Cara menghemat kuota Facebook (paling lengkap)

Kegiatan menghemat kuota bukanlah kegiatan yang harus dilakukan ketika kita sedang miskin kuota saja. Tapi hal ini perlu diterapkan ketika kita tidak sedang miskin kuota, bahkan ketika kita sedang menggunakan wifi.

Kenapa? Kuota adalah sumberdaya bersama.

Maksudnya, setiap Kilobyte (KB) atau Megabyte (MB) data yang kita gunakan. Itu semuanya menggunakan sumberdaya, baik sumberdaya manusia, jaringan dan perangkat keras, dll.

Itulah kenapa kita perlu menghemat kuota.

Apakah Facebook boros kuota?

Banyak dari teman-teman yang penasaran mengenai hal ini. Hal ini sebenarnya sudah dibahas di tulisan “Berapa banyak kuota Facebook yang kita gunakan setiap hari“.

Ini hitungan simpel saja ya. Berdasarkan testing kami, menonton video di Facebook memakan kuota 2-3 MB per menit. Sedangkan browsing dan melihat-lihat foto di Facebook berada dikisaran 1 MB permenit.

Jadi apakah Facebook boros kuota?

Misalkan kamu menggunakan Facebook 1 jam sehari. Jika hanya browsing, kamu akan menghabiskan sekitar 60MB perhari, atau kisaran 2 GB perbulan. Sedangkan jika kamu gunakan untuk menonton video, maka dengan waktu penggunaan yang sama, kamu akan menghabiskan sekitar 4-5 GB.

Itupun hanya penggunaan 1 jam berhari. Jika 2 jam, 3 jam, dll? Kamu bisa hitung dari sana.

Bagaimana dengan FB lite apakah boros kuota juga?

Sekali lagi, boros tidaknya kuota tergantung kepada pemakaian Facebook kita sendiri. Tergantung aktivitas kita di Facebook, dan tergantung seberapa lama kita mengakses Facebok. Bukan tergantung apakah kita menggunakan aplikasi FB biasa ataupun FB lite.

Baca juga :  Cara menyembunyikan akun facebook dari publik (pencarian diluar facebook)

Namun tidak bisa dipungkiri, FB lite memiliki fitur eksklusif terkait menghemat kuota. Sehingga jika dibandingkan dengan FB biasa, memang cenderung lebih hemat. Tapi itupun tidak akan berbeda drastis.

Cara menghemat kuota di Facebook dan Facebook lite

Mungkin ada beberapa hal yang sebenarnya cukup jelas dan efektif dalam penghematan kuota, tapi banyak orang yang sulit untuk melakukannya. Disini saya akan cantumkan semuanya, yang bisa diikuti, silahkan ikuti.

1. Kurangi waktu penggunaan Facebook

Penggunaan kuota berbanding lurus dengan lama pemakaain dan aktivitas kita di Facebook. Kamu bisa menghemat kuota hingga 50% misalnya dengan mengurangi penggunaan facebook dari yang biasanya 2 jam menjadi 1 jam.

Hal ini mudah dimengerti, tapi sulit untuk diterapkan, apalagi bagi yang sudah kecanduan facebook.

Solusinya adalah memanfaatkan waktu luang untuk keperluan lain, hobi lain misalnya. Jika kamu suka menjahit atau melukis, atau kamu tertarik belajar beladiri, kamu bisa gunakan waktu tadi untuk mengeksplorasi hal lain yang kamu sukai tadi.

Aku tidak akan bahas lebih lanjut terkait hal ini. Kamu bisa baca hal ini dihalaman halodoc.com/artikel/kecanduan-media-sosial-begini-tips-ampuh-mengatasinya

2. Kurangi menonton video di Facebook

Menonton video seperti yang dijelaskan sebelumnya memakan 2-3 kali lipat kuota dibandingkan browsing-browsign di Facebook. Jadi kamu bisa menghemat kuota dengan menghindari menonton video di Facebook.

Kamu bisa chatting, bisa diskusi, dan melakukan banyak hal lain di Facebook.

3. Jangan terlalu cepat scroll-nya

Jika kamu terlalu cepat scroll, artinya foto yang kamu lihat dalam akan jauh lebih banyak dari pada jika kamu scroll dengan santai.

Sebagai contoh, misalnya kamu melihat 20 foto dalam 1 menit, dibandingkan dengan melihat 5 foto saja permenit, penggunaan kuota akan berkurang dua kali lipat.

Baca juga :  Cara mengaktifkan Facebook mode gratis (disemua operator)

Semakin cepat kita scroll, semakin banyak foto yang dilihat dalam satu menit, semakin tinggi pemakaian kuota di menit tsbt. Jadi santai saja scroll-nya.

4. Menggunakan mode gratis di saat tertentu

Mode ini bisa kamu gunakan jika kamu sedang minim kuota atau sedang ingin tidak keluar kuota sama sekali. Kamu tetap bisa melihat status teman, chat teman, profil teman, dll. Hanya saja foto dan video tidak terlihat di mode ini.

Disini kamu bebas browsing tanpa takut kuota berkurang. Kamu hanya perlu aktifkan mode data jika ada postingan berupa foto atau video yang ingin kamu lihat.

Untuk mengaktifkan mode ini sudah dijelaskan di tulisan “Cara menggunakan mode gratis Facebook dan cara keluarnya“.

5. Aktifkan fitur penghemat data di aplikasi Facebook

Fitur facebook yang satu ini mungkin jarang di ketahui. Mungkin fitur penghemat data yang sering kita pakai adalah fitur mode gratis, tapi ternyata masih ada fitur lainnya. Silahkan simak baik-baik pembahasan dibawah ini.

1. Silahkan tap ikon opsi menu dipojok kanan atas.
2. Gulir ke bawah dan tap menu “Pengaturan dan privasi”.
3. Masuk ke menu “Pengaturan”.

Cara menghemat kuota Facebook (paling lengkap) 1

4. Dihalaman pengaturan, gulir dan cari bagian preferensi, lalu masuk ke menu “Media”

Cara menghemat kuota Facebook (paling lengkap) 3

6. Dibagian “Kualitas video” hidupkan mode “Penghemat data”.

7. Selesai.

Untuk pengguna Facebook lite, kurang lebih sama prosesnya. Masuk ke pengaturan, lalu cari menu “Media”, dan langsung aktifkan “Mode penghemat data”.

Bedanya di Facebook biasa, mode penghemat data hanya mempengaruhi ukuran video. Sedangkan di Facebook lite, mode penghemat data mempengaruhi ukuran foto dan video.

6. Matikan “putar otomatis” saat menggunakan data

Untuk posisi menu-nya masih sama dengan pengaturan sebelumnya. Masuk ke laman pengaturan, lalu masuk ke laman “Media”. Disini kamu cari bagian “Putar otomatis” dan ubah dari “Dengan data seluler dan wifi” menjadi “Dengan wifi saja”.

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Opsi Terjemahan di Facebook

Untuk pengguna FB lite, posisi menunya juga sama. Ada dibawah menu “Penghemat data”.

Cara menghemat kuota Facebook (paling lengkap) 17

Seberapa hematnya setelah menerapkan metode diatas?

Ini tergantung kepada aktivitas kamu di facebook. Jika kamu suka menonton video, dengan mengaktifkan fitur seperti penghemat data, kamu bisa menghemat kuota hingga 40%.

Kamu juga bisa memotong penggunaan kuota lebih drastis lagi jika menggunakan Facebook mode gratis disaat-saat tertentu.


Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini. Jika kamu punya tips-tips lain yang bisa dicoba untuk menghemat data, kamu bisa tambahkan dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.