Istilah dan singkatan dalam Instagram

  • Post Author:
  • Post Category:Instagram
  • Post last modified:Maret 28, 2020

Kamu baru main Instagram? Atau justru dah lama? Tapi kok masih suka nggak nyambung kalau mendengar istilah tertentu yang berhubungan sama Instagram?

Kadang kamu jadi merasa seperti terhempas dari lingkaran pertemanan karena “ketidaknyambungan” ini. Dan kamu merasa harus segera bangkit dari keterhempasan ini. Dengan cara apapun. Mungkin salah satu caranya adalah dengan mencari sebanyak-banyaknya istilah dalam Instagram yang bisa kamu temukan.

Dan mungkin saya bisa bantu kamu melalui artikel ini. Setelah ini saya harap kamu jadi tambah keren dalam bermedsos. Terutama, dalam bermain Instagram.

1. Arti dari USERNAME

Username secara bahasa artinya “nama pengguna”. Jadi kalau username instagram itu artinya nama pengguna instagram kamu.

Ini berbeda dengan nama asli kamu, username atau nama pengguna tidak boleh sama antara pengguna satu dengan yang lain. Itu artinya, nama pengguna instagram itu unik dan tidak ada yang sama persis.

Kalau saya menggunakan username yang merupakan singkatan dari nama asli saya. Yang dilingkari pink adalah username Instagram saya. Sedangkan, yang dilingkari hijau adalah nama asli saya.

Username tidak harus berkaitan dengan nama asli, di blog ini kebetulan sudah dibahas mengenai pemilihan username di instagram. Kamu bisa baca dihalaman ini bukugue.com/memilih-username-instagram

2. Arti dari CAPTION

Sebagian besar pengguna Instagram tahu apa itu caption. Sementara, sebagian lainnya masih belum tahu.

Caption adalah tulisan atau kalimat yang menjelaskan sebuah gambar, photo ataupun ilustrasi/karikatur. Jadi misalnya kita upload photo di pantai, captionnya bisa “pantai parangtritis bareng keluarga”. Caption sendiri berasal dari bahasa inggris yang artinya “keterangan”.

3. Arti dari Hashtag

Sering ditulis hestek oleh para netizen kekinian. Tanda pagar (#) ini bisa ditambahkan di dalam caption. Fungsinya untuk menandai suatu peristiwa yang saling berkaitan, tren, dan pengelompokkan sesuatu yang sama.

Misalnya, lagi ada momen Piala Dunia Eropa. Maka, hashtag yang diberlakukan jadi seragam yaitu #pialadunia atau #europeworldcup.

Kalau kamu suka baca novel atau justru mau jualan novel, kamu bisa cari #novel pada kolom SEARCH. Nanti Instagram akan menggiring kamu ke berbagai postingan yang sama.

Dan bahkan kamu bisa follow hashtag novel itu tadi. Sehingga mudah buat kamu mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan genre bacaan fiksi itu.

4. Arti dari Instagrammer

Instagrammer itu secara simpelnya adalah “pengguna instagram”. Saya kurang tau apakah ini bahasa baku, tapi kita bisa terka penambahan “er” setelah instagram ini mengikuti kebiasaan dalam bahasa inggris.

Seperti misalnya reporter merupakan orang yang melaporkan (report) berita, atau gamer adalah orang yang memainkan game, atau singer adalah orang yang menyanyikan lagu.

Jadi instagrammer bisa diartikan sebagai orang yang main instagram atau pengguna instagram pada umumnya.

5. Arti dari FEED

Feed kalau diterjemahkan secara bahasa artinya “makan”, “memberi makan”, “menyediakan makanan”. Jadi kalau misalnya bird feed, itu artinya makanan burung.

Nah, kalau di internet istilah ini juga digunakan, misalnya “News feed” atau “Activity feed”. Bedanya, feed disini dimaksudnya sebagai konten untuk makanan pengguna internet.

Agak sulit dijelaskan, tapi konsepnya seperti itu. Selain itu, ada istilah “Tampilan feed” di instagram. Ini maksudnya tampilan konten kamu ketika dibuka di profil, seperti dibawah.

contoh tampilan feed akun mu

Buat yang masih belum paham, atau penasaran mengenai feed ini. Kamu bisa baca pembahasan terkait feed disini: fitrianiudehnulis.wordpress.com/2017/02/10/apa-itu-feed-instagram/

6. Arti dari CR dan CR by

Dari yang saya pahami keduanya memiliki arti hampir-hampir sama.

CR itu bisa berarti singkatan dari “Credit”. Credit sendiri mengacu ke pemegang hak cipta dari suatu konten. Sedangkan CR by itu singkatan dari “credit by”. Yang bisa digunakan untuk menunjukkan asal dari konten tsbt.

Pointnya adalah memberitahukan bahwa sebuah konten atau postingan, baik itu tulisan, gambar, ataupun video, yang dibagikan, bersumber dari akun lainnya.

Mungkin nanti akan ditambahkan contoh penggunaannya langsung.

7. Arti dari Min

Jika dilihat dari konteks waktu, “Min” adalah singkatan dari “minutes” yang artinya “menit”. Jadi 15 min itu maksudnya 15 Menit.

Mungkin ada arti lain dari Min, tergantung konteks kalimat. Contoh kalimat “Kok jarang update min?”, min disini merupakan singkatan dari “admin”, atau “mimin”, yang menunjukkan ke si pembuat postingan.

8. Arti dari OOTD

Outfit Of The Day maksudnya adalah postingan di Instagram seputar pakaian yang dikenakan pada hari itu. Fotonya tampak mulai dari kepala hingga ujung kaki. Terkadang, ada juga yang sekalian tag merek pakaian atau sepatu yang sedang digunakan ke akun Instagram merek tertentu.

9. Arti dari U Turn

Maksudnya adalah you turn atau giliranmu. Misalnya, giliran kamu yang like atau komen atau post setelah seseorang melakukannya duluan.

10. Arti dari DONE

Dalam Bahasa Inggris “done” artinya adalah “sudah selesai”. Dipakai di Instagram ketika menjawab respon di kolom komen atau postingan seseorang. Bahwa seseorang sudah mem-follow kembali atau follback lawan bicaranya. Atau sudah memberi like, me-repost, dll.

11. Arti dari Delsoon

Merupakan kependekan dari delete soon. Jika ada postingan yang disertai dengan tulisan ‘delete soon’ atau ‘delsoon’ itu artinya postingan tersebut tidak akan diposting lama-lama. Bisa jadi besok, lusa, atau sepekan ke depan postingan tersebut akan segera dihapus oleh pemilik akunnya.

11. Arti dari Follback

Kamu suka lihat ada yang nulis di komentar postingan kamu “follback yah, kakak…” kah? Itu artinya dia ingin kamu segera mem-follow dia kembali. Karena dia sudah follow kamu.

12. Arti dari Repost

Mem-posting kembali postingan lama. Baik dari akun kita sendiri atau dari Instagram orang lain. Dengan menggunakan aplikasi yang dapat di-download dari playstore.

13. Arti dari TNF

Tap and follow dalam sebuah postingan akun berarti ia menginginkan followers-nya untuk memberi tap 2 kali alias memberi like kemudian mengikuti akun yang dia tag dalam fotonya.

14. Arti dari Story, Instastory, atau Snapgram

Ketiganya memiliki arti yang sama.

Story adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram membuat foto atau video singkat yang waktu penayangannya hanya 24 jam saja. Setelah 24 jam, instastory tersebut akan otomatis menghilang.

Rasanya tidak mungkin ada pengguna instagram yang tidak tau tentang story saat ini. Mengingat ini merupakan fitur paling populer di instagram saat ini.

Tapi jika masih ada yang kurang paham, bisa baca pembahasan lebih disini https://bukugue.com/cara-buat-dan-pakai-instagram-story-atau-snapgram/

15. Arti dari DM

DM merupakan singkatan dari Direct message. Instagram menggunakan istilah DM untuk inbox di Instagram. Kamu bisa berkirim pesan pribadi ke akun-akun Instagram lainnya, baik yang sudah follow atau belum follow kamu, dengan menggunakan DM ini.

16. Arti dari Endorse

Jika ada akun yang punya produk jualan tertentu dan ia ingin mempromosikannya, maka biasanya dia akan mencari jasa “Endorse” atau “Endorsement” di instagram

Endorse ini adalah kegiatan mengiklankan suatu produk ke follower kita. Biasanya setiap proses endorse dibayar oleh akun yang jualan tadi.

Disinilah sebagian besar selebgram mendapatkan uang dari instagram. Selain dengan menjual produk sendiri, mereka bisa meng-endorse produk-produk dari akun lainnya.

17. Arti dari M atau K

M dan K ini menunjukkan Jumlah. Bisa itu jumlah follower, bisa juga jumlah yang lainnya. M singkatan dari Million (juta), sedangkan K singkatan dari kilo (ribu).

Misalnya ada tulisan “1k” dan “1m” di dalam percakapan kamu di instagram, kamu bisa lihat konteks kalimatnya disana untuk mengerti arti dari singkatan tsbt.

Jika sedang membicarakan jumlah, maka 1K itu artinya 1 ribu. 15K artinya 15ribu. Follower 20K artinya Follower 20ribu. K juga bisa dipakai di jumlah uang. Misalnya 100K itu artinya uang seratus ribu.

Sedangkan untuk M, sama saja. 1M follower artinya 1 juta follower. M juga bisa digunakan di jumlah uang, tapi konteksnya agak rumit. 1 M bisa diartikan satu milliar, bisa juga 1 million (atau 1 juta). Jadi perhatikan konteks kalimat.

Huruf m kecil, bisa juga diartikan sebagai meter. Jadi 10 m itu artinya 10 meter. Penting sekali untuk melihat konteks kalimat secara keseluruhan untuk paham makna sebenarnya.


Oke deh, sekian dulu artikel saya kali ini. Semoga habis baca-baca artikel saya kamu jadi tambah keren deh main Instagram-nya. Jangan lupa share ya ke semua media sosial kamu.

This Post Has 6 Comments

  1. Avatar
    Syahrul

    Kalo 120 ribu sama 120k sama aja apa beda

    1. Avatar
      yudha

      sama aja mas… baik dari konteks uang, misalnya 120K idr itu artinya uang rp.120.000….. atau follower, 120K itu artinya follower seratus dua puluh ribu….

  2. Avatar
    Wila

    Arti in apa

    1. Avatar
      yudha

      arti apa mba?

      in? kalau bahasa inggris, “in” itu artinya “di / didalam”.. tapi bisa jadi ada arti lain, tergantung konteks kalimatnya… mungkin bisa singkatan, bisa juga bahasa lain..

  3. Avatar
    Menel

    Klw 2,9K berarti pengikut kita brp ka

    1. Avatar
      yudha

      2,9 dikali 1000 mas.. jadi 2900 pengikut…

Tinggalkan Balasan