Perbedaan WhatsApp web dengan WhatsApp desktop

  • Post author:
  • Post category:Whatsapp

Jika kalian pengguna setia WhatsApp, tentu kalian juga mengetahui bahwa selain menggunakan perangkat Android, WhatsApp juga bisa kalian nikmati di desktop (komputer atau laptop).

Ada 2 alternatif menggunakan WhatsApp di PC kalian, yaitu melalui whatsapp web atau bisa juga melalui aplikasi whatsapp desktop.

Secara fungsi dan pemakaian, kedua-nya bisa dibilang “sama”. Kedua juga sama-sama memerlukan WhatsApp di android untuk dapat digunakan.

Namun jika dilihat lebih detail, ternyata ada beberapa perbedaan antara keduanya. Oleh karena itu untuk menjawab rasa penasaran kalian, disini akan dijelaskan apa saja perbedaan antara WhatsApp web dan whatsapp versi desktop.

Perbedaan dalam cara mengakses

Perbedaan yang paling mendasar adalah bagaimana kalian bisa mengakses WhatsApp web dan WhatsApp desktop ini.

Untuk perbedaan cara mengakses, harus diakui WhatsApp web lebih unggul.

Kalian tidak memerlukan aplikasi khusus untuk menggunakan WhatsApp web, kalian cukup buka browser kesayangan kalian bisa firefox, chrome, atau bahkan Internet expoler, untuk mengakses WhatsApp web.

Selain itu WhatsApp web juga bisa kalian gunakan diperangkat komputer manapun, misalnya kalian lupa membawa laptop, selama kalian membawa smartphone maka kalian bisa saja meminjam laptop teman untuk dihubungkan ke layanan WhatsApp web.

Sedangkan jika kalian menggunakan aplikasi WhatsApp desktop, maka kalian perlu mendownload terlebih dahulu aplikasi “WhatsApp for Desktop” tadi. Jika kalian mengira bahwa aplikasi WhatsApp Desktop ini adalah 1 aplikasi utuh seperti Line for desktop, maka kalian salah. Aplikasi WhatsApp Desktop juga mengharuskan kalian untuk scan barcode sama halnya seperti Whatsapp versi web.

Perbedaan Tampilan

Untuk perbedaan tampilan tidak terlalu banyak perbedaan, namun karena WhatsApp desktop merupakan 1 aplikasi tersendiri, maka aplikasi WhatsApp desktop terasa lebih full screen jika kalian perbesar layarnya.

Tampilan whatsapp desktop
Tampilan WhatsApp desktop

Berbeda dengan WhatsApp web, karena kalian menggunakan browser, maka layar terasa tidak full . Dibagian atas masih terdapat tab, history browser, bookmark, dll.

Tampilan whatsapp web
Tampilan WhatsApp web

Perbedaan Dari Segi Notifikasi

Notifikasi atau pemberitahuan pesan masuk di whatsapp web hanya ditandai dengan bunyi, namun kalian bisa melihat jumlah notifikasi atau pesan masuk jika kalian membuka browser tempat kalian membuka whatsapp web.

Jika kalian menggunakan chrome, kalian tidak akan menemukan pop up, hanya suara dan pemberitahuan pada tab browser yang kalian buka saja.

Namun jika kalian menggunakan Mozilla maka kalian bisa melihat pop-up, ketika ada pesan masuk, seperti gambar dibawah ini.

Perbedaan pemberitahuan whatsapp web
Perbedaan pemberitahuan WhatsApp web

Sedangkan untuk notifikasi di aplikasi WhatsApp desktop, dari segi suara dan pop-up pemberitahuan, kurang lebih sama dengan versi web. Bedanya adalah diaplikasi WhatsApp desktop kalian bisa melihat jumlah pemberitahuan di icon aplikasi (panah merah digambar dibawah).

Perbedaan pemberitahuan whatsapp desktop
Perbedaan pemberitahuan WhatsApp desktop

Jumlah memori RAM yang digunakan

Untuk penggunaan RAM sendiri WhatsApp web mengikuti browser yang kalian gunakan. Berikut adalah gambar perbandingannya

perbedaan penggunaan memori ram

Dari gambar diatas bisa kalian lihat bahwa memang penggunaan WhatsApp web lebih besar daripada penggunaan di aplikasi. Namun kalian harus ingat, browser itu tidak hanya digunakan untuk WhatsApp saja.

Kesimpulan

WhatsApp web atau pun aplikasi WhatsApp desktop sebenarnya sama saja, dan kenyataannya memang hampir semua sama, baik dari segi UI (tampilan) maupun cara penggunaannya.

Selain itu, saat menggunakan keduanya, ponsel kalian tidak boleh mati ataupun putus koneksi ke internet, karena keduanya perlu tersinkronisasi dengan aplikasi WhatsApp di ponsel kalian.


Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin kalian tanyakan atau tambahkan, bisa kirim di kolom komentar dibawah. Terimakasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan