4 cara mengubah tampilan huruf di Whatsapp tanpa aplikasi penunjang.

Whatsapp adalah aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak di dunia seperti yang dilansir oleh SimilarWeb. Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi Blackberry, Android, Windows Phone dan Symbian.

Aplikasi Whatsapp messenger menggunakan nomer ponsel yang kita gunakan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna whatsapp lain. Jadi disaat kita ingin meminta whatsapp orang lain ataupun diminta whatsapp kita, maka kita atau orang lain pasti memberitahukan nomer ponsel kita. Seperti halnya Blackberry Messenger (BBM) yang menggunakan Pin BB untuk bertukar kontak BBM antar sesama pengguna BBM.

Sama halnya dengan Blackberry Messenger, aplikasi Whatsapp Messenger ini menggunakan fitur push sehingga para pengguna dapat selalu memberitahukan apakah pesan sudah diterima dan sudah dibaca, sudah diterima namun belum dibaca, atau berhasil dikirim. Pesan seperti diatas dapat dilihat dari tanda yang ada dalam percakapan whatsapp messenger, yaitu tanda Centang.

  • Untuk pesan yang sudah diterima dan sudah dibaca, tanda dalam percakapan yaitu centang dua dan berwarna biru.
  • Untuk pesan yang sudah diterima dan belum dibaca, tanda dalam percakapan yaitu centang dua dan berwarna abu-abu.
  • Untuk pesan yang berhasil dikirim, tanda dalam percakapan yaitu centang 1 dan berwarna abu-abu.
  • Dan apabila terdapat tanda Jam pada percakapan, berarti pesan kita gagal terkirim dikarenakan kita tidak terkoneksi dengan jaringan internet.

Perlu di ingat khususnya para pengguna baru di Whatsapp Messenger, aplikasi ini harus menggunakan koneksi jaringan internet. Maka apabila ponsel kita tidak terkoneksi dengan jaringan internet, maka kita tidak akan dapat berkomunikasi dengan pengguna whatsapp lain.

Aplikasi Whatsapp Messenger juga menyediakan fitur untuk saling bertukar file, seperti foto, video, audio, lokasi, kontak, ataupun file dalam bentuk document (Word, Excel, PowerPoint, Pdf). Selain itu, fitur yang keren dari whatsapp messenger yaitu selain dapat Whatsapp Call (Telfonan), para pengguna juga dapat whatsapp Video Call. Fitur ini dapat membuat para pengguna aplikasi ini saling bertatap muka dari jarak jauh. Namun, untuk menggunakan fitur ini, para pengguna diharuskan untuk mendapatkan sinyal yang bagus, soalnya apabila sinyal tidak bagus, maka gambar yang ditampilkan dilayar ponsel akan kurang begitu jelas. Selain sinyal juga para pengguna diharuskan memiliki ponsel yang minimal memiliki RAM 1gb, karena fitur ini termasuk fitur yang berat, sehingga membutuhkan ponsel bagus.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang disajikan oleh Whatsapp Messenger untuk para penggunannya. Ulasan diatas hanya sekedar pengenalan tentang aplikasi Whatsapp Messenger bagi para pengguna baru.

Oce guys, now, langsung saja masuk kedalam inti pembahasan dari judul diatas, Cekidot 😀 (Ngalay dikit biar ndak tegang) 😀

Di dalam aplikasi Whatsapp terdapat berbagai cara untuk memperindah tampilan, salah satunya adalah cara mengubah tampilan huruf agar menjadi tebal, miring, dicoret dan jarak antar huruf renggang. Cara ini dapat dilakukan langsung di whatsapp tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.  Cara atau fitur yang di sediakan oleh pihak peluncur whatsapp ini sudah ada sejak 2016.

Seperti dibawah ini tampilannya

Ingin tau bagaimana caranya? oke langsung saja dibawah ini adalah cara untuk mengubahnya.

  1. Huruf Tebal. Untuk mengubah  huruf menjadi tebal, cara yang harus dilakukan adalah dengan memberikan tanda  (*) Tanpa tanda kurung pada awal dan akhir huruf atau kata yang ingin dicetak tebal. seperti contoh: *Tebal*
  2. Huruf miring. Untuk mengubah huruf menjadi miring, cara yang harus dilakukan adalah dengan memberikan tanda (_) tanpa tanda kurung pada awal dan akhir huruf atau kata yang ingin dicetak miring. seperti contoh: _Miring_
  3. Teks dicoret. Untuk mengubah huruf atau kata menjadi dicoret seperti contoh diatas, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan memberikan tanda (~) tanpa tanda kurung pada awal dan akhir huruf atau kata yang ingin dicoret. Seperti contoh: ~Teks dicoret~
  4. Jarak antar huruf menjadi renggang. Untuk mengubah jarak antar huruf menjadi renggang, cara yang harus dilakukan yaitu dengan memberikan tanda (`) tanpa tanda kurung sebanyak tiga kali pada awal dan akhir kata atau kalimat. Seperti contoh: “`Jarak“`

Kados ngoten (kalau kata orang jawa) cara untuk mengubah tampilan huruf menjadi tebal, miring, dicoret dan jarak agak renggang.  Perlu dicatat juga, pastikan aplikasi whatsapp anda sudah up to date atau versi terbaru, minimal 2.12.17 untuk versi iOS dan 2.12.5 untuk versi android. Untuk pengguna yang sering menggunakan whatsapp versi dekstop atau yang lebih dikenal dengan Whatsapp web, trik atau cara ini juga bisa dilakukan. Namun, format huruf diatas akan muncul apabila dibuka di aplikasi whatsapp versi andorid maupun iOS.

 

Iqwa

Tasbichi Iqwa. Biasa dipanggil Iqwa. Lahir di Semarang, 21 Desember 1997. Sekarang masih menimba ilmu di UIN Walisongo Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *