Cara menggunakan facebook mode gratis (tanpa kuota) di ponsel kamu

Kamu yang sedang kehabisan pulsa atau kuota internet, tapi perlu melihat pemberitahuan penting di facebookmu? Tenang ini caranya, tidak punya pulsa atau kuota internet bukan lagi masalah yang membuat kamu tidak bisa akses sosial media kesayanganmu ini.

Facebook sebagai media sosial tetap eksis diantara media sosial yang lain dan terus meningkatkan kenyamanan pengguna, salah satunya menyediakan fitur mode gratis. Jadi ini bukanlah cara ilegal yang membuat kamu enggan untuk mencobanya karena tak ingin menimbulkan masalah di kemudian hari.

Fitur ini bisa digunakan di browser internet ponsel kamu, aplikasi facebook dan facebook lite. Fitur mode gratis membuat pengguna bisa terus menggunakan facebook walaupun kehabisan kuota. Kamu bisa terus chat sama kawan-kawan, update status atau melihat status kawan facebook, berkomentar dan melihat pemberitahuan di grup atau halaman.

Walaupun tidak dapat melihat foto atau video yang di share kawan-kawan, tetapi bagi kamu pengguna yang memanfaatkan mode gratis masih bisa menggantikan foto profil akun kamu, mengirim pesan berupa gambar dan melihat foto profil kawanmu. Sehingga kamu dengan mudah bisa mengenali pemilik akun. Selain itu kamu juga masih bisa meng-update status disertai gambar. Walaupun kamu sendiri tidak dapat melihat foto tersebut, tetapi kawan-kawanmu dapat melihat apa yang kamu bagikan itu. Hal-hal seperti ini tentu saja jauh dari cukup bagi kita yang sangat memerlukan akses ke akun facebook.

Baca juga:

Langkah-langkah mengaktifkan mode gratis di facebook

Sebelum mengaktikan mode gratis, kamu harus menghidupkan sambungan data sekalipun kuota data sudah habis atau tidak ada pulsa. Untuk browser tertentu kamu harus lebih dulu melakukan koneksi internet agar bisa melakukan login.

Langkah pertama, kamu login facebook seperti biasa di facebook lite atau di browser ponsel. Pada halaman beranda kamu bisa langsung klik pada garis tiga di sudut kanan atas untuk menuju halaman pengaturan akun.

Oke kamu sudah berada dihalaman berisi menu-menu yang sangat penting untuk pengaturan akun facebook kamu, untuk mengaktifkan facebook mode gratis langsung saja klik pada menu tersebut.

Berikut ini halaman untuk mengaktifkan fitur tersebut, yang juga berisi penjelasan tentang perbedaan mode gratis dan mode data. Yuk, aktifkan mode gratis dengan meng-klik pada nyalakan fitur, seperti pada gambar di bawah ini.

Mode gratis sudah aktif dan kamu sudah bisa menggunakannya tanpa data dan bebas biaya.

 

Langkah-langkah menghentikan koneksi mode gratis di facebook

Untuk kembali pada mode data, klik pada tanda tanya didepan tulisan keterangan mode gratis.

Kemudian akan diarahkan pada halaman di bawah ini yang menyatakan kamu berada dalam mode gratis. Untuk menonaktifkan mode tersebut maka langsung saja klik pada perintah matikan fitur. Selanjutnya kamu akan di bawa ke halaman beranda dalam mode data.

Cara mengetahui kamu berada dalam mode gratis

Untuk kamu yang baru menggunakan mode ini, cara membedakan antara mode data dan mode gratis yaitu pada keterangan di bagian kanan atas layar facebook kamu. Jika pada layar atas akun facebook kamu menampilkan dalam mode data berarti kamu menggunakan facebook berbayar atau menggunakan data. Namun jika kamu menggunakan facebook mode gratis maka kamu akan menemukan tulisan mode gratis di tempat tersebut.

Menggunakan facebook mode gratis memang tidak dapat melihat video, foto dan tidak dapat terhubung kesitus web atau aplikasi lainnya. Namun jika kamu ingin melanjutkan untuk melihat foto atau menuju situs web yang dishare kawanmu bisa langsung klik pada perintah untuk melihat foto atau link aktif tersebut. Selanjutnya kamu akan diarahkan pada halaman konfirmasi apakah kamu akan melanjutkan dengan menggunakan mode data atau tidak jadi melanjutkan dan tetap dalam mode gratis.

Facebook mode gratis tentu saja sangat membantu, terutama bagi kita yang sangat memerlukan akses ke akun facebook tapi kehabisan data atau tidak ada pulsa. Namun cara ini tidak berlaku untuk semua orang, hanya mereka yang menggunakan provider telkomsel saja bisa memanfaatkan fitur tersebut. Selain itu beberapa browser web seluler tidak dapat terhubung ke facebook mode gratis.

Yudha note : Dari beberapa laman support yang aku baca dan beberapa laman web, untuk bisa akses dan masuk facebook mode gratis ini bisa dilakukan lewat link free.facebook.com dan 0.facebook.com . Jadi coba dulu lewat free.facebook.com , kalau ga bisa (ada pemberitahuan layanan tidak tersedia), coba di zero facebook (0.facebook.com). Di contoh diatas, itu fitur flex facebook, sepertinya terkait sama telkomsel aja. Sementara fitur facebook di dua link sebelumnya itu bekerja sama dengan lebih banyak provider. Dari yang aku dapat infonya, ada telkomsel, ada indosat, ada xl dan axis dan juga three.

Jadi memang tergantung kerja sama antara provider dan facebooknya. Kalau providernya baik, bahkan situs2 popular lain seperti twitter, dll bisa diakses gratis

Dari pengalaman penulis, untuk dapat mengaktifkan mode ini kamu bisa menggunakan facebook lite, phx browser, opera mini dan aplikasi messenger. Kawan-kawan yang membutuhkan akses facebook bebas biaya bisa langsung mencoba dengan mengikuti tutorial diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!