Cara menghemat kuota data facebook dengan #4 tips ini

Facebook semakin kesini semakin memiliki banyak fitur yang membuat penggunaan data (kuota) diaplikasi lumayan membengkak. Mungkin bagi sebagian orang yang ada akses ke wifi, penggunaan kuota tidak menjadi persoalan, namun bagi kebanyakan orang yang masih memakai paket data, akan terasa sulit untuk mencukupi kebutuhan data tsbt.

Berdasarkan pengalaman salah seorang penulis bukugue.com yang melakukan testing untuk menghitung pemakaian data facebook, dia menghabiskan 1GB lebih data setiap bulan, hanya dengan memakai facebook sekitar satu jam dalam sehari.

Kelihatannya tidak banyak, tapi itu dalam kondisi pemakaian normal dan hanya satu jam maksimal dalam satu hari. Bagaimana kalau facebookan 3-4 dalam sehari? bagaimana kalau banyak menonton video di facebook? Saya rasa pemakaian kuota bisa dengan mudah mencapai 10GB perbulannya.

Maka dari itu, saya akan membagikan “trik” atau “cara” agar kalian bisa lebih menghemat kuota data kalian saat menggunakan facebook

Cara menghemat kuota data saat facebookan

Mungkin ada beberapa hal yang sebenarnya cukup jelas dan efektif dalam penghematan kuota, tapi banyak orang yang sulit untuk melakukannya. Disini saya akan cantumkan semuanya, yang bisa diikuti, silahkan ikuti.

1. Kurangi waktu penggunaan facebook

Penggunaan kuota berbanding lurus dengan lama pemakaain dan aktivitas kita di facebook. Kamu bisa menghemat kuota hingga 25% misalnya dengan mengurangi penggunaan facebook dari yang biasanya 2 jam menjadi 1 jam setengah.

Hal ini mudah dimengerti, tapi sulit untuk diterapkan, apalagi bagi yang sudah kecanduan facebook. Solusinya adalah memanfaatkan waktu luang untuk keperluan lain (hobi lain) misalnya. Jika kamu suka menjahit atau melukis, atau kamu tertarik belajar beladiri, dstnya, kamu bisa gunakan waktu tadi untuk mengeksplorasi hal lain yang kamu sukai tadi.

Atau, kamu bisa investasikan waktu tadi untuk kegiatan bermanfaat lainnya.

2. Kurangi aktifitas yang boros kuota di facebook

Melihat foto dan video adalah salah satu yagn paling menguras data di internet. Hal ini juga sama saat kamu surfing di facebook. Jadi untuk mengurangi pemakaian kuota, bisa dengan mengurangi menonton video misalnya.

Selain itu jika kamu terlalu cepat dalam melihat foto di beranda misalnya, ini juga akan menaikkan pemakaian kuota. Misalnya kamu melihat 10 foto dalam 1 menit, dibandingkan dengan melihat 1 foto setiap 2 menit sekali, penggunaan kuotanya bisa 20x lebih banyak dikondisi pertama.

3. Menggunakan facebook mode gratis di saat tertentu

Facebook mode gratis memang memiliki kekurangan yang jelas, yaitu tidak bisa melihat foto/video, tapi mode ini bisa kamu gunakan jika kamu sedang minim kuota.

Untuk mengaktifkan mode ini sudah dijelaskan di tulisan: https://bukugue.com/masuk-facebook-mode-gratis/

4. Aktifkan fitur penghemat data di facebook

Fitur facebook yang satu ini mungkin jarang di ketahui. Mungkin fitur penghemat data yang sering kita pakai adalah fitur mode gratis, tapi ternyata masih ada fitur lainnya. Silahkan simak baik-baik pembahasan dibawah ini.

1. Buka aplikasi facebook messenger di smartphone kalian masing-masing. Setelah itu kalian tap “ikon garis tiga” yang ada di pojok kanan atas.

masuk opsi more

2. Setelah itu akan muncul banyak pilihan fitur yang bisa kalian gunakan. Kalian silahkan scroll ke bawah dan tap menu “pengaturan dan privasi”.

masuk ke menu pengaturan & privasi

3. Setelah itu akan muncul beberapa menu baru dibawah menu “pengaturan dan privasi” tadi. Disini kalian silahkan tap “penghemat data” yang logonya smartphone.

masuk menu mode penghemat data

4. Nah setelah kalian tadi klik menu penghemat data, maka kalian kan di bawa ke halaman seperti di bawah. Disini kalian tinggal aktifkan saja dengan klik ikon dikotak merah diskrinsut dibawah ini.

aktifkan tombol navigasi
penghemat data belum aktif
penghemat data sudah aktif

Seperti yang bisa dilihat di penjelasan fitur tsbt dalam kotak biru digambar diatas, fitur tsbt akan menurunkan kualitas gambar dan video tidak akan diputar otomatis sehingga bisa menghemat pemakaian data.


Saya rasa cukup tutorial dari saya, jika di rasa bermanfaat kalian bisa share ke teman-teman kalian. Terimakasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan