Perbedaan aplikasi messenger dengan messenger lite

Facebook merupakan media sosial terbesar yang telah banyak digunakan oleh orang-orang. Bagi kamu para pengguna aplikasi Facebook, kamu mungkin sudah mengetahui adanya pemisahan antara aplikasi Facebook dan Messenger. Ketika kamu mencoba untuk membuka pesan atau inbox, maka akan muncul pemberitahuan untuk menginstall Messenger.

Adanya pemisahan antara aplikasi Facebook dan Messenger ini diharapkan agar fungsi dari masing-masing aplikasi menjadi lebih maksimal. Aplikasi Facebook memiliki fungsi utama untuk melihat dan membuat postingan di Facebook, mulai dari status, story, foto, video, dan lain-lain. Sedangkan untuk Messenger, fungsinya adalah untuk berkirim pesan dengan teman di Facebook.

Meskipun pihak Facebook mengklaim cara ini dapat memaksimalkan kedua fungsi tersebut, akan tetapi bagi para pengguna aplikasi Facebook, pemisahan ini tidak begitu menguntungkan. Ini dikarenakan semakin borosnya penggunaan ruang data ponsel, jika harus menginstall keduanya. Adanya pemisahan Facebook dan Messenger ini tentunya menjadi kesulitan, terutama bagi pengguna ponsel dengan spesifikasi rendah.

Sehingga pada tahun 2017 lalu, Facebook secara resmi mengenalkan sebuah aplikasi alternatif Messenger, yaitu Messenger Lite. Adapun aplikasi Messenger Lite ini merupakan versi lite atau mini dari aplikasi Messenger. Aplikasi ini didesain lebih ramping dibandingkan pendahulunya dengan cara menghilangkan beberapa fitur.

Lalu bagaimana sih perbedaan Messenger dan Messenger Lite ini? Kali ini, Bukugue dot com akan mengupas bagaimana perbedaan antara kedua aplikasi ini. Sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu persamaan antara aplikasi Messenger dan Messenger Lite.

Persamaan aplikasi Messenger dan Messenger Lite

Sebelum melihat bagaimana perbedaan diantara kedua aplikasi ini, mari kita lihat terlebih dahulu apa saja persamaan dari kedua aplikasi ini. Dengan ukuran lebih mini, apakah fitur yang didapatkan sudah memenuhi kebutuhan dari pengguna Messenger?

1. Kedua aplikasi sama-sama ditujukan untuk berkirim pesan

Kamu dapat mengirimkan pesan kepada teman-temanmu melalui aplikasi Messenger maupun Messenger Lite. Keduanya juga mendukung fitur sticker dan emoji yang dapat kamu gunakan saat chatting-an. Selain itu, kedua aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat ruang grup obrolan.

2. Kedua aplikasi mendukung fitur voice dan video call

Melalui aplikasi Messenger, kamu dapat melakukan panggilan suara dan video. Baik itu pengguna Messenger maupun Messenger Lite, keduanya mendukung fitur yang satu ini. Meskipun demikian, untuk melakukan panggilan video secara grup, kamu masih harus menggunakan Messenger versi reguler. Ini dikarenakan Messenger Lite sampai saat ini masih belum mendukung panggilan video grup.

3. Dapat melakukan switch account

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Messenger dan Messenger Lite adalah adanya fitur switch account. Dengan adanya fitur ini, kamu tidak diharuskan login berkali-kali untuk berpindah dari satu akun ke akun yang lain. Sehingga kamu secara leluasa dapat berpindah akun.

Perbedaan aplikasi Messenger dan Messenger Lite

Selain memiliki kesamaan, aplikasi Messengger dan Messenger Lite juga memiliki perbedaan. Adapun perbedaan yang dimaksud adalah dari segi tampilan, ukuran, dan juga fitur. Untuk melihat bagaimana bedanya, yuk simak penjelasan berikut.

a. Tampilan depan

Pada tampilan utama Messenger versi standar, kamu dapat menemukan foto profil di ujung kiri atas untuk membuka menu. Lalu ada juga icon kamera untuk membuka kamera, kemudian icon pensil untuk membuat pesan. Pada tampilan utama aplikasi Messenger ini, terdapat pula daftar teman yang sedang online serta Facebook story. Selain itu, pada bagian bawah layar terdapat icon untuk membuka jendela obrolan, teman, dan discover.

Tampilan utama Messenger
Tampilan utama Messenger

Untuk Messenger Lite, tampilannya lebih sederhana jika dibandingkan dengan versi standarnya. Tampilan utama aplikasi ini hanya terdiri dari daftar obrolan dan daftar teman yang sedang online. Lalu pada bagian atas layar, terdapat pula icon balloon, friends, dan settings yang memungkinkanmu untuk berpindah jendela. Kamu juga dapat berpindah dari obrolan ke jendela lainnya dengan cara menggeser layar dengan arah horizontal.

Tampilan utama Messenger Lite
Tampilan utama Messenger Lite

b. Ukuran aplikasi

Dari namanya saja sudah terlihat aplikasi mana yang lebih hemat memori penyimpanan data. Messenger Lite tentu akan lebih sedikit memakan memori. Akan tetapi untuk memperjelas lagi seberapa jauh perbedaannya, aku akan coba tunjukkan pemakaian memori kedua aplikasi ini pada ponselku pada gambar berikut.

ukuran aplikasi Messenger dan Messenger Lite
ukuran aplikasi Messenger dan Messenger Lite

Berdasarkan gambar tadi, ukuran aplikasi Messenger Lite terbukti jauh lebih kecil dari versi standar. Aplikasi Messenger memakan ruang data sebesar 231 MB. Sedangkan untuk Messenger Lite hanya memakan memori sebesar 34 MB saja. Perbedaannya cukup besar bukan?

c. Perbedaan fitur antara Messenger dan Messenger Lite

Apa pertimbangan kamu dalam memilih sebuah aplikasi? Tentunya kamu akan melihat bagaimana fiturnya kan? Seperti yang telah dijelaskan tadi, Messenger Lite didesain lebih ramping dengan menghilangkan beberapa fitur pada pendahulunya. Lalu bagaimana sih perbedaan fitur diantara kedua aplikasi ini?

1. Messenger Lite tidak mendukung fitur story

Pada aplikasi Messenger, penggunanya masih dapat melihat story yang dibagikan oleh teman. Sedangkan untuk Messenger Lite, penggunanya tak akan dapat melihat story, karena tidak menyediakan fitur tersebut.

Sehingga bagi kamu yang ingin melihat story seseorang di Facebook, kamu hanya dapat melakukannya melalui aplikasi Facebook dan Messenger versi standar saja.

fitur story pada Messenger
fitur story pada Messenger yang tidak ada di versi lite-nya

2. Messenger Lite tidak mendukung animasi bergerak

Messenger Lite memang masih mendukung fitur sticker yang beragam seperti halnya pada aplikasi Messenger reguler.

Messenger Lite tidak mendukung animasi bergerak
Messenger Lite tidak mendukung animasi bergerak

Akan tetapi untuk GIF atau animasi bergerak, Messenger Lite tidak mendukung ini. Meskipun demikian, GIF yang dikirimkan tetap dapat kamu lihat dengan cara membukanya terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga masih bisa memanfaatkan fitur GIF pada keyboard yang kamu pakai untuk dapat mengirimkan gambar GIF pada teman.

3. Messenger Lite tidak memiliki fitur untuk permainan

Jika pada aplikasi Messenger kamu dapat memainkan berbagai macam games, tidak halnya dengan Messenger Lite. Kamu juga tidak dapat bermain game dengan teman-temanmu, seperti pada aplikasi Messenger. Bagi kamu yang suka bermain games melalui Messenger, maka Messenger versi reguler merupakan pilihan yang lebih tepat.

4. Messenger Lite tidak menyediakan fitur secret conversation

Meskipun pesan di Messenger sudah dianggap aman, akan tetapi bagi sebagian orang mungkin akan membutuhkan proteksi yang lebih. Secret conversation pada Messenger merupakan layanan percakapan rahasia dengan enkripsi end-to-end.

secret conversation pada Messenger
secret conversation pada Messenger

5. Messenger Lite tidak menyediakan fitur SMS

Fitur SMS pada Messenger ini ditujukan agar kamu tak perlu berganti-ganti aplikasi saat berkirim pesan pada teman dan keluargamu.

Pesan pada Messenger dan SMS akan tergabung menjadi satu. Akan tetapi, kamu juga masih dapat memisahkannya dalam satu ketukan. Jika kamu menginginkan fitur SMS dalam Messenger, silahkan pilih aplikasi Messenger versi standar.

fitur SMS pada Messenger
fitur SMS pada Messenger

Bagaimana menurutmu? Setidaknya sampai dititik ini kamu sudah cukup jelas mengenai perbedaan diantara keduanya. Jika kamu tertarik untuk mendownload dan ganti ke aplikasi yang lebih sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa download via link dibawah ini.

Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi Messenger, dapat menuju link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.facebook.orca

Sedangkan bagi kamu yang ingin mengunduh Messenger Lite, kamu dapat mengunjungi link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.facebook.mlite

Oh iya, selain Messenger Lite, kamu juga dapat memilih Facebook lite. Dengan Facebook Lite, kamu dapat melihat postingan dan juga pesan dalam satu aplikasi. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat membaca artikel sebagai berikut untuk mengetahui perbedaan aplikasi Facebook dan Facebook Lite : https://bukugue.com/beda-fb-lite-dan-fb-selular-reguler/

Demikianlah itu tadi informasi mengenai perbedaan Messenger dan Messenger Lite. Jangan lupa untuk update terus informasi menarik lainnya seputar media sosial di Bukugue dot com.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan