Perbedaan LINE biasa dengan LINE Lite

Aplikasi messenger dewasa ini sangat memudahkan kita untuk menghubungi orang lain tanpa pengenaan biaya atau pulsa tambahan. Kamu dapat menggunakan aplikasi messenger untuk sekedar berkirim pesan teks atau telpon. Beberapa aplikasi messenger bahkan juga menyediakan fasilitas agar kamu dapat membuat panggilan video.

Salah satu aplikasi messenger yang cukup banyak digunakan orang adalah LINE. Selain menyediakan fasilitas menelpon dan berkirim pesan, LINE bahkan memiliki fitur-fitur lainnya yang mungkin tidak akan kamu temukan pada aplikasi lainnya. Mulai dari sticker, LINE Square, timeline, sampai dengan LINE Today. Sebagai aplikasi messenger yang tidak pelit akan fitur, menjadikan LINE semakin banyak digunakan.

Meskipun kaya fitur, akan tetapi ini justru menjadikan aplikasi LINE sedikit berat untuk dijalankan pada ponsel dengan spesifikasi rendah. Sehingga selain aplikasi LINE (biasa), Line Corporation juga menyediakan alternatif aplikasi lainnya yang lebih ringan, yaitu LINE Lite.

Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang dapat kamu unduh melalui playstore. Apakah kamu sudah memutuskan akan menginstall aplikasi LINE reguler ataukah LINE Lite? Kedua aplikasi tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk mengunduh aplikasi LINE reguler, kamu dapat menuju link berikut : https://play.google.com/store/apps/details?id=jp.naver.line.android

Sedangkan untuk LINE Lite, kamu dapat mengunduh aplikasinya melalui link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linecorp.linelite

Jadi sebelum kamu buru-buru download dan install aplikasi ini, simak dulu perbedaan antara kedua aplikasi ini. Disini akan lebih banyak dijelaskan mengenai fitur-fitur LINE Lite, karena mungkin para pembaca disini masih belum banyak tahu tentang LINE Lite. Langsung saja, kita simak yuk.

Dari segi tampilan utama

Agak sulit untuk dibandingkan, karena jumlah fitur antara dua aplikasi ini berbeda sehingga menghasilkan tampilan utama yang juga berbeda. LINE lite yang minim fitur tentu bisa di desain lebih simple dari pada LINE biasa.

Selain itu adanya perbedaan fitur mengakibatkan perbedaan tampilan. Seperti misalnya, LINE Lite memisahkan antara obrolan OA (official account) dengan akun biasa. Ini menjadi hal yang menguntungkan bagi pengguna LINE Lite karena chat dari teman-temanmu tidak akan tergeser oleh OA. Sedangkan untuk LINE reguler, tidak ada pemisahan diantara keduanya.

Selain itu, di LINE reguler, obrolan Line Square tergabung bersama dengan obrolan lainnya sehingga pesan dari temanmu mungkin akan lebih mudah tergeser dan tenggelam. Berbeda dengan LINE Lite yang memisahkan hal ini.

Kemudian, pada LINE reguler, kamu dapat menemukan beberapa jendela atau menu untuk mengakses beberapa layanan dengan cepat di bar bagian bawah.  Terdapat menu friends, menu chat, timeline, today dan More (lainnya) untuk akses terhadap fitur Line lainnya. Hal ini berbeda dengan LINE Lite, tampilannya jauh lebih sederhana. Akses menuju daftar kontak dan pengaturan dapat kamu lakukan dengan cara menyentuh icon-icon pada bagian atas layar.

Dari segi fitur

LINE reguler jelas memiliki fitur yang jauh lebih banyak dari pada LINE Lite, karena LINE lite memang di buat sebagai versi minimalis dari LINE. Walaupun begitu, ada fitur-fitur yang ternyata ada di LINE Lite tapi tidak ada di LINE biasa.

A. Kelebihan LINE Lite

Meskipun aplikasi ini merupakan versi mini dari pendahulunya, akan tetapi jangan salah. LINE Lite juga menyediakan fitur yang tidak tersedia bahkan pada LINE biasa sekalipun.

Melalui LINE Lite, kamu dapat melihat siapa saja yang membaca pesan yang kamu kirimkan di group chat. Sehingga, kamu bisa mengetahui siapa saja yang menjadi silent reader atau anggota grup yang pasif.

mengetahui pembaca pesan di grup

LINE Lite juga menyediakan fitur night mode untuk dapat kamu gunakan pada tempat yang bercahaya minim. Untuk dapat mengaturnya, silahkan menuju menu pengaturan. Setelah itu tap opsi pengaturan chats & calls, dan pada screen mode atur menjadi night mode.

mode malam pada line lite

Selain itu, pada LINE Lite kamu memiliki pilihan untuk me-logout akunmu ketika diperlukan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna LINE Lite, karena pada versi regulernya opsi logout justru tidak tersedia. Untuk dapat me-logout akunmu dari LINE Lite, kamu cukup membuka menu settings, kemudian tap accounts, lalu tap log out. Mudah bukan?

opsi log out pada line lite

B. Kekurangan LINE Lite

Karena didesain seramping mungkin, mau tidak mau LINE Lite harus mengorbankan beberapa fitur penting yang ada di LINE biasa. Ini juga sekaligus menjadikan kekurangan tersendiri dari LINE Lite.

Apa saja fitur yang dipangkas tersebut? Berikut ini akan dibahas fitur LINE biasa yang hilang dari LINE Lite.

  1. Tidak menyediakan fitur timeline. Kamu sering membuka timeline di LINE untuk melihat informasi atau sekedar mencari hiburan? Atau kamu suka membuat story di LINE? Bagi kamu yang berniat mengganti LINE reguler menjadi LINE Lite, maka kamu harus siap-siap kehilangan fitur ini, karena LINE Lite tidak menyediakan fitur timeline.
  2. Tidak menyediakan fungsi LINE Square. Bagi sebagian orang, LINE Square dapat berfungsi untuk bertukar informasi dengan orang yang memiliki minat atau hobi yang sama. Bagi kamu pengguna LINE Lite, sayang sekali fitur ini tidak tersedia di aplikasi ini.
  3. Tidak dapat membagikan lokasi. Fitur share location saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan orang. Misalnya untuk berjualan dengan sistem COD, janjian dengan teman-teman, atau sekedar membagikan informasi lokasi saja. LINE Lite saat ini belum menyediakan fitur untuk berbagi lokasi. Bagi kamu yang ingin menggunakan fitur share loc, kamu perlu menggunakan versi reguler dari LINE.
  4. LINE Lite tidak menyediakan tombol back-up dan restore data. Meskipun demikian, karena LINE Lite menyediakan fungsi log out, data chat akan tetap tersimpan saat kamu me-logout akunmu.
  5. Tidak mendukung animasi dan sticker bergerak. Bagi kamu penggemar sticker LINE, mungkin tidak akan menyukai dengan dihilangkannya fitur animasi gerak pada LINE Lite ini. Sticker memang dapat digunakan, namun suara dan gerakan pada animasi sticker tidak akan dapat terlihat pada LINE Lite.
  6. Tidak tersedianya theme dan sticker store. Hal ini cukup dimaklumi karena LINE Lite hanya menyediakan fungsi dasar dari aplikasi messenger saja. Jika kamu ingin membeli sticker dan mengubah tema, kamu hanya bisa menggunakannya di LINE biasa.

Selain pemangkasan fitur, aplikasi LINE Lite juga terkadang memiliki masalah pada penerimaan notifikasi. Berdasarkan pengalamanku dan berdasarkan beberapa review di playstore, aplikasi ini memiliki masalah notifikasi yang cukup mengganggu. Terkadang notifikasi tidak masuk ketika aplikasi dalam keadaan tertutup.

Dari segi ukuran aplikasi

Karena LINE biasa merupakan versi penuh yang memiliki banyak fitur, aplikasi ini memiliki ukuran yang relatif besar. Dalam pemakaiannya pun, aplikasi ini dapat memakan 416 MB dari memori penyimpanan. Aplikasi LINE ini bahkan memakan ruang lebih besar dibandingkan aplikasi messenger saingannya, yaitu Whatsapp.

Sementara itu, untuk LINE Lite sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang merupakan versi lite atau versi mini dari pendahulunya. Dalam pemakaiannya pun aplikasi LINE Lite tidak banyak menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Aplikasi ini hanya memakan memori sebesar 36 MB saja.

Dari penjelasan tadi, sudah bisa dipastikan bahwa LINE Lite lebih unggul dalam hal ini. Jika kamu menginstall LINE Lite untuk menggantikan versi regulernya, kamu bisa menghemat cukup banyak memori penyimpanan.

Dari segi penggunaan data

LINE Lite pada dasarnya memangkas beberapa fungsi pada LINE yang sering menghabiskan banyak data. Seperti misalnya timeline, di LINE Lite fitur ini tidak tersedia, sehingga data yang kamu keluarkan akan lebih sedikit.

Seperti pada gambar di bawah ini, pada pemakaian wajar dan hampir sama rata, Line lebih banyak menghabiskan data dibandingkan dengan Line Lite. Meskipun demikian, pada gambar ini masih belum menunjukkan perbedaan yang signifikan.

pemakaian data pada line dan line lite

Kemudian, ketika aku coba mengirimkan gambar (file size: 3,59 MB) ke teman, ternyata terdapat perbedaan kompresi data. Pada LINE biasa, gambar yang dikirim kemudian dikompres menjadi 102 KB. Sedangkan pada LINE Lite, gambar yang dikirim dikompres menjadi 52 KB saja. Ini menunjukkan bahwa pemakaian data pada LINE Lite memang lebih hemat.

Dari segi penghematan data pemenangnya memang jelas LINE Lite. Cocok banget buat pengguna yang memang tidak pakai Wifi dan harus hemat dalam penggunaan kuota internet.


Aku rasa cukup jelas perbedaan dari kedua aplikasi ini. Tidak ada pemenang yang jelas disini. Jadi tidak bisa dibilang bahwa LINE lite lebih baik, atau LINE biasa lebih baik. Karena memang aplikasinya di desain dengan tujuan yang berbeda, dan pengguna yang cocok pakainya pun berbeda.

Ohya, masih terkait LINE Lite, aku lihat ada pertanyaan seperti ini di google. “Apakah LINE Lite bisa melakukan panggilan video?” Jawabannya adalah BISA.

Meskipun banyak memangkas beberapa fitur penting, namun jangan khawatir kamu tetap bisa video call-an di aplikasi Ini.

Pada tahun 2018 lalu, LINE Lite secara resmi menambahkan fitur baru, yaitu panggilan suara dan video. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas untuk melakukan panggilan suara dan video seperti halnya pada LINE biasa. Bahkan kamu juga masih bisa melakukan panggilan video dalam grup chat-mu lho. Hanya saja mungkin ada beberapa fitur pada panggilan video yang tidak akan bisa kamu gunakan di LINE Lite, misalnya saja sticker. Namun jika kamu tidak membutuhkan ini, tidak masalah bukan?


Demikian itu tadi informasi mengenai perbedaan aplikasi LINE biasa dengan LINE Lite. Ikuti informasi menarik seputar media sosial lainnya di Bukugue dot com. Sampai jumpa!

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan