Apa itu CC dan BCC ? dan apa perbedaan CC dan BCC di email

Provider email seperti gmail, yahoo maupun outlook selalu menghadirkan fitur yang terus berkembang. Kelengkapan fitur dari masing masing provider dan kemudahan penggunaan menjadi daya saing mereka agar para penggunanya tidak beralih kepada provider lain.

Fitur yang terus berkembang itu kemudian bisa menjadi hal yang menarik untuk dimanfaatkan sehingga bisa lebih berkreasi dalam membuat dan mengirim pesan melalui email.

Namun sayangnya, fitur fitur menarik ini terkadang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh penggunanya. Ada beberapa penyebab kenapa kurang dimanfaatkan. Pertama karena ada banyak istilah yang tidak mudah dipahami. Kedua karena para pengguna terkadang hanya memanfaatkan fitur fitur basic secara default saja, tanpa mempelajari lebih lanjut. Misalnya yang  mungkin belum kamu tahu adalah penggunakan email aliases yang sebenarnya bermanfaat,

Salah satu fitur lain yang juga tidak banyak dipahami oleh pengguna email adalah cc dan bcc pada halaman penulisan email. Selama ini mungkin penggunaan cc sudah lebih banyak diketahui. Namun apa perbedaannya dengan bcc? Baiklah silahkan kamu simak bahasan ini hingga akhir ya.

Perbedaan CC dan BCC pada email

cc dan bcc di laman kirim email

dokumentasi pribadi admin (screenshot laman kirim email outlook)

Kali ini aku akan membahas perbedaan cc dan bcc dari beberapa sisi. Yang pertama aku akan membahas mengenai pengertian dari masing masing istilah ini. Kemudian selanjutnya adalah mengenai fungsi dari cc dan bcc. Kelebihan dan kekurangan dari masing masing fitur ini juga akan aku bahas, agar nantinya kamu lebih bisa memilih fitur mana yang sebaiknya kamu gunakan. Hal ini karena setiap fitur bisa digunakan untuk pengiriman email tertentu.

Pengertian cc dan bcc

Dari segi singkatan CC memilik kepanjangan carbon copy, sedangkan BCC adalah blind carbon copy. Carbon yang dimaksud disini lebih merujuk kepada kertas karbon.

Jika kamu adalah generasi kelahiran lebih tua dari 90an mungkin akan tahu apa itu kertas karbon. Kertas karbon merupakan lembaran berwarna hitam yang sebenarnya tidak seperti kertas karena lebih mirip plastik. Lembaran hitam ini terbuat dari karbon, dimana karbon juga merupakan salah satu unsur dari isi pensil yang berwarna hitam itu.

Nah fungsi dari kertas karbon ini pada jaman dulu adalah untuk membuat salinan dari tulisan. Jika sedang menulis pada selembar kertas, kemudian disebaliknya diletakkan kertas karbon dan di bawah kertas karbon diletakkan kertas, maka tulisan yang kita tulis akan tercetak di kertas yang kedua. Sehingga tanpa perlu menulis ulang, kita akan memiliki dua lembar kertas dengan tulisan yang sama.

Jika kamu ingin melihat fungsi seperti ini, sekarang masih banyak kertas nota yang berlembar lembar lapisannya. Misalnya nota dengan lembaran putih, kuning, hijau, merah, nah ini merupakan fungsi dari kertas karbon untuk membuat salinan.

Lalu apa hubungannya kertas karbon ini dengan fitur CC dan BCC pada email?

Hubungannya adalah ketika kita memasukkan alamat email di bagian cc dan bcc maka orang tersebut akan mendapatkan email sama persis dengan yang dikirimkan kepada orang yang ada di bagian To (subjek/tujuan).

Nah, kalau cc karena hanya carbon copy, maka orang itu tahu siapa saja yang mendapatkan kiriman email tersebut. Kalau dalam surat resmi ada tulisan ‘Terusan’, maka setiap orang mengetahui siapa saja yang mendapatkan terusan.

Sedangkan kalau BCC karena artinya blind adalah buta, maka setiap email yang ada di bcc tidak saling tahu menahu. Namun yang ada di To tetap akan tahu.

Beda fungsi cc dan bcc

Fungsinya sebenarnya sudah aku jelaskan sedikit di atas.

Fungsi dari CC adalah mengirimkan pesan terusan atau salinan kepada orang lain selain yang ada pada bagian To. Email utamanya akan dikirimkan kepada orang pada bagian To, sedangkan yang ada pada bagian CC ini hanya sebagai orang yang mengetahui saja. Ini biasanya difungsikan sebagai pemberitahuan kepada orang yang di cc bahwa email tersebut sudah dikirimkan kepada orang yang di To. Oleh karena itu, yang di cc ini biasanya adalah orang yang memiliki kepentingan sama.

Sedangkan fungsi BCC adalah mengirimkan email kepada banyak orang tanpa diketahui satu sama lain. Sehingga ketika kamu ingin mengirimkan email yang sama kepada banyak orang, orang tersebut tidak akan mengetahui penerima yang lain. BCC ini digunakan apabila orang yang dikirimi ini tidak mengenal satu sama lain. Sehingga bisa memberikan privasi dan perlindungan alamat email yang dikirimi.

Kelebihan dan kekurangan cc dan bcc

Kelebihan dan kekurangan ini bisa memberikan kamu gambaran untuk penggunaan kedepannya. Sehingga nantinya kamu bisa memilih fitur mana yang akan kamu gunakan di saat yang tepat. Ini penting terutama jika menggunakan email untuk keperluan yang cukup penting dan melibatkan alamat email orang orang yang tidak mau diganggu privasinya.

Kelebihan CC adalah setiap orang bisa melihat siapa saja yang dikirimi email. Misalnya yang kamu kirimkan adalah undangan maka kelebihannya adalah setiap orang akan tahu siapa saja yang mendapat undangan. Ini tentu bisa memberikan gambaran kepada penerima email apakah ada orang orang yang menyebabkan dia harus datang dalam acara tersebut. Selain itu, untuk CC sebagai pemberitahuan, akan memudahkan penerima saling mengetahui siapa saja yang mendapat tembusan surat. Sehingga informasi tersebut sudah sama sama diketahui oleh penerima.

Kekurangan CC tentu saja adalah karena alamat emailnya tahu sama tahu maka bisa saja alamat email ini dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, dengan dikirimkannya email ke banyak orang, menjadikan email tersebut tidak lagi istimewa. Secara psikis penerima juga akan menganggap bahwa pengirim email tidak serius karena dikirim langsung ke banyak orang.

Kelebihan BCC adalah setiap orang penerima tidak akan mengetahui siapa orang lain yang menerima. Sehingga ini penting untuk menjaga alamat email agar tidak disalah gunakan oleh orang lain. Kelebihan lainnya, dengan BCC, daftar penerima email tidak menjadi banyak. Karena yang diketahui penerima hanya email yang ada dalam To dan dirinya.

Kekurangan BCC adalah penerima tetap akan tahu bahwa dirinya menjadi bagian dari BCC, bukan penerima utama. Sehingga tetap saja penerima akan berpikir bahwa sebenarnya ada banyak orang yang dikirimi tetapi dia tidak tahu siapa saja.

Kesimpulan

Nah setelah tahu apa itu CC dan BCC maka kamu perlu mempertimbangkan kapan menggunakannya agar tidak salah. Berdasarkan fungsi dan kelebihan kekurangan masing masing, maka kamu bisa memilih kapan CC dan BCC dipergunakan. Kalau rekomendasi dari aku, kamu bisa menggunakan CC ketika kamu mengirim email sebagai tembusan pemberitahuan kepada pimpinan atau rekan kerja. Sehingga fungsi kamu menggunakan CC adalah untuk mengirim pesan salinan kepada orang yang memiliki kepentingan yang sama.

Sedangkan BCC bisa kamu pergunakan untuk mengirim pesan broadcast kepada banyak orang yang tidak saling mengenal. Pesan broadcast bisa kamu kirim kepada puluhan orang, tetapi penerima tidak akan tahu siapa saja yang menerima email, sehingga privasi penerima pun dapat dilindungi. Dengan demikian kamu akan dianggap lebih profesional.

Nah sekian tadi perbedaan CC dan BCC pada email. Kamu seharusnya sudah bisa memilih fitur mana yang akan kamu gunakan dan pada saat seperti apa. Namun, aku tetap menyarankan untuk menggunakan pilihan To saja dalam mengirimkan email dan dikirimkan satu persatu agar lebih menghormati penerima. Apakah bisa mengirim ke seluruh alamat email dalam kolom To secara cepat? Bisa dong. Besok besok akan aku jelaskan tentang hal ini. Semoga bermanfaat.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar