Istilah-istilah Dalam Instagram Ini Dijamin Bikin Kamu Tambah Keren Bermedsos

Kamu baru main Instagram? Atau justru dah lama? Tapi kok masih suka nggak nyambung kalau mendengar istilah tertentu yang berhubungan sama Instagram?

Kadang kamu jadi merasa seperti terhempas dari lingkaran pertemanan karena ketidaknyambungan ini. Dan kamu merasa harus segera bangkit dari keterhempasan ini. Dengan cara apapun. Mungkin salah satu caranya adalah dengan mencari sebanyak-banyaknya istilah dalam Instagram yang bisa kamu temukan.

Dan mungkin saya bisa bantu kamu melalui artikel ini. Setelah ini saya harap kamu jadi tambah keren dalam bermedsos. Terutama, dalam bermain Instagram.

CAPTION

Sebagian besar pengguna Instagram tahu apa itu caption. Sementara, sebagian lainnya masih belum tahu. Mereka bisa menyebutnya sesuka hati seperti tempat teks, tempat tulisan, update status, dan masih banyak lagi.

Caption adalah informasi yang berupa tulisan mengenai foto yang akan diposting.

Hashtag

Sering ditulis hestek oleh para netizen kekinian. Tanda pagar (#) ini muncul di dalam caption. Fungsinya untuk menandai suatu peristiwa yang saling berkaitan, tren, dan pengelompokkan sesuatu yang sama. Misalnya, lagi ada momen Piala Dunia Eropa. Maka, hashtag yang diberlakukan jadi seragam yaitu #pialadunia atau #europeworldcup.

Kalau kamu suka baca novel atau justru mau jualan novel, kamu bisa cari #novel pada kolom SEARCH. Nanti Instagram akan menggiring kamu ke berbagai postingan yang sama.

Dan bahkan kamu bisa follow hashtag novel itu tadi. Sehingga mudah buat kamu mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan genre bacaan fiksi itu.

News Feed

Kalau kamu buka Instagram, ada ikon berbentuk rumah yang terdapat di pojok kiri bawah. Itu adalah news feed dimana kita bisa melihat postingan terbaru dari akun-akun Instagram yang kita follow atau ikuti.

Username

Ini adalah nama akun Instagram kamu. Kamu bisa menggunakan username apapun sesuka hati. Bisa pakai nama asli kamu, nama singkatan, atau justru nama nyeleneh. Jadi, kalau misalnya kamu ditanya “username ig kamu apa?”, kamu bisa jawab sesuai nama akun Instagram saat dibuat pertama kali.

Kalau saya menggunakan username yang merupakan singkatan dari nama asli (sesuai KTP) saya. Yang dilingkari pink adalah username Instagram saya. Sedangkan, yang dilingkari hijau adalah nama asli saya.

Activity Feed

Ini adalah semacam notifikasi atau pemberitahuan semua kegiatan yang terjadi di Instagram kamu. Jika ada yang memberi like dan comment di postingan kamu pasti akan masuk ke ACTIVITY ini. Ikon LOVE yang ada di kanan bawah layar menjadi ikon ACTIVITY FEED.

Keterangan atau notifikasi tentang apa yang followers kamu lakukan terhadap postinganmu terdapat pada ACTIVITY YOU.

Sedangkan, apa yang terjadi pada postingan orang yang kamu follow terdapat pada ACTIVITY FOLLOWING.

OOTD

Outfit Of The Day maksudnya adalah postingan di Instagram seputar pakaian yang dikenakan pada hari itu. Fotonya tampak mulai dari kepala hingga ujung kaki. Terkadang, ada juga yang sekalian tag merek pakaian atau sepatu yang sedang digunakan ke akun Instagram merek tertentu.

U Turn

Maksudnya adalah you turn atau giliranmu. Misalnya, giliran kamu yang like atau komen atau post setelah seseorang melakukannya duluan.

Done

Dalam Bahasa Inggris artinya adalah ‘sudah’. Dipakai di Instagram ketika menjawab respon di kolom komen atau postingan/caption. Bahwa seseorang sudah mem-follow kembali atau follback lawan bicaranya. Atau sudah memberi like, me-repost, dll.

Delsoon

Merupakan kependekan dari delete soon. Jika ada postingan yang disertai dengan tulisan ‘delete soon’ atau ‘delsoon’ itu artinya postingan tersebut tidak akan diposting lama-lama. Bisa jadi besok, lusa, atau sepekan ke depan postingan tersebut akan segera dihapus oleh pemilik akunnya.

Follback

Kamu suka lihat ada yang nulis di komentar postingan kamu “follback yah, kakak…” kah? Itu artinya dia ingin kamu segera mem-follow dia kembali. Karena dia sudah follow kamu.

Repost

Mem-posting kembali postingan lama. Baik dari akun kita sendiri atau dari Instagram orang lain. Dengan menggunakan aplikasi yang dapat di-download dari playstore.

TNF

Tap and follow dalam sebuah postingan akun berarti ia menginginkan followers-nya untuk memberi tap 2 kali alias memberi like kemudian mengikuti akun yang dia tag dalam fotonya.

Instastory

Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram membuat foto atau video singkat. Waktu penayangannya pun hanya 24 jam saja. Setelah 24 jam, instastory tersebut akan menghilang. Cara membuat instastory ini pun sangat mudah.

Pertama, lihat ikon kamera di pojok kiri atas Instagram.

Setelah itu, akan terlihat tampilan seperti di bawah ini.

Kamu tinggal membuat foto atau video sesuka hati deh. Kamu juga bisa menambahkan emoji dan teks ke dalam video atau foto Instastory kamu.

DM

Direct message. Instagram menggunakan istilah DM untuk inbox. Kamu bisa berkirim pesan pribadi ke akun-akun Instagram lain. baik yang sudah follow atau belum follow kamu.

Endorse

Jika ada akun yang punya produk jualan tertentu dan ia ingin mempromosikannya, maka biasanya dia akan menawarkan Endorse atau dukungan ke akun-akun Instagram dengan jumlah followers banyak. Seringnya sih selebgram atau orang yang terkenal di Instagram yang dapat Endorse produk tertentu.

Late post

Ini adalah foto yang sudah lama diambil tapi baru diposting saat sekarang. Biasanya orang itu akan bilang di caption dengan atau tanpa hashtag LATE POST.

Oke deh, sekian dulu artikel saya kali ini. Semoga habis baca-baca artikel saya kamu jadi tambah keren deh main Instagram-nya. Jangan lupa share ya ke semua media sosial kamu.

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwkhidup freelance writer!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *