Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Dampak Sosial Media

Apa yang kamu pikirkan pertama kali jika mendengar kata sosial media? Facebook, twitter, instagram? Sebenarnya cakupan sosial media tidaklah sesempit itu. Youtube, kaskus, bahkan blog juga termasuk dalam cakupan sosial media. Wah, kalau begitu cakupannya ternyata cukup luas juga ya.

Lalu dengan kepemilikan akun sosial media, sebenarnya manfaat apa sih yang bisa kamu peroleh? Atau malah, apa saja sih dampak negatif yang mungkin bisa kamu rasakan dengan penggunaan sosial media? Semuanya akan dibahas disini.

Berikut ini akan dibahas mengenai pengertian, jenis, manfaat, dan dampak negatif sosial media.

Pengertian Sosial Media

Apa itu sosial media?

Sosial Media atau lebih tepatnya media sosial menurut KBBI merupakan laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial. Selama ini kita lebih lazim mendengarnya sebagai sosial media ketimbang media sosial. Kata sosial media ini sebenarnya salah satu bentuk serapan kata dari social media.

Jenis-jenis media sosial

Saat ini banyak sekali media sosial yang dapat kita gunakan dengan mudah, bahkan melalui ponsel sekalipun. Setiap media sosial memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing. Berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis media sosial.

  1. Social network. Merupakan salah satu jenis sosial media yang memungkinkan orang untuk terhubung dan membagikan kontennya dengan orang-orang yang memiliki latar belakang atau minat yang sama. Contoh social network yang sangat populer yaitu facebook dan instagram. Lebih lanjut, social network ini juga dapat membantu pengembangan bisnis seseorang melalui branding, social awareness, relationship building, layanan pelanggan, dan lain sebagainya.
  2. Forum online. Forum online adalah situs yang memungkinkan pengguna terlibat dalam percakapan dengan memposting dan menanggapi pesan komunitas. Jenis sosial media ini digunakan untuk mencari, berbagi, dan mendiskusikan berbagai jenis informasi, pendapat, dan berita. Selain sebagai forum diskusi, ada kalanya forum diskusi online juga digunakan sebagai sarana riset pasar. Contoh dari forum online ini diantaranya adalah Kaskus (berbagai topik), Brainly (diskusi soal), dan Female daily forum (kosmetik).
  3. Consumer review network. Menggunakan jaringan ini akan membantu kamu dapat mengetahui, berbagi, dan meninjau berbagai informasi tentang berbagai produk, layanan, atau merek. Dengan adanya ulasan positif dari pengguna, kredibilitas produk akan meningkat dan penjualan pun juga dapat meningkat. Adapun yang termasuk dalam jaringan ini diantaranya adalah trip advisor (traveling) dan female daily (kosmetik).
  4. Situs blog. Merupakan media sosial yang memungkinkan penulis atau blogger melakukan interaksi dengan pembacanya. Umumnya, penulis menyalurkan ilmunya melalui tulisan sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan dapat mempengaruhi pembacanya. Adapun yang termasuk didalamnya adalah situs ini sendiri misalnya, Bukugue.com.
  5. Situs bookmark. Situs-situs ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai konten dan tautan ke sejumlah situs web online. Pinterest adalah contoh populer dari situs bookmark.
  6. Media sharing. Media sharing memungkinkan penggunanya untuk membagikan kontennya berupa gambar maupun video. Selain itu, situs ini juga mendukung penggunanya melakukan interaksi melalui komentar. Salah satu media sharing yang cukup banyak digunakan adalah Youtube.
  7. Microblogging. Situs ini mensupport penggunanya untuk membuat tulisan singkat, menyantumkan tautan atau link menuju situs lainnya. Salah satu yang termasuk microblogging ini adalah Twitter. Belakangan ini kamu tahu kan, bahwa cukup banyak thread populer di twitter yang membahas berbagai topik (politik, tips, humor, pengalaman, dsb). Sehingga tidak heran twitter termasuk ke situs microblogging.
  8. Social news. Situs ini menampilkan informasi atau cerita yang diposkan oleh penggunanya. Belakangan ini social news banyak diterima oleh masyarakat seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di Indonesia. Beberapa contoh yang termasuk social news yaitu IDN times dan Malesbanget.com

Manfaat sosial media

Pada umumnya, orang menggunakan Facebook dan Instagram untuk keperluan pribadi dan sharing kegiatan kepada teman dan sanak saudara saja. Namun lambat laun, fungsi dan manfaat media sosial kemudian berkembang menjadi tujuan komersiil serta tujuan lainnya.

Untuk lebih lanjut, yuk lihat apa saja sih manfaat dari penggunaan sosial media?

  1. Media bersosialisasi. Seperti namanya, bahwa sosial media memang memiliki fungsi untuk bersosialisasi. Sosialisasi yang dilakukan tidak saja mencakup dalam negeri saja, bahkan kamu juga dapat menghubungi sanak saudara atau temanmu yang berada di luar negeri melalui sosial media.
  2. Distribusi informasi. Dengan adanya jaringan sosial media, informasi akan tersebar lebih cepat. Adanya kecepatan penerimaan informasi juga dapat digunakan sebagai sinyal darurat, seperti himbauan untuk tidak mendekati daerah pantai ketika gelombang sedang tinggi.
  3. Hiburan. Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, kegiatan mengecek sosial media merupakan hiburan tersendiri. Di instagram misalnya, kamu bisa menemukan gambar atau video yang lucu atau menghibur.
  4. Penyaluran hobi. Kamu dapat menyalurkan hobimu dengan mengikuti grup melalui akun sosial mediamu. Selain itu, mendiskusikannya melalui forum yang tepat pun dapat membantumu menyalurkan hobi.
  5. Menambah pengetahuan. Kamu juga dapat menambah pengetahuanmu melalui sosial media. Di era ini, semua materi sekolah maupun kuliah dapat dengan mudah ditemukan di internet. Baik itu melalui situs blog maupun youtube.
  6. Menambah penghasilan. Di era digital ini, kamu bisa menambah pendapatanmu salah satunya dengan cara berbisnis online shop. Melalui sosial media, kamu dapat memperkenalkan produkmu pada calon pembeli. Dengan begitu, kamu dapat menambah penghasilanmu.

Dampak negatif dari penggunaan sosial media

Meskipun memiliki banyak fungsi atau manfaat, ada kalanya juga sosial media juga memberikan dampak negatif bagi para penggunanya. Adanya dampak negatif ini akan makin menjadi jika kamu tidak menyikapi dengan bijak.

Lalu apa saja sih dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari penggunaan sosial media?

  1. Adanya berita hoax. Kemudahan dalam penyebaran informasi disinyalir menjadi penyebab berita kebohongan atau hoax yang merajalela. Untuk itu pastikan untuk mengecek dulu kredibilitas informasi. Pastikan selalu bahwa sumber informasi memang terpercaya.
  2. Bullying. Sebelum era sosial media ini, bullying atau perudungan dilakukan face-to-face atau langsung. Dengan adanya sosial media, orang yang tak bertanggung jawab dapat melakukan bullying, bahkan terhadap orang asing sekalipun. Untuk menguranginya, kamu bisa mengubah pengaturan akunmu menjadi private account atau menonaktifkan kolom komentar jika memang tersedia fitur itu.
  3. Kegelisahan. Dilansir dari makeuseof.com (31/10/2018) menggunakan media sosial terlalu lama dapat menurunkan mood-mu. Untuk itu gunakan sosial media cukup dengan waktu setengah jam per hari saja. Gunakanlah secukupnya dan sesuai kebutuhan.
  4. Addiction atau ketergantungan. Tidak berlebihan memang, jika banyak orang menganggap bahwa sosial media menimbulkan ketergantungan lebih parah dibandingkan dengan rokok dan alkohol. Untuk mengurangi ketergantungan, solusi terbaik adalah dengan rehat sejenak dari aktivitas sosial media, misalnya untuk instagram, kamu dapat menonaktifkan akun untuk sementara atau menutupnya secara permanen.

Sekian itu tadi penjelasan mengenai pengertian, jenis, manfaat, dan dampak negatif dari sosial media. Pastikan hanya gunakan jika memang memberi manfaat. Semoga kamu tetap bijak dalam ber-sosial-media ya!

Sumber:

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan