Cara mengaktifkan kembali akun facebook pribadi yang dinonaktifkan

Kenapa akun facebook pribadi saya dinonaktifkan oleh facebook? Jika kalian pernah bertanya-tanya tentang hal tersebut, pasti karena ingin tau alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apakah ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut, iya kan! Karena kita sudah punya akun tersebut bertahun-tahun lamanya dan kita tentu saja sangat menyayangkan ketika harus kehilangan segala sesuatu di akun kita.

Nah, kawan-kawan terlebih dahulu kalian harus benar-benar memastikan bahwa akun kalian memang dinonaktifkan atau di disable oleh pihak facebook.

Terkadang kita sering mengalami kendala ketika masuk akun, setelah berulang kali kita coba namun tetap tidak bisa. Hal ini bisa saja karena login menggunakan pasword yang tidak tepat atau jaringan yang tidak bagus, atau mungkin memang aplikasi facebook yang error. Bukan berarti akun kalian sudah dinonaktifkan.

Jika akun kalian dinonaktifkan oleh pihak facebook, tandanya ketika kamu ingin login kamu akan mendapatkan pesan yang mengatakan akun kalian sudah dinonaktifkan.

Facebook memang sudah semakin memperketat aturannya hingga tidak segan untuk menonaktifkan akun yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas, Namun terkadang juga terjadi kesalahan, sehingga akun yang tidak melakukan pelanggaran menjadi korban. [Atau teman-teman sendiri yang tidak sadar melakukan pelanggaran :P]

Untuk itu yuk, ketahui beberapa tindakan yang melanggar peraturan facebook dan beresiko dinonaktifkan akun! Selanjutnya kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk memulihkan akun kamu, jika akun kamu memang dinonaktifkan secara keliru.

Kenapa akun facebook saya dinonaktifkan?

Berikut ini tindakan yang sering dilakukan pengguna facebook namun beresiko dinonaktifkan akun.

1. Postingan yang melanggar ketentuan facebook

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna, facebook akan menonaktifkan akun yang melanggar ketentuan yang ditetapkan di media sosial ini misalnya meng-upload gambar yang mengajak kepada berjualan barang haram, gambar sadis misalnya pembunuhan yang berdarah-darah, mengupload gambar anak kecil tanpa pakaian atau foto orang dewasa yang tidak wajar untuk konsumsi publik.

Selain itu menggunakan kata-kata yang tidak sopan seperti caci maki, merendahkan orang lain atau bullying lainnya, dalam hal ini facebook jika menerima laporan dari si korban bullying tersebut akan mengambil tindakan yang bisa berujung ke penonaktifkan akun sipelaku.

Bukan hanya itu membagikan foto yang berupa kegiatan membully atau bersifat membuat orang lain melakukan tindakan tersebut juga dianggap pelanggaran.

Kamu yang suka upload gambar atau video juga harus lebih hati-hati, tidak boleh mengupload sesuatu karya yang bukan milik kita. Karena segala sesuatu yang kita bagikan berarti kamu memberi izin pada pihak lainnya untuk menyimpan, menyalin atau membagikannya ke pihak lain.

2. Tidak menggunakan nama asli atau nama sehari-hari

Penggunaan nama palsu untuk akun facebook berarti memberikan peluang kepada pemilik akun untuk leluasa melakukan tindakan yang tidak dibenarkan.

Namun seseorang akan lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan atau pernyataan suatu masalah jika menggunakan identitas asli, dan hal ini akan membuat rasa nyaman bagi pengguna facebook lainnya.

3. Berpura-pura menjadi orang lain

Seseorang yang menjiplak identitas orang lain merupakan tindakan yang sangat dilarang di medsos satu ini. Facebook akan menonaktifkan akun tersebut jika ketahuan atau ada yang melaporkannya.

4. Terus melakukan perilaku yang melanggar aturan

Facebook akan memberikan peringatan bagi akun yang melanggar aturan untuk pertama kali, namun jika masih terus melakukan tindakan yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas maka facebook akan memberikan sanksi berupa menonaktifkan akun.

Jadi sanksi ini sebenarnya memang diberikan kepada pelanggaran berat atau yang melanggar berkali-kali.

5. Melakukan tindakan yang mencurigakan

Salah satunya yang termasuk “mencurigakan” adalah menambah teman dalam jumlah banyak dalam sehari. Hal ini juga termasuk sikap yang melanggar aturan dan mencurigakan sehingga facebook bisa saja menonaktifkan akun tersebut, karena bisa dianggap akun bot atau akun palsu yang dibuat semata-mata hanya untuk menambah follower dan reach di facebook.

Akun – akun seperti ini biasanya akan diperjual belikan ataupun dipergunakan untuk kepentingan promosi SPAM atau nyampah kemana-kemana.

6. Melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan orang lain

Berbagai tindakan yang membuat pengguna facebook tidak nyaman, diantaranya adanya akun yang menghubungi untuk melakukan penghinaan, ancaman, mengirimi iklan atau promosi secara terus-terusan ke akun kita. Kebiasaannya akun tersebut akan dinonaktifkan jika ada yang melaporkannya, semakin banyak yang melapor maka semakin cepat tindakan dari facebook.

Mengatasi akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook

Untuk mengaktifkan kembali akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook sebenarnya tidak banyak yang bisa kita lakukan, selain dengan menghubungi support facebook. Sejauh yang aku tau, hanya itu cara yang bisa diambil.

Cara ini akan besar kemungkinan berhasil jika kamu memang bukan tipe yang sengaja melakukan pelanggaran, seperti orang yang SPAMMING, atau yang sengaja berpura-pura jadi orang lain. Mungkin pelanggaran-pelanggaran ringan seperti suka ngomong kasar yang bikin orang lain tidak nyaman, dstnya.

Ok. Langsung aja.

Kawan-kawan jika akun kamu telah dinonaktifkan oleh facebook tanpa didasari oleh tindakan yang melanggar aturan faceboook dan standar komunitas, maka kamu dapat mengajukan permintaan untuk meninjau ulang akun kamu dengan mengirimkan formulir yang telah disediakan oleh facebook.

  1. Caranya klik di sini (pengguna hp) atau disini (pengguna komputer) dan akan muncul halaman seperti di bawah ini!
Gambar 1. Formulir pemulihan akun
Formulir pemulihan akun

2. Masukkan alamat email dan nomor telpon seluler yang dapat dihubungi.
3. Isikan nama lengkap seperti yang tertera di akun facebook kamu.
4. Selanjutnya upload foto kartu identitas kamu, di sini kamu bisa upload kartu SIM, KTP, kartu pelajar atau paspor.
5. Selanjutnya klik kirim.

Admin: Lalu silahkan tunggu instruksi selanjutnya lewat email yang dimasukkan dilaman ini. Sayangnya penulis tidak menjelaskan proses selanjutnya. Kemungkinan karena tidak punya akun yang di disable oleh facebook, jadi sedikit sulit untuk mendokumentasikan instruksi selanjutnya. Jika teman-teman berkenan, silahkan share proses yang kalian lewati dikolom komentar sehingga bisa ditambahkan kesini.


Kawan-kawan itu dia beberapa alasan facebook menonaktifkan akun pengguna, nah bagi kalian yang lagi butuh cara untuk memulihkan akun facebook bisa coba tutorial di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Salam dari penulis.

This Post Has 322 Comments

  1. asih

    halo mas yudha, maaf mau tanya. saya kan buat akun fb untuk jual cemilan, nah waktu mau sambung ke instagram untuk iklan harus ada kirim foto utk verifikasi, ga lama muncul notif kaya komen2 yang di atas “Kami memiliki lebih sedikit peninjau karena wabah virus corona (COVID-19) dst”. Ga lama akun saya dinonaktifkan oleh FB, udah coba isi form “use this form to request a review” eh tetep ga bisa krn udah dinonaktifin samaFB. Kalo gitu akun bakal kehapus otomatis ga sih mas? Saya mau coba delete akun tp ga bisa ke setting, cuma mentok di log in, abis masuk ga bisa di apa2in.

    1. yudha

      mba jualan di profil ya? jualan bolehnya di fanpage, kalau diprofil melanggar tos mereka..

      itu bisa login, pas login keliatan apa aja? ada notif atau ada yang bisa dilakukan disana?

    2. asih

      Your account has been disabled
      You can’t use Facebook because your account, or activity on it, didn’t follow our Community Standards. We have already reviewed this decision and it can’t be reversed. To learn more about the reasons why we disable accounts visit the Community Standards.
      Download Your Information
      Go to Community Standards

      Itu mas yudha, tulisan pas saya log in ke akun saya. Akhirnya saya isi form banding trus pas klik “send” ada pop up “Kami Tidak Dapat Meninjau Keputusan untuk Menonaktifkan Akun Anda
      Akun Facebook Anda dinonaktifkan karena tidak mengikuti Standar Komunitas. Kami sudah meninjau keputusan dan ini tidak dapat dibatalkan”

      Saya gapapa akunnya ga balik, dari penjelasan mas yudha baru tau kalo buat jualan bikinnya di fanpage. Lalu pertanyaan saya, akun yang dinonaktifkan otomatis dihapus ga ya oleh pihak FB? Soalnya saya pengen hapus tapi ya itu, setelah log in ga bisa klik apa2 selain download informasi akun yg bentuknya zip.
      Makasih banyak sebelumnya buat tanggapan mas yudha, sangat membantu.

    3. yudha

      We have already reviewed this decision and it can’t be reversed.

      dari infonya sepertinya memang udh ga bisa di balikin mba..

      kalau mba tanya, apakah bakal di delete akunnya, aku sendiri belum pernah ngalamin, jadi ga tau pasti.. cma barusan aku searching di internet, dari yang aku pahami, facebook ga akan menghapus akun tsbt.. artinya tiap kali mba login, bakal ketemu tulisan notice disable tsbt…hal ini dijelasin disalah satu user di diskusi disini https://www.quora.com/Will-Facebook-delete-my-disabled-account-automatically, akunnya di disable beberapa tahun yang lalu, dan sampai terakhir dia cek, akun tsbt masih ada..

      kalau di liat dari luar, atau profil fb lain, apakah profilnya keliatan mba? seharusnya enggak kan ya…

  2. Cici Hanifah

    Bang, akun gue dah 2 minggu dinonaktifkan. Habis itu gue kirim informasi (foto KTP) ke pihak facebooknya, nah pas udah gue kirim ada email masuk sih katanya fotonya burem dan terlalu gelap, terus udah deh cuma disuruh nunggu peninjauan selesai. Nah sampe sekarang belum selesai juga sih tinjauannya, kira-kira masih bisa balik nggak ya akun gue

    1. yudha

      kalau bisa atau engganya itu tergantung pihak fb mba.. kalau disuruh nunggu, tunggu aja dlu mba…

    2. Cici Hanifah

      sampe sekarang masih sama disuruh nunggu bang, kek gini

      “Peninjauan Informasi Anda Mungkin Memerlukan Waktu Lebih Lama daripada Biasanya
      Terima kasih sudah mengirimkan informasi Anda. Kami sudah menerimanya.
      Kami memiliki lebih sedikit orang yang siap untuk meninjau informasi karena pandemi virus corona (COVID-19) ini. Diperlukan waktu lebih lama dari biasanya untuk meninjau akun Anda.
      Kami selalu mengedepankan keamanan orang-orang di Facebook, jadi sampai proses peninjauan selesai, Anda tidak akan bisa menggunakan akun.
      Terima kasih atas pengertian Anda.”

      sama nanya lagi deh, kalo akun yang dinonaktifkan itu dibiarin apakah bisa terhapus permanen bang? soalnya aku pengen dihapus permanen aja sih akunnya

    3. yudha

      setauku ga bisa terhapus permanen mba.. artinya akunnya bakal ada terus di fb (data-datanya)… cma mungkin kalau diliat dari profil publik, akunnya disembunyikan..

      jadi klau ditinjau dari publik, akunnya udh ga ada emang.. tapi bukan seperti dihapus permanen.. kalau dihapus permanen, seluruh data bakal dihapus.. kalau ini engga, cuma disembunyikan aja dari publik.. cmiiw.

    4. Cici Hanifah

      Oh gitu ya. Tapi akunnya masih bisa dicari di Facebook dan profilnya ada, padahal posisi akunnya masih dinonaktifkan, bang.
      Ya antara pengen balik atau pengen dihapus gitu jadi bingung hehe
      Oke bang terima kasih atas jawabannya.

    5. yudha

      thanks info-nya mba.. aku kira semua akun yg di disable akan disembunyikan sama pihak fb… ternyata engga…

  3. lfarahm

    mas ini no ku (sensor), q prnh tanya2 disini tp ketumpuk2 jd susah mesti scroll dari atas, mau tnya2 ttng akun fb ku yg di nonaktifkan sm pihak fb, pdhl udh lbh dari 2 bln q kirim foto ktp, tp gk ada perubahan, tp msh dpt notif di email (notif ultah tmn di fb)

    1. yudha

      kalau dibuka email notifnya, coba cek apakah ada link yang mengarahkan mas ke akun mas.. kalau di klik apakah bisa login ?

  4. Aby Saputra

    nanya bang, kan fb ku di nonaktifkan atau tidak layak msih mungkin kembali gak,.
    Itu di nonaktifkan ya mungkin gua punya aku dua trus yg akun di nonaktifkan tu gak sama nma ya di ktp.
    Pegi penjlasan bang, trus ada kemungkinan gak kembli kmu ya:(

    1. yudha

      kemungkinan sih engga mas.. cmiiw.. kalau mau coba aja dlu, krimkan ktp mas.. cma ya itu, hati2 aja akun satu lagi yang mati saat akun ini balik..

  5. Aby saputra

    Kemrin udah coba pakai ktp tpi gk bisa, malah ada tulisan kmu tidak bisa mengunakan fb lagi.
    Itu bang

    1. yudha

      kalau itu pemberitahuan dari fb, kemungkinan memang udh ga bisa mas… setauku gitu sih..

  6. Nerman mandacan

    Kenapa akun Facebook nonaktifkan ?

    1. yudha

      diatas udh dijelasin mas..

  7. Tedi

    Fb saya di nonaktifkan, masalah nya saya menautkan game freefire di akun fb itu, terus gmna ya mas kelanjutan game saya..?

    1. yudha

      masih bisa login ke game nya? kalau bisa, coba cek pengaturan game, apakah bisa diputuskan hubungannya dengan akun fb tsbt..

  8. Yapsid

    Bang akun facebook aku dinonaktifkan padahal gak pernah melanggar aturan fb .cuma aku memang gk pernah buka akun itu buat facebookan, tapi setiap aku login buat game masih bisa .tapi sejak masuk bulan 7 awal aku coba buat login gk bisa game sama facebook gk bisa .apa gara2 gk pernah on facebook

    1. yudha

      ga lah mas.. ga pernah on bertahun jg ga ngaruh harusnya..

      kalau akun ga melanggar, kemungkinan akun mas dibajak…

      kalau melanggar, mas tetap bisa login seperti biasa, tapi saat sampai diberanda, ada pemberitahuan bahwa akun di disable karena pelanggaran.. kalau ga bisa login sama sekali, kemungkinan karena di bajak / dihack mas..

  9. Meli hesti

    Hallo mas yuda. Bisaka membantu saya mengaktifkan akun fb saya kembali. Awalnya lupa kata sandi.. nomor hp udh gak akitf. Email lupa jga kata sandi. Karena saya sering otak atik akhir fb saya di non aktifkan beneran. Terjadi di tahun 2015 saya lingin akun sya kembali lagi. Soalnya ada bnyak fhoto kenangan

    1. yudha

      ga bisa mba..

      facebook aktif aja susah balikinnya.. apalagi yang ga aktif…

      saranku cma 1, dapetin akses ke email dlu… kalau udh, baru ikutin proses diatas..

  10. Muhamad Ramdani

    Bos kalo kata fb nya “AKUN ANDA DI NONAKTIFKAN-TIDAK LAYAK” itu bisa aktif lagi gk bos, .

    1. yudha

      itu aja kah tulisannya? coba copas semuanya kesini.?

      yang jelas kalau pihak fb bilangnnya sudh tidak bisa, biasanya emang udh ga bisa lagi direcover mas..

  11. Silver id

    Mas Yuda, bisakah mengembalikan akun Facebook saya yg di nonaktifkan, saya udh kirim KTP kepada pihak fb, kok blum di bales

    1. yudha

      prosesnya ga instan mas.. tunggu aja…

  12. Ella mulyasari

    Mas yuda tolong bantu saya.. Fb saya hilang, fb saya gak pake email pake no hp tpi udah gak aktif.. pas di cari di pencarian di akun teman saya gak ada.. Tpi pas saya mau login ke akun saya pake nomor hp masih muncul akun saya cuma udah di ganti nama.. Di cari di inbox fb teman saya ada cuma ga bisaa dibuka.. Kira- kira itu kenapa mas.. Tolong bantu saya

    1. yudha

      kena hack itu mungkin mba..

      kalau di nonaktifkan karena pelanggaran, biasany mba masih bisa login, tapi nanti ada notice bahwa akun di-disable sama fb.. kalau ga bisa login sama sekali, biasanya kena hack..

  13. Renno de la Vida

    Hallo mas yudha, fb gue begini masih bisa balik gak om? Ini liat dari yahoo sih

    Halo,

    Setiap pelanggaran terhadap ketentuan layanan kami dapat menimbulkan implikasi yang lebih luas bagi penggunaan Jajaran Aplikasi dan Layanan Facebook, termasuk tapi tidak terbatas pada pengguna, admin, developer, dan aktivitas yang terkait dengan bisnis Anda.

    Tim Facebook

    1. yudha

      dicoba aja mas.. kalau ga bisa balik, nanti direspon sama mereka…

  14. rudwan

    Akun saya kan di non aktifin suruh up ktp,udah saya up ,dua minggu kmudian ada pemberitahuan “akun anda di non aktifkan” itu gimna bang

    1. yudha

      dua minggu kemudian ga ada perubahan gitu mas? atau notifikasinya ada tambahan lain..

  15. Yuri Geofani

    Mas Yudha tolong saya
    Akun fb saya di nonaktifkan pihak fb padahal beberapa menit sebelumnya masih ada notif balasan komentar, pas saya masuk saya di suruh konfirmasi identitas ya saya klik ok trus ada tulisan “akun anda di nonaktifkan” dan tulisan gini “Akun Anda dinonaktifkan, karena kami memutuskan bahwa Anda tidak layak menggunakan Facebook. Untuk informasi lebih lanjut tentang kebijakan kami, tinjau Ketentuan Facebook. Jika Anda meyakini bahwa akun Anda dinonaktifkan karena kekeliruan, hubungi kami.”
    Padahal saya gak ada yg aneh2 di facebook, cuma semalem saya ganti tahun lahir. Pas saya klik “hubungi kami” saya diminta untuk menyerahkan kartu identitas yasudah saya upload tapi malah muncul tulisan merah kalo tinjauan saya gak bisa di proses karena staf yang bertugas sedikit akibat covid. Masalahnya akun ini tertaut sama dua akun instagram saya, alhasil ig saya ikut nonaktif T_T
    Apa akun saya masih bisa kembali?? Itu dari 2012 ya Allah banyak kenangan

    1. yudha

      kenapa diubah2 tahun lahirnya mas? itu mas ubh ke tahun berapa? terus KTP yang diupload itu datanya sama ga dengan yang tertera di facebook?

      sayangnya kondisi saat ini mereka memang “skip” untuk meninjau terkait hal ini.. kalau mau coba ulangin lagi, tapi ya ga jamin apakah bakal ditinjau sama mereka atau engga…

    2. Yuri Geofani

      Jadi nama asliku di KTP Yuri Geofani Aldrin dan kelahiran 1999, di facebook nama nya hanya Yuri Geofani saja karena dirasa kepanjangan dan tahun lahirnya juga sama. Tapi hari itu aku ganti tahun lahirnya jadi 2005 biar dianggap muda sedikit T_T gak tau kalo tindakan itu bakal sefatal ini
      Aku upload KTP yang sama tapi ya ditolak tinjau karena covid, instagram ku juga sama masih ke kunci

    3. yudha

      diubah ke 2005 itu jadinya usia 15 thun ya mas.. setauku kalau diatas 13 tahun harusnya boleh2 aja.. cma ga tau kalau ada aturan lain yang dilanggar saat ubah tahun lahir ini..

      kalau udh gini ya cma bisa sabar menunggu mas..

    4. Yuri Geofani

      Mas Yudha aku udah nunggu sebulan sejak 8 agustus dan dalam kurun waktu itu aku terus nyobain dan tetep gak bisa. Terus sekarang juga masih gak bisa tapi tulisannya beda
      Sorry, something went wrong.
      We are working on it and we’ll get it fixed as soon as we can.

      « Back to Home
      Gitu mas, bukan yang kekurangan staf karena covid lagi. Aku heran sama komenan yg dibawah yg cuma kekunci 9jm, aku sebulan astagfirullah

    5. yudha

      kalau gitu kemungkinan bug/error dri fbnya mas.. aku beberapa kali nemu bug saat pindah dari tampilan baru fb ke tampilan classic.. jadi fb yang segede itu, belum bebas dari bug atau error..

      saranku mungkin cobain ulang dilain waktu, atau mungkin cobain diperangkat lain mas…cmiiw.

  16. Mastin

    mas akun FB saya kan di nonaktifkan , nah saya sudah ngajuin banding (ngirim foto ktp) tp pesan dari FB gini “Kami Tidak Dapat Meninjau Keputusan untuk Menonaktifkan Akun Anda, Kami memiliki lebih sedikit peninjau karena wabah virus corona (COVID-19) sehingga kami tidak dapat meninjau keputusan ini sekarang.” nah itu kemungkinan setelah pandemi ini apakah bisa diajukan banding lagi ? terima kasih

    1. yudha

      logikanya sih harusnya bisa mas… tapi aku ga bisa pastiin apa2 mas..

  17. Seftian cahya wardani

    Saya kan buat FB sma email buat anak saya udah 3 thn lah kira2 nah kan memng anak saya klhiran 2016 sya bikinkan buat dia tapi tahun lahir saya 1994, dibikinkan thn klhiranya da ada, pilihanya 2016 jadi nama tgl ama bulan puya anak, tahun ya punya saya wktu itu sya ubah ke tahun asli lahirya trus lagusng di nonaqtfkan fb… Sma email nya juga… Diminta mgrim nama n identitas asli gimana yaah an tahunya aja yg beda.. bgung sya udah 1/2thn ini gak bisa sdah dikirim ssuai lahir anak sya… Ttp gak ada respon.. smpe nama saya lgsung juga gak direspon bigung.. fb sma email anak sya thun ya aja yg beda smua diganti malah gk bisa smuaa.. syang foto2 ya byak🤧

    1. yudha

      memang ga bisa mba… setauku ada batas umur untuk pengguna fb.. kalau ga salah 13 tahun.. kalau mba ubah ke 3 tahun, wajar langsung dinonaktifkan, karena ini udh melanggar ketentuan mereka terkait perlindungan anak…

      jika mba tetap ingin upload terkait anak mba, bisa lewat fb mba sendiri, atau buatkan laman (fanpages) untuk anak mba..

      Profil pribadi di fb harus terkait orang personal yang sudh cukup umur, dan punya identitas jelas.. misalnya minimal ada kartu pelajar…, jadi kalau ada apa2, fb bisa mudh saat minta verifikasi data..

    2. Miftah

      Saya juga punya pengalaman serupa. Sedih banget. Tapi kita bisa menyelamatkan foto2nya. Berdasarjan pengalaman aku kita bisa download foto di akun tersebut. Buka Fb via wbsite. Saat masa tenggang 30 hr bisa unduh seluruh file akun fb kita yg dinonaktifkan. Nanti bentuknya winrar gitu. Tinggal cari yang folder video atau foto, ada semua.

    3. yudha

      wah ini informasi cukup penting.. thanks udh di share mas… 🙂

  18. Ilham kurniawan

    Mas akun fb saya kan kena hack terus dinonaktifkan saya pihak facebook terus saya lakuin cara yang kaya di atas tapi sampe sekarang belum ada balasan atau notif di emailnya saya kira-kira kenapa ya apa gak di tanggepin

    1. yudha

      udh berapa lama nunggu mas? kalau mau, coba diulang lagi.. kalau ga ya coba sabar aja menunggu mas…

  19. Dimas

    mas yuda, kemarin malam saya lagi asik scroll beranda trus tiba² ke log out sendiri, dan pas saya loginkan kembali malah ngga bisa, ada tulisan akun fb anda di non aktifkan..padahal saya main fb ga pernah ngirim yg melanggar rules standart fb.. apa masih bisa di aktifkan kembali tidak ya? sayang banget akun ku itu mas dari tahun 2011 saya buat… terimakasih.

    1. Dimas

      *tambahn, udah saya coba tinjau tapi tidak bisa karna ada tulisan , kami memiliki sedikit peninjauan karna covid 19 (seperti itu tulisannya)

    2. yudha

      iya mas.. sekarng memang kebanyakan gitu.. solusinya cuma satu, tunggu dan coba ulang dilain waktu…

    3. yudha

      kalau memang merasa ga melanggar, itulah fungsinya tulisan ini mas.. jika mas merasa ga melanggar, bisa jelaskan ke pihak fb dengan cara diatas, dan nanti fb akan tinjau ulang masalah ini..

      apakah bisa aktif kembali? menurutku bisa sih mas, kalau memang ga melanggar.. tapi kalau melanggar, ini tergantung ke pihak fbnya…

  20. Andry

    Mas yudha akun saya di non aktfkn.
    Trus sudh banding hasil.y gni Akun Facebook Anda dinonaktifkan karena tidak mengikuti Standar Komunitas. Kami sudah meninjau keputusan dan ini tidak dapat dibatalkan..
    Trus saya coba buat fb baru lagi ngak bsa bang langsung di nonaktfkn lagi i2 gmn ya bang mohon bantuan.y makasih

    1. yudha

      kalau mas mau buat akun baru, saranku cobain diperangkat lain… cobain dengan nomer hp/email lain.. jadi jangan sampai ada kaitannya dengan akun fb yang lama..

  21. Chandra

    Aman ga sih bang kirim identitas untuk mengaktifkan lg fb yg di non aktifkan pihak fb

    1. yudha

      kalau ini aku ga bisa jamin sih mas.. tapi setauku pihak fb ga akan dengan mudahnya bocorin data yg begini.. sejauh ini kalau diliat historynya seingetku ga ada kebocoran data di fb.. pernah ada skandal cambridge analitica, itu mereka dapet data hasil gathering, dan bukan bocor dari systemnya.. cmiiw..

      tapi ya itu, fb buatan manusia.. dikelola oleh manusia.. apapun bisa terjadi…

      kalau aku, suatu saat misalnya akunku bermasalah dan dimintain ktp.. kemungkinan aku bakal upload mas…

    2. Arieazarhieghin

      Akun FB saya di nonaktifkan

  22. Pram

    Cara mengatasi, akun yang di hack (udah di ganti emali ama nomernya) terus ke blokir gimana ?

    1. yudha

      coba aja lewat cara diatas mas.. aku jg kurang yakin apa bisa atau engga.. Lagi masih aktif aja sulit buat masuk prosesnya…apalagi udh mati..

    2. Fajar

      Kemarin akun saya di disable bang nteh kenapa mungkin tidak sengaja melanggar aturan, saya tidak pernah serius dalam menggunakan medsos, saya tidak pernah emosi atau apalah, sekarang akun saya di disable permasalahannya diakun saya itu terkait sebuah game yang nggak sedikit ngabisin uang, saya sudah mengkonfirmasi identitas tapi kayaknya harus nunggu lama karena covid ini.

    3. yudha

      ya mau gimana lagi mas.. aku jg ga serius make medsos mas, udh bertahun2 ga update status baru.. tapi kalau akun tsbt penting (terkait dengan hal yang kita “pentingkan”) maka mau ga mau harus dijaga akunnya…

      misalnya akun fbku terkait dengan akun periklanan fb (fb ads manager), ada saldo beberapa ratus ribu yang belum smpat aku pake.. artinya minimal dari sini kita bisa liat bahwa akun tsbt bernilai ratusan ribu.. belum lagi asset intangible lainnya seperti fanpage dan grup (dengan seratusan-ribu anggota) yang aku punya.. walaupun akunnya ga terlalu penting, tapi disatu sisi, tetap harus dijaga karena punya nilai disini..

      saranku ya untuk sabar dan cobain lagi setelah beberapa waktu..

  23. dewi

    sedih deh, mana udah 10 tahun, email dan nomor telpon ya udah ga aktiv lg..
    udah bisa tp harus sambungin ke nomor itu

    1. yudha

      udh bisa gimana mba? udh aktif akunnya gitu? mba apain?

  24. Eva

    Tanya donk sy kan memposting filem, tp dibilang melanggar hak cipta, kan sy ga tau tuh.. Video nya jd dpt download di drakor.id, cara buka lg fb sy gmn ya soalnya jd ga bisa login lagi, krn sy mau hapus postingan sy

    1. yudha

      silahkan ikuti prosesnya mba… yang jelas itu pelanggaran, dan masalah apakah bisa diaktifkan kembali akun itu, itu tergantung pihak fbnya.. mba cma bisa mengajukan banding dan menjelaskan duduk masalahnya seperti apa..

  25. Al

    Hai, beberapa saat yg lalu akun saya dinonaktifkan pihak fb krn sy mengubah tahun lahir dibawah 13 tahun. Utk memulihkannya pihak fb minta tnda pengenal, sempat disable kurleb 9jam. Pertama saya kirim ktp tp ternyata di ktp tdk tertera negera penerbit identitas. Akibatnya pihak fb kirim email bahwa tanda pengenal yg pertama tidak bisa diakses/disetujui dan akhirnya saya masukkan tnda pengenal berupa sim. Dan alhamdulilah pihak fb percaya dan membuka kembali akun fb sy.
    Saya udh sempat kecil hati krn nama pengguna di fb dan identitas berbeda, nama pengguna dan tgl lahir di fb punya anak saya, tp sy ttp usaha masukkan identitas asli saya ke fb melalui formulir banding dan email ke fb nya. Dan alhamdulilah sekarang akun saya bisa digunakan kembali walau terkunci 9 jam.
    Walau nama pengguna dan identitas berbeda dapat membantu kembalinya akun kita, krn di story kita sblmnya terekam di pihak fb.

    Semoga bermanfaat
    Note: gunakan identitas yg mencantum nama, tgl lahir, dan negara penerbit (cth: sim)

    1. yudha

      thanks informasinya mas… artinya kalau ada perbedaan dari segi nama, masih bisa..

      FYI, untuk KTP harusnya ada kok negara penerbitnya mas, dibagian sisi sebelahnya.. mungkin di foto timbal balik biar lengkap..cmiiw..

    2. Miftah

      Wah ini rezeki banget masih bisa diselamatkan. Punya saya kemarin belum bisa diapa apain. Masih dianggap melanggar karena usia di bawah 13th. Sudab foto KTP dan foto diri sy. Tetep ga bisa. Hiks….

  26. Teguh sanjaya

    Bang admin tolong di konfirmasi yah
    Masalah saya tuh di salah tahun lahir
    Tapi saya udah isi formulir facebook seperti yang di atas tapi tetap gak bisa login dan saya juga udah email
    pihak facebook dan banding tapi kok tetap gak bisa kebuka yah facebook saya . Mohon penjelasannya
    Terimah kasih

    1. yudha

      setelah dibanding, ditunggu dulu respon dari mereka mas.. kalau mereka belum respon, artinya permintaan banding belum di proses..

  27. Rika

    Mas…
    Bisa mintak bantuan ngak….
    Akun fb saya kenal blokir…disana ada bacaan dinonaktifkan
    Saya coba banding terus dan kendalanya bukan tanda pengenal namun ada kesalahan dari pihak facebook sehingga disuruh coba dan coba lagi
    Saya tolong mas…aktifkan lagi fb saya karena akun ini akun penting saya

    1. yudha

      berarti mba dapet balasan email dari mereka ya? isi balasannya apa?
      kalau emang ada kesalahan dari mereka, mana mungkin aku bisa bantu mba.. aku pengguna biasa juga.. mau ga mau mba harus tunggu mereka menyelesaikan masalahnya..

  28. tuzzy

    mohon solusi akun fb saya tidak di temukan mohon bantu suhuuuu

    1. yudha

      kena hack bukan? kalau kena nonaktifkan karena pelanggaran biasanya bisa login dengan username dan password, cma setelah login akan kelihatan pemberitahuan aja bahwa akun sudah di banned..

  29. Yanuar tirta

    Kami Sudah Menerima Informasi Anda
    Terima kasih telah mengirimkan informasi Anda.

    Kami hanya memiliki beberapa orang yang bisa meninjau informasi akibat pandemi virus corona (COVID-19). Ini berarti bahwa kami mungkin tidak dapat meninjau akun Anda.

    Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan

    Gan Kalo kgk gitu,cara balikinnya gimana yak

    1. yudha

      baca komentar2 sebelumnya.. udh banyak yang tanya, dan udh aku jawab jg mas..

  30. Novan Efraim Djalima

    Hallo kak, ini saya mau tanya kan akun saya abis di nonaktifkan dua Minggu yang lalu tapi saya sdah kirim data ke fbnya katanya “something went wrong”

    We are working on it and well get it fixed as soon as we can

    Nah itu akunnya masih bisa kembali atau kagak kak kalau masih bisah ajarin Kaka soalnya semua cara yang aku cari di YouTube sama semua. Dan udah aku lakuin juga tapi masih kek gitu juga…

    1. yudha

      itu fb-nya yang error biasanya mas… saranku coba ulangin lagi dilain waktu.. kalau gagal jg, coba diperangkat lain…

  31. Desmi

    Akun saya hari ini dinonaktifkan FB dengan alasan posting melanggar aturan FB. Saya dah isi form untuk proses banding pengembalian akun fb..
    Kira kira biasanya berapa lama yaa akun itu bida aktif kembali

    1. yudha

      ditunggu aja respon dari pihak fb mas… ga ada patokan waktunya.. ini semua prosesnya manual.. ibarat antrian di bank, hari ini bisa cepat, besok bisa lambat.. tergantung seberapa banyak staff yang tersedia, dan seberapa banyak kerjaan yang perlu diproses..

      jadi ga ada waktu pasti.. cuma bisa nunggu..

  32. Dendi

    Kalo tulisan nya gini “We are working on it and we’ll get it fixed as soon as we can.” bisa balik lagi gak akun nya mas ?

    1. yudha

      itu aku curiganya fbnya yang bermasalah mas.. saranku tunggu sebentar, dan cobain lagi nanti…

  33. irawann

    akun fb ku di nonaktifkan gara” salah ganti tahun lahir,, ke mudaan bang,
    aky buka selalu di suruh masukan imail, sudah saya masuk kan tp suruh ulang beberapa saat lgi,, gitu trus bang, gimana ya cara masuk,ny,, soal nya notifikasi dari masih sering muncul, tp gak bisa masuk

    1. yudha

      udh login? biasanya setelah login ada instruksi lebih lanjut… atau coba cek email, apakah ada instruksi dari fb…

  34. Liana

    fb sudah bisa dibuka, tinggal instagram nya kn instagram nyambung sm fb jd fb di nonaktifkan ig juga dinonaktifin, skrng fb nya sdh bisa aktif tinggal ig nya 😭😭😭 cara aktifin ig nya gmn

    1. yudha

      aku belum pernah cobain seingetku mba.. tapi coba aja hubungin support ig.. atau coba respon di email dari fb tsbt dan tanyain terkait akun ig mba… liat respon mereka..

  35. Supriadi rupa

    Akun FB saya dinonaktifkan gara2 nama saya g sesuai KTP trus saya kirim formulir k pihak Facebook tpi tetap tidak bisa Kembali diaktifkan,mohon infonya gimna caranya lagi supaya akun saya bisa diaktifkan kembali.trima kasih

    1. yudha

      jawabannya apa mas? awal masalahnya apa.. biasanya akun2 ga jelas aja bisa berkeliaran, selagi ga melanggar biasanya ga bakal ketauan nama mas beda sama ktp..

      kalau udh ada respon dari facebook, dan mereka menolak mengaktifkan lagi, setauku ga ada jalan lain mas.. atau ya bisa coba ajuin lagi, dan jelasin bahwa mas tidak paham aturan fb, dan minta dikasih kesempatan, dan janji untuk mengikuti aturan kedepannya.. coba aja..

  36. latifa

    Kak, mau tanya. Seminggu ini akun saya di nonaktifkan oleh FB karena saya salah mengedit tahun kelahiran. Akhirnya saya mau membuat akun yang baru. Namun selalu gagal. Beberapa kali membuat selalu dapat pemberutahuan di bawah ini. Padahal sudah ganti email dan no. HP. Mohon pencerahannya.

    Pemberitahuan yang muncul SBB ;

    Kami Sudah Menerima Informasi Anda

    Jika kami masih mendapati bahwa akun Anda tidak mematuhi Standar Komunitas, akun akan tetap dinonaktifkan.

    Kami selalu mengedepankan keamanan orang-orang di Facebook. Jadi, sampai proses peninjauan selesai, Anda tidak akan bisa menggunakan akun.

    1. yudha

      di facebook cuma boleh satu akun mba…

      jadi kalau bermasalh, tunggu dulu diselesaikan.. kalau tetap mau akun baru, buat dengan data berbeda dulu… dan gunakan nomer hp/email yg beda jg…

Tinggalkan Balasan