Jenis dan arti dari tiap Lencana di Facebook

Readers, pernah tidak, kamu merasa penasaran dengan apa arti lencana Facebook yang diberikan pada akun tertentu? Bagaimana cara untuk mendapatkan lencana tersebut?

Lencana Facebook yang juga dikenal sebagai badge Facebook ini memiliki beberapa fungsi. Diantaranya adalah untuk memberikan apresiasi kepada anggota grup dan pengikut halaman yang aktif. Selain untuk memberikan penghargaan, ada pula lencana terverifikasi yang memiliki fungsi khusus, yaitu untuk memverifikasi keaslian suatu akun.

Mungkin sampai disini masih agak sulit dimengerti, ini karena lencana di facebook ada beberapa jenis, jadi tidak bisa dijelaskan dalam satu kalimat.

Bukugue dot com kali ini akan memberikan penjelasan mengenai arti dari masing-masing lencana berdasarkan tempat ditemukannya lencana tsbt.

Jenis dan arti dari lencana di grup Facebook

Fitur lencana ini hanya bisa didapatkan pada grup yang memiliki anggota lebih dari 50 orang saja. Sedangkan untuk grup yang anggotanya masih dibawah angka tersebut, belum bisa mendapatkannya.

Oh iya, admin grup tidak memiliki kendali penuh atas pemberian lencana pada anggota grup. Ada lencana yang bisa diberikan admin, ada juga yang tidak.

1. Lencana admin

Lencana admin hanya didapatkan bagi mereka yang menjadi admin dalam sebuah grup.

lencana admin di grup facebook

Lencana ini berbentuk seperti perisai dengan bintang di dalamnya. Admin grup merupakan pengelola yang memiliki kuasa penuh atas grup yang diurus olehnya. Seseorang yang memiliki badge admin dapat mengangkat sekaligus menghapus anggota lain sebagai admin dan moderator. Admin juga dapat memiliki kuasa untuk mengelola pengaturan serta anggota grup.

2. Lencana moderator

Lencana moderator merupakan lencana grup Facebook yang berbentuk perisai dengan tanda centang di dalamnya. Seperti namanya, lencana ini dimiliki oleh mereka yang menjadi moderator dalam sebuah grup.

lencana moderator di grup facebook

Moderator bersama admin merupakan pengurus yang memegang peranan penting pada grup. Bedanya, jika admin memiliki kendali penuh, moderator hanya memiliki kuasa untuk mengelola postingan dan permintaan keanggotaan baru saja.

3. Lencana pembuka percakapan (conversation starter)

Lencana pembuka percakapan merupakan lencana grup Facebook yang untuk anggota yang konsisten memulai pembicaraan di grup. Mereka biasanya sering mengirimkan postingan menarik di grup.

lencana pembuka percakapan di grup facebook

Dengan kata lain, anggota yang menerima badge ini adalah orang-orang yang sering mengirim postingan populer, atau banyak menerima tanggapan dari anggota grup lainnya. Lencana ini berbentuk cangkir dengan asap mengepul di atasnya.

Admin note: Lencana ini otomatis diberikan system, jadi admin hanya bisa memberikan lencana moderator dengan mengangkat anggota jadi moderator.

4. Lencana rising star

Badge rising star akan diberikan bagi mereka yang banyak memberikan kontribusi pada 1 bulan pertamanya bergabung di grup. Postingan yang dibagikan biasanya memiliki banyak tanggapan.

lencana rising star di grup facebook

Jadi, untuk mendapatkan badge rising star, kita perlu menjadi anggota yang aktif dan sering membagikan postingan yang menarik pada saat baru bergabung dengan grup. Lencana ini memiliki ciri berbentuk bintang dengan titik-titik bulat di sekelilingnya.

Admin note: Sama, lencana ini tidak bisa diberikan oleh admin ke anggota grup, tapi otomatis diberikan system facebook ke anggota yang memenuhi syarat lencana tsbt.

5. Lencana visual storyteller

Badge ini berbentuk baloon dengan gambar pemandangan di dalamnya. Sesuai namanya, lencana visual storyteller diberikan bagi anggota grup yang secara aktif mengirimkan gambar atau video yang menarik pada grup tempatnya bergabung.

lencana visual storyteller di grup facebook

Untuk mendapatkan badge ini, kamu perlu menjadi anggota yang aktif membagikan foto maupun video yang menarik di grup.

Admin note: Lencana ini juga otomatis diberikan system setauku. Cmiiw.

6. Lencana anggota baru

Lencana anggota baru ini didapatkan oleh mereka yang baru saja bergabung di sebuah grup dalam kurun waktu 2 minggu terakhir. Lencana ini memiliki ciri berbentuk tangan yang sedang melambai.

Bagi sebagian orang, mungkin tidak merasa nyaman dengan lencana anggota baru yang diberikan ini. Seringkali anggota baru ini diremehkan oleh anggota lama di grup. Namun, untuk mengatasi hal ini, kita masih dapat memiliki pilihan untuk menyembunyikan lencana anggota baru.

Lencana “Top fans” di halaman fanpages Facebook

Selain pada grup, kita juga dapat menjumpai badge pada halaman fanpages Facebook. Adapun lencana ini diberikan bagi pengikut halaman yang memiliki kontribusi besar.

Pada halaman Facebook, terdapat lencana penggemar terbaik.

Lencana penggemar berat ini dapat diperoleh oleh mereka yang aktif berinteraksi pada halaman Facebook. Adapun yang dimaksud interaksi disini diantaranya adalah mereka yang sering melihat, menyukai, dan memberikan komentar, serta menulis postingan di halaman.

Mereka yang memenuhi syarat akan memiliki kesempatan mendapatkan badge top fans ini.

Ketika kita memiliki lencana penggemar berat di sebuah halaman, ikon lencana akan muncul pada semua interaksi yang kita lakukan pada halaman tersebut, bahkan komentar dan postingan lama sekalipun. Untuk mengetahui siapa saja penggemar berat suatu halaman, kamu dapat menekan tombol “lihat semua penggemar terbaik”.

Lencana terverifikasi di Facebook (verified badge)

Apakah kamu sering menemukan akun fake yang mengatasnamakan selebriti atau tokoh terkenal lainnya? Untuk mengatasi permasalahan ini, Facebook memberikan fitur verified badge atau lencana terverifikasi.

Lencana berbentuk tanda centang ini akan muncul pada samping nama halaman atau orang tertentu di Facebook. Bagi akun yang sudah memiliki lencana ini, itu artinya akun tersebut bisa dipastikan keasliannya.

Biasanya badge ini dimiliki oleh tokoh publik, selebriti, atau merek global.

lencana terverifikasi atau verified badge di facebook

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan lencana terverifikasi.

1. Autentik. Artinya, akun yang diajukan harus dapat mewakili orang, bisnis, atau entitas yang terdaftar.
2. Unik. Akun yang diajukan tidak boleh memiliki topik yang umum. Kita perlu memastikan bahwa hanya ada 1 akun yang didaftarkan untuk setiap orang, bisnis, atau entitas.
3. Lengkap. Akun yang didaftarkan harus memiliki kelengkapan seperti foto profil, tentang, dan memiliki setidaknya 1 postingan di dalamnya.
4. Mudah diingat. Akun yang didaftarkan harus mewakili orang, bisnis, atau entitas yang banyak dicari oleh orang-orang.


Nah readers, setelah membaca informasi di atas, seharusnya kamu sudah sudah mengetahui apa itu lencana di Facebook.

Bagi pembaca yang masih memiliki pertanyaan terkait topik ini, bisa tuliskan melalui kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan