Cara menampilkan atau menghilangkan pop up notifikasi di Whatsapp

Hallo semua para penikmat artikel di bukugue. Apa yang terlintas dipikiran kalian saat mendengar kata Whatsapp ? pasti yang terlintas difikiran kalian adalah pesan, iyakan ?? hayoo.. ngaku aja.. Hehee 😀

Perkembangan zaman memang sudah berkembang dengan pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin pesatnya teknologi yang berada di muka bumi. Khususnya dalam hal mengirimkan pesan, terlihat jelas perkembangan dari cara pengiriman pesan pada zaman dahulu hingga sekarang. Pada zaman dahulu, orang-orang kalau ingin mengirimkan pesan jarak jauh harus menggunakan asap, ada juga yang menggunakan burung merpati, dan masih banyak lagi cara-cara tradisional yang digunakan orang-orang pada zaman dahulu untuk mengirimkan pesan jarak jauh. Berbeda dengan zaman sekarang, (kalau kata anak milenial “zaman now”), teknologi sudah berkembang sangat pesat sehingga membuat cara pengiriman pesan jarak jauh juga sangat mudah. Teknologi canggih tersebut yang sekarang sudah merambah ke hampir semua jenjang umur adalah smartphone. Namanya saja sudah smart, pasti canggih itu (walaupun mungkin masih ada smartphone yang lelet) hehee 😀

Nah, berbicara soal kirim mengirim pesan jarak jauh, salah satu aplikasi di smartphone yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan jarak jauh adalah Whatsapp messenger. Walaupun ada messenger atau fitur pengiriman pesan langsung dari smartphone, yang memakai pulsa sebagai bahan atau syarat agar pesan kita sampai, namun tentunya fitur-fitur yang disediakan Whatsapp Messenger jauh lebih bagus ketimbang fitur messenger yang sudah ada langsung di smartphone tersebut. Dan juga sudah terbukti bahwa Whatsapp Messenger sendiri adalah salah satu Instan Messenger app terpopuler. Hal tersebut bisa terjadi karena melihat pengguna Whatsapp Messenger sudah mencapai jutaan, yang tersebar ke beberapa penjuru negara, salah satunya adalah Negara Indonesia.

Berbicara mengenai fitur, terutama fitur-fitur yang disediakan oleh Whatsapp Messenger, terdapat beberapa fitur yang cukup membuat aplikasi yang satu ini bisa dikatakan Instan Messenger app terpopuler. Fitur-fitur tersebut seperti Voice note, Whatsapp Call, Whatsapp Video Call, lalu kemudian ada fitur “Status” yang membuat kita dapat membagikan apa yang kita rasakan, atau status kita saat itu juga, terus juga kita dapat memberikan edukasi kepada sesama kontak Whatsapp kita dengan cara mengunggah foto maupun video yang bisa memberikan informasi maupun edukasi kepada sesama. Selain fitur, kita juga bisa mengubah tampilan Whatsapp atau setting aplikasi Whatsapp kita dengan peraturan-peraturan yang sudah ada. Seperti pengaturan wallpaper pada tempat chat, lalu juga dapat mengatur agar whatsapp kita bisa lebih private, dan masih banyak lagi pengaturan-pengaturan yang ada di Whatsapp Messenger.

Nah, pada pembahasan pengaturan, apakah kalian tahu mengenai apa itu pengaturan notifikasi pop up pada Whatsapp Messenger ? mungkin sebagian dari kalian sudah tahu dan juga sebagian dari kalian belum pada tahu. Maka dari itu, pada kali ini pembahasan yang diangkat mengenai pengaturan notifikasi pop up tersebut.

Oke langsung saja ya, cekidot !! Hehehee 😀

Pengaturan notifikasi pop up adalah pengaturan notifikasi pada aplikasi Whatsapp Messenger. Notifikasi dapat diartikan sebagai pemberitahuan. Jadi notifikasi pop up disini adalah notifikasi yang apabila pengaturan ini dinyalakan atau di “On” kan, maka nanti disaat ada pesan Whatsapp masuk, pesan tersebut akan langsung muncul di layar awal smartphone tanpa harus membuka aplikasi Whatsapp terlebih dahulu. Pengaturan ini ada karena meminimalisir terjadinya ketidaktahuan pengguna disaat terdapat pesan whatsapp masuk. Terkadang ada kalanya kita sebagai pengguna tidak tahu kalau ada pesan Whatsapp masuk. Yang menjadi bahaya lagi, disaat kita tidak tahu kalau ada pesan Whatsapp masuk dan pesan tersebut ternyata sangat penting, waaah.. bisa-bisa panjang urusannya nanti, hehehee 😀

Lantas, bagaimana cara mengaturnya ? tenang teman-teman, mudah kok untuk mengaturnya, seperti ini nih caranya

  1. Buka aplikasi Whatsapp Messenger, lalu pada bagian pojok kanan atas terdapat tool , tekan tool tersebut lalu terdapat beberapa pilihan, pilih “setelan”
  2. Setelah itu muncul tampilan foto whatsapp kita, nama dan status, lalu juga ada beberapa pilihan. Nah, di beberapa pilihan tersebut, pilih “Notifikasi”.
  3. Kemudian akan muncul tampilan pengaturan notifikasi. Nah untuk pengaturan notifikasi popup sendiri terdapat 2 macam, yaitu notifikasi pesan dan notifikasi grup. Notifikasi pesan adalah pengaturan notifikasi untuk pesan pribadi, atau kalau sekarang tu istilahnya “japri” atau “pc”. Lalu untuk notifikasi grup adalah pengaturan untuk pesan yang masuk di dalam grup.
  4. Lalu setelah itu, pilih pada bagian “notifikasi popup.” Kemudian muncul beberapa pilihan.
  5. Disitu jelas terdapat 4 pilihan. Untuk notifikasi pesan maupun grup sama saja. keterangan pada pilihan tersebut adalah:
  • Pilihan pertama yaitu “Tidak ada popup”. Berarti notifikasi popup “Off” atau tidak dinyalakan.
  • Yang kedua adalah “Hanya ketika layar “hidup””Yaitu perintah yang bilamana saat notifikasi pop up “On”, pesan akan muncul di layar awal namun disaat layar masih dalam keadaan hidup.
  • Lalu yang ketiga ialah “Hanya ketika layar “mati””. Ialah perintah yang bilamana saat notifikasi popup “On”, pesan akan muncul di layar awal namun disaat layar dalam keadaan mati.
  • Yang terakhir adalah “Selalu tampilkan popup”. Perintah yang terakhir ini, notifikasi pop up akan selalu muncul baik saat layar hidup maupun mati.

Inilah salah satu contoh notifikasi pop up Whatsapp Messenger.

Seperti itulah tampilan notifikasi popup Whatsapp Messenger. Mudah kan teman-teman? 🙂 Okay, mungkin cukup sampai disini artikel mengenai notifikasi popup Whatsapp Messenger ini. Apabila ada kesalahan penulisan maupun ejaan, dimaafin ya teman-teman, hehee..

“Sesungguhnya memaafkan lebih mulia daripada meminta maaf. Karena memaafkan, jauh lebih susah dibandingkan meminta maaf.” Maka dari itu, maafkanlah, Hehehee.. 😀

Iqwa

Tasbichi Iqwa. Biasa dipanggil Iqwa. Lahir di Semarang, 21 Desember 1997. Sekarang masih menimba ilmu di UIN Walisongo Semarang.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar