Ukuran foto di facebook untuk foto profil, sampul, cover acara, grup, dll

Hai reader bukugue.com!

Berbicara tentang foto untuk facebook tentu saja punya selera yang berbeda namun satu hal yang pasti, semua kita setuju foto yang kita upload baik sebagai foto profil, foto sampul, status image, atau foto link harus terlihat menarik kan kawan?

Menarik dalam artian foto tersebut punya ukuran yang pas sehingga objek yang ingin kita tampilkan dalam sebuah foto terlihat dengan jelas, tidak ada yang terpotong, dan tidak pecah ataupun buram.

Memang tidak mudah agar mendapatkan hasil foto yang pas untuk facebook kita karena foto yang kita hasilkan sering kali tidak sesuai dengan ukuran foto idealnya facebook, terkadang kekecilan atau terlalu besar. Kecewa banget deh!!! Tapi tenang kawan, hasil foto tidak cocok bisa kalian akalin kok!!

Caranya, yuk ikuti tutorial berikut ini!!

A. Ukuran Foto Sampul (cover) facebook

Yup, ini dia yang sering kali terjadi, ukuran foto sampul tidak sesuai ukuran dan keseringan kita mengapload foto yang terlalu besar. Sehingga kita harus menggeser untuk memilih bagian yang akan ditampilkan di foto sampul, selebihnya akan tersembunyi dari tampilan di facebook.

Untuk foto sampul disarankan berukuran 640 pixels lebar dan 360 pixel tinggi, dan tidak boleh kurang dari 400 pixel lebar dan 150 pixel tinggi.

Foto Sampul Facebook
Foto Sampul Facebook

Nah, gimana kalau kita tetap menggunakan ukuran foto di bawah standar minimal tersebut? Facebook akan memberitahukan bahwa foto tersebut tidak dapat dijadikan foto sampul karena ukuran terlalu kecil. Jadi kalian harus memilih foto lain atau tetap menggunakan foto sampul sebelumnya.

Disini aku akan bahas bagaimana cara meresize atau mengubah ukuran foto ke ukuran yang pas, kamu tinggal menyesuaikan ukurannya tergantung jenis foto yang akan dibuat. DIsini kita akan pakai satu foto berukuran besar dibawah ini sebagai contoh.

Foto contoh 969 pixel x 729 pixel
Foto contoh 969 pixel x 729 pixel | by pixabay

Untuk mengubah ukuran foto kali ini aku pake aplikasi khusus smartphone, gak seperti biasa ya!! menggunakan paint di laptop. Jadi lebih gampang karena bisa dilakukan di hp.

Cara mengubah ukuran foto lewat hp

1. Buka photo resizer, kawan-kawan yang belum punya aplikasi ini bisa download di playstore ya!! Di bawah ini halaman depan foto resizer, untuk mengubah ukuran foto langsung saja klik di galeri.

Pilih galery
Pilih galery

2. Pilih foto yang kita inginkan dengan mengklik nama foldernya

Cari foto dalam folder
Cari foto dalam folder

3. Centang di foto yang kalian inginkan dan kemudian klik di tanda centang di menu atas

Pilih foto yang ingin di edit
Pilih foto yang ingin di edit

4. Klik resize untuk mengubah ukuran foto

Pilih resize
Pilih resize

5. Pilih pixels dan isikan ukuran foto yang kalian inginkan, jika ingin membuat ukuran versi baru jangan ceklis di bagian “maintain aspect ratio”. Ceklis bagian ini jika nanti hasil fotonya jelek karena melar nya kelewat parah.

Isi ukuran foto nya
Isi ukuran foto nya

6. Oke, foto yang kita edit sudah jadi!! Di modified dan siap digunakan di foto sampul facebook kalian.

Resize foto selesai
Resize foto selesai

7. Kalian bisa cek foto hasil editan tersebut di menu galeri smartphone kamu di folder photo resizer.

Berikut perbandingan foto sampul berukuran 640 pixel lebar x360 pixel tinggi (diatas) dan foto asli dari pixabay.com (di bawah).

Perbandingan foto
Perbandingan foto

B. Ukuran foto profil facebook

Untuk foto profil di smarphone kalian bisa mengupload foto berukuran minimal 170 pixel x170 pixel. Ini karena foto profil tersebut berukuran segitu ketika dilihat dari laptop. Jika kita upload lebih kecil dari itu, maka hasilnya akan pecah jika dilihat di laptop.

Jadi disini ukuran foto profil yang direkomendasikan adalah 170×170 px atau ukuran yang lebih besar dengan rasio tinggi dan lebarnya sama. Aku pernah pakai foto profil berukuran 620 pixel x620 pixel hasil sangat bagus, ukuran pas sehingga tidak harus dicrop terlebih dahulu.

Foto berukuran 620 x 620
Foto berukuran 620 x 620

Oh ya, untuk resize foto ini caranya sama ya seperti di atas pada resize foto sampul sebelumnya, Berikut tampilan foto profil dan foto sampul yang kita gunakan sebagai contoh tadi.

Tampilan Foto profil yang sudah di set
Tampilan Foto profil yang sudah di set

Baca juga : Kreasi menyatukan foto profil dan foto sampul jadi satu.

C. Ukuran foto story di facebook

Untuk foto story facebook di smarphone kalian bisa menggunakan ukuran 1080 px lebar x1920 px tinggi, agar foto kalian terlihat penuh di layar, jadi kalau pernah dapat foto story jadi terlihat di tengah layar itu karena foto kekecilan!!

D. Ukuran status gambar di facebook

Kawan-kawan yang suka buat status gambar di facebook menggunakan smarphone, Apapun gambar yang kalian share di facebook harus terlihat dengan jelas di beranda, apalagi bagi kalian yang jualan online, foto yang bagus akan menarik minat calon pembeli.

Berikut ini contoh foto yang ku apload walaupun berbeda ukuran tinggi tetapi masih terlihat menarik, kalian boleh coba kawan-kawan!!

gambar ukuran 1200 x 630 px
gambar ukuran 1200 x 630 px
gambar ukuran 1200 x 504 px
gambar ukuran 1200 x 504 px
gambar ukuran 1200 x 470 px
gambar ukuran 1200 x 470 px

E. Ukuran Foto sampul acara (event) di facebook

Nah foto acara disarankan berukuran 1080 pixel lebar x 920 pixel tinggi, dan hasilnya bagus banget kawan!

Foto sampul acara
Foto sampul acara

Foto sampul yang biasa digunakan untuk sampul sebuah acara berupa poster, yang berisi objek dan penjelasan singkat tentang acara kita.

Nah, kawan-kawan agar acara kalian banyak peminatnya dan tepat sasaran, buat foto kalian sebagus mungkin semua objek dan tulisan terlihat dengan jelas, jadi orang-orang begitu melihatnya di laman acara facebook langsung tau tentang acara kalian tanpa harus klik lagi untuk melihat lebih jelas foto tersebut.

Oke, ini dia contoh foto sampul acara berupa gambar poster.

Foto sampul acara lengkap dengan text
Foto sampul acara lengkap dengan text

F. Ukuran Foto link artikel yang dishare di facebook

Jika ingin berbagi link artikel ke facebook atur foto featured artikel kalian menjadi 1200 pixel lebar x 630 pixel tinggi atau ukuran yang lebih kecil namun tetap mempertahankan rasio foto tersebut.

Foto link berukuran 1200 px lebar x 630 px tinggi
Foto link berukuran 1200 px lebar x 630 px tinggi

G. Ukuran foto grup facebook

Yuk perbaiki kualiatas foto grup kita agar terlihar lebih meyakinkan dan semakin banyak yang meminta bergabung ke grup, untuk hasil terbaik upload foto grup berukuran 1640 pixel lebar x856 pixel tinggi. Kalian tidak perlu lagi mengatur foto, karena sudah benar-benar pas dengan format foto grup yang ditentukan facebook.

Foto grup facebook
Foto grup facebook

Oh ya kalian bisa juga mengurangi ukuran tersebut, asalkan tetap mempertahankan rasio foto tersebut, aku sudah coba 1200 pixel lebar x626 pixel tinggi dan 960 pixel lebar x 501 pixel tinggi, hasilnya tetap pas di format foto grup dan kualitas gambarnya masih bagus.


Kawan-kawan agar foto facebook kalian terlihat menarik, sebaiknya diatur ukurannya, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kawan-kawan! Salamat mencoba dan semoga berhasil.

Salam dari penulis.

fatimahms

Punya motivasi "try again smile again" Tersenyumlah karena kamu sangat cantik ketika tersenyum dan Semua akan baik-baik saja! Hubungi penulis di [email protected]

Tinggalkan Balasan