#5 Perbedaan antara Facebook Selular dan Facebook lite

Meskipun pengguna baru facebook kini berkurang dengan adanya aplikasi-aplikasi terbaru yang lebih apik dan memiliki fitur-fitur serta tools yang lebih menarik seperti instagram, tapi sampai saat ini secara global facebook menjadi sosial media yang paling banyak penggunanya.

Dan hingga saat ini, sosial media yang menjadi tempat penyebaran informasi yang paling cepat tetap dipegang oleh facebook, baik melalui status, halaman, maupun grup facebook.

Bahkan saat ini ada beberapa vendor ponsel yang menjadikan facebook selular sebagai aplikasi bawaan ponsel. Sehingga ketika kamu membeli ponsel baru aplikasi facebook selular sudah tersedia disana dan kamu bisa langsung menggunakannya (pastinya jika kuota internet kamu ada).

Ada banyak jenis aplikasi facebook yang bisa kamu akses dari hp. Mulai dari aplikasi facebook official (resmi), hingga aplikasi facebook non resmi buatan developer lain. Dan tentu saja setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk aplikasi facebook resmi, ada 2 jenis setauku, yaitu aplikasi facebook lite dan facebook selular (atau yang lebih dikenal juga dengan nama facebook reguler).

Keduanya sama-sama asik untuk digunakan karena fitur yang dimiliki. Di artikel ini aku akan memberikan ulasan tentang facebook selular dan facebook lite.

Perbedaan antara facebook selular dan facebook lite

Sejatinya, facebook lite dan facebook selular sama-sama “facebook” berbentuk aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk mengakses akun facebook melalui ponsel tanpa harus masuk browser terlebih dahulu.

Seperti yang kita tau, versi lite itu biasanya versi yang lebih “kecil” atau “ringan” dibandingkan versi reguler.

1. Ukuran Aplikasi

Aplikasi yang berbeda tentu memiliki ukuran yang berbeda pula. Begitu pula dengan facebook selular dan facebook lite.

Sekalipun facebook selular dan facebook lite berada dalam 1 bendera yang sama yaitu facebook, keduanya memiliki ukuran yang berbeda.

Facebook selular memiliki ukuran yang lebih besar daripada facebook lite.

ada beda ukuran antara fb seluler dibandingkan fb lite

ada beda ukuran antara fb seluler dibandingkan fb lite

Jika kamu perhatikan di google play store ukuran keduanya berbeda sangat jauh, facebook selular memiliki ukuran 56 MB sedangkan facebook lite memiliki ukuran hanya 1,5 MB.

Sehingga bagaimanapun facebook lite lebih ringan dan lebih cocok untuk digunakan pada ponsel atau pun android yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih kecil.

Meskipun facebook selular juga bisa digunakan pada ponsel tersebut. Hanya saja memakan lebih banyak tempat, sehingga jika ingin memperbarui atau download aplikasi pemilik ponsel harus terlebih dahulu menghapus cookies atau data dari beberapa aplikasi maupun uninstall aplikasi agar memori menjadi longgar.

2. Kecepatan Akses

Hal kedua yang bisa menjadi perbedaan antara facebook selular dan facebook lite ini adalah terkait kecepatan akses.

Facebook selular membutuhkan waktu akses yang lebih lama dibandingkan facebook lite.

beda berat loading laman sehingga kecepatannya juga beda

Ini karena versi lite itu menampilkan laman facebook yang versi strip-down. Jadi elemen atau animasi dan fitur yang membuat laman reguler keliatan keren dan lengkap itu akan dibuang sehingga tinggal fungsi ringan dan dasarnya saja.

Itulah mengapa data seluler yang digunakan untuk mengakses facebook selular juga lebih banyak. Sedangkan waktu akses facebook lite bisa sangat cepat, sekalipun pada jaringan 2G.

3. Kuota

Ini mungkin tidak jauh beda dengan nomor 2. Jadi facebook lite itu menampilkan laman yang lebih basic dan lebih ringan.

Implikasinya adalah, facebook lite jadi lebih hemat kuota. Dan lebih bersahabat dengan ponsel tipe lama yang kecepatan internetnya masih 3G atau bahkan 2G.

Jadi point pentingnya adalah dijaringan yang sama, aplikasi facebook lite akan lebih cepat diakses, lebih ringan kuota, dan bisa dipakai bahkan diponsel jadul dan lelet sekalipun.

4. Tampilan

Secara tampilan, facebook selular dan facebook lite pun memiliki perbedaan.

Facebook selular memiliki menu utama (yang ada di bagian atas) lebih sedikit namun memiliki detail menu yang lebih lengkap. Sedangkan facebook lite memiliki menu utama lebih banyak namun dengan detail yang tidak terlalu lengkap seperti pada facebook selular.

Hal ini karena facebook lite didesain lebih sederhana agar tidak memberatkan sistem.

5. Fitur

Karena adanya perbedaan dari ukuran aplikasi, kecepatan akses, maupun tampilan, tentu ini sangat berhubungan dengan perbedaan fitur yang dimiliki facebook selular dan facebook lite.

Sekali lagi karena facebook lite memang didesain lebih sederhana agar tidak meemberatkan sistem, maka fitur yang dimiliki oleh facebook lite pun tidak selengkap fitur yang dimiliki oleh facebook selular.

Di facebook lite kamu tidak akan menemukan fitur untuk menulis catatan dan juga untuk bermain game.

Meski begitu, kamu tetap mengupload foto dan video yang kamu punya.

Selain itu photo yang kamu lihat diberanda ataupun di laman profil kamu kualitasnya akan lebih jelek (lebih kecil). Ini sekali lagi untuk menghemat data dan mempercepat akses.

Kalau kamu sedang tidak ada kuota sama sekali, cobain facebook mode gratis deh.

Untuk fitur video sendiri sebenarnya facebook lite tidak menyediakan pada awalnya. Dan saat ini facebook lite sudah dilengkapi dengan fitur upload video namun dengan size maksimal 2 MB saja. Sedangkan jika kamu menggunakan facebook selular, kamu akan menemukan fitur facebook yang sangat lengkap. Sehingga lebih asik untuk dimainkan.

Selain itu bagi kamu yang suka upload foto maupun video, facebook selular lebih cocok untuk kamu karena foto yang diupload di facebook selular tidak dikompres terlebih dahulu sehingga size dan kualitas gambarnya tetap terjaga sesuai foto aslinya. Dan untuk video yang diupload, size maksimalnya adalah sekitar 20 MB. Jadi kamu bebas mengkreasikan video kamu tanpa perlu takut size video menjadi terlalu besar dan tidak bisa diupload di facebook.

Kesimpulan

Meski facebook selular dan facebook lite memiliki beberapa perbedaan, namun baik facebook selular maupun facebook lite tentu saja memiliki keunggulan masing-masing.

Bagi yang senang main facebook tapi memiliki ponsel dengan kapasitas low-end tentu menggunakan facebook lite lebih cocok dan menyenangkan. Begitu juga bagi pengguna facebook yang mau hemat kuota.

Sedangkan bagi yang senang main game facebook online, menulis catatan, maupun mengupload dokumentasi kegiatan berupa foto dan video, tentu akan lebih senang menggunakan facebook selular.

Facebook selular/reguler membutuhkan spesifikasi hp lebih tinggi dan jaringan internet yang lebih baik.

Jadi memang kedua aplikasi ini ditujukan untuk ke pengguna yang berbeda.

Nah, jadi bagaimana? Jenis facebook yang mana yang lebih sering kamu gunakan? Aku rasa itu dulu yang bisa aku share. Semoga bermanfaat.


Updated 8 februari 2019 by admin

Share woy :D

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Tinggalkan Balasan