Gambar distatus whatsapp pecah dan buram? Ini solusinya

Buat pengguna whatsapp yang suka berbagi status/story, pasti memiliki kendala satu ini. Masalah yang biasa dialami adalah foto atau gambar yang diupload ke status pecah atau malah yang lebih parah lagi sampai kelihatan kabur/buram. Padahal resolusi foto yang di upload cukup tinggi, tapi entah mengapa ketika di posting untuk status whatsapp malah menjadi pecah.

Sebelum mimin memberikan solusimnya, mimin akan memberikan informasi tentang penyebabnya terlebih dahulu mengapa story pada whatsap kamu menjadi pecah atau buram.

  • File foto sudah terhapus dari ponsel.
  • Gambar dikompress (diperkecil ukurannya) otomatis oleh whatsapp.

Setidaknya dua hal tersebut yang mimin jumpai sebagai penyebab hal ini. Ada mungkin beberapa penyebab lain, seperti sinyal yang kurang kuat, atau aplikasi whatsapp yang belum diupdate, tapi hal ini tidak bisa dikonfirmasi apakah benar penyebab gambar status yang terlihat pecah (pixelated) tadi.

Setidaknya untuk alasan pertama, itu dikonfirmasi oleh laman faq whatsapp disini: faq.whatsapp.com/id/android/28030002/?category=5245260. Sedangkan penyebab lainnya berdasarkan laporan netizen disini: quora.com/My-WhatsApp-status-pictures-and-other-pictures-I-viewed-look-blurry-and-pixelated-What-should-I-do-to-fix-this

Nah … sampai disini kamu sudah dapat gambaran penyebabnya apa. Disini mimin akan jabarkan solusinya, silahkan disimak baik-baik.

Solusi untuk gambar status whatsapp agar tidak pecah dan buram

Solusinya sebenarnya bisa ditebak dari penyebab masalahnya. Disini mimin akan coba jelaskan beberapa langkah yang bisa kamu ambil untuk menyelesaikan masalah ini.

1. Pastikan gambar tidak terhapus dari ponsel

Ini sesuai dengan saran whatsapp dilaman faq.whatsapp.com/id/android/28030002/?category=5245260.

Dilaman tersebut dijelaskan solusi terkait dengan gambar di status teman yang buram, disana kita diminta untuk mengaktifkan fitur simpan media file ke galeri, agar gambar status teman otomatis tersimpan kegaleri, dan ketika gambar tersebut dihapus diperangkat teman, kita masih ada filenya.

Kita bisa asumsikan bahwa foto yang terhapus bisa mengakibatkan hal ini. Jadi solusinya untuk kasus kita adalah dengan memastikan bahwa foto yang diupload ke status tidak terhapus.

2. Pastikan sinyal internet kuat.

Berdasarkan respon netizen dilaman quora sebelumnya tadi, salah satu penyebab gambar diupload dengan kualitas rendah adalah karena sinyal yang lemah. Mimin sendiri tidak bisa memastikan apakah ini bisa jadi penyebabnya, tapi disini, kita asumsikan ini bisa jadi penyebabnya.

Solusinya ya perkuat sinyal. Mungkin dengan mengganti ke jaringan wifi, atau provider yang bisa kasih sinyal lebih baik. Bisa coba minta hotspot keteman yang jaringannya kuat untuk test apakah ada perubahan saat upload lewat jaringan mereka.

3. Update Whatsapp ke versi paling baru.

Ini penyebab yang juga mimin asumsikan berdasarkan pembahasan di quora tadi. Sayangnya tidak ada pembahasan komprehensif di laman support whatsapp mengenai masalah status buram ini.

Solusinya adalah update aplikasi whatsapp.

Jika sinyal yang digunakan sudah bagus namun status whatsappmu masih pecah atau buram, maka kemungkinan aplikasi whatsappmu minta diupdate. Whatsapp error (bug) seperti gambar atau video menjadi pecah bisa saja terjadi.

Update dilakukan untuk mendapatkan fitur terbaru, namun yang terpenting adalah update juga berfungsi untuk menutup/mem-patch error dan bug diaplikasi versi lama.

4. Bersihkan Memori penyimpanan secara berkala

Jika memori penyimpanan smartphone kamu penuh, maka tidak heran jika foto, video, dan story pada whatsapp kamu menjadi buram bahkan pecah-pecah. Hal ini bisa terjadi dikarenakan space memori pada smartphone kamu penuh sehingga whatsapp tidak dapat menyimpan foto ataupun video.

Jika kamu sudah meluangkan memori penyimpanan pada smartphone kamu, maka secara otomatis foto, video dapat tersimpan dengan baik dan menjadi normal sehingga meminimalisir story whatsapp yang kamu lihat, buram atau pecah-pecah.

Selain itu kamu juga sebaiknya menghapus data yang tidak terpakai dan tidak berguna agar memori penyimpanan kamu tidak penuh.

5. Crop, resize dan kompress gambar sebelum di upload

Admin (yudha): Solusi ini aku yang tambahkan, dan aku sendiri belum coba bagaimana hasilnya. Harusnya bisa, aku udah riset sana sini baru dapet simpulan solusi satu ini. Mungkin nanti aku akan cobain dan update lagi laman ini, buat yang coba, jangan lupa tinggalkan komentar terkait hal ini.

Ini solusi untuk penyebab nomor 2, dimana whatsapp otomatis meng-kompress ukuran foto sehingga resolusinya turun dan gambar jadi pecah-pecah.

Whatsapp sepertinya memang punya sistem otomatis yang memaksa foto berukuran berat menjadi berukuran ringan. Tujuannya banyak, dari segi penyimpanan di data center whatsapp, tentu hal ini bisa menghemat penyimpanan mereka. Selain itu gambar berukuran ringan juga lebih cepat diakses oleh pengguna lain.

Ibaratnya begini, kamu upload gambar status full HD berukuran 5MB, gambar ini kalau harus dilihat pengguna lain, mereka harus download dulu, iyakan? Kalau yang didownload itu ukurannya sama, 5MB, dijaringan internet dengan kecepatan download 100kbps, butuh waktu download sekitar 50detik untuk donwloadnya, dan ini lama banget.

Attention span manusia itu katanya lebih rendah dari ikan emas. Artinya kalau loadingnya lebih lama dari beberapa detik aja, kita udah tidak minat untuk menunggu. Ikan emas kalau ga salah 5 detik.

Gambar status yang kamu lihat biasanya dikompress keukuran dibawah 100KB rata-rata, dan bisa diakses dalam waktu 1-2 detik.

Jadi memang mau tidak mau, suka tidak suka, whatsapp pasti mengkompress dan mengoptimasi gambar yang kamu upload.

Nah solusinya yang bisa aku pikirkan disini adalah dengan mengoptimasi gambar sendiri terlebih dahulu. Sehinga kita menyediakan gambar yang optimal kewhatsapp.

Jadi tahapannya adalah,

  1. Crop gambar di aplikasi editing di hp kamu. Dengan membuang bagian yang tidak perlu, kamu bisa memperkecil ukuran file dan whatsapp-pun saat mengkompress gambar juga bisa lebih optimal.
  2. Resize dan kompress gambar yang sudah di crop tadi. Untuk hal ini bisa pakai tool seperti disitus ini reduceimages.com, dan ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.
gambar apel setelah diresize dan kompress keukuran 25kb (ringan)

Dari sini kamu akan dapat hasil gambar yang sudah dicrop, diperkecil resolusinya dan dikompress ukuran filenya. Pastikan hasil editing gambar masih keliatan bagus kualitasnya. Jika kamu benar editingnya, kualitas gambar tidak akan terlihat penurunannya secara kasat mata.


Akhir Kata

Nah begitu deh gaes cara agar status Whatsapp kamu tidak pecah dan buram lagi. Cukup mudah bukan? Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa kritik dan sarannya ya!

Oh iya jika kamu punya cara lain bisa kamu tulis dikolom komentar biar bisa menjadi tambahan informasi juga ya gaes ! Selamat beraktivitas

Terimakasih

Tulisan oleh Isah dan disunting oleh admin.

isah

Travelers, Coffe Lovers, Writer :)

Tinggalkan Balasan