#9 Tips menambah jumlah followers kamu di Twitter

Bagi kamu yang memiliki akun twitter tetapi jarang aktif, salah satu hal yang paling menyedihkan adalah krisis followers. Biasanya kamu – kamu yang jarang aktif di twitter beralasan bahwa menggunakan twitter itu susah, tak ada teman yang sama – sama memiliki twitter, enggak asik, dan yang paling menyedihkan adalah karena “enggak punya followers”. Kalaupun punya, pasti semakin lama semakin menyusut karena kamu jarang aktif di twitter. Jadi twitter kamu terkesan sepi dan akhirnya kamu tinggalkan.

Sebenarnya bermain twitter itu tidak sulit dan malah justru mengasyikkan bila kamu tahu cara mengelola dan menggunakannya. Kalau kamu mencari teman yang benar – benar kenal denganmu di twitter, kamu tidak akan menemukannya. Karena twitter tidak mengenal kawan, suku, ras, bahasa, atau apapun itu. Kamu bisa saling berinterkasi tanpa harus kenal dengan orang lain.

Baca juga : Cara Meningkatkan Twitter Follower Secara Natural (ditulis oleh april)

Namun, kalau kamu beralasan kalau akun twitter kamu sepi karena tak ada followers, kamu jangan kawatir. Aku memiliki beberapa tips yang bisa kamu praktekkan supaya followers kamu bertambah, bukan kabur satu persatu. Tipsnya seperti apa? Simak penjelasan dibawah ini.

1. Tentukan konsep isi / niche akun twitter kamu

Menentukan konsep isi dari akun twitter kamu sangat penting sejak akun pertama kali dibuat, supaya akun twitter kamu enggak gado – gado. Kamu harus menentukan niche twitter kamu sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu sendiri. Misalnya saja, kamu membuat akun twitter khusus untuk membahas mengenai badminton. Jadi kamu hanya berfokus kepada badminton saja. Kamu musti memposting terkait dengan update-an terbaru mengenai dunia badminton secara berkala.

Misalnya lagi, bila kamu membuat akun twitter yang khusus membahas masalah bisnis.Nah, kamu harus memposting secara berkala tentang dunia bisnis, mungkin saja mengenai ilmu berbisnis, tips – tips membuka usaha, membahas tokoh – tokoh yang sukses dalam dunia bisnis, dan lainnya.

Kalau kamu memiliki akun twitter hanya bertujuan untuk update status aktivitas sehari – hari pribadi kamu saja, atau sekedar untuk mencari dan update berita terbaru, itu juga tidak masalah. Hanya saja, kamu tetap perlu konsisten untuk membahas mengenai aktivitas kamu sehari – hari. Misalnya, setiap hari kamu update masalah kelucuan – kelucuan yang kamu alami dihari itu, atau justru kekesalan atau kesedihan dihari itu, maka seterusnya kamu musti membahas hal seperti itu disetiap postingan twitter kamu.

Jadi disini yang menjadi poin utama adalah konsisten. Setelah kamu tentukan konsep isi dari akun twitter kamu, yang selanjutnya harus dilakukan adalah konsisten dengan apa yang sudah kamu tetapkan. Pasti ini menjadi hal yang tidak mudah.

2. Update status twitter kamu setiap hari

Bagi kamu para pengguna twitter baik yang baru maupun sudah lama, sebisa mungkin untuk update status twitter setiap hari. Meskipun kamu sibuk, carilah sedikit waktu luang untuk meng-update twitter kamu disetiap harinya supaya akun twitter kamu terlihat selalu aktif setiap hari.

Kalau boleh aku sarankan, sebaiknya update status twitter dilakukan setiap pagi hari dan malam hari. Karena diwaktu – waktu itulah orang – orang biasanya membuka Twitter untuk sekedar mencari berita terbaru. Jadi, kalau kamu update status twitter dijam – jam tersebut, kemungkinan besar cuitanmu akan dibaca atau di-retwit oleh orang lain.

3. Sesuaikan gaya bahasa terhadap konsep isi / niche yang sudah kamu tentukan

Misalkan kamu sudah menentukan konsep isi dari akun twitter kamu adalah pembahasan mengenai kelucuan – kelucuan, humor, ataupun lawakan, kamu sebaiknya menggunakan bahasa yang lepas, bahasa sehari – hari, bahasa yang mengundang gelak tawa ketika orang lain membacanya.

Atau misalnya twitter kamu membahas mengenai sejarah – sejarah didunia, mestinya kamu harus menggunakan bahasa yang baku, penggunaan huruf, simbol, dan titik koma yang tepat. Dengan begitu, postingan – postingan twitter kamu akan terlihat lebih serius dan profesional.

Jadi, penting sekiranya memperhatikan gaya bahasa yang disesuaikan dengan niche akun twitter kamu, supaya orang lain yang membacanya paham mengenai maksud yang ingin kamu sampaikan melalui setiap postingan twitter.

4. Sering ikut berpartisipasi meramaikan hastag yang sedang trend of twitter

Supaya akun twitter kamu makin eksis, kamu sering – sering ikut berpartisipasi dalam meramaikan hastag yang sedang trending. Tetapi jangan lupa juga untuk menyesuaikan gaya bahasa dan konsep isi twitter bila kamu ingin memposting sesuatu dengan menggunakan hastag yang sedang trending.

Misalnya, pada hari itu sedang trending #SelamatHariGuru, sedangkan konsep twitter kamu adalah komedi, maka kamu sebaiknya memposting ucapan #SelamatHariGuru tersebut dengan gaya tulisan sehari – hari, dan ceritakan pengalaman lucu saat disekolah bersama guru, atau seperti apapun sesuai pengalaman lucu yang kamu miliki.

Ketika orang lain yang membaca postingan kamu dan mereka menganggap hal itu lucu dan menghibur, biasanya mereka akan penasaran dan pada akhirnya kepoin akun twitter kamu, atau bahkan langsung mem-follow akun kamu.

Lain halnya kalau konsep twitter kamu membahas mengenai hal – hal yang serius, maka ketika kamu ingin memposting sesuatu, sebaiknya menggunakan bahasa yang baku. Misalnya akun twitter kamu membahas tentang sejarah, maka sebisa mungkin kamu memposting #SelamatHariGuru dengan mengaitkannya dengan sejarah.

Baca juga : Mengubah Twitter Trending Topik Berdasarkan Minat dan Lokasi

Ketika orang lain yang membaca postingan kamu dan mereka menganggap postingan kamu mencerahkan atau menginspirasi, biasanya mereka akan penasaran dan pada akhirnya kepoin akun twitter kamu, atau bahkan mungkin langsung mem-follow akun twitter kamu.

5. Isilah bio twitter sesuai dengan niche akun twitter yang kamu miliki

Kamu bisa juga memanfaatkan bio untuk menarik orang lain agar mem-follow twitter kamu. Buatlah bio semenarik mungkin. Bila akun twitter kamu milik pribadi dan hanya digunakan untuk update aktivitas sehari – hari saja, buatlah bio yang “menjual” supaya ketika orang lain melihat profil twitter kamu, mereka akan tertarik untuk follow kamu karena mereka pasti penasaran dengan konten – konten yang akan kamu posting di twitter.

Namun bila akun twitter kamu memiliki konsep niche tertentu, isilah bio yang mampu mewakili isi dari postingan – postingan twitter kamu. Namun yang perlu diperhatikan ketika mengisi bio twitter, pastikan kamu tidak “memajang” link yang terlalu banyak. Bio sebaiknya diisi dengan deskripsi singkat mengenai konsep isi akun twitter atau bisa juga diisikan dengan; manfaat apa yang akan didapat orang lain bila mereka mem-follow akun kamu. Itu jauh lebih baik.

6. Jangan lakukan spam

Orang lain, atau bahkan kamu sendiri bila mendapatkan pesan atau postingan spam pasti merasa kesal dan tidak suka. Nah, itulah yang sebaiknya kamu hindari bila ingin followers kamu tidak kabur dan justru akan bertambah nantinya. Spam juga bisa bikin akun twitter kamu di suspend dan ditangguhkan.

Postingan – postingan spam biasanya dilakukan oleh para pebisnis yang mempromosikan bisnisnya dengan cara spam. Mereka terus menerus melakukan posting dengan pesan yang sama, kata – kata yang sama, dan dalam jumlah yang banyak secara terus menerus. Ini sebenarnya cara yang sama sekali tidak efektif.

Bila kamu memiliki akun twitter dengan tujuan bisnis, postinglah dengan cara yang santai, tidak menggunakan pesan dan kata – kata yang sama, dan tidak terus menerus melakukan posting dalam jumlah banyak. Kebanyakan para followers kamu pasti akan kabur karena bosan dengan postingan yang gitu – gitu aja dan merasa tidak ada manfaat yang mereka dapat dengan mem-follow akun twitter kamu. Bila hal itu terjadi terus menerus, pastilah followers kamu akan semakin menyusut.

7.Gunakan username dengan nama spesifik dan mudah dicari

Bila kamu memiliki username yang sulit dicari, atau dengan nama username yang tidak jelas, nama samaran, atau username yang terlalu panjang, maka akun twitter kamu akan sulit dilacak dan ditemukan orang lain.

Gunakanlah username yang singkat dan mewakili niche akun twitter kamu. Pastikan username mudah diingat, dan jangan menggunakan nama samaran atau nama tambahan.

8.Sering melakukan interaksi dengan pengguna twitter lain

Cobalah untuk sering – sering melakukan interaksi dengan pengguna lain seperti membalas postingannya di komentar, me- retweet, atau menyukai postingan orang lain. Misalkan sedang ada pembahasan yang menarik dan sedang trend of twitter, alangkah baiknya kamu ikut berkomentar atau sekedar meretweet postingan orang lain yang kamu anggap menarik.

Baca juga: Kamu follow siapa aja di twitter? Twitter-an yang asyik ya begini nih!

Atau bila kamu nge-fans dengan seorang artis atau tokoh tertentu, sering –seringlah ikut berkomentar di beberapa postingan mereka. Dengan begitu, orang lain yang juga sama – sama nge-fans dengan artis atau tokoh tersebut, kemungkinan besar mereka akan memfollow akun twitter kamu karena mereka menganggap bahwa kamu sama seperti mereka yang juga nge-fans dengan artis atau tokoh tersebut.

9. Gunakan foto profil yang baik

Foto profil jangan diremehkan. Pertamakali yang akan dilihat orang selain username adalah foto profil. Andaikan saja foto profil yang kamu pasang tidak sesuai dengan niche twitter kamu, atau foto profil yang dianggap nyeleneh dan tidak menarik, otomatis orang lain akan enggan mem-follow kamu.

Kalau akun twitter kamu memiliki niche tertentu, gunakanlah foto profil berupa logo atau apapun yang mewakili twitter kamu. Namun jika akun twitter kamu hanya bersifat pribadi untuk memosting aktivitas sehari – hari saja, gunakan foto profil dirimu sendiri. Tetapi jangan memasang foto yang terlalu alay, nyeleneh dan kualitas gambar yang buruk.

Kesimpulan

Menambah jumlah followers akun twitter dan tetap menjaganya agar tidak kabur bukanlah sesuatu yang rumit. Cukup dengan mengelola saja isi dari akun twitter kamu sesuai dengan niche, target, dan kebutuhan saja.

Dan yang paling penting, jangan memasang foto profil, bio, dan username yang nyeleneh dan membuat orang lain enggan untuk mem-follow kamu. Satu hal lagi, konsisten adalah kunci. Tentukan sejak awal bagaimana kamu akan mengelolanya, bagaimana konsep isinya, jadwal postingnya, dan hal – hal lain yang terlihat remeh, tetapi sebenarnya berpengaruh juga terhadap followers kamu. Selamat berburu followers!