Cara mengatasi whatsapp lemot dan sering ngelag

Setiap hari kita menggunakan whatsapp untuk saling terhubung dengan orang lain. Dengan penggunaan whatsapp setiap hari, tidak heran jika data whatsapp akan membengkak. Akibatnya, whatsapp yang kita gunakan akan semakin lemot dan kadang ngelag.

Ibaratnya ketika setiap hari kita diberi tugas, maka tugas itu akan terus bertambah. Belum selesai menyelesaikan tugas satu, sudah diberi tugas yang lain, akhirnya tugas kita menumpuk, dan berakhir pada kinerja kita yang menurun karena terlalu berat mengerjakan tugas-tugas yang kita terima.

Kira-kira gambaran penyebab whatsapp lemot seperti itu.

Walaupun mungkin ada beberapa penyebab lain diluar whatsapp yang mungkin bisa menjadi faktor juga. Bahkan ada penyebab whatsapp lemot yang tidak ada solusinya, penasaran? Lanjut baca..

Solusi untuk mengatasi whatsapp yang lemot

Sebelum kita cobain langkah ini-itu. Coba untuk restart dulu HP-nya. Ini langkah yang paling awal, yang perlu dicoba.

Dengan merestart HP, kalian membuat system kembali ke posisi start yang masih fresh, tidak banyak aplikasi yang running di background, sehingga RAM dan CPU masih banyak yang tersisa.

Kebanyakan masalah di ponsel, bisa di selesaikan hanya dengan merestart atau mematikan HP sejenak.

Jika tidak ada efek, barulah coba semua langkah dibawah ini.

1. Hapus atau kurangi data di whatsapp

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, whatsapp menerima dan mengirimkan banyak data, akibatnya data whatsapp terlalu menumpuk, akhirnya memengaruhi kinerja Whatsapp bahkan kinerja ponsel teman-teman.

Solusinya? hapus data-data yang “memakan” banyak memori penyimpanan internal HP-mu. Nah, disini aku menuliskan beberapa cara untuk menghapus data Whatsapp.

a. Menghapus media dari chat dengan kontak/grup.

Jika kamu sudah yakin tidak ada data-data yang penting yang perlu kamu ambil dari chat temanmu, kamu bisa tahan 2-4 detik nama kontak temanmu (kamu bisa memilih lebih dari satu kontak), lalu tap “ikon tong sampah” yang ada di atas.

Beri centang “Delete media from my phone”, lalu tap “Clear”.

Nanti chat dan media seperti foto, video, dokumen, dll yang telah kamu terima dari kontak yang kamu pilih tadi akan ikut terhapus.

Sedangkan kalau grup, kamu bisa ikutin langkah dibawah ini untuk membersihkan datanya. Pertama, buka dulu grup yang ingin dibersihkan. Jika sudah terbuka, tap “titik tiga” di pojok kanan atas, lalu tap “More”, selanjutnya tap “Clear Chat”.

Selanjutnya akan muncul kotak konfirmasi, beri centang “Delete media from my phone”, lalu tap “Clear chat” untuk mengkonfirmasikan penghapusan.

b. Menghapus media berdasarkan jenis media.

Berbeda dari cara sebelumnya, untuk cara ini kamu bebas menentukan media mana-mana saja yang ingin kamu hapus, cara ini dikategorikan sesuai jenis filenya.

Buka aplikasi “File Manager” atau aplikasi pengelola file yang ada di HPmu. Masuk ke penyimpanan internal. Buka folder “Whatsapp”, lalu buka folder “Media” .

Didalamnya terdapat beberapa folder lagi, kamu tinggal menyesuaikan jenis file yang ingin kamu hapus.

Atasi WA lemot
Jenis file sesuai dengan nama bana folder
  • “Whatsapp animated Gif” berisi video atau animasi (format gif), di folder sent adalah animasi yang kamu kirim.
  • “Whatsapp Image” berisi semua foto, baik foto yang kamu terima, ataupun yang kamu kirimkan.
  • “Whatsapp Documents” berisi tentang dokumen yang kamu terima, di folder sent adalah dokumen yang kamu kirim.
  • Begitu seterusnya, intinya isi folder bergantung pada nama folder.

2. Update whatsapp ke versi paling baru

Bisa jadi versi whatsapp yang kamu gunakan belum update. Pastikan kamu menggunakan whatsapp versi terbaru untuk meningkatkan stabilitas kinerja whatsapp.

Atasi WA lemot

Cara update whatsapp? Cukup mudah, buka appstore/playstore, cari whatsapp dikolom pencarian. Nanti akan muncul beberapa result, lihat keterangan untuk whatsapp, jika tidak ada tombol “update”, artinya kamu sudah menggunakan whatsapp versi terbaru.

3. Tutup semua aplikasi lainnya

Dengan menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan, kamu membuat longgar RAM yang digunakan oleh HPmu karena semakin sedikit proses yang dijalankan oleh HPmu.

Atasi WA Lemot
Tutup semua aplikasi

Ibaratnya ketika kita menyapu, mengepel, dan mengelap meja kamu kerjakan secara bersamaan, kita akan kesusahan mengerjakan 3 tugas sekaligus. Berbeda ketika kita hanya fokus menyapu, maka pekerjaan akan terasa lebih ringan.

4. Cek koneksi jaringan internet

Untuk lemot yang satu ini, berbeda dengan kasus-kasus di atas, hehe.

Kamu bisa membuka whatsapp dengan cepat, tetapi tidak ada pesan masuk, atau mungkin menerima pesan tetapi tidak realtime, dan mengirim pesan tidak sampai-sampai. Bisa jadi ada yang salah dengan koneksi internet HP-mu. Atau bisa jadi, memang tidak ada yang mengirim kamu pesan whatsapp, hehehe.

Coba periksa koneksi internetmu, kamu bisa cek kuota atau cek koneksi Wi-Fi. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil.

5. Pastikan untuk memberi cukup ruang dimemori internal.

Kalau di cara nomor 1, kita bersihkan data di whatsapp. Disini kamu aku sarankan untuk membersihkan memori internal. Semua data system biasanya disimpan di memori internal. Jika memori terlampau penuh, biasanya proses pembacaan data bisa jadi lebih lama.

Akibatnya, aplikasi whatsapp pun bisa jadi lebih lemot.

Jadi disini kamu hanya perlu menghapus aplikasi yang tidak dipakai lagi, menghapus cache aplikasi-aplikasi lainnya, menghapus data yang memang tidak digunakan lagi, memindahkan file seperti foto atau video ke perangkat lain (laptop misalnya, atau upload ke cloud storage).

Dengan membersihkan memori internal, maka ponsel secara keseluruhan akan lebih cepat.

Masalah yang tidak ada solusinya

Sebelum kamu menyerah dan bawa HP ketukang servis, pahami bahwa ada hal diluar jangkauan kita yang bisa menyebabkan whatsapp bermasalah.

Dan solusinya hanya satu, “menunggu”.

Masalahnya adalah “server whatsapp down” dan “akses ke whatsapp diblokir kominfo”. Hal ini sudah pernah terjadi sebelumnya. Dan bukan tidak mungkin kedepannya tidak akan terjadi lagi.

Kalau sudah begini, yang bisa dilakukan hanyalah menunggu hingga kondisi normal kembali.

Kesimpulan

Intinya untuk mengatasi whatsapp yang lemot, coba longgarkan memori internal, RAM dan CPU. Pastikan bahwa ponsel dalam kondisi yang prima, sampah-sampahnya (seperti cache, cookies, dll) dibersihkan secara berkala. Jangan lupa cek berita, atau tanya ketetangga, apakah ada yang mengalami masalah yang sama, ini untuk memastikan bahwa masalahnya bukan di HP kita.


Gimana tips-tipsnya cukup mudah bukan? Itu semua yang sudah kucoba, dan hasilnya ngefek, ga lemot-lemot amat pas buka WA. Kalau kamu punya cara lain, tinggalkan di kolom komentar, ya!

Terima kasih.

Andreas Aditya Yoga Prasasta

Nikmati apa yang ada, gak cuman yang seneng yang harus dinikmati. Yang susah pun juga harus dinikmati. Jika tak bisa dinikmati, cukup jalani

Tinggalkan Balasan