Cara membuat Katalog di WhatsApp Bisnis

Belum lama ini pihak whatsapp menambahkan fitur baru di aplikasi whatsapp bisnis. Fitur baru yang di luncurkan whatsapp bisnis tentu sangat membantu para penggunanya.

Nama fiturnya adalah katalog.

Fitur katalog ini dapat membantu para pengusaha online untuk lebih mudah saat memasarkan produknya. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan para penjual dalam membuat list atau daftar barang, bersama dengan harga dan keterangan lainnya untuk barang tsbt.

Tidak hanya itu, jika kalian memiliki toko dimarketplace ataupun situs diinternet, kalian juga bisa menambahkan link ke toko online tsbt , untuk membawa calon pembeli ke toko kalian.

Dengan mengaktfkan fitur ini kalian seolah-olah seperti memiliki toko online sendiri di aplikasi whatsapp. Karena tampilan katalog whatsapp ini hampir sama dengan toko online pada umumnya. Jadi para calon pembeli tidak akan menanyakan tentang masalah harga lagi pada kalian.

Cara membuat katalog di whatsapp bisnis

Fitur katalog ini hanya bisa dilakukan di aplikasi whatsapp bisnis. Jadi jika kalian ingin menggunakan fitur ini, kalian harus sudah mendownload aplikasi whatsapp bisnis dan mangaktifkannya terlebih dahulu.

Untuk menggunakan katalog, silahkan ikuti langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi whatsapp bisnis di ponsel kalian.
2. Klik “icon titik tiga” yang ada di pojok kanan atas layar.

3. Setelah itu akan muncul kotak kecil berisi menu. Pilih dan tap “Setelan” atau “Settings”.

4. Lalu kalian akan dibawa ke halaman setelan seperti dibawah. Selanjutnya masuk ke menu “Setelan Bisnis”.

5. Di halaman “Setelan Bisnis” ini kalian pilih menu “Katalog”.

6. Setelah kalian masuk ke halaman katalog. Tap “icon plus” yang ada di pojok kanan bawah untuk menambahkan produk kalian ke katalog.

7.1.1 Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman “tambah” produk seperti dibawah ini. Dilaman inilah seluruh detail terkait produk kalian tersebut dimasukkan. Mulai dari detail harga, deskripsi dan gambarnya. Pertama untuk menambahkan gambar, tap ikon “tambah gambar” dibawah.

7.1.2 Setelah itu akan halaman kecil muncul dari bawah. Kalian pilih saja menu di mana kalian menyimpan gambarnya.

7.1.3 Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman galeri di mana kalian menyimpan gambar produk. Di sini kalian pilih saja gambar produk kalian.

7.2 Jika sudah menambah gambar, kalian bisa isi nama produk dan harganya di kolom yang sudah di sediakan.

7.3 Kalian juga bisa menambahkan informasi lain, seperti deskripsi, tautan link, dan kode produk dengan menekan “Tambah Bidang”.

7.4. Untuk link atau tautan, kalian beri https:// atau http:// tergantung protocol situs kalian, jangan tambahkan www jika situs kalian tidak pakai www.

8. Jika sudah di isi semua, kalian tinggal tap “Simpan” yang ada di pojok kanan atas.

9. Satu produk tadi akan muncul dikatalog kalian. Lakukan ulang langkah 6-8 untuk menambahkan produk lainnya di katalog kalian. Kalian bisa klik produknya untuk melihat hasilnya.

Dengan menggunakan katalog kalian bisa lebih mudah lagi untuk menjual produk milik kalian di whatsapp. Katalog yang sudah kalian buat bisa kalian sebarkan langsung ke group-group yang ada di whatsapp atau ke teman-teman kalian. untuk orang yang kalian kirimi pesan katalog ini juga bisa langsung melihat produknya tanpa harus keluar dari aplikasi whatsapp.

tampilan katalog setelah di share

Kalian bisa lihat gambar di atas untuk hasil katalog yang sudah di sebarkan. Jadi orang yang menerima pesan katalog ini bisa langsung melihatnya dengan klik tombol lihat di situ.


Ok saya rasa sudah cukup lengkap pembahasan untuk fitur katalog ini. Kalian bisa tanya di bawah jika ada yang belum dipahami. Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan