalian ingin login google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor hp yang kalian cantumkan. Kalian tidak akan bisa masuk ke akun kalian walaupun sudah memasukkan password yang benar jika tidak memasukkan kode dari sms google tadi.

Kegunaan fitur verifikasi 2 langkah di akun google

Ketika google meluncurkan sebuah fitur tentu tidak lepas dari tujuannya. Verifikasi dua akun memiliki kegunaan yang jelas. Berikut adalah kegunaan dari verifikasi dua akun

  1. Kegunaan pertama tentu saja memberikan keamanan lebih bagi akun google kalian sehingga terhindar dari hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Tidak hanya akun google, jika kalian mendaftar akun-akun media sosial melalui alamat gmail maka akun tersebut juga akan aman, mengingat hampir semua akun sosmed terkait dengan email saat ini.
  3. Tidak ada yang akan bisa membuka akun kalian walaupun orang itu tau passwordnya, yang bisa membuka hanyalah kalian yang memegang nomor hp yang terhubung ke akun google.
  4. Untuk saat ini fitur verifikasi dua langkah memiliki konsep sistem keamanan yang tinggi dan terbukti tidak akan ada yang bisa membobol akun google kalian.
  5. Mencegah hack dan kejahilan orang terhadap akun yang kalian miliki.

Cara kerja fitur verifikasi dua langkah di akun google

Berikut adalah cara kerja fitur verifikasi dua langkah ini.

  1. Seperti biasa ketika login, kalian cukup memasukkan alamat gmail dan password untuk bisa masuk dan terhubung ke akun google kalian.
  2. Google lalu mengirimkan kode 6 digit ke nomor ponsel yang kalian cantumkan di fitur ini.
  3. Kalian memasukkan kode tadi ke kolom yang muncul setelah memasukkan email dan password.
  4. Setiap kali kalian login diperangkat baru, hal diatas akan kalian ulangi lagi. Tapi jika itu adalah perangkat pribadi, kalian bisa tandai, agar tidak terus-terusan minta kode setiap login.

Cara mengakifkan fitur verifikasi 2 langkah di gmail (akun google)

Untuk mengaktifkan ftur ini, kalian harus masuk ke halaman google account. Cara yang dilakukan melalui HP dan browser sama saja. Berikut adalah cara detail mengaktifkan verifikasi dua langkah

1. Masuk ke akun google kalian dengan cara klik link ini https://myaccount.google.com/security kalian bisa menggunakan google chrome di hp atau di desktop.

Masuk ke Google Akun

2. Pilih security atau keamanan dengan cara scroll ke kiri dibagian yang diberi tanda panah

Masuk ke halaman sekurity

3. Cari bagian signing in to google dengan cara scroll kebawah bagian security Lalu pilih 2-step verification

masuk ke menu signing to gogle

4. Akan ada pop up seperti dibawah ini. Bisa jadi ditempat kalian tidak muncul, karena di sini saya sudah mengatur menu keamanan lain untuk login, jadi disini diberitahukan bahwa fitur tersebut akan dinonaktifkan dan diubah ke fitur verifikasi 2 langkah.

pemberitahuan perangkat

5. Jika kalian memiliki 2 akun atau lebih, terlebih dahulu pilih akun yang akan kalian atur untuk verifikasi 2 langkah. Lalu masukkan password kalian .Setelah itu pilih next

Pilih akun dan masukkan password
Pilih akun dan masukkan password

6. Pilih try it now untuk mencoba google prompt. Sepertinya tidak ada opsi skip.

pilih try it noow

7. Akan muncul google prompt seperti dibawah ini. Disini berisi informasi seperti lokasi dan sistem android yang kalian gunakan, pilih Yes

pilih Yes

8. Untuk melanjutkan pengaktifan verifikasi dua langkah, masukkan nomor telpon lalu pilih juga melalui apa kode verifikasi dua langkah akan dikirimkan misalnya melalui SMS atau telpon. lalu pilih Send.

Masukkan Nomor elpon
Masukkan Nomor elpon

9. Akan masuk sms dari google berisi kode verifikasi.

sms dari google
sms dari google

10. Masukkan kode tersebut ke kolom yang diminta. Lalu tap “next”.

masukkan kode vrifikasi
masukkan kode vrifikasi

11. Verifikasi dua langkah sudah selesai, untuk mengaktifkannya pilih turn on. Disini dijelaskan bahwa selain verifikasi 2 langkah, ada langkah google prompt sebagai opsi tambahan untuk mempermudah proses login kalian kedepannya.

pilih turn on

Admin: Sepertinya google prompt akan jadi default sebelum verifikasi 2 langkah. Jadi memang tidak bisa di skip opsi google promptnya. Kemungkinan karena memang hampir semua smartphone yang bisa menerima sms, bisa pakai google prompt ini. Jika kamu melakukan prosesnya via desktop, dan tidak ada smartphone yang terkoneksi ke akun google tsbt, besar kemungkinan tidak akan muncul opsi google promptnya.

Untuk mengetahui apakah akun sudah tersetting verifikasi 2 langkah, kalian bisa masuk ke halaman awal google account, lalu pilih security> sign in to google> 2 step verification. Jika sudah on akan keliatan disana.

verifiksi dua langkah sudah aktif

Cara menonaktifkan fitur verifikasi 2 langkah di gmail (akun google)

Jika kalian sering berpindah-pindah akun ke banyak perangkat, memang sebaiknya kalian tidak mengaktifkan fitur ini. Hal ini dikarenakan kalian akan selalu diminta memasukkan kode di sms jika ingin login diperangkat baru. Jika kalian sering berpindah-pindah akun hal ini tentu akan sangat merepotkan.

Jika kalian sudah terlanjur mengaktifkan verifikasi dua akun kalian juga bisa menonaktifkannya, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Untuk mematikan verifikasi 2 langkah kalian bisa ikuti step 1 – 3 dibagian cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Lau pilih akun dan masukkan password.
2. Akan muncul step verifikasi dua langkahnya, pilih get verification code at ****.****.**xx untuk dapat kode 6 digit dari google.

pilih get verification code

3. Akan ada kode yang masuk melalui nomor yang kalian gunakan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah. Masukkan dan tap Next.

masukkan nomor verifikasi
masukkan nomor verifikasi

4. Setelah memasukkan kode, kalian akan dibawa ke halaman setting verifikasi dua langkah seperti dibawah ini, untuk menonaktifkanmya kalian bisa pilih turn off

pilih turn off

5. Fitur verifikasi dua langkah berhasil dinonaktifkan

verifikasi dua langkah nonaktif
verifikasi dua langkah nonaktif

Bagi kalian yang sangat mempedulikan keamanan akun, maka sangat wajib dan disarankan untuk mengaktifkan fitur ini. Saat ini akun google (akun gmail) terkait kebanyak akun lainnya, misalnya akun belanja kalian ditoko online, atau akun game kalian, atau akun internet banking, dan masih banyak lagi. Jadi penting sekali untuk menjaga keamanan akun tbst.

Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim ke kolom komentar

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan