Cara melaporkan HOAX yang menyebar di Whatsapp

Hingga Saat ini Whatsapp sudah menjadi sebuah aplikasi wajib bagi pengguna Smartphone. Whatsapp sendiri selain berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan, juga dapat digunakan untuk berbagi dan menerima Informasi.

Jika kita perhatikan, banyak sekali informasi yang ada di Whatsapp. namun perlu diingat, tidak semua informasi tersebut benar.

Ada juga beberapa informasi yang tidak benar atau lebih kita kenal dengan Hoax. Sebagai pengguna yang cerdas, kita harus bisa memilah-milah mana informasi yang benar dan mana informasi yang tidak benar.

Oleh karena itu jika kalian menemukan sebuah informasi maka kalian harus pastikan dahulu bahwa informasi tersebut benar dan valid sebelum menyebarkannya ke orang lain.

Ciri-ciri informasi atau pesan Hoax di whatsapp

Dalam rangka memberantas hoax, whatsapp sudah berusaha sebaik mungkin agar pesan pesan hoax yang masuk bisa dikurangi.

Namun agak sulit juga karena whatsapp tidak mungkin mengatur siapa saja yang akan menghubungi kalian melalui Whatsapp. oleh karena itu whatsapp memfasilitasi kalian dengan fitur report agar kalian sebagai pengguna bisa melaporkan pesan pesan yang mengarah ke hoax.

Sebelum kalian melaporkan pesan hoax, ada baiknya kalian mengetahui ciri ciri pesan hoax di Whatsapp. Whatsapp sendiri meminta penggunanya untuk waspada terhadap pesan dengan ciri ciri berikut:

  1. Pesan yang mengandung kesalahan ejaan atau tata bahasa, yang tampak kaku sekali, bisa saja merupakan pesan yang dikirimkan menggunakan bot. Tidak pasti juga, tapi ini bisa jadi salah satu indikasi.
  2. Pesan yang meminta kalian untuk mengklik link/tautan. Hal ini sangat mengganggu karena kita tidak mengerti tautan apa yang akan kita klik. Buat yang pemula, bisa saja tidak bisa membedakan situs hoax tersebut dibandingkan situs legit dan mengira bahwa informasi yang di baca adalah benar.
  3. Pesan yang meminta kalian untuk berbagi informasi pribadi seperti seperti nomor kartu kredit dan rekening bank, tanggal lahir, kata sandi, dll.
  4. Yang paling sering terjadi adalah pesan yang meminta kalian menyebarkan kembali pesan tersebut. Kalian biasanya dikirimkan berupa broadcast dan diminta untuk menyebarkannya. Sebagai pengguna yang pintar kalian harus bisa menyaring pesan seperti ini.

Admin: Yang nomor 4 itu yang paling banyak memang. Aku inget banget waktu jaman chatting pakai BBM, bahkan jauh sebelum itu, waktu masih ponsel jadul. Ada aja pesan seperti ini. Yang minta disebarkan, kalau tidak disebarkan, bakal sial atau anggota keluarga mati. Iya, pesan seperti ini masuknya kategori hoax, dan dulu waktu aku masih lugu-lugu-nya, termasuk salah satu yang ikut nyebarin pesan hoax seperti ini kekeluarga dan teman-teman. Kalau diingat-ingat sekarang, rasanya pengen nangis. Bodoh banget.

Cara melaporkan Hoax

Ada 2 cara untuk melaporkan Hoax. Yang pertama adalah melalui Whatsapp itu sendiri, dan yang kedua menggunakan aplikasi aduan konten. Jika kalian masih kurang puas melaporkan pesan Hoax melalui whatsapp, maka kalian bisa menggunakan situs tempat pelaporan hoax yang akan dijelaskan pada step dibawah ini.

1. Laporkan hoax langsung di aplikasi Whatsapp

1. Masuk ke pesan hoax yang akan kalian laporkan lalu tap titik tiga dibagian kanan atas layar

masuk ke pesan hoax

2. Pilih “more” atau “lainnya

Pilih More

3. Lalu muncul menu dropdown dari “more” tadi. pilih Report.

4. Jika kalian checklist maka pengguna yang kalian laporkan, akan otomatis terblokir dan kalian tidak akan bisa berhubungan lagi dengan pengguna tersebut. Karena kalian hanya ingin melaporkan pesannya saja, maka kalian tidak perlu menceklis, jadi hilangkan ceklisnya.

Konfirmasi Report
Konfirmasi Report

5. Akan muncul pop up yang menyatakan bahwa report telah terkirim. Jika kalian sudah mendapatkan pop up tersebut maka kalian sudah berhasil melaporkan konten tersebut.

report berhasil
report berhasil

Admin: Yup, fitur report di whatsapp tidak selengkap fitur report di facebook, sangat disayangkan memang. Tidak ada pilihan lain ataupun kolom untuk menjelaskan tentang apa report tersebut. Di lain sisi karena langkahnya yang sangat singkat kalian bisa melaporkan hoax tersebut dengan cepat.

2. Laporkan hoax melalui situs pengaduan Hoax

Ketika kalian melaporkan sesuatu lewat whatsapp, kalian tidak bisa memberikan keterangan bahwa pesan tersebut merupakan pesan Hoax. Jika ingin pelaporan yang lebih spesifik dan bisa dikontrol, maka kalian bisa mengunjungi situs pelaporan Hoax.

Admin: Aku udah cek situsnya, ini situs non-profit. Aku liat mereka melakukan research dan klarifikasi, misalnya ada laporan tentang “info A”, mereka akan cek dan validasi faktanya, lalu mempublikasikan bahwa “info A” itu benar atau ternyata hanya informasi hoax. Situsnya keren, tapi aku tidak lihat apakah mereka bisa melakukan take-down akun yang bermasalah. Jadi ini mungkin tidak berefek sama sekali ke akun si penyebar hoax, tapi setidaknya kalau hoaxnya dipatahkan dan di publikasi di internet, banyak orang yang bisa terselamatkan..

Berikut adalah cara melaporkan Hoax dengan menggunakan situs pelaporan Hoax.

1. Yang pertama kalian lakukan adalah capture percakapan yang kalian curigai bahwa itu adalah hoax
2. Lalu Masuk ke situs https://turnbackhoax.id/lapor-hoax/

Masuk ke Situs Pelaporan Hoax
Masuk ke Situs Pelaporan Hoax

3. Isi nama, email, judul laporan dan text hoax yang sudah kalian copy di whatsapp

Isi Identitas
Isi Identitas

4. Di step 1 kalian sudah capture pesan yang kalian curigai sebagai hoax, selanjutnya kalian upload pada bagian upload file. Lalu setelah terisi semuanya. Klik “Send”.

Upload Screenshot
Upload Screenshot

5. Setelah klik send dilaman sebelumnya. Kalian menerima pesan seperti ini, itu artinya laporan kalian sudah terkirim.

Report Berhasil
Report Berhasil

6. Kalian juga bisa memantau laporan kalian di situs https://rlxc.plan.io/projects/hoax-clearing-center/issues

Memantau Report
Memantau Report


Jangan pernah mengharapkan whatsapp bisa otomatis mengurangi pesan Hoax yang masuk. Karena pesan hoax itu dikirim oleh pengguna-pengguna yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengurangi berita hoax di whatsapp adalah dimulai dari diri sendiri.

Jika kalian menemukan sebuah berita yang kebenarannya tidak bisa dipertanggung-jawabkan, maka berita tersebut harus berhenti di kalian dan tidak perlu di share.

Selain itu kalian juga bisa melaporkan berita Hoax tersebut melalui 2 cara diatas. Hal ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang nyaman tanpa adanya pesan-pesan yang mengganggu saat kalian pakai whatsapp.


Itulah tips bagaimana melaporkan berita hoax yang tersebar diwhatsapp versi bukugue dot com, jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis dikolom komentar. Sekian dan terima kasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan