Urutan viewers story Facebook berdasarkan apa? Ini hasil testingku

Adakah yang penasaran tentang urutan viewers di Story Facebook? Kalau ada, berarti tidak hanya aku saja yang merasa penasaran sebenarnya viewers Story Facebook itu berdasarkan apa ya?

Memang sih, aku bukan orang yang rajin membuat Story dan melihat list viewers. Tapi aku terkadang penasaran dan muncul pertanyaan terkait hal ini.

Oleh karena itu aku melakukan testing dan menggali informasi lebih jauh, dan hasilnya aku akan mengulasnya disini sekaligus memberikan beberapa testing yang sudah aku lakukan.

Teori terkait urutan viewer story Facebook

Facebook tidak memberikan penjelasan terkait ini. Aku cari di forum-forum resmi Facebook pun, aku tidak menemukan penjelasan resmi Facebook terkait hal ini.

Namun berdasarkan netizen di Internet, berikut beberapa opini terkait urutan viewer Facebook.

  1. Urutan viewer story Facebook berdasarkan kronologi waktu selama masih dibawah 50. Setelah itu berdasarkan interaksi dan engagement.
  2. Urutan berdasarkan kronologi waktu selama masih dibawah 100. Setelah itu berdasarkan algoritma komplek yang dipengaruhi oleh interaksi kedua belah pihak.
  3. Urutan berdasarkan siapa yang sering stalking akun kita
  4. Urutan acak atau random

Ini hanya teori dan sejauh yang aku tau tidak ada informasi resmi.

Urutan viewers Story Facebook menurut hasil testingku

Aku melakukan testing simpel beberapa kali, berikut hasilnya testing secara singkat.

1. Penonton yang baru melihat akan muncul diatas.

Penonton yang baru melihat story akan muncul di urutan teratas dan ada tanda birunya. Nanti ketika kamu membuka daftar viewers lagi, maka seluruh daftar viewers tersebut akan acak. Tidak sesuai dengan urutan saat kamu pertamakali membuka daftar viewers.

Baca juga :  Cara melihat Story Facebook tanpa berteman (lengkap)

2. Urutan viewers story Facebook tidak terkait dengan interaksi kita dengan orang tsbt.

Setelah aku testing beberapa kali, isu bahwa interaksi kita mempengaruhi urutan story menurut u kurang tepat. Karena aku lihat dalam daftar viewers milikku, ada beberapa akun yang sama sekali tidak pernah berinteraksi denganku, tapi mereka berada di urutan teratas.

3. Urutan viewers story Facebook tidak terkait dengan waktu mereka melihat story

Seharusnya jika urutan berdasarkan waktu maka orang yang pertama melihat akan berada di paling atas atau paling bawah (tergantung apakah diurutkan dari bawah atau dari atas).

Namun dalam kenyataannya orang pertama dan terakhir tidak pernah orang yang sama. Begitu juga urutan keduanya, dan ketiganya, dstnya bukanlah orang yang sama.

KESIMPULAN SEMENTARAKU ADALAH URUTAN VIEWER STORY FACEBOOK BERSIFAT RANDOM ATAU ACAK.

Berikut beberapa contoh story yang aku amati dan penjelasannya

Jadi disini aku akan coba untuk membuktikan kalau urutan viewers story di Facebook itu random atau acak.

Contoh #1:

Gambar sebelah kiri adalah tampilan daftar viewers Story Facebook saat pertama kali aku buka listnya. Sedangkan sebelah kanan adalah tampilan daftar viewers Story Facebook saat aku buka listnya untuk kedua kalinya.

Silahkan perhatikan urutan daftarnya. Jika memang urutan viewers berdasarkan urutan kronologis dan berdasarkan waktu, seharusnya tidak ada yang berubah urutannya. Tetapi dalam gambar itu, keduanya memiliki urutan yang berbeda.

Kalau memang urutan viewers Story Facebook berdasarkan seberapa sering kita berinteraksi dengan akun-akun tersebut, tetapi urutan ketiga dalam daftar teratas bukanlah akun yang sering berinteraksi denganku. Tetapi mengapa mereka masuk dalam daftar 3 teratas?

Contoh #2:

Gambar dibawah adalah contoh testing lainnya yang sudah aku lakukan. Aku membuat story yang berbeda dengan yang sudah dijelaskan diatas tadi ya.

Baca juga :  Cara sederhana mendapatkan uang dari facebook

Oke kita bahas. Gambar sebelah kiri adalah gambar yang aku ambil saat viewers story sudah ada sebanyak 14 pemirsa atau 14 viewers. Sedangkan gambar sebelah kanan adalah gambar yang aku ambil saat viewers story sudah ada sebanyak 22 pemirsa atau 22 viewers.

Dikedua screenshot, akun “Wulandari” tetap berada di posisi paling atas sementara akun Annisa yang dibawah malah turun diganti dengan akun-akun yang baru melihat story kita. Jika urutannya berdasarkan kronologis, maka urutan “Wulandari” seharusnya akan berada dekat dengan “Annisa”. Dan kalaupun ada nama-nama baru yang masuk, seharusnya nama-nama tsbt tidak memisahkan “Wulandari” dan “Annisa”.

Jika dilihat dari segi interaksi, urutan pertama “Wulandari” adalah akun yang jarang sekali berinteraksi denganku.

Kesimpulan

Berdasarkan pengamatan simpel yang aku lakukan tersebut. Aku hanya bisa menyimpulkan bahwa urutan viewer Facebook tidak berkaitan dengan waktu (secara kronologis) dan tidak berkaitan dengan interaksiku dengan orang tsbt.

Jadi aku lebih condong ke teori “urutan viewer story Facebook ini adalah ACAK atau RANDOM”.

Admin: Hal ini perlu testing dan pengamatan lebih banyak. Nanti aku akan coba sendiri lebih lanjut dan tambahkan informasi lebih lanjut disini. Silahkan di bookmark laman ini. Selain itu teman-teman juga bisa ikut menambahkan pengalaman teman-teman terkait hal ini dengan meninggalkan komentar dibawah ini.


Jika berbicara tentang fitur Story di Facebook, banyak sekali pendapat yang beredar terkait urutan viewers di Story Facebook. Namun sayangnya pihak Facebook tidak pernah secara jelas mengungkap rahasia algoritma yang mereka miliki untuk fitur Story di Facebook.

Jadi sampai sekarang belum ada yang tau kebenarannya terkait hal ini. Mungkin kedepannya semoga pihak Facebook memberi tanggapan terkait hal ini.

Baca juga :  Cara Melihat Tanggal Lahir di Facebook (Sendiri ataupun Orang lain)

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Kalau kamu punya pendapat lain terkait urutan viewers Story di Facebook, silahkan berkomentar dibawah yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.