Urutan like di Facebook berdasarkan apa?

Jika kita menyukai suatu postingan yang dibagikan seseorang di Facebook, biasanya kita akan memberikan tanggapan berupa like (suka) atau komentar. Postingan yang menarik biasanya akan memiliki jumlah likes yang banyak. Begitu pula dengan status yang kita buat. Jika status yang kita buat menarik di mata orang, tentunya kita akan menerima banyak likes.

Namun dari angka likes yang tertera, biasanya akan ada nama orang tertentu yang muncul sebagai top liker. Orang yang muncul sebagai top liker ini pun biasanya bukanlah orang asing, melainkan orang yang mungkin cukup akrab bagi kita. Mengapa demikian?

top likers di Facebook

Pada artikel kali ini, Bukugue dot com akan menjelaskan mengenai urutan like di Facebook berdasarkan apa. Simak penjelasan berikut ini.

Top liker berdasarkan apa?

Berdasarkan social.techjunkie.com, ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap akun yang menjadi top liker di postingan kita. Apa saja faktor tersebut?

urutan teratas likes facebook

1. Likes terbaru. Sebelum membahas hal lainnya, kita perlu mengetahui bahwa like terbaru akan lebih diperhitungkan dalam algoritma. Meskipun demikian, top likes ini tidak sepenuhnya didasarkan pada faktor waktu atau kronologis saja.

2. Orang yang sering berkirim pesan denganmu. Coba perhatikan siapa saja teman yang sering berkirim pesan denganmu melalui Facebook. Jika kamu amati, orang tersebut kemungkinan besar akan muncul sebagai top liker. Urutan teratas pada likes tersebut akan berubah mengikuti siapa yang baru-baru ini berkirim pesan di Facebook.

3. Profil yang banyak kamu lihat atau amati. Ini merupakan faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap top like di Facebook. Jika kamu sering mengamati akun salah satu temanmu, lalu temanmu tadi menyukai status kita, maka besar kemungkinan dia akan menempati urutan teratas pada likes. Terlebih jika kamu sering membuka profilnya melalui pencarian Facebook. Hal tersebut akan lebih berpengaruh terhadap urutan, jika dibandingkan dengan membuka profilnya langsung melalui beranda.

4. Aktivitas. Sudah banyak orang mengetahui bahwa aktivitas akun Facebook kita akan tercatat dan diperhitungkan dalam algoritma. Kemudian hal ini juga akan berpengaruh pada urutan like di Facebook. Jika kita sering memberikan like pada status orang tertentu, dan sebaliknya, besar kemungkinan dia akan muncul sebagai top likers.

Urutan daftar likes di facebook berdasarkan apa?

Untuk daftar likes, Facebook mengurutkan daftar likes berdasarkan waktu, namun secara terbalik. Artinya yang teratas adalah recent likes atau like terbaru.

urutan daftar likers di facebook
urutan daftar likers di facebook

Jika yang dibutuhkan adalah informasi first liker (siapa yang menyukai status kita pertama kali). Kita perlu menggulir layar sampai ujung bawah untuk mengetahuinya.


Algoritma Facebook yang cukup kompleks ini masih menjadi rahasia. Facebook masih belum memberikan pengumuman secara resmi faktor-faktor apa saja yang sebenarnya mempengaruhi urutan like di Facebook. Penjelasan kali ini hanya memberikan gambaran kasar saja dan tidak dapat dijadikan patokan yang baku.


Nah itu tadi penjelasan mengenai urutan like di Facebook. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk pembaca Bukugue dot com. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran terkait topik kali ini, silahkan sampaikan di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan