Tips dan trik terkait Aliases Akun Gmail kamu

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita mengupas sedikit tentang layanan surat elektronik favorit semua orang. Yap, tidak salah lagi, kita akan membahas sedikit tentang gmail atau google mail pada kesempatan kali ini.

Gmail atau yang dulu sering juga disebut dengan google email, dirancang oleh Paul Buchheit dan diluncurkan pertama kali masih dalam bentuk betanya pada tanggal 1 April 2004. Data sampai dengan bulan April 2018, setidaknya terdapat 1,4 Millyar orang di dunia yang menggunakan layanan surat virtual ini.

Lalu, apa Anda pernah mengalami kebingungan dengan banyaknya jumlah akun email nggak? Jangan khawatir, Anda tidak sendiri, hampir kita semua memiliki setidaknya tiga sampai lima akun email yang dibedakan oleh tujuan dan keperluan penggunaannya.

Satu akun gmail bisa digunakan untuk membuat berbagai macam akun social media seperti twitter, facebook, instagram dll. Sedangkan sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa kita sebagai pengguna social media terkadang memiliki lebih dari satu akun social media. Saya sendiri memiliki tiga akun twitter dan dua akun facebook. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pembuatan akun ini disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari penggunannya, jadi wajar saja memiliki lebih dari satu, dua atau bahkan lebih dari tiga akun email dan social media.

Nah, dari sinilah terkadang masalah mulai bermunculan. Seperti lupa email mana yang dipakai, password mana yang sesuai atau email atau nomor telepon mana yang dijadikan sebagai cadangan. Selain dituliskan dalam catatan, sekarang sudah banyak devices yang dapat mempermudah pengguna untuk menyimpan dan mengingat banyaknya username dan password dari email.

Selain itu, masalah satu lagi yang menyebabkan kita membuat banyak email yaitu adanya ketentuan yang hanya memperbolehkan mendaftar satu akun social media dengan menggunakan satu alamat email. Oleh karena itu, semakin banyak akun platform social media yang ingin Anda buat maka semakin banyak pula email yang harus Anda buat terlebih dahulu sebelum mendaftarkan akun baru Anda.
Benar ‘kan?

Baiklah, sekarang saya akan memberitahukan satu rahasia tentang gmail yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Rahasianya yaitu Anda dapat membuat banyak akun social media hanya dengan menggunakan satu akun gmail.

Dan yang saya maksud dengan banyak itu berarti lebih dari dua, lima, sepuluh, dua puluh dan seterusnya seperlunya Anda.
Kenapa bisa seperti itu…?

Pertama, ketika mendaftar email di google, sebenarnya secara otomatis Anda mendapatkan dua domain email sekaligus. Dua domain email tersebut yaitu @gmail.com dan yang satunya lagi yaitu @googlemail.com. Meskipun sepertinya berbeda, namun sebenarnya keduanya adalah alamat email yang sama. Apabila Anda menerima surat yang ditujukan ke domain email yang kedua, email tersebut akan diteruskan dan masuk pula ke domain email yang pertama.

Kabar baiknya, kebanyakan platform social media tidak dapat mendeteksi kesamaan dari kedua domain ini. Nah, fitur ini dapat kita manfaatkan untuk membuat minimal dua akun yang berbeda di platform yang sama. Oleh karena itu, dengan mendaftar satu akun gmail, Anda dapat membuat dua akun facebook, dua akun twitter dan dua akun instagram secara bersamaan.

Keren ‘kan…?

Tidak hanya berhenti disini loh kerennya Gmail. Trik selanjutnya adalah dengan membuat alias dari akun gmailmu. Alias disini maksudnya adalah dengan memodifikasi alamat email, bahwa akun yang tampaknya berbeda sebenarnya merupakan akun yang sama.

Ada dua cara untuk membuat alias dari akun gmail. Yang pertama yaitu dengan menambahkan dot (.) dan yang kedua yaitu dengan menambahkan tanda plus (+).

Kenapa dua symbol ini bisa digunakan untuk membuat akun email alias..? Alasan sederhananya, karena gmail tidak dapat mendeteksi adanya perbedaan apabila terdapat penambahan dua simbol ini sebelum domain email (sebelum @gmail.com)

Misalnya saja, Anda mempunyai akun gmail yang bernama [email protected], dan Anda ingin membuat berbagi alias dari email Anda. Gunakan dua symbol diatas seperti berikut ini:

1. Penambahan dot (.) dapat diletakkan dimanapun sebelum domain email, kerena algoritma gmail tidak dapat mengenali tanda titik dalam username.

Contohnya nama alamat email Anda dapat berubah menjadi beberapa versi yaitu [email protected], [email protected] atau [email protected]

2. Penambahan tanda plus (+) yang diletakkan setelah username yang digunakan karena algoritma gmail mengabaikan tulisan apapun setelah tanda plus dan sebelum domain email.

Contohnya : Anda ingin membuat beberapa buah akun twitter dengan menggunakan email yang sama diatas. Maka pada halaman registrasi akun twitter baru di kolom email Anda dapat memasukkan alamat alias email Anda yang sudah dimodifikasi seperti [email protected] atau [email protected], dan lain sebagainya.
Bagaimana, jadi penasaran ingin mencoba?

yudha note : aku sendiri baru tau beberapa hal diatas, dan belum cek juga, setauku, posisi titik dicontoh 1 diatas berpengaruh, cma hal ini juga belum pernah aku buktiin, artinya hanya sebatas “sepengetahuanku” saja, dan aku sering salah loh, haha.. so, feel free to try, dan jangan lupa komentar apakah berhasil ato engga triknya, every word appreciated. 

Setelah melakukan sedikit baca berbagai artikel, kemampuan gmail untuk mendukung berbagai variasi nama alias ini ternyata memang didukung oleh google sebagai pengembang. Alasannya spesifiknya sendiri saya kurang tahu, bisa jadi sebagai salah satu marketing meskipun tidak banyak pengguna yang tahu akan fitur yang satu ini. Selain google dengan gmailnya, saya belum pernah mencari tahu apakah platform email yang lain juga mendukung penggunaan alias atau tidak. Jadi apabila Anda ingin mencoba menggunakan trik ini, ada baiknya jika Anda membuat email dari google terlebih dahulu. Tidak hanya sangat mudah dan penampilannya yang bagus serta sederhana, tetapi masih banyak sekali fitur dan kemudahan lain yang tidak ditawarkan oleh platform surat elektronik lainnya.

Selamat mencoba.

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar