Akun twitter kamu kena suspend? Mungkin ini penyebabnya

Dalam rangka menjaga kenyamanan dan keamanan para warga penghuni media social terbesar no.tiga di dunia ini, developer twitter pastinya punya aturan maen juga dong.

Yup, mereka menerapkan peraturan yang dapat menangguhkan atau membekukan akun penggunanya, mereka yang terkena penalti ini melakukan beberapa kesalahan yang menyalahi peraturan twitter.

Jadi jika kamu merasa tidak melanggar peraturan twitter, jangan takut untuk tetap bercuit-cuit ria seperti biasanya.

Tapi tidak dapat dipungkiri jika kesalahan juga bisa terjadi di sistem twitter, sehingga menyebabkan akun-akun sehat tiba-tiba terkena penangguhan. Yah, namanya juga hasil karya manusia. Hehehe. Tapi jangan marah dulu ya, mungkin saja akun kamu memang menyalahi aturan twitter tanpa kamu sadari. Kalau kamu masih bingung juga kenapa, ada apa dan bagaimana akun kamu bisa terkena suspend atau pengangguhan, ada baiknya kamu lanjut baca yuk.

Penyebab akun twitter di suspend

Dari sekian banyak peraturan yang telah ditetapkan oleh Twitter untuk mengatur kegiatan warganet di dunia pertwitteran, setidaknya ada tiga kesalahan/alasan yang paling sering dilakukan sehingga akun pengguna tersebut terkena penangguhan, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

1. Spamming

Dalam istilah bahasa Indonesia, ‘spamming’ dapat diartikan pula dengan ‘menyampah’.

Ada beberapa pengertian dari aktivitas yang bisa dikategorikan spamming. Secara umum, spamming adalah bahasa yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas posting yang mengganggu kenyamanan pengguna lain.

Misalnya yaitu dengan memposting cuitan yang terlalu sering, berturut-turut dengan jeda antar post hanya terpaut waktu yang tidak lama (bisa dalam hitungan beberapa detik atau menit). Kegiatan ini sering juga disebut storm tweet atau rapid spamming.

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa ada tiga cara kegiatan di twitter kamu akan muncul di timeline followermu, pertama tentunya dengan memposting tweetmu, kedua dengan me-retweet postingan orang lain dan yang ketiga dengan memencet tombol like dari postingan orang lain.

Lebih jauh lagi, isi dari postingan juga sangat berpengaruh. Seringkali kita dapati akun yang tidak benar-benar memposting tweet original tapi hanya me-retweet postingan dari akun lain. Hal ini sangat sering terjadi, karena me-retweet hanya memerlukan waktu kurang dari satu detik. Parahnya lagi, tidak banyak pengguna twitter yang tahu kalo mereka itu sedang menyampah. Yup, menyampahi timeline orang lain lebih tepatnya, karena semua re-tweet’an tersebut akan tampil di timeline follower.

Jadi satu hal yang harus diingat, tidak semua postingan yang ada di timeline kamu dan yang kamu rasa suka harus di re-tweet. Jika merasa ingin menyimpan tweet tersebut, kamu bisa menggunakan fitur bookmark. Dengan begitu kamu bisa me- retweet postingan tersebut di lain waktu.

Masih membahas spamming.

Sekarang, bayangkan jika salah satu akun yang kamu ikuti melakukan rapid spamming, hasilnya timeline twitter kamu dipenuhi oleh re-tweet dari akun tersebut dan menenggelamkan tweet yang benar-benar penting.

Nah, dari perspektif ini ada satu kemungkinan lagi bagaimana akun kamu bisa dianggap spamming, yaitu melalui pelaporan oleh salah satu followermu.

Pada fitur ‘report account’, ada pilihan dimana pengguna dapat melaporkan kegiatan pengguna lain yang dianggap mengganggu atau menyalahi peraturan twitter.

Salah satu pilihan dalam fitur tersebut adalah pelaporan atas nama spamming.

Gambar dibawah ini memperlihatkan tampilan layar twitter ketika kamu ingin melaporkan akun lain. Pada pilihan kedua dituliskan “They are Tweeting Spam”, maksudnya akun yang dilaporkan tersebut dianggap memposting spam atau sampah. Langkah yang paling mudah agar timeline kamu bersih adalah dengan membisukan (mute) akun tersebut, seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya disini. Jadi, kamu harus selalu berhati-hati dalam memposting sesuatu, namanya juga media social, bisa saja hal yang kamu anggap wajar tapi bisa dianggap mengganggu oleh orang lain tanpa kamu ketahui.

2. Keamanan akun beresiko

Pernah dapat email atau sms yang isinya menyatakan bahwa ada kemungkinan akun kamu digunakan oleh orang lain atau log in melalui device lain?

Ini adalah salah satu metode menjaga keamanan yang dikembangkan dan sering digunakan oleh berbagai platform untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan akun milik orang lain.

Selain melalui cara diatas, twitter juga menggunakan metode lain untuk mencegah pencurian akun. Jika terdeteksi kecurigaan pada aktivitas akun, secara otomatis sistem Twitter akan menganggap terjadi penyalahgunaan pada akun tersebut.

Untuk mencegah penyalahgunaan lebih lanjut, Twitter mengambil langkah pencegahan dengan membekukan atau menangguhkan akun tersebut untuk sementara.

Iya, hanya sementara, jadi jangan takut kehilangan akun kamu ya. Jika sistem Twitter sudah menganggap bahwa akun tersebut sudah dianggap aman, maka akan dikembalikan kembali di empunya. Jika kamu benar-benar pemilik dari akun tersebut tentunya akan mudah untuk mengaksesnya kembali.

3. Aktivitas yang tidak seharusnya

Poin ketiga ini hampir sama dengan penjelasan pada poin pertama, yaitu atas nama ‘pelaporan’. Bedanya adalah aktivitas yang dilaporkan. Pada poin pertama, kamu dapat melaporkan akun yang kamu anggap mengganggu dan memposting tweet yang tidak penting atau yang dianggap sampah. Namun, pada poin ini pelaporan dilakukan atas aktivitas ‘abusive behavior’ atau ‘perilaku kasar’.

Contoh dari tindakan ini adalah melakukan penghinaan ke pihak tertentu, bisa ke kamu atau juga ke akun lain, mengirim ancaman ke akun lain atau menirukan identitas dari akun lain.

Pada gambar halaman pelaporan sebelumnya, kategori ini termasuk pada pilihan ke-lima yang bertuliskan “Their Tweets are abusive or hateful”.

Sebagai platform yang menjual konsep microblog dan mengedepankan tulisan dibandingkan gambar, Twitter adalah tempatnya para ‘keyboard warrior’. Sudah bukan jadi rahasia lagi jika media social, bukan hanya twitter, sering disalah-gunakan sebagai media untuk menyerang pihak lain. Hal ini sering sekali terjadi, apalagi dengan menggunakan akun yang bukan mencirikan identitas diri seseorang yang sebenarnya. Sehingga banyak sekali terjadi adu otot menggunakan kata-kata kasar yang tidak seharusnya dilakukan.

Kembali ke masalah penyebab akun ditangguhkan, penalti penangguhan ini hanya dapat dilakukan oleh Twitter jika ada pelaporan dari pengguna lain, tidak otomatis seperti pada kategori spamming. Twitter dapat menangguhkan akun bermasalah tersebut secara sementara, atau dalam beberapa kasus akun dapat dimatikan selamanya.

Tiga poin diatas hanyalah penjelasan singkat dan sederhana dari kasus yang lebih kompleks di lapangan.

Semoga dari sini pembaca dapat mengidentifikasi sendiri bagaimana aktivitas yang kalian lakukan yang dapat menyebabkan penangguhan.

Sekali lagi, kebijaksanaan dalam menggunakan media social seharusnya lebih diutamakan dibandingkan kebebasan dalam penggunaannya. Harus tahu juga bahwa jejak digital itu lebih susah dihapuskan dibandingkan jejak kaki, bisa dibilang permanen dan bisa dilacak ulang. Jika kamu termasuk yang hanya tahu cara pakai aplikasi dan tidak mengerti cara kerjanya, ada baiknya kalau kamu menggunakannya dalam batas yang wajar saja.

Advertisements
april

april

I'm an ARMY, are you...?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *