Cara menggunakan fitur “Pesan Tersimpan” di Telegram

Jika kamu aktif di Telegram, maka kamu pastinya sering mendapatkan pesan-pesan penting yang perlu diingat dalam waktu yang lama. Misalnya pesan mengenai pekerjaan yang harus di selesaikan minggu ini atau pesan lain yang benar-benar tidak boleh dilupakan dalam jangka waktu tertentu.

Pesan seperti ini tentunya perlu disimpan di tempat khusus karena kamu harus membacanya kembali di lain waktu. Jika dibiarkan begitu saja, pesan-pesan seperti ini akan tertimbun oleh pesan lain sehingga sulit dicari kembali ketika kamu membutuhkannya nanti.    

Nah, beruntung Telegram menyediakan fitur untuk membantu pengguna menyimpan pesan-pesan yang sangat penting bagi mereka. Fitur tersebut hadir dengan nama Saved Message.

Apa itu Fitur “Pesan Tersimpan”?

Fitur “Saved Messsage” atau bahasa indonesianya “Pesan Tersimpan” merupakan fitur yang berfungsi untuk menyimpan pesan yang kamu pilih dari ruang chat pribadi ataupun grup. Pesan bisa berupa teks, bisa foto, bisa video.

Jika suatu saat kamu perlu melihat kembali pesan-pesan yang kamu simpan, maka kamu tinggal buka “Pesan tersimpan” ini. Kamu akan menemukan semua pesan dan file yang kamu simpan di dalamnya, kamu juga akan melihat kapan pesan tersebut kamu terima dan siapa pengirimnya.

Bukan hanya itu, Telegram juga menyediakan tombol “go to” di kanan setiap pesan yang kamu simpan disini. Jika tombol “go to” yang terdapat di salah satu pesan kamu tap, maka kamu akan langsung membuka ruang obrolan tempat pesan tersebut berasal.

Tombol “go to”

Di “Pesan tersimpan” ini seluruh pesan akan bercampur aduk (dari berbagai ruang chat), walaupun kamu diberikan fitur search yang bisa memudahkan kamu mencari file ataupun teks, namun tetap disarankan untuk menyimpan pesan yang memang penting-penting saja.

Langkah-langkah menyimpan pesan ke “Pesan tersimpan” di Telegram

Nah, buat kamu yang ingin memanfaatkan fitur ini untuk menyimpan pesan-pesan penting di Telegram, maka kamu bisa melakukannya dengan cara berikut.

1. Buka ruang chat yang berisi pesan yang ingin kamu simpan.
2. “Tekan dan tahan” pada pesan yang ingin disimpan.

3. Pesan yang kamu pilih akan otomatis tercentang. Kamu bisa tap centang disebelah pesan lain untuk menambahkan lebih dari satu pesan.
4. Jika sudah, tap ikon “Teruskan”
(bisa yang pojok kanan diatas, bisa juga yang dibawah)

Tap ikon "Teruskan" di kanan atas.

5. Dihalaman “Teruskan ke” ini, pilih pada “Pesan Tersimpan”.

 Tap pada “Pesan Tersimpan”.

6. Selesai. Pesan sudah berhasil disimpan di fitur “Pesan tersimpan”.

Pesan sudah berhasil tersimpan.

Melihat dan Membuka “Pesan tersimpan” di Telegram

Folder “Pesan Tersimpan” ini akan terlihat di halaman utama Telegram setelah kamu menyimpan pesan untuk pertama kalinya. Jadi kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan folder tersebut.

Tapi jika kamu memiliki banyak ruang chat yang cukup aktif, folder ini bisa dengan saja tertimbun oleh ruang chat lain. Solusinya kamu bisa menemukannya dengan cara berikut.

1. Tap ikon “hamburger” di pojok kiri atas untuk memunculkan opsi Telegram.

 Tap ikon hamburger di kiri atas.

2. Selanjutnya cari dan tap menu “Pesan Tersimpan”.

Tap “Pesan Tersimpan”.

3. Kamu berhasil membuka menu “pesan tersimpan”, disini kamu bisa melihat semua pesan yang kamu simpan sebelumnya.

Kamu akan melihat semua pesan yang telah kamu simpan sebelumnya.

Bagaimana mudah bukan?

Apakah pesan tersimpan bisa dilihat orang lain?

Sejauh yang kami ketahui, fitur ini sifatnya personal. Artinya yang bisa melihat pesan tersimpan adalah kita sendiri sebagai pemilik akun Telegram tsbt.

Namun jika yang kamu pertanyakan adalah apakah ada orang (misalnya pegawai Telegram) yang bisa melihat isi pesan tersimpan tadi. Besar kemungkinan bisa, ini karena pesan yang tersimpan di server Telegram tidak dalam kondisi terenkripsi.

Pesan di Telegram dikirim dalam keadaan terenkripsi, namun setelah terkirim, dalam proses penyimpanannya mereka tidak mengenkripsi pesannya.

Itulah kenapa WhatsApp masih tergolong lebih aman, karena fitur end-to-end enkripsi-nya. Di Telegram sendiri, fitur yang di enkripsi seperti di WhatsApp ini hanyalah fitur “Secret chat” saja, selainnya tidak.


Itulah pembahasan singkat terkait fitur “Saved Message” atau “Pesan tersimpan” ini. Rasanya pembahasan diatas sudah cukup detail, namun jika ada yang kurang atau meragukan, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan kamu dikolom komentar dibawah.

Sekian untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *