Cara mengaktifkan kembali akun facebook pribadi yang dinonaktifkan

Kenapa akun facebook pribadi saya dinonaktifkan oleh facebook? Jika kalian pernah bertanya-tanya tentang hal tersebut, pasti karena ingin tau alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apakah ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut, iya kan! Karena kita sudah punya akun tersebut bertahun-tahun lamanya dan kita tentu saja sangat menyayangkan ketika harus kehilangan segala sesuatu di akun kita.

Nah, kawan-kawan terlebih dahulu kalian harus benar-benar memastikan bahwa akun kalian memang dinonaktifkan atau di disable oleh pihak facebook.

Terkadang kita sering mengalami kendala ketika masuk akun, setelah berulang kali kita coba namun tetap tidak bisa. Hal ini bisa saja karena login menggunakan pasword yang tidak tepat atau jaringan yang tidak bagus, atau mungkin memang aplikasi facebook yang error. Bukan berarti akun kalian sudah dinonaktifkan.

Jika akun kalian dinonaktifkan oleh pihak facebook, tandanya ketika kamu ingin login kamu akan mendapatkan pesan yang mengatakan akun kalian sudah dinonaktifkan.

Facebook memang sudah semakin memperketat aturannya hingga tidak segan untuk menonaktifkan akun yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas, Namun terkadang juga terjadi kesalahan, sehingga akun yang tidak melakukan pelanggaran menjadi korban. [Atau teman-teman sendiri yang tidak sadar melakukan pelanggaran :P]

Untuk itu yuk, ketahui beberapa tindakan yang melanggar peraturan facebook dan beresiko dinonaktifkan akun! Selanjutnya kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk memulihkan akun kamu, jika akun kamu memang dinonaktifkan secara keliru.

Kenapa akun facebook saya dinonaktifkan?

Berikut ini tindakan yang sering dilakukan pengguna facebook namun beresiko dinonaktifkan akun.

1. Postingan yang melanggar ketentuan facebook

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna, facebook akan menonaktifkan akun yang melanggar ketentuan yang ditetapkan di media sosial ini misalnya meng-upload gambar yang mengajak kepada berjualan barang haram, gambar sadis misalnya pembunuhan yang berdarah-darah, mengupload gambar anak kecil tanpa pakaian atau foto orang dewasa yang tidak wajar untuk konsumsi publik.

Selain itu menggunakan kata-kata yang tidak sopan seperti caci maki, merendahkan orang lain atau bullying lainnya, dalam hal ini facebook jika menerima laporan dari si korban bullying tersebut akan mengambil tindakan yang bisa berujung ke penonaktifkan akun sipelaku.

Bukan hanya itu membagikan foto yang berupa kegiatan membully atau bersifat membuat orang lain melakukan tindakan tersebut juga dianggap pelanggaran.

Kamu yang suka upload gambar atau video juga harus lebih hati-hati, tidak boleh mengupload sesuatu karya yang bukan milik kita. Karena segala sesuatu yang kita bagikan berarti kamu memberi izin pada pihak lainnya untuk menyimpan, menyalin atau membagikannya ke pihak lain.

2. Tidak menggunakan nama asli atau nama sehari-hari

Penggunaan nama palsu untuk akun facebook berarti memberikan peluang kepada pemilik akun untuk leluasa melakukan tindakan yang tidak dibenarkan.

Namun seseorang akan lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan atau pernyataan suatu masalah jika menggunakan identitas asli, dan hal ini akan membuat rasa nyaman bagi pengguna facebook lainnya.

3. Berpura-pura menjadi orang lain

Seseorang yang menjiplak identitas orang lain merupakan tindakan yang sangat dilarang di medsos satu ini. Facebook akan menonaktifkan akun tersebut jika ketahuan atau ada yang melaporkannya.

4. Terus melakukan perilaku yang melanggar aturan

Facebook akan memberikan peringatan bagi akun yang melanggar aturan untuk pertama kali, namun jika masih terus melakukan tindakan yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas maka facebook akan memberikan sanksi berupa menonaktifkan akun.

Jadi sanksi ini sebenarnya memang diberikan kepada pelanggaran berat atau yang melanggar berkali-kali.

5. Melakukan tindakan yang mencurigakan

Salah satunya yang termasuk “mencurigakan” adalah menambah teman dalam jumlah banyak dalam sehari. Hal ini juga termasuk sikap yang melanggar aturan dan mencurigakan sehingga facebook bisa saja menonaktifkan akun tersebut, karena bisa dianggap akun bot atau akun palsu yang dibuat semata-mata hanya untuk menambah follower dan reach di facebook.

Akun – akun seperti ini biasanya akan diperjual belikan ataupun dipergunakan untuk kepentingan promosi SPAM atau nyampah kemana-kemana.

6. Melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan orang lain

Berbagai tindakan yang membuat pengguna facebook tidak nyaman, diantaranya adanya akun yang menghubungi untuk melakukan penghinaan, ancaman, mengirimi iklan atau promosi secara terus-terusan ke akun kita. Kebiasaannya akun tersebut akan dinonaktifkan jika ada yang melaporkannya, semakin banyak yang melapor maka semakin cepat tindakan dari facebook.

Mengatasi akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook

Untuk mengaktifkan kembali akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook sebenarnya tidak banyak yang bisa kita lakukan, selain dengan menghubungi support facebook. Sejauh yang aku tau, hanya itu cara yang bisa diambil.

Cara ini akan besar kemungkinan berhasil jika kamu memang bukan tipe yang sengaja melakukan pelanggaran, seperti orang yang SPAMMING, atau yang sengaja berpura-pura jadi orang lain. Mungkin pelanggaran-pelanggaran ringan seperti suka ngomong kasar yang bikin orang lain tidak nyaman, dstnya.

Ok. Langsung aja.

Kawan-kawan jika akun kamu telah dinonaktifkan oleh facebook tanpa didasari oleh tindakan yang melanggar aturan faceboook dan standar komunitas, maka kamu dapat mengajukan permintaan untuk meninjau ulang akun kamu dengan mengirimkan formulir yang telah disediakan oleh facebook.

  1. Caranya klik di sini (pengguna hp) atau disini (pengguna komputer) dan akan muncul halaman seperti di bawah ini!
Gambar 1. Formulir pemulihan akun
Formulir pemulihan akun

2. Masukkan alamat email dan nomor telpon seluler yang dapat dihubungi.
3. Isikan nama lengkap seperti yang tertera di akun facebook kamu.
4. Selanjutnya upload foto kartu identitas kamu, di sini kamu bisa upload kartu SIM, KTP, kartu pelajar atau paspor.
5. Selanjutnya klik kirim.

Admin: Lalu silahkan tunggu instruksi selanjutnya lewat email yang dimasukkan dilaman ini. Sayangnya penulis tidak menjelaskan proses selanjutnya. Kemungkinan karena tidak punya akun yang di disable oleh facebook, jadi sedikit sulit untuk mendokumentasikan instruksi selanjutnya. Jika teman-teman berkenan, silahkan share proses yang kalian lewati dikolom komentar sehingga bisa ditambahkan kesini.


Kawan-kawan itu dia beberapa alasan facebook menonaktifkan akun pengguna, nah bagi kalian yang lagi butuh cara untuk memulihkan akun facebook bisa coba tutorial di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Salam dari penulis.

This Post Has 226 Comments

  1. Reza Shine

    Ya Bro Akun Saya Sudah 3 Kali Di Nonaktifkan Untung Gak Di Nonaktifkan Permanen Bisa Kesempatan Kembali Akun Saya Kembali Bro Mudah Bisa Kembali Akun Saya Kembali Ya

    1. yudha

      mas.. kasih tanda baca dong pertanyaannya.. aku ga paham ini..

  2. Zhaf

    Gan mohon info dong, kan saya beli akun pubg di orang, saya tuh mau ganti pw sama no tlp di di facebook, tp untuk nomer tlp nya sebelum saya ganti dengan yg baru sudah keburu saya hapus dulu nomernya..dan ternyata kehapus.. Terus tiba2 akun fb nya ga bisa balik semula setelah saya hapus no tlp yang ada di akun fb nya.. Apakah akun fb nya masih bisa balik? Soalnya itu juga ke link sama pubg mobile nya..,sedangkan kalau akun fb nya ga balik nanti kalau ganti perangkat akum pubg nya juga akan hilang.. :(( gimana gan ada solusi atau yang tau cara mengatasinya??

    1. yudha

      kurang tau sih aku mas… harusnya ga bisa dihapus nomer teleponnya kalau disana ga ada opsi recovery lain.. misalnya email? kalau emailnya ada, ya login dengan emailnya… passwordnya tetap sama, tapi login dengan username atau email, bukan no hp..

      lagian coba cek lagi itu akun fb, bisa jadi itu diambil paksa sama penjual (kalau penjualnya tidk terpercaya..aku udh liat kejadian begini beberapa kali)..

  3. Reza Shine

    Mohon Bisa Kesempatan Akun Facebook Saya Kembali

    1. yudha

      ikutin prosesnya mas… yang bisa aktifin akun mas hanya PIHAK SUPPORT facebook.. jadi ikuti prosedur yang mereka sediakan..

  4. Cintia

    Mas, kalau saya sengaja nonaktifin facebook udah setaun lebih. Gimana ya caranya biar aktif lagi? Agak nyesel soalnya. Hehe makasih

  5. Asep

    Saya mendapatkan jawaban seperti ini kami Tidak Dapat Meninjau Keputusan untuk Menonaktifkan Akun Anda
    Kami memiliki lebih sedikit peninjau karena wabah virus corona (COVID-19) sehingga kami tidak dapat meninjau keputusan ini sekarang.
    Artinya saya harus bagaimana..
    Terima kasih

    1. yudha

      kemungkinan disuruh menunggu itu mas… soalnya mereka memang sudh lama umumkan dilaman support mengenai keterbatasan staff ini semenjak pandemik ini…

  6. Asrul aziz

    Permisi mas mau nanya. Facebook saya kena hack trus bikin posting2 porno gitu, nah beberapa hari kemudian saya coba login lagi muncul tulisan ‘Akun dinonaktifkan’. Apakah bisa diaktifin lagi? Soalnya nyambung ke semua akun gameku.

    1. yudha

      dicoba aja mas.. jelaskan aja ke support bahwa akunnya di hack..

      aku rasa bisa kok harusnya…

  7. Faishal

    Mas Kalo Mau Jelasin Ke Pihak Facebook karena akun saya di nonaktifkan
    jelasinn pake bahasa inggris atau indonesia trs contoh cara jelasinnya gimana

    1. yudha

      seharusnya bisa bahasa indonesia mas.. mengingat supportnya seharusnya sudh ada untuk bahasa kita.. tapi kalau ragu, bisa gunain bahasa inggris aja, lbih universal, dan lebih banyak support yang bisa handle kasus kita kalau begini.. cmiiw..

    2. Yusril.m

      Tolong buka akun FB saya

    3. yudha

      diatas udh dijelasin mas :D.. yang bisa aktifin cuma pihak facebook..disini kita hanya bisa bantu jelasin..seluruh prosesnya harus dilakukan oleh pemilik akun itu sendiri..

  8. Agung bareka

    Kak . Kalau fb di nonaktifkan karena mengirim video p*rno bisa kembali gak ? Padahal niat cuma bercanda2 doang sama temen

    1. yudha

      dicoba aja sih mas… soalnya ini tergantung pihak support fb jg… aku ga terlalu mendalami aturan2 main mereka.. bisa jadi ini pelanggaran berat, bisa jadi bukan.. cmiiw.. coba aja dlu..

  9. Hesmi

    Bang kok gk bisa ada tulisan
    Kami Tidak Dapat Meninjau Keputusan untuk Menonaktifkan Akun Anda
    Kami memiliki lebih sedikit peninjau karena wabah virus corona (COVID-19) sehingga kami tidak dapat meninjau keputusan ini sekarang

    1. yudha

      aku cek link https://web.facebook.com/help/contact/260749603972907?_rdc=1&_rdr barusan masih normal mas.. mas dapet tulisan itu dimana?

      kalau memang ada info begitu dari pihak facebook, artinya mereka lagi kekurangan staf.. aku rasa ga ada hal yang bisa kita lakuin disini selain menunggu hingga staff-nya lebih luang kerjaannya..

  10. Rendra Dwi

    Bang akun saya di nonaktifkan sama facebook, sebelumnya saya dapet kenalan di game pubg habis itu dia minta follow ig nya dia, habis itu dia dm saya di ig ngobrol2 biasa kyak orang baru kenal, trus dia minta saya ngelike livechat nya dia di situ apa gtu, nah di situs itu disuruh login pake facebook tapi saya lupa password fb saya soalnya saya klo login dari dulu otomatis jadi saya nyoba login berulang2 dengan password seinget saya bang, setelah itu saya buka fb tau2 fb saya dinonaktifkan oleh pihak fb bang itu gimana ya bang ig saya juga hilang padahal bnyak kenangan, pubg saya bisa dibuka bang cuma kadang ada pemberitahun login in another location tapi kadang bisa, itu cara ngatasinnya gimana ya bang mohon bantuannya

    1. yudha

      kalau pubg aku udh lama ga main mas.. tapi bisa coba cek pengaturan pubg, lalu cek apakah bisa diputuskan antara pubg dengan facebooknya mas..

      kedua, itu adalah kasus phising… dibulan puasa kemarin adikku kena juga, tapi bukan phising, kena penipuan ngaku2 dari bank, hilang hampir 5 juta.. penipu sekarang canggih2 dan mereka lebih kependekatan personal.. jadi kalaupun satu bulan cma berhasil nipu beberapa2 orang, itu udh lebih dari cukup buat mereka..

      cmiiw.. kalau mau, coba recover dengan verifikasi identitas disini https://bukugue.com/akun-instagram-kena-hack/ dan disini https://bukugue.com/cara-mengembalikan-akun-facebook-yang-dihack-dibajak-versi-2/

  11. Dimas jiansyah

    Kok nda bsa dipakai tulisannya layanan tidak bisa sekarang gara covid 19?

    1. yudha

      ini mas lihat dimana? aku cek dikomputer masih bisa dipakai barusan kok linknya….

    2. Dimas jiansyah

      Di bawah email dan nomor telepon

    3. yudha

      ga nemu aku mas… masih normal semua link diatas kok…

  12. Dimas jiansyah

    Ini FB saya dinonaktifkan gara2 share meme apa bisa kembali ya?

    1. yudha

      aku pernah baca berita akun IG meme dinonaktifkan, mereka punya ratusan ribu follower.. dan mereka (banyak akun dan pemilik akun), melakukan berbagai cara tapi akunnya tetap tidak diaktifkan kembali oleh pihak instagram..

      kalau mas belum tau, instagram berada dibawah naungan facebook, aturan mereka terkait copyright, kurang lebih sama..

      kalau dari kasus diatas, akunnya tidak balik.. tapi untuk akun kecil2, yang mungkin tidak fokus share meme, bisa jadi kebijakannya beda.. dikasus diatas, akunnya memang khusus share meme.. sedangkan kalau akun personal, yang sesekali share meme, aku rasa ga bisa disamain.. soalnya dikasus diatas, akun tsbt cari keuntungan atas copyright material tsbt..

      intinya sih, coba aja ikutin prosesnya, kita ga bisa pastiin apakah bakal bisa kembali atau tidak tanpa dicoba..

  13. Dimas jiansyah

    Akun FB saya ada dua perkiraan 1.direport
    2.gara2 share meme tpi GK berlebihan sharenya

    1. yudha

      share aja walaupun ga direport masih bisa kena pelanggaran hak cipta mas… tapi biasanya sebelum dibanned, akan diperingatkan dulu untuk tidak terus2an share lagi.. cmiiw…

  14. Kristiana

    Kak akun fb saya dinonaktifkan pihak fb gara2 salah salah pencet tahun lahir, sehingga usia saya dibawah 13 tahun. (Peraturan fb user harus diatas 13 tahun)
    Gimana cara pulihinnya nggeh mas, udah ajukan banding tetep aja gabisa login akun saya

    1. yudha

      kemarin ada yang kejadian gini jg kalo ga salah mba, dia pake verifikasi identitas.. jadi coba login dulu ke fbnya, liat apakah ada instruksi lebih lanjut disana…

  15. Dimas jiansyah

    Pnya wa kh gan buat ngobrol soalnya ini penting

    1. yudha

      aku ga bagiin nomer wa di internet mas.. kalau mau chat sini, atau kita bisa komunikasi di email.. emailku ada dihalaman contact…

  16. Muzzammil

    Bang kenapa pas saya kirim tanda pengenal
    Kok balasannya gini..
    “Kami tidak bisa meninjau untuk menonaktifkan akun anda.. kami memiliki sedikit peninjau karena wabah covid19 kami tidak bisa meninjau sekarang”
    Pencerahannya dong bang😅

    1. yudha

      berarti ini dapet balasan di email ya mas.. kemarin ada jg yang lapor, cma ga dijelasin dapet notifnya dari mana…

      kalau begini aku ga ada solusi lain mas.. soalnya ini kondisi dunia saat ini… facebook kekurangan staff karena adanya pandemi.. jadi ga ada solusinya selain menunggu hingga staff facebook bisa menghandle hal tsbt lagi mas..

      saranku, mungkin coba balas di email tsbt… dan tanyakan seperti ini

      saya paham bahwa ada pandemik saat ini dan facebook mungkin kesulitan dalam hal ini, lalu apa yang bisa saya lakukan? apakah saya harus menunggu dan tidak bisa menggunakan facebook lagi sampai waktu yang tidak ditentukan? atau ada hal yang bisa saya lakukan untuk mempermudah proses peninjauan ini? Mohon penjelasannya.

      cma balas gitu mas, dan liat apa respon dari mereka…

    2. Muzzammil

      Itu bukan balasan dari Email bg…Yg masalahnya tu bang aku dapat notif nya pas ngirim tanda… jadi belum sempat terkirimm ehh ada tulisan merah yg bilang gini “Kami tidak dapat meninjau keputusan menonaktifkan akun anda… kami memiliki peninjau lebih sedikit dan tidak dapat meninjau sekarang”
      Itu datangnya pas saya ngirim tanda pengenal di link yg abg kasih tu… karena belum terkirim makanya belum datang balasan emailnya:(

    3. yudha

      oh gitu… aku kira dapet balasan di email… berarti mau ga mau harus nunggu itu mas.. aku rasa ga ada jalan lain sih… yang sabar aja sih mas..

      kalau tetap butuh, mungkin bikin akun baru.. pastikan buat dengan data yang agak beda (jangan sama persis), kalau bisa gunain perangkat yang beda jg sih jadi aman…

  17. Ridho

    Gan mau nanya akun yg telah dinonaktifkan oleh pihak FB apakah bsa diaktifkan kapan saja? Atau sangking lamanya akunnya bakal hangus/hilang?

    1. yudha

      aku kurang tau jawabannya kalau ini mah.. sebaiknya sih dengan cepat diproses pengajuan bandingnya… aku ga tau apakah jika dibiarkan, bisa hilang permanen…

      sebaiknya banding aja, kalau misalnya ditolak, maka udh bisa dipastikan akunnya ga akan diaktifkan lagi oleh fb..

    2. Ridho

      Aku liat rules FB bertulis “Akun yg dinonaktifkan bsa diaktifkan kapan saja” . Saya nunggu Corona selesai Bru bsa banding karena staffnya krng

    3. yudha

      liat dimana mas? dibalesan emailnya atau ada halaman supportnya, mungkin nanti bisa aku masukin ke penjelasan diatas.. Thanks atas infonya mas…

  18. Adam

    Iseng2 mau ganti tanggal tahun lahir eh keambil di bawah umur wkwkwk trs akun di non aktifkan udah kirim persyaratan kira2 nunggu berapa hari ya tapi btw nama akun facebook gk cocok dengan nama asli?

    1. yudha

      kalau berapa harinya, ga ada yang bisa pastikan mas.. karena ini proses manual, setiap masalah (terkait support seperti akun di hack, akun dinonaktifkan, dll), ini bisa memakan waktu berbeda antara pengguna.. belum lagi jumlah kasus yang dihandle perharinya beda2… jadi memang ga bisa diprediksi berapa hari selesainya…

      kalau masalah nama, di facebook sendiri mensyaratkan menggunakan nama asli mas.. baca sini https://www.facebook.com/help/112146705538576?helpref=uf_permalink , jadi kalau namanya beda, ini mungkin tergantung pihak supportnya apakah bisa langsung diproses atau mereka bakal minta bukti dokumen lain.. cmiiw…

  19. Naufal

    GI mana cara menghubunggi pihak Fb mas mohon bantuannya

    1. yudha

      diatas caranya mas.. tapi dari komentar pengunjung, sepertinya sedang ditutup proses ini karena fb kekurangan staff..

  20. Hartani

    Duuuh ..saya ga bisa buka akun yg dinonaktifkan oleh FB gara2 meminta data asli sudah saya kirim tapi malah dinonaktifkan.gimana caranya ya biar akun saya bisa dibuka kembali karena foto2 anak2 saya masa kecil sy save disitu semua 😭

    1. yudha

      dinonaktifkna kenapa? mba kirimnya data aslinya lewat apa?

      ingat proses diatas belum tentu berhasil… tergantung proses pelanggaran yang dilakukan.. jadi diatas kita cm mengajukan banding, masalah disetujui ato engga, itu nanti tergantung pihak FB.nya..

  21. Irvan

    “kami tidak dapat meninjau keputusan untuk menonaktifkan akun anda”
    Itu kenapa ya mas? Malah di bilang seperti teks diatas

    1. yudha

      baca beberapa komentar terakhir diatas mas.. sepertinya pihak fb lagi kekurangan staff,..

      itu mas dapet infonya dimana? dibalasan email kah? kalau iya, mungkin coba direspon aja, tanyain gitu, lihat apa tanggapan mereka..

  22. New

    ka, saya mengalami hal yang sama dengan komen2 di atas. Aku baru aja daftar facebook. Baruuuuuuu aja. Bener2 baru isi email, nama, tgl lahir. Trs langsung dinonaktifkan sama facebook karena melanggar komunitas blablabla dan perlu peninjauan kembali karena covid blablabla. Padahal tidak melanggar apapun.

    Saya udah daftar pake 6 email dari bulan Maret malah. Sampe sekarang masih ga diapa2in sama pihak facebook. Berarti memang ga ada solusi ya?

    Kalo ada yang punya akun facebook yang sudah tidak terpakai, saya minta dong teman-teman. Saya butuh banget untuk instagram ads nih 🙁

    1. yudha

      tiap orang cuma boleh satu akun fb mas, akun fb juga harus dengan nama asli.. Ini aturan dari fb..

      jadi kalau mas udh daftar pake 6 email dari bulan maret, sepertinya memang mas yang salah kan?.. itu pelanggaran ToS mereka…

      kalau niat banget, bisa beli akun jadi mas.. banyak kok yg jual di ads.id atau forum sejenis..

  23. Mercy

    Bang fb saya dinonaktifkan.. dg alasan tidak memenuhi standar komunitas.. itu kenapa bang ? Pdhl saya jarang post2 dfb, paling apload foto doang itu pun jg jarang.. saya uda make fb saya uda 14 tahun bang, sayang banget saya sm fb saya 😭 saya uda buat ajung banding, tapi gak bisa bang 😭😭😭

    1. yudha

      ga cukup informasi mas.. mas upload foto apa? pelanggarannya dijelaskan ga disana? biasanya kalau dinonaktifkan, pasti ada yang salah kan…

  24. Mercy

    Yah foto selfie lah bang, foto keluarga, itu pun jarang bs 3 bulan skali.. gak ada pelanggaran djelaskan, tiba2 buka fb uda gk bs lg, dan saya dfb hanya like dan komen post temen deket dan itu gak ada komen yg aneh2.. saya gak terlalu aktif d fb bang gak prnh post ini itu, paling liat2 org jualan dfb.. tp kenapa saya bs dnonaktifkan 😭😭😭 smpe mau aju banding gak bisa, salah fb saya apa bingung bang 😭😭 ada cara lain gak bang tuk balikin fb saya ?

    1. yudha

      ga kena hack fb nya kan mba? coba inget2 lagi, apa pernah login di situs tertentu dgn username dan password fb… biasanya situs phising gitu menjanjikan sesuatu, misalnya dapet like gratis, atau follower bnyk, atau mungkin dapet free item di game, dll..

      kalau mba ga merasa melanggar, bisa jadi akunnya dihack, dan dipake hacker untuk hal-hal yg melanggar..

      soalnya jarang false positif sih, biasanya kena nonaktifikan, pasti ada aturan atau ToS yang dilanggar..

  25. iqball pandu

    Bg punya saya udah lama bngt dihack trus sama cari namanya pake fb baru udah gak muncul,mau balikin akunnya tpi email dan nomor sama sandinya udah lupa,tpi di aplikasi fb masih ada buat login itu gimana nyari nya bg mohon info nya,makasih

  26. Aswandy

    Akun FB sy di nonaktifkan permanen,masih ada cara gak,,mohon infonya

    1. yudha

      coba banding… sisanya tergantung pelanggaran mas, dan respon pihak support fb nantinya..

  27. Mercy

    Saya gak pernah login2 dsitus2 bang.. klo emg dhack saya uda cek dgmail saya, prangkat yg trdaftar hny dr hp saya.. aktifitas trakhir saya dfb kmren cm apload foto anak ultah dan bls komen teman yg ngucapin, itu aja.. besok ny fb saya dinonaktifkan 😭 ada cara lain gak bang, buat balikin akun saya ? Fb saya uda dr 2006 bang, sayang banget saya ma tuh fb.. tolong bang dibantu 🙏🙏😭😭

    1. yudha

      kalau dinonaktifkan oleh fb, biasa tetap bisa login mba setauku, tapi ada notice kalau akunnya dinonaktifkan gitu.. kalau mba ga bisa login, aku yakinnya emang kena hack….

      ini contohnya, https://alidropship.com/wp-content/uploads/2020/05/Facebook-personal-page-disabled.png , buka foto tsbt, disana kelihatan, kalau saat login, akan ada notice bahwa akunnya udh kena disabled… tapi tetap, dari awal dia bisa login, tapi memang setelah login, diberitahu bahwa akunnya sudh dinonaktifkan..

  28. Indra yahya

    Tetep gak bisa aku udah kirim itu semua malah ada tulisan gini kami tidak bisa meninjau keputusan untuk menonaaktifkan akun ada itu maksutnya gimana mas

    1. yudha

      ya berarti kemungkinan kesalahannya fatal dan ga ada ruang buat banding lagi.. cmiiw…

  29. ujang rama

    gimana cara nya log in ketika no verifikasi no hp nya sudah tdk aktip !!!! bisakah membantu saya?

    1. yudha

      nomer hp diperlukan untuk identifikasi akun mana yang ingin mengajukan banding.. jadi mau ga mau harus masukin no hp nya disana mas…

      yang jadi masalah, punya nomer hp aja, bandingnya belum tentu diterima, kalau ga ada nomer hp atau email, gimana cara fb bisa tau akun yang banding itu yang mana…

      saranku, coba masukin dlu email baru disna, kalau gagal, coba masukin nomer hp lama disana.. dan liat apakah ada instruksi lain misalnya “input email” atau lainnya…

  30. Yudi

    Kalau ini akun beli an gmn bang saya baru tadi kena nya

    1. yudha

      ya sama aja, perlu verifikiasi identitas.. kalau ga ada, aku rasa kecil banget kemungkinan dikabulkan bandingnya..

      lagian yang punya identitas aja masih belum tentu dikabulkan sih mas.. cmiiw..

  31. Agus id

    Kenapa akun saya kena nonaktikan

    1. yudha

      pelanggaran biasanya mas..

  32. Nuranisa

    Saya bingung FB saya di nonaktifkan tapi dia mengganti kata sandi
    Yang di permasalahkan untuk kembali ke FB aku harus pake no aku tapi disitu no org lain,
    Bagaimana caranya mengganti no hp spya di berikan kode untuk mengembalikan FB seperti semula

  33. Abdul hamid

    Tolong kembalikan akun saya yang di nonaktifkan

    1. yudha

      ikuti proses diatas mas….

  34. Nurmalaboru Sitepu

    Mas akun saya tiba”gk bisa Kata Sandi nya
    Gk tau knapa
    Tpi sya liat dari fb temen saya
    Saya aktif tapi ada postingan
    Link gitu
    Link nya tentang siapa yg sering kepoin hp kamu
    Memang sebelum nya saya pernah kelik link itu di branda temen saya
    Beberapa hari kemudia fb sya gk bisa di buka
    Dan link itu tiba”ada di brnda saya
    Tolong dong mas gimana supaya akun saya bisa di buka kembali

  35. maulana

    apakah facebook yg sudah di noaktifkan permanen masih bisa balik lagi mas ? mohon infonya

    1. yudha

      coba aja login mas.. kalau dinonaktifkan harusnya ada notifikasinya saat mas login…

  36. Adri

    saya baru bikin akun fb. tapi anehnya ga bisa mengirim pertemanan. saya juga ga pernah melanggar ketentuan fb, tapi tiba2 saja di nonaktifkan oleh pihak fb. sudah coba banding tapi jawabannya selalu data tidak bisa dikirimkan. bagaimana ini?

    1. yudha

      mas mungkin udh punya akun fb sebelumnya itu..

      fb hanya membolehkan satu akun untuk satu pengguna, dan nama/data yang di input haruslah identitas yang sah dan asli… kalau mereka curiga itu akun clone, akun palsu, dll.. kemungkinan langsung dinonaktifkan memang mas..

  37. Diyan

    Kak,,kenapa fb kungk bsa dbuka kyk ny sih di nonaktfkn oleh Facebooknya,,tetapi ada nomor telepon kenapa tdk ada kodeconfirmasi ya

    1. yudha

      udh coba login? bisa atau engga?

      kalau fb yang nonaktifkan, bisa login cuma nanti tidak bisa masuk akun, karena ada halaman notifikasi yang menjelaskan bahwa akun kena disabled..

      kalau ga bisa login, kemungkinan besar akun kena hack, barulah setelah itu kena nonaktifkan, karena yang ngehack melakukan pelanggaran ToS fb saat pakai akun tsbt..cmiiw..

    2. Adri

      akun saya yang lama kan di hack orang mas. entah siapa. kata sandinya juga di ubah. waktu saya coba ubah sandi fb dan email tetap ga bisa masuk. cuma muncul tulisan ”Peninjauan Informasi Anda Mungkin Memerlukan Waktu Lebih Lama daripada Biasanya
      Terima kasih sudah mengirimkan informasi Anda. Kami sudah menerimanya. Kami memiliki lebih sedikit orang yang siap untuk meninjau informasi karena pandemi virus corona (COVID-19) ini. Diperlukan waktu lebih lama dari biasanya untuk meninjau akun Anda. Kami selalu mengedepankan keamanan orang-orang di Facebook, jadi sampai proses peninjauan selesai, Anda tidak akan bisa menggunakan akun” dan gambar kunci gitu. saya bisa log in tapi tetap ga bisa make fb saya. bahkan foto profilnya juga berubah. makanya saya coba bikin akun baru jika fb lama ga bisa lagi di pakai. padahal fb itu udah 10 thn saya pakai.

    3. yudha

      kalau mau bikin akun baru sebaiknya diperangkat lain, dengan identitas berbeda dan nomer hp beda mas.. jadi mas bisa bikin fb baru, tapi tidak ada kaitannya dgn fb lama, dan mas tetap bisa melakukan banding terkait fb lama, tanpa mempengaruhi fb baru..

      itu di fb lama mas bisa login kah? artinya username sama passwordnya masih sama? berarti itu di fb lama mas udh pernah krimkan KTP kah? kalau sudah, ya tinggal tunggu proses peninjauannya..

  38. bang jw

    bang yudha , saya kan pemain game online, fb hanya sarana buat login fb …perasaan saya g pernah macem macem deh… trus kenapa semua akun fb saya dinonaktifkan ???

    ke 4 fb saya dengan pswd yang sama secara bersamaan dinonaktifkan …. gimana pendapat abang ???

    1. yudha

      ke 4 fb mas? itu jelas udh pelanggaran… fb mengharuskan pengguna menggunakan nama asli, ini aturan mereka.. artinya tiap orang cm bisa punya satu akun…

      kalau mas punya 4, jelas ini melanggar… ya mungkin baru2 ini aja fb mendeteksi hal ini…

  39. Sebadu jr

    Akun saya di noaktifkan saya mau akun saya aktif lagi

    1. yudha

      ikutin prosesnya mas..

  40. Dede Rohadi

    Akun Facebook pribadi yang di nonaktifkan karena video melanggar hak cipta. Apakah Facebook saya bisa aktif kembali

    1. yudha

      dicoba aja dlu mas… aku jg ga bisa pastiin bakal ditolak, bsa jadi diterima bandingnya.. cmiiw..

  41. Alaxsander stwar mam

    Mas bagai mn mengaktifkan akun fesbuk saya

    1. yudha

      diatas udh dijelasin mas…

    2. Ramadhan

      Akun saya di bobol sama orang yg tidak bertanggung jawab

    3. yudha

      jadi? udh dicoba banding?

  42. Irwan ipangka

    Akun saya dinoaktipkan

    1. yudha

      melakukan pelanggaran?

  43. Vivi tisninghati

    Saya mau tanya mas..kn pas masuk di fb dan kta sandi udah sya msukin..tpi salh mulu..pdalh saya yakin bngt kta sandi nya ya itu. Ntah ada yg gnti atau gimana saya juga kurng fahm..trus coba saya otak atik..dan suruh masukin tanda pengenal…udah coba saya msukin pke foto KTP..tpi gk bisa2 juga…itu knpa ya mas..mohon pencerahanya..trimakasih

    1. yudha

      mba ikutin proses diatas bukan? lalu apanya yang diotak-atik?

      masukin KTPnya dimana mba? gagalnya kenapa? ada penjelasannya ga…?

  44. Irwan aga

    Akun facebook saya di hack trus di ganti nama dan di nonaktifkan gimana caranya mas??

  45. Alwi ginting kak tengah

    Aqun saya di nonaktif dan sudah saya hubngi melaui email lalu fb memberi kode atur kata sandi terus aku atur pas masuk dia minta konfirmasi identitas dah 7x aku kirim tapi fb belom bisa di buka tapi pemberitahuan sudah dikirim melalui. Email

    1. yudha

      ya ditunggu mas… jangan sampe 7x kirim.. sabar dulu.. kemungkinan itu belum mereka cek… ada notif lain ga? bisa login itu kan ya? muncul pemberitahuan apa aja disana?

  46. Dio

    Akun instagramku melakukan pelanggaran mungkin bang makanya di nonaktifkan, terus yang jadi tambah ribet tuh akun instagramku aku kaitkan ke facebook juga. Jadinya ya akun Instagram dan akun Facebook ku kena ban dua-duanya wkwk.
    ini masih saya urus tapi yang jadi masalahnya muncul notif “Kami memiliki lebih sedikit peninjau karena wabah virus corona (COVID-19) sehingga kami tidak dapat meninjau keputusan ini sekarang”. Hmm mau sampe kapan nunggu sampe pandemi kelar 🙂

    1. yudha

      iya sepertinya mas.. setidaknya sampe pandemi mulai mereda, dan orang2 lebih leluasa untuk kekantor..

      yang bisa kita lakukan sbagai pengguna sih hanya menunggu…

      atau bikin akun baru :P.. cma kalau bikin akun baru, usahakan jgn gunakan perangkat yang sama, dan jangan gunakan no hp atau email yang sama.. ini supaya ga rancu, ketika kedepannya ingin proses akun lama tsbt…

  47. Riko

    Sudah beberapa tahun tidak buka FB, tadi buka FB untuk bind ke game, baru login semenit, langsung kena disable, aneh juga sekarang ada disable seperti ini.

    Nama asli, sudah beberapa tahun tidak post apapun, dulu jaman masih aktif juga post jarang, hanya kalau ditag teman, tidak pernah kirim spam, ngga pernah aneh2 pokoknya.

    Oiya, apa mungkin dikira multiple account ya ? saya kan pakai Indihome, IP satu rumah sama, nah adik saya buka FB setiap hari di laptop dia, kadang di PC saya, pas saya tadi login mungkin dikira akun palsu.

    Mau ajuin recover udah males, ribet, kalau harus upload KTP segala, FB jadi leluasa mengambil data member, dan itulah kenapa dia pernah bermasalah masalah hukum di US sana. Privacy penting banget bagi saya, jadi ya sudahlah bye bye FB. wkwkwk

    1. yudha

      Kalau masalah privacy, aku ga bisa komentar banyak.. memang ada masalah terkait ini, tapi aku ga terlalu mengikuti perkembangan masalahnya..

      kalau KTP, kalau ga salah, ada pengaturannya agar data tadi cuma bertahan di 30 hari diserver mereka..

      kalau masalah multiple akun, aku rasa bukan disitu masalahnya sih mas.. aku dirumah jg pake wifi, ada banyak perangkat, laptop dan hp anggota keluarga.. dan kami hampir semuanya punya akun sosmed.. kadang juga saling pinjam perangkat jg.. tapi ga ada masalah disini..

      bisa jadi itu langkah keamanan, karena udh lama ga login mas.. cmiiw.. kalau mau, upload ktp dan setting agar ktpnya dihapus setelah login nanti.. ini penjelasannya dihalaman support fb disini https://www.facebook.com/help/155050237914643.

      Jika Anda menonaktifkan opsi ini, salinan Tanda Pengenal Anda akan dihapus dalam waktu 30 hari setelah dikirimkan atau saat Anda menonaktifkan opsi ini.

  48. Wati

    Assalamualaikum bang.. sy indlstal aplikasi untuk hapus teman yg nonaktif di fb.. langsung fb di block sementara alias dibekukan. Sy coba ikuti instruksinya tp selalu something wrong pas diminta bikin password baru. Bisa pulih sendiri atau bgimana bng? Brapa lama pulih sndiri?

    1. yudha

      itu bisa login mas? mas taunya dibekukan dari mana? aplikasi apa yang dipake? sumbernya dari mana? bisa jadi kena hack mas…

      kalau gitu jalan nya lebih sulit…

      kalau dari pengalaman teman2 diminta verifikasi identitas mas… cmiiw..

Tinggalkan Balasan