Cara membuat dan mengoptimalkan iklan di Facebook Ads

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai 2 hal sekaligus yaitu bagaimana cara membuat Facebook Ads dan bagaimana cara mengoptimalkannya.

Sebenarnya Facebook ads bisa dibuat dengan menggunakan lewat ponsel/smartphone. Namun jika menggunakan Smartphone, saya rasa penggunaannya tidak terlalu maksimal. Banyak sekali pilihan yang tidak lengkap dibanding jika kalian menggunakan Browser di computer.

Saya juga sudah mencoba mendownload Facebook Business lewat playstore, namun tetap saja penggunaannya tidak maksimal, sama saja dengan menggunakan Aplikasi facebook biasa.

Jadi tutorial kali ini kita menggunakan Komputer atau laptop agar iklan yang kita buat melalui Facebook ads dapat tertargetkan secara Tajam dan sesuai dengan bisnis yang akan kalian iklankan.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook ads adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan kalian untuk dapat mengiklankan sebuah barang atau jasa secara berbayar di facebook. Dengan Facebook ads, iklan bisa di targetkan secara spesifik, misalnya bisa ditargetkan berdasarkan kota, wilayah, umur, hobi dan ketertarikan, dll.

Untuk membuat iklan di Facebook ads, tentu saja kalian harus mengeluarkan uang.

Namun jika dihitung hitung, dibanding beriklan secara offline dengan menggunakan Koran dan spanduk atau membuat brosur, media iklan ini mungkin bisa jauh lebih efektif.

Cara Membuat dan Mengoptimalkan Facebook Ads

Untuk membuat iklan melalui Facebook ads, yang pertama tama kalian harus miliki adalah Fanpage.

Jika kalian belum memiliki Fanpage, saya sudah membuat artikel mengenai cara membuat fanpage, silahkan di cek pada artikel yang saya buat sebelumnya.

Cara membuat Facebook ads cukup mudah.  Namun yang menjadi perhatian bagaimana cara mengoptimalkan pengguna Facebook ads ini agar yang melihat iklan kita adalah orang yang memang kita targetkan.

Berikut Langkah Langkah Membuat dan Mengokpimalkan Facebook ads.

Step 1. Log in Facebook dengan menggunakan Browser di komputer seperti biasa.
Step 2.  Pilih Fanpage yang sudah kalian buat.
Step 3. Setelah masuk ke Fanpage, Pilih Advertising using facebook

Pilih Advertising using facebook
Pilih Advertising using facebook

Step 4. Nah sekarang Kalian sudah memasuki situs Facebook Business. Untuk memulai membuat Iklan pilih Create an Ad

HAlaman Facebook Business
Facebook Business

Step 5 Disini kita akan coba mencari trafik sebagai contoh, maka untuk Objective nya pilih Traffic.

Memilih Objective
Memilih Objective

Step 6 Buat nama campaign sesuai dengan apa yang ingin kalian iklankan, lalu pilih “set up ad account”.

Buat nama Traffic
Buat nama Traffic

Step 7 Pilih Negara, mata uang, dan zona waktu yang kalian gunakan untuk beriklan, lalu pilih Continue

Pilih Negara, mata uang, dan zona waktu
Pilih Negara, mata uang, dan zona waktu

Step 8 Lakukan pengaturan setting. Disinilah kita bisa bermain untuk pengotimalan iklan.

Ada 3 beberapa item yang akan kalian setting yaitu

  • Traffic
  • Dynamic Creative
  • Offer
  • Audience
  • Placement
  • Budget & Schedule
Item Setting Facebook Ads
Item Setting Facebook Ads

Namun untuk poin a – c diabaikan saja karena tidak terlalu berpengaruh terhadap pencarian pengunjung iklan yang akan kalian buat nanti.

Jadi untuk mentargetkan sebuah iklan kita langsung saja ke poin d yaitu Audience.

Sekarang kita masuk ke setting Audience.

Pertama, tentukan jenis usaha kalian.

Setting Audience
Setting Audience

Tentukan lokasi yang akan menjadi target iklan kalian.

pilih Lokasi Target
pilih Lokasi Target

Disini saya ingin menargetkan untuk penjualan Tas, saya ingin yang membaca Iklan saya adalah orang orang dari jabodetabek.

Jadi saya masukkan semua daerah yang ingin saya jadikan target pengunjung.

Kalian juga bisa menambahkan kota kota lain sebanyak banyaknya untuk mendapatkan target iklan yang lebih luas sehingga barang yang ingin kalian pasarkan bisa tertarget dengan sangat baik.

Ingat, jangan masukkan kota yang tidak bisa kalian jangkau karena hanya akan sia sia misalnya.

Misalnya kalian menjual sebuah produk berupa tanaman, maka tidak mungkin kalian mengirim tanaman tersebut ke daerah papua atau aceh karena akan memakan banyak waktu.

Jadi agar penggunaannya lebih optimal sesuaikan lah kota yang Kalian targetkan sesuai dengan produk kalian.

Tentukan usia dan gender target kalian

Masukkan Umur Target
Masukkan Umur Target

Disini yang saya jual adalah tas wanita.

Analisanya begini, untuk menjual sebuah tas, saya menargetkan Perempuan yang kemungkinan besar sudah bekerja yaitu berkisar usia 26 sampai dengan 40 tahun.

Karena tas yang saya jual merupakan tas kekinian, maka untuk wanita yang berusia diatas 40 tahun kemungkinan tidak akan tertarik dengan tas yang saya iklankan.

Dengan begini target saya jelas dan tearah, tidak sembarangan menargetkan siapa yang akan melihat iklan. Buat apa banyak pengunjung tapi tidak tertarik dengan apa yang kita iklankan.

Pilih bahasa pengunjung yang akan melihat iklan kalian.

Memilih bahasa pengunjung
Memilih bahasa pengunjung

Kalian bisa memasukkan beberapa bahasa, namun Kalian harus menyesuaikan juga dengan kepada siapa kalian akan menjual produk.

Isi bagian detailed targeting sesuai dengan target kalian.

Pilih detail target
Pilih detail target

Ini bagian penting, karena disini kita bisa memilih orang-orang dengan target lebih spesifik.

Contoh paling gampangnya adalah, orang-orang yang hobi sepedaan, bisa ditargetkan untuk produk terkait sepeda. Orang-orang yang hobi melukis, bisa ditargetkan dengan alat atau tool untuk melukis.

Bagian ini penting dan juga terkaang sulit, karena tidak semua produk bisa di cari interest yang paling sesuai.

Kecuali kelompok tertentu dengan fitur exclude people

Dan kalian juga bisa memilih narrow audience atau mempersempit lagi target orang yang akan melihat iklan kalian.

Contohnya disini kalau kamu mengiklankan alat olahraga, mungkin bisa kecualikan orang-orang yang tidak suka olahraga, seperti misalnya penggemar game. Mereka yang gaming, cenderung tidak suka olahraga, walaupun tidak 100% akurat, tapi setidaknya ini lebih baik dilakukan dari pada iklannya sia-sia.

Dibagian koneksi ini, kamu bisa makin spesifik.

Tapi tidak aku sarankan untuk membuat target sangat sempit, karena semakin sempit target, biasanya biaya akan makin besar.

Pilih connection
Pilih Connection

Sekarang kita masuk kebagian Placement.

Jika kalian tidak ingin ribet, kalian bisa mengabaikan dengan cara memilih Optimize cost per result. Namun untuk membuat iklan Kalian lebih optimal dan lebih detail dalam menargetkan pengunjung, sebaiknya untuk placement kalian atur sesuai dengan yang kalian inginkan.

Pengaturan Placeme
Pengaturan Placement

Untuk memulai Pengaturan Placement, Pilih edit placement.

Disini kalian bisa memilih device yang digunakan target iklan kalian.

Pemilhan Device
Pemilhan Device

Karena sudah jarang sekali orang membuka Facebook menggunakan Ponsel, sebaiknya kalian memilih opsi Mobile. Namun jika kalian ingin target yang lebih luas, kalian bisa pilih mobile dan desktop.

Untuk lebih spesifik lagi kalian juga bisa memilih jenis device seperti “Hanya Android” atau “Hanya IOS”. Jika kalian menjual sebuah sparepart Smartphone, hal ini bisa sangat berguna jadi target kalian bisa lebih terarah.

Memilih Merk Smartphone dan Versi Android
Memilih Merk Smartphone dan Versi Android

Jika kalian memilih android saja atau iphone saja, kalian bisa memilih Merek Hp yang menjadi target iklan kalian, bahkan versi android atau IOS yang digunakan target iklan kalian.

Memilih Versi Android
Memilih Versi Android

Atau jika kalian hanya ingin mengambl target orang orang yang menggunakan wifi saja? Tinggal Checklist only when connected to Wifi.

Sekarang kita memasuki Budget and Schedule.

Memilh Budget dan Target
Memilh Budget dan Target

Tentukan waktu kalian beriklan, misalnya seminggu yaitu dari tanggal 14 sd 21 April 2019. Maka setelah 21 april iklan Kalian berakhir.

Menentukan Waktu Beriklan
Menentukan Waktu Beriklan

Step 9. Masuk kemenu pembayaran

Setelah semua selesai, pilih continue, dan Kalian akan memasuki menu pembayaran seperti dibawah ini.

Menu Pembayaran
Menu Pembayaran

Isikan detail pembayaran hingga selesai.

Kesimpulan

Khusus untuk Budget, Facebook sudah menentukan  minimal Budget yang dibutuhkan perhari adalah Rp 10.000. jadi seminggu Rp 70.000.

Apakah ini mahal? Jika memasarkan produk secara offline yang targetnya tidak bisa kita kendalikan biaya iklan akan jauh lebih mahal dibanding dengan menggunakan Facebook ads.

Ditambah lagi dengan menggunakan Facebook ads kalian bisa menentukan siapa saja yang akan membaca iklan kalian bisa membuat iklan secara lebih spesifik.

Jika kalian menambahkan budget, maka otomatis orang yang akan melihat iklan Kalian jauh lebih banyak. Jadi semua tergantung dari budget yang kalian keluarkan.

Yudha note: Pembahasan mengenai iklan di facebook ini ga cukup dibahas di satu tulisan, karena disini hanya dibahas penjelasan basic. Banyak strategi pemasaran lainnya yang juga perlu di kuasai agar kita bisa menghasilkan positif ROI. Misalnya copywriting, desain, analisa yang dalam terhadap produk dan target kita, dsbnya. Menghasilkan positif ROI tidak lah mudah, karena hal ini bukan hanya tergantung sama target iklan kita, tapi juga pesaing kita yang juga ngiklan di facebook.

Itulah cara membuat dan mengoptimalkan Facebook Ads. Kalian bisa mengembangkannya lagi sesuai dengan apa yang ingin kalian iklankan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan mengisi di kolom komentar.

Share woy :D

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan