Cara mengaktifkan Facebook mode gratis (disemua operator)

Sebagai sosial media yang sudah lama ada, Facebook memiliki banyak fitur menarik. Salah satu fitur yang menurut aku paling bermanfaat adalah mode gratis.

Kita akan bahas semuanya disini satu persatu.

Apa sebenarnya mode gratis di Facebook

Singkatnya, mode gratis ini merupakan sebuah fitur yang membuat kamu bisa Facebook-an tanpa memakai kuota internet kamu. Fitur mode gratis ini hanya bisa digunakan di HP dan tidak bisa digunakan di PC/laptop. Mode gratis juga hanya bisa digunakan dijaringan atau operator yang bekerja sama dengan Facebook. Kenyataannya, tidak semua operator di indonesia kerja sama dengan Facebook terkait fitur ini.

Selain itu, fitur mode gratis ini bisa kamu pakai di semua jenis aplikasi Facebook. Mulai dari Facebook Reguler, Facebook Lite sampai dengan situs Facebook di browser kamu.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan mode gratis di aplikasi messenger.

Enak ya? Tapi sebelum kamu buru-buru mengaktifkannya, pahami juga kekurangan fitur ini.

Kekurangan mode gratis Facebook dibandingkan pakai kuota sendiri

Saat menggunakan Mode gratis, kamu tidak dapat melihat foto atau video yang di share ke Facebook. Baik itu foto postingan, distory ataupun di chat.

Kamu masih bisa chat dengan teman-temanmu. Kamu juga bisa tetap eksis dengan cara update status, berkomentar, membuat catatan, dll, kecuali melihat video dan foto.

Di mode gratis, kamu juga masih tetap bisa mengganti foto profil akun, mengirim pesan berupa gambar dan melihat foto profil pengguna lain. Sehingga kamu tetap bisa mengenali pemilik akun lainnya dengan mudah.

Baca juga :  Cara cek perkiraan cuaca di Facebook

Selain itu kamu juga masih bisa meng-update status disertai gambar/foto, hanya saja kamu sendiri tidak dapat melihat foto yang terupload tersebut.

Sudah paham kan ya?

Kalau kamu tidak masalah dengan hal tsbt, bisa lanjut baca. Jika kamu tidak suka, mungkin pertimbangkan beli kuota, dan aktifkan fitur-fitur penghemat data sehingga kuota kamu lebih lama tahannya.

Langkah-langkah mengaktifkan mode gratis di Facebook (untuk semua operator)

Disini akan dijelaskan menggunakan aplikasi Facebook biasa, untuk FB lite kurang lebih sama, nanti dibawah akan dijelaskan juga. Disini aku testing menggunakan kartu XL axiata.

Aktifkan Koneksi XL

Berikut langkah-langkahnya.

1. Silahkan buka aplikasi Facebook kamu.
2. Diberanda tap tombol “Buka Gratis” disebelah tulisan “Mode paket data”..

Tap Buka Gratis di Facebook Reguler

3. Selesai. Sesimpel itu. Jangan lupa untuk refresh laman dengan cara mengusap (swipe) layar kebawah.

Nantinya bar hitam diatas akan berubah menjadi warna ungu. Tulisan mode paket data juga akan berubah menjadi “Mode gratis”. Ini artinya kamu sudah berada di mode gratis Facebook.

Berhasil Masuk Mode Gratis di Facebook Reguler

Tapi aku kok tidak ada pilihan tsbt? Iyakan? Sebagian pengguna yang datang kesini kebingungan karena mereka tidak menemukan tombol untuk mengaktifkan mode gratis tsbt. Tenang saja, nanti akan dibahas juga.

Facebook gratis untuk pengguna FB LITE

Selanjutnya untuk kamu yang memakai Facebook Lite juga bisa kok menggunakan fitur mode gratis ini. Di panduan ini, aku akan masuk ke mode gratis di Facebook Lite dengan kartu Telkomsel.

Aktifkan Koneksi Telkomsel

Kalau ingin tahu caranya, langsung ikuti saja langkah-langkah berikut.

1. Langsung saja buka Facebook Lite
2. Diberanda ketuk tombol Buka Gratis.

Tap Buka Gratis di Facebook Lite

3. Kalau sudah, silahkan mengusap ke atas untuk update laman di Facebook Lite dengan memakai fitur Buka Gratis.

Berhasil Masuk Mode Gratis di Facebook Lite

4. Selesai.

Facebook mode gratis dibrowser HP

Terakhir aku akan berikan cara untuk masuk mode gratis di situs Facebook dibrowser. Browser yang digunakan bebas ya, tapi disini kita akan gunakan browser chrome.

Baca juga :  Tips dan trik menarik yang Tersembunyi di Facebook Messenger

Oh iya, disini aku testing menggunakan jaringan IM3.

Aktifkan Indosat Ooredoo

Berikut langkah-langkah mengakses mode gratis di situs Facebook lewat browser.

1. Langsung saja buka laman free.facebook.com di browser kamu saat ini.
2. Setelah itu, login memakai akun Facebook yang kamu punya.

Login di Free Facebook

3. Kamu sudah akan berada di Facebook mode gratis. Karena link free.facebook.com memang khusus mode gratis.

Berhasil Masuk Mode Gratis Free Facebook

4. Selesai.

Tidak menemukan mode gratis di Facebook? Ini penyebabnya.

Ini bisa saja terjadi karena beberapa hal.

1. Kamu menggunakan Wifi. Mode ini hanya tersedia dijaringan internet mobile, bukan WIFI.

2. Kamu menggunakan provider yang ternyata tidak menyediakan fitur ini. Tidak semua operator menyediakan akses ke mode gratis Facebook. Setelah testing menggunakan banyak provider, ternyata kami menemukan tidak semua provider menyediakan akses ke mode gratis.

Berikut contoh testing mengakses laman Free.Facebook.com dengan provider Tri(3).

Cara mengaktifkan Facebook mode gratis (disemua operator) 14
Testing pada tanggal 10 Januari 2022

Berdasarkan catatan dari Facebook tsbt diatas, operator yang bisa akses Facebook gratis adalah SmartFren, Telkomsel, XL Axiata, Indosat Oredoo dan Express wifi DNET.

Walaupun diketahui Indosat Ooredoo dan Tri sudah resmi bergabung beberapa hari yang lalu (Berita tanggal 4 januari 2022), namun berdasarkan hasil testing, Tri tidak bisa akses mode gratis.

Jika dilihat dari catatan Facebook tersebut, seharusnya semua operator di indonesia bisa akses Mode gratis. Kartu AS, simpati, LOOP, by.U, Halo berada dibawah naungan Telkomsel. Im3, Tri dan MPWR dibawah Indosat Ooredoo. Xl, Axis dan Live.On dibawah naungan XL Axiata. Terakhir, Smartfren dan Power Up dibawah naungan Smartfren Telecom.

Namun berdasarkan testing kami, setidaknya ada beberapa provider yang tidak menyediakan fitur ini. Provider tsbt adalah Tri, Axis dan Telkomsel By.U.

Kami tidak bisa testing disemua provider yang ada, jadi teman-teman yang sudah testing, bisa berikan informasi lebih lanjut dikolom komentar dibawah.

Kapan sebaiknya menggunakan Mode Gratis Facebook

Facebook mode gratis ini punya banyak kelebihan, terutama dalam kondisi tertentu. Berikut beberapa kelebihannya.

  1. Ketika kamu ingin akses Facebook dengan cepat. Kamu bisa mengakses laman lebih cepat dibandingkan dengan memakai kuota data, karena yang di akses hanya sebatas postingan berupa teks saja, tidak memuat data besar seperti foto dan video.
  2. Ketika sinyal internet sangat buruk. Mengingat hanya teks yang di download, ketika sinyal sangat lemah dan masuk kejaringan 2G, kamu tetap bisa akses Facebook dengan cepat di mode ini.
  3. Ketika tidak ada kuota sama sekali.
  4. Ketika ingin hemat kuota.
Baca juga :  Cara menyembunyikan foto yang men-tag kita di Facebook

Selesai menggunakan mode gratis? Tinggal kembali ke mode data

Untuk kembali kemode data, sangatlah mudah. Yang terpenting adalah, pastikan kamu memiliki cukup kuota, karena foto dan video di Facebook memakan banyak kuota data.

Cara mengaktifkan mode data juga tidak jauh berbeda dengan mengaktifkan mode gratis sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Dihalaman awal aplikasi Facebook atau Facebook lite, tap tombol “Lihat Foto” yang ada dibar atas.

Pilih Lihat Foto

2. Akan muncul pemberitahuan untuk memakai kuota, silahkan ketuk “Gunakan” di kolom Gunakan Kuota Data.

Gunakan Data Kuota Internet

3. Selesai. Kamu sudah berhasil kembali ke mode data. Kotak ungu bertuliskan “Mode gratis” sudah kembali ke warna hitam dan bertuliskan “Mode Data”.

Berhasil Keluar Mode Gratis Facebook

Sedangkan untuk pengguna free.facebook.com, kamu tinggal tap address bar dibrowser kamu. Ubah alamat free.facebook menjadi m.facebook.com. Nanti kamu akan otomatis dibawa kehalaman Facebook mobile di HP kamu, dan sudah langsung berada di Mode Data.


Nah itulah cara mengaktifkan mode gratis dan mode data di Facebook. Mulai dari Facebook Reguler, Facebook Lite dan Free Facebook.

Untuk provider, seharusnya semua provider bisa mengakses mode gratis. Ini karena mereka hanya perlu menggratiskan sedikit kuota saja. Bahkan jika Facebook-an seharian pun, kuota yang dibutuhkan hanya akan berkisaran beberapa MB.


Mungkin sekian dulu pembahasan kali ini. Jika teman-teman ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah.

Jangan lupa share juga ya 😀

2 tanggapan untuk “Cara mengaktifkan Facebook mode gratis (disemua operator)”

  1. Febry Yolan Avatar
    Febry Yolan

    Tolong hilangkan mode gratis di atas Facebook saya 🙏

    1. yudha Avatar
      yudha

      Diatas sudah dijelaskan itu mas bro..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.