Begini Nih Cara Asyik Kirim Pesan Inbox Facebook Tanpa Messenger

“Maaf sis, bukannya sombong nggak mau chat via inbox, tapi saya memang nggak install messenger.” Tulis seseorang dalam statusnya.

Tak lama kemudian, seseorang memberi komentar.  “Pantes aja nggak ada respon gue chat kemarin. Duh…install dong, sis. Kan enak kalau mau ngomongin yang rahasia di inbox fb?”

Sang penulis status pun membalas. “Hehe…berat sis hp-nya. Dah banyak yang di-install.”

Sang komentator kecewa. “Iya juga sih. Trus gimana dong? Hiks…hiks…belum lagi kalau situ jualan nggak nyantumin harga di foto.

Sang penulis status membalas lagi. “Kan bisa japri via WA.”

Sang komentator pun tak mau kalah. Dia melampiaskan kekecewaannya.  “Lah…emangnya situ mau taruh nomor WA di Facebook apa? Nggak aman tau! Banyak orang iseng bin modus makin ke sini.”

Dialog seperti di atas kerap saya lihat seliweran di timeline Facebook. Betapa seorang pemilik akun Facebook sering minta maaf kalau dia tidak bisa membaca pesan inbox dari teman-temannya karena ia tidak memasang aplikasi Messenger di ponselnya.

Sejak pertengahan tahun 2014, Facebook memang telah menonaktifkan layanan pesan masuk pada aplikasi smartphone. Hal ini membuat banyak pengguna Facebook Android lumayan geram. Pasalnya mereka jadi tidak bisa berkirim pesan inbox. Dan mau tidak mau mereka harus meng-instal satu aplikasi baru yaitu Facebook Messenger.

            

Sayangnya, banyak yang keberatan meng-instal aplikasi Messenger. Karena aplikasi ini dinilai membutuhkan RAM berkapasitas besar dan menghabiskan daya baterai smartphone. Kalau sudah begini, akhirnya komunikasi via inbox Facebook pun jadi terbatas. Dan lebih seringnya menimbulkan kesalahpahaman. Seperti dibilang sombong-lah, gaptek-lah, fakir kuota dan sebagainya.

Namun, jangan sedih. Saat ini sudah banyak cara asyik yang memudahkan kita berkirim pesan inbox tanpa melalui messenger. Saya sudah menemukan cara tersebut melalui sejumlah aplikasi lain yang lebih hemat baterai dan sedikit saja menggunakan RAM ponsel Anda.

  1. Menggunakan Aplikasi Facebook Lite
  2. Memanfaatkan Layanan SMS Facebook
  3. Menggunakan DISA
  4. Memberdayakan Browser Dalam Ponsel

Menggunakan Aplikasi Facebook Lite

Sesuai namanya, lite adalah light yang berarti ringan. Kalau Anda sempat melihat aplikasi ini di playstore android, Anda pasti bisa melihat minimnya kuota yang akan terpotong saat Anda mengunduh aplikasi ini. Hanya sekitar 1,5 MB saja.

Selain kuota yang terpotong sedikit, waktu yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi ini pun sangat cepat. Hanya dalam hitungan detik saja. Anda sudah bisa ber-Facebook ria dengan leluasa menggunakan semua fitur Facebook Lite yang sangat lengkap. Dan yang terpenting bisa asyik mengirimkan pesan inbox.

Langkah-langkah menggunakan Facebook Lite saya tuliskan berikut ini:

  1. Setelah berhasil Anda unduh, Anda bisa langsung memasukkan alamat email dan kata sandi (password) Facebook Anda ke kotak yang tersedia.
  2. Jika Anda belum punya akun Facebook, Anda bisa langsung membuat akun baru dengan meng-klik kotak BUAT AKUN BARU.                                                                                                                                                                               
  3. Setelah itu, Anda bisa menjalankan semua fitur Facebook Lite seperti layaknya Facebook biasa. Termasuk dalam berkirim pesan inbox.

Memanfaatkan Layanan SMS Facebook

Cara lain berkirim pesan inbox tanpa melalui messenger adalah dengan mengaktifkan layanan sms dari Facebook. Layanan ini mewajibkan Anda mendaftarkan nomor ponsel pribadi sebelum bisa menggunakannya. Dulu saya juga pernah memanfaatkan layanan sms ini karena aplikasi Facebook sangat berat untuk ponsel saya. Dan sejauh itu aman terkendali serta lebih praktis memang. Kita bisa update status, membaca notifikasi, dan berkirim pesan inbox melalui layanan sms ini. Untuk mengaktifkan layanan sms ini Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Facebook Anda (login) melalui hp atau PC.
  • Lihat garis tiga yang ada di pojok kanan atas Facebook Anda. Klik.

 

  • Setelah itu, cari simbol roda bergerigi dengan tulisan SETTINGS & PRIVACY.                  

                  

  • Selanjutnya, pilih ACCOUNT SETTINGS .

  • Setelah masuk ke account settings, pilih text messaging.  

                                                                        

  • Lalu, akan keluar text messaging settings dengan tampilan seperti di bawah ini. Terdapat nomor telepon yang sudah Anda daftarkan saat membuat akun Facebook pertama kali dan sudah dikonfirmasi (confirmed) jika nomor tersebut valid (benar milik Anda dan masih aktif). Anda juga bisa menambahkan nomor telepon lain atau ingin menggantinya. Jika belum dikonfirmasi nomornya, Anda harus meminta kode verifikasi dulu dengan mengetik F di pesan sms terbaru ponsel Anda lalu kirim ke 32665. Tunggu beberapa saat. Kode konfirmasi akan dikirimkan melalui sms. Masukkan kode tersebut di kolom konfirmasi pada pengaturan akun.

                                                           

Selanjutnya, Anda bisa klik tulisan berwarna biru pudar ‘learn to use Facebook sms’.

  • Lalu, muncul tampilan bertajuk SMS COMMANDS seperti di bawah ini. Selanjutnya, Anda bisa klik tulisan berwarna biru pudar ‘edit your sms settings’.

  • Kemudian, pilih EDIT NOTIFICATIONS. Klik.

  • Selanjutnya akan terbuka NOTIFICATIONS. Anda bisa langsung beri check list di ‘all other sms notifications’ supaya bisa mengetahui semua notifikasi yang masuk ke Facebook Anda. Termasuk pesan inbox.

  • Selamat berkirim pesan inbox melalui sms ponsel Anda.

Menggunakan aplikasi DISA

Aplikasi Android yang mudah ditemukan dalam Play Store ini memudahkan penggunanya dalam mengumpulkan semua pesan inbox atau chat dari berbagai aplikasi ke dalam satu tempat.

Anda bisa bayangkan betapa praktisnya aplikasi ini ketika semua chat dari Facebook (inbox), Whatsapp, Telegram, dan bahkan sms dari ponsel Anda dapat dibuka dari satu aplikasi saja.

Kapasitas data/kuota yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi ini terbilang kecil. hanya sekitar 27 MB saja. Contoh chatting atau berkirim pesan inbox Facebook melalui DISA bisa Anda lihat dari gambar di bawah ini.

Untuk bisa menggunakan DISA untuk kirim pesan inbox Facebook, Anda hanya tinggal login Facebook saja di aplikasi ini.

Memberdayakan Browser Dalam Ponsel

Browser yang terdapat pada ponsel Anda juga bisa dimanfaatkan untuk berkirim pesan inbox tanpa melalui messenger.

Pertama-tama, Anda bisa masuk ke browser lalu ketikkan website Facebook.

Nanti, tampilan Facebook Anda akan sama seperti saat Anda buka Facebook di PC/komputer.

Selanjutnya, Anda bisa mencari PERCAKAPAN atau CHATTING di bagian atas tampilan Facebook Anda. Pasti setelah itu Facebook akan memperlihatkan penawaran pada Anda untuk mengunduh messenger di Play Store. Anda bisa langsung close atau menutup tawaran tersebut dengan klik tanda X di pojok kanan atas.

Kemudian, Anda bisa melanjutkan berkirim pesan inbox ke sesama teman Facebook dengan masuk ke area percakapan atau chatting.

Bagaimana, menurut Anda mana yang cara yang paling asyik berkirim pesan inbox Facebook tanpa melalui messenger?

Jika artikel ini dirasa bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk menceritakannya pada semua teman Anda. Supaya teman-teman Anda juga bisa merasakan asyik yang sama seperti Anda.

Terimakasih dan salam hangat.