(Wa web) Cara mudah menggunakan whatsapp web

Para pengguna aplikasi messenger tentunya sudah tidak asing lagi dengan Whatsapp. Mulai diluncurkan dari bulan Januari 2009, Whatsapp kini sudah digunakan oleh lebih dari 1,5 milyar orang setiap bulannya.

Keunggulan utama dibandingkan dengan aplikasi messenger lainnya terletak pada kesederhanaannya. Tanpa banyak fitur tambahan, whatsapp lebih dipilih oleh mereka yang mementingkan percakapan yang simple dan to the point.

Walaupun mungkin baru-baru ini, wa mulai sedikit lebih ribet dengan munculnya fitur baru seperti penggunakan sticker di chat, namun wa masih tetap tergolong simple dan masih menjadi pilihan utama kita.

Lalu, sudahkah kamu mencoba menggunakan aplikasi ini melalui komputer atau laptop? Pernahkan kamu denger istilah wa web atau whatsapp web?

Yap, bener sekali. Whatsapp udah bisa juga digunakan di desktop lho. Ada 2 metode yang bisa kamu gunakan. Pertama dengan akses wa web dan satu lagi dengan install aplikasi wa khusus komputer.

Cara pakai wa web di smartphone/tablet/komputer kamu

Yang paling cepat untuk di gunakan adalah wa web (whatsapp web), ini karena kamu ga perlu menginstall atau download apapun. Wa web itu di akses pakai browser seperti chrome, mozilla, opera, ucbrowser, dll. Jadi buka dulu browser kamu. Dan ikutin langkah-langkah dibawah ini.

Ok, langsung saja, berikut ini cara pakai wa web dengan mudah versi bukugue.com :

1. Buka halaman browser dan kunjungi situs resmi whatsapp di : whatsapp.com.

laman awal website whatsapp
laman depan whatsapp website

 

2. Untuk menggunakan Whatsapp Web, langsung di klik aja di menu ‘Whatsapp Web’ yang ada di halaman diatas. Situs kemudian akan meminta kamu untuk melakukan scan barcode. Seperti ini tampilannya.

laman wa web whatsapp web
laman scan qr wa web

 

3. Jangan lupa check pilihan “keep me sign in” jika kamu ingin menggunakan dalam waktu yang lama (terutama kalau pakai perangkat pribadi). Kalau pilihan ini di un-check maka whatsapp akan otomatis log out dengan sendirinya jika tidak ada aktivitas setelah beberapa lama.

4. Selanjutnya, buka aplikasi whatsapp di ponsel kamu. Pilih ‘menu’, yaitu tiga dot vertikal yang berada dibagian pojok kanan atas. Lalu pilih “Whatsapp web”

5. Klik “ok, got it”. Layar Hp akan berganti menjadi ‘barcode scanner’. Arahkan kamera depan ke layar komputer di halaman yang sudah kamu buka sebelumnya. Pastikan kamera depan dapat menangkap gambar barcode dengan benar. Tunggu beberapa saat hingga terkoneksi.

6. Halaman web akan menampilkan semua percakapan dan kontak yang ada di riwayat whatsapp kamu sebelumnya. Dan Whatsapp Web sudah siap untuk digunakan sesuai kebutuhan.

tampilan wa web kamu
akan terlihat percakapan kamu (aku sensor dikit biar ga keliatan no hp yang chat aku)

7. Selesai. Sampai disini prosesnya udah selesai. Mudah banget sih harusnya.

Cara keluar dari whatsapp web

Kalau kamu pakai wa web di komputer warnet misalnya, atau nebeng di komputer teman. Atau mungkin kamu ingin kasih pinjem laptop kamu ke teman, dan ga ingin wa kamu di akses oleh mereka.

Maka kamu bisa log-out dari wa web. Mudahnya sih, wa web itu prinsipnya sama seperti akun facebook, dll. Jadi bisa di log out dengan mudah, dan login lagi dengan mudah kedepannya.

Jadi bagaimana cara log-out nya?

Kamu tinggal klik icon titik 3 seperti gambar dibawah ini, nanti muncul pilihan menu, tinggal ambil menu paling bawah”log-out” untuk keluar dari laman wa web.

cara log out dari whatsapp web
cara log out dari whatsapp web

Ok. Nanti klo kamu akses laman wa web lagi, kamu akan diminta scan kode qr lagi.

Alternatif wa web : install aplikasi whatsapp resmi untuk komputer/laptop

Untuk aplikasi Whatsapp laptop/komputer sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan langkah-langkah diatas, hanya saja kamu harus mendownload dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Berikut ini dijelaskan caranya :

1. Buka situs www.whatsapp.com di halaman browser.

2. Untuk mengunduh aplikasi, kamu bisa gunakan menu “Download” atau “Mac or Window PC” kedua pilihan ini akan mengarah ke halaman yang sama.

link download wa untuk komputer atau laptop
link download wa untuk komputer atau laptop

3. Biasanya situs secara otomatis bisa mengenali jenis operation system yang digunakan oleh komputer kamu untuk lebih memudahkan pelanggan. Pilih menu “Download For ( tipe OS )” yang tunjukkan oleh tombol hijau.

 

4. Simpan aplikasi “WhatsAppSetup” di folder yang kamu inginkan. Tunggu beberapa saat hingga proses download  selesai.

5. Buka folder tempat kamu menyimpan “WhatsAppSetup” dan install aplikasi tersebut.

6. Tergantung tipe/jenis operating system komputer kamu, akan ada peringatan saat proses install. Pastikan untuk accept/terima, atau run/jalankan, installer wa nya. Kalau kamu downloadnya di situs resm seperti diatas, insyaallah aman dan bebas virus kok..

7. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.  Langkah selanjutnya sama dengan yang sudah dijelaskan pada poin – poin sebelumnya. Kalau proses instalasi selesai. Kamu tinggal buka aplikasinya. Nanti kamu perlu untuk scan qr lagi seperti cara login di wa web sebelumnya. Kamu tinggal scan dan selesai sih harusnya.

Berikut diatas adalah pembahasan detail mengenai whatsapp web, dan cara penggunaan wa web di browser kamu. Diatas juga dijelaskan alternatif lain, dengan menggunakan aplikasi wa resmi untuk laptop atau komputer.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar dibawah ini.

yudha

Menulis itu seni. Menulis cerita fiksi misalnya butuh kemampuan menulis tinggi. Untuk penulis noob sepertiku, menulis informasi dasar di blog ini aja, sudah cukup untuk bikin rambut rontok. Hahaha :D

Tinggalkan Balasan