Cara mengaktifkan kembali akun facebook pribadi yang dinonaktifkan

Kenapa akun facebook pribadi saya dinonaktifkan oleh facebook? Jika kalian pernah bertanya-tanya tentang hal tersebut, pasti karena ingin tau alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan apakah ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut, iya kan! Karena kita sudah punya akun tersebut bertahun-tahun lamanya dan kita tentu saja sangat menyayangkan ketika harus kehilangan segala sesuatu di akun kita.

Nah, kawan-kawan terlebih dahulu kalian harus benar-benar memastikan bahwa akun kalian memang dinonaktifkan atau di disable oleh pihak facebook.

Terkadang kita sering mengalami kendala ketika masuk akun, setelah berulang kali kita coba namun tetap tidak bisa. Hal ini bisa saja karena login menggunakan pasword yang tidak tepat atau jaringan yang tidak bagus, atau mungkin memang aplikasi facebook yang error. Bukan berarti akun kalian sudah dinonaktifkan.

Jika akun kalian dinonaktifkan oleh pihak facebook, tandanya ketika kamu ingin login kamu akan mendapatkan pesan yang mengatakan akun kalian sudah dinonaktifkan.

Facebook memang sudah semakin memperketat aturannya hingga tidak segan untuk menonaktifkan akun yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas, Namun terkadang juga terjadi kesalahan, sehingga akun yang tidak melakukan pelanggaran menjadi korban. [Atau teman-teman sendiri yang tidak sadar melakukan pelanggaran :P]

Untuk itu yuk, ketahui beberapa tindakan yang melanggar peraturan facebook dan beresiko dinonaktifkan akun! Selanjutnya kamu bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk memulihkan akun kamu, jika akun kamu memang dinonaktifkan secara keliru.

Kenapa akun facebook saya dinonaktifkan?

Berikut ini tindakan yang sering dilakukan pengguna facebook namun beresiko dinonaktifkan akun.

1. Postingan yang melanggar ketentuan facebook

Untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna, facebook akan menonaktifkan akun yang melanggar ketentuan yang ditetapkan di media sosial ini misalnya meng-upload gambar yang mengajak kepada berjualan barang haram, gambar sadis misalnya pembunuhan yang berdarah-darah, mengupload gambar anak kecil tanpa pakaian atau foto orang dewasa yang tidak wajar untuk konsumsi publik.

Selain itu menggunakan kata-kata yang tidak sopan seperti caci maki, merendahkan orang lain atau bullying lainnya, dalam hal ini facebook jika menerima laporan dari si korban bullying tersebut akan mengambil tindakan yang bisa berujung ke penonaktifkan akun sipelaku.

Bukan hanya itu membagikan foto yang berupa kegiatan membully atau bersifat membuat orang lain melakukan tindakan tersebut juga dianggap pelanggaran.

Kamu yang suka upload gambar atau video juga harus lebih hati-hati, tidak boleh mengupload sesuatu karya yang bukan milik kita. Karena segala sesuatu yang kita bagikan berarti kamu memberi izin pada pihak lainnya untuk menyimpan, menyalin atau membagikannya ke pihak lain.

2. Tidak menggunakan nama asli atau nama sehari-hari

Penggunaan nama palsu untuk akun facebook berarti memberikan peluang kepada pemilik akun untuk leluasa melakukan tindakan yang tidak dibenarkan.

Namun seseorang akan lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan atau pernyataan suatu masalah jika menggunakan identitas asli, dan hal ini akan membuat rasa nyaman bagi pengguna facebook lainnya.

3. Berpura-pura menjadi orang lain

Seseorang yang menjiplak identitas orang lain merupakan tindakan yang sangat dilarang di medsos satu ini. Facebook akan menonaktifkan akun tersebut jika ketahuan atau ada yang melaporkannya.

4. Terus melakukan perilaku yang melanggar aturan

Facebook akan memberikan peringatan bagi akun yang melanggar aturan untuk pertama kali, namun jika masih terus melakukan tindakan yang melanggar aturan facebook dan standar komunitas maka facebook akan memberikan sanksi berupa menonaktifkan akun.

Jadi sanksi ini sebenarnya memang diberikan kepada pelanggaran berat atau yang melanggar berkali-kali.

5. Melakukan tindakan yang mencurigakan

Salah satunya yang termasuk “mencurigakan” adalah menambah teman dalam jumlah banyak dalam sehari. Hal ini juga termasuk sikap yang melanggar aturan dan mencurigakan sehingga facebook bisa saja menonaktifkan akun tersebut, karena bisa dianggap akun bot atau akun palsu yang dibuat semata-mata hanya untuk menambah follower dan reach di facebook.

Akun – akun seperti ini biasanya akan diperjual belikan ataupun dipergunakan untuk kepentingan promosi SPAM atau nyampah kemana-kemana.

6. Melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan orang lain

Berbagai tindakan yang membuat pengguna facebook tidak nyaman, diantaranya adanya akun yang menghubungi untuk melakukan penghinaan, ancaman, mengirimi iklan atau promosi secara terus-terusan ke akun kita. Kebiasaannya akun tersebut akan dinonaktifkan jika ada yang melaporkannya, semakin banyak yang melapor maka semakin cepat tindakan dari facebook.

Mengatasi akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook

Untuk mengaktifkan kembali akun facebook yang dinonaktifkan oleh facebook sebenarnya tidak banyak yang bisa kita lakukan, selain dengan menghubungi support facebook. Sejauh yang aku tau, hanya itu cara yang bisa diambil.

Cara ini akan besar kemungkinan berhasil jika kamu memang bukan tipe yang sengaja melakukan pelanggaran, seperti orang yang SPAMMING, atau yang sengaja berpura-pura jadi orang lain. Mungkin pelanggaran-pelanggaran ringan seperti suka ngomong kasar yang bikin orang lain tidak nyaman, dstnya.

Ok. Langsung aja.

Kawan-kawan jika akun kamu telah dinonaktifkan oleh facebook tanpa didasari oleh tindakan yang melanggar aturan faceboook dan standar komunitas, maka kamu dapat mengajukan permintaan untuk meninjau ulang akun kamu dengan mengirimkan formulir yang telah disediakan oleh facebook.

  1. Caranya klik di sini (pengguna hp) atau disini (pengguna komputer) dan akan muncul halaman seperti di bawah ini!
Gambar 1. Formulir pemulihan akun
Formulir pemulihan akun

2. Masukkan alamat email dan nomor telpon seluler yang dapat dihubungi.
3. Isikan nama lengkap seperti yang tertera di akun facebook kamu.
4. Selanjutnya upload foto kartu identitas kamu, di sini kamu bisa upload kartu SIM, KTP, kartu pelajar atau paspor.
5. Selanjutnya klik kirim.

Admin: Lalu silahkan tunggu instruksi selanjutnya lewat email yang dimasukkan dilaman ini. Sayangnya penulis tidak menjelaskan proses selanjutnya. Kemungkinan karena tidak punya akun yang di disable oleh facebook, jadi sedikit sulit untuk mendokumentasikan instruksi selanjutnya. Jika teman-teman berkenan, silahkan share proses yang kalian lewati dikolom komentar sehingga bisa ditambahkan kesini.


Kawan-kawan itu dia beberapa alasan facebook menonaktifkan akun pengguna, nah bagi kalian yang lagi butuh cara untuk memulihkan akun facebook bisa coba tutorial di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Salam dari penulis.

Share woy :D

fatimahms

Punya motivasi "try again smile again" Tersenyumlah karena kamu sangat cantik ketika tersenyum dan Semua akan baik-baik saja! Hubungi penulis di [email protected]

This Post Has 2 Comments

  1. Avatar

    mohon facebook lama saya dapat kembali. hntr kode pengesahan di email pun langsung tak dapat2 sampai skarang. dia kata facebook saya di sekat sementara waktu

    1. Avatar

      kalau memang ada pemberitahuan seperti itu dari facebook, kemungkinan memang ada pemblokiran sementara dari facebook..

      saranku sih tunggu aja.. dari yang aku baca, pemblokiran sementara bisa berlaku hingga 30 hari… ini penalti untuk yang terus-terusan melakukan pelanggaran..

Tinggalkan Balasan